Tips Memilih Sabun Bayi Sesuai dengan Usianya

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa sabun bayi yang ditawarkan di pasaran memiliki banyak jenis, dan setiap jenis memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. 


Melihat hal ini, ibu selalu disarankan untuk melakukan pemilihan sabun bayi tidak pedih dimata. Hal ini akan membantu bayi agar tidak mengalami iritasi, khususnya pada bagian mata dan kulit bayi.


Memilih sabun lembut untuk bayi, Anda harus memperhatikan usia bayi Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda dapat menyimak melalui ulasan berikut ini:


1. Sabun Busa


Apabila Anda memiliki bayi yang belum bisa duduk, maka sangat disarankan untuk melakukan pemilihan sabun busa. 

Hal ini akan sangat memudahkan Anda pada saat sedang memandikan bayi tanpa membutuhkan pertolongan orang lain. Busa sabun pun juga lebih mudah keluar, hanya cukup dengan memompa bagian pump botol.

2. Sabun Cair


Sabun cair dapat dijadikan sebagai sabun untuk bayi yang sudah bisa duduk. Selain menjadi sabun bayi tidak pedih di mata, sabun cair juga termasuk sabun yang memiliki busa lebih banyak dibandingkan dengan sabun padat. Namun sayangnya, sabun cair sulit digunakan dengan satu tangan.

3. Sabun Batang


Untuk bayi yang memiliki jenis kulit kering, maka sabun batangan bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat untuk buah hati Anda. Sabun batang memiliki keunggulan dalam membersihkan kotoran atau keringat tubuh bayi. Hal ini disebabkan kandungan zat adiktif yang ada di dalam sabun batang. 

Kandungan kualitas minyak yang menempel pada kulit pun dapat dibersihkan dengan mudah. Sabun batang tanpa adanya bahan kimia seperti sabun Sleek Baby sangat tepat digunakan untuk bayi dengan kulit yang kering.

Ketiga jenis sabun bayi yang ada di atas memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak sama. Oleh karena itu, Anda sebagai ibu harus lebih selektif dalam melakukan pemilihan sabun mandi, khususnya pemilihan sabun lembut untuk bayi. 

Jadi, pastikan selalu memilih yang terbaik buat buah hati, ya. Sebab kesehatan Si Kecil juga bergantung dari cara orangtua merawatnya. 

24 komentar

  1. iya bener banget.. kudu ati2 pilih produk perawatan untuk bayi.. krn kulitnya emang masih rentan banget ya..

    BalasHapus
  2. Kalau buat nb aku suka sabun cair. Nanti kalau dah gedean baru sabun batang yang penting lembuttt buat bayi

    BalasHapus
  3. Kulit bayi emang sensitif banget sih yaa.
    Jadi ortu juga kudu lebih peka dan nurturing bayi banget
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Whuaaa.. Aku masi pake sabun busa pdhl anakku dah pada balita.. Hehehe.. Buat main mereka nya. Okelah thanks banget informasinya ini mbak

    BalasHapus
  5. Baby girl kamu mau 10 bulan nih. Udah bisa sabun batang yah ?

    BalasHapus
  6. Dari anak-anakku bayi pilihnay sabun cair dibanding sabun batang takutnya jatuh sabunnya malah kena bakteri,

    BalasHapus
  7. Iya mbak waktu anakku masih bayi juga aku merasa terbantu banget dengan sabun busa 😁. Ketika mulai duduk nah baru pakai sabun cair deh.

    BalasHapus
  8. Anak-anakku dulu cocoknya sabun cair mbak kalo masih baby. Begitu udah 3 tahun baru deh mereka yang pilih sabun mandinya saat ikut belanja

    BalasHapus
  9. Kulit bayiku kering aku sih pilihnya sabun cair yang sedikit busa. Pernah coba yang banyak busa justru jadi tambah kering.

    BalasHapus
  10. Kulit bayi masih lembut banget, kasian ya kalau sampai salah pilih sabun,nanti malah iritasi..

    BalasHapus
  11. Kebayang dulu rempongnya mandiin bayik. Wkwkwk. Udah belasan taun lalu sih. Dan masa itu belum ngeh soal beginian, jadi asal sabun bayi aja. Jadi pengin nepok jidat tetangga. Eh?!

    BalasHapus
  12. Sabun batang juga oke sih mba untuk bayi blm bisa duduk. Asal di ember mandinya ada tempat naruh sabun trus kita udah siap pake waslap. Dulu jaman belum trend sabun cair, apalagi sabun busa, pakenya juga sabun batangan. Aroma sabun bayi tuh enak yaaaa....

    BalasHapus
  13. saat anakku yang pertama masih bayi dulu, aku suka pakai sabun busa. bener memang mbak, nggak perlu bantuan orang lain, mandi jadi lebih mudah. nggak licin juga, karena busanya kan melimpah, bukan sabunnya

    BalasHapus
  14. Setuju, Mbak.. Memilih sabun untuk bayi perlu hati-hati banget biar cocok di kulitnya dan enggak pedih di mata.

    BalasHapus
  15. Sabun bayi harus dipilih berdasar tumbuh kembangnya ya..yang utama harus tidak pedih di nata dan tidak menyebabkan iritasi. Oke. Noted mb.. Tfs.

    BalasHapus
  16. baru tahu kalau sabun batang disarankan untuk bayi berkulit kering....waktu anakku masih bayi dulu langsung cocok sama satu merek sabun cair, langsung pakai itu deh sampai umur 1 tahun lebih kayanya ya...
    kadang emang cocok-cocokan ya kalau sabun bayi :)

    BalasHapus
  17. Kulit bayi memang masih sensitif dan aku juga masih belajar banget soal perbayian ini

    BalasHapus
  18. Iya, aku dulu pun milih sabun berdasar usianya. Sekarang semuanya udah pada bisa milih sendiri. Ada yang kepengen sabun batang, sabun cair. :D

    BalasHapus
  19. Kemarin2 aku pakai Sabun cair mba lbih praktis Dan jadi mudah Aja mandirinya hiks aplg waktu masih 40 hr gitu,, mesti Tau jugs Jenis kulit bayi bner bngt

    BalasHapus
  20. ANak2ku sampai sekarang masih sabun cair, walau sesekali pakai sabun batang. Kalau foam kyknya belum pernah makai.

    BalasHapus
  21. Aku dulu gonta-ganti.
    Dari yang awam, pake sabun batangan. Rempong kalo jatuh.
    Akhirnya, pakai sabun cair ajaa...aman dan tetap higienis.

    BalasHapus
  22. anak saya sejka bayi pakai sabun cair lebih praktis ketimbang sabun batangan. sempat pakai juga yang batangan tapi pas habis gak beli lagi hehehe

    BalasHapus
  23. Makasih mba Farida, ilmu banget buat aku yang belum ada momongan
    harus dicatat ini, hehehe biar nggak salah beli sabunnya

    BalasHapus
  24. Hoalah gitu ya. Saya Salah pilih dong selama ini. Sabun anak gede dan bayi disamain.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^