Kamis, 02 Mei 2019

Tetap Sehat dan Bahagia Bersama Youvit

Seminggu lalu, tepatnya 25 April 2019, aku menghadiri undangan acara seru dari Youvit yang diadakan di Ha Ka Hotel, Semarang. Di sini, kita diajak mengamati bagaimana kondisi gizi kuliner Semarang dan panduan untuk bergaya hidup sehat.


Ada Apa dengan Kuliner Semarang?


Harus diakui, sebagaimana kebanyakan makanan enak lainnya, maka kuliner khas Semarang pun sebenarnya mengandung kalori tinggi. Misalnya saja:

  • Babat Gongso 400 kcal
  • Tahu Gimbal 350 kcal
  • Lunpia 250 kcal
  • Soto Bangkong 450 kcal 

Hal ini diungkapkan oleh Rachel Olsen, ahli gizi Youvit yang meraih gelar Bachelor of Nutrition dari Metropolitan University Copenhagen, Denmark.

Salah satu contoh yang diambil adalah lunpia. Mengapa sih, lunpia bisa tinggi kalorinya? Penyebabnya antara lain:

Digoreng


Aktivitas menggoreng akan mengubah lemak baik dalam minyak menjadi lemak jahat. Apa lagi jika minyak yang digunakan telah dipakai untuk menggoreng berkali-kali.

Menggoreng juga membuat kandungan vitamin dan mineral dalam makanan menjadi rusak.

Selain itu, menggoreng dengan minyak banyak akan memberi kesempatan minyak untuk terserap ke dalam makanan sehingga meningkatkan kadar kalorinya.

Bahan yang Dipakai


Lunpia biasanya diisi dengan telur dan udang yang termasuk daftar bahan-bahan tinggi kolesterol.

Rachel Olsen
Rachel Olsen, ahli gizi Youvit

Apa Akibat Makanan Tidak Sehat?


Meningkatkan Bakteri Jahat dalam Lambung


Jadi, sebenarnya secara alami kita memiliki bakteri baik dalam lambung yang membantu pencernaan. Lemak jenuh dapat memicu naiknya bakteri jahat yang ada di dalam sistem pencernaan.

Kurang Penyerapan Vitamin dan Mineral


Bakteri jahat inilah yang nantinya menghambat penyerapan vitamin dan mineral. Akibatnya, tubuh kita tidak mendapatkan asupan yang memadai walaupun sebenarnya kita sudah makan.

Meningkatkan Risiko Obesitas


Makanan tidak sehat tak dapat dicerna dengan baik. Akibatnya hanya akan menumpuk dalam tubuh dan menambah berat badan.

Meningkatkan Risiko Penyakit Kronis


Tumpukan racun dan simpanan makanan dapat menghambat aliran darah di bagian tertentu dalam tubuh. Hal ini meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kronis, seperti: diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, dan alzheimers.


Bagaimana Pola Makan yang Sehat?


ha ka hotel semarang
Contoh menu sehat yang disediakan Ha Ka Hotel, Semarang

Tinggi Serat


Serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Hal ini membuat tubuh memiliki waktu yang cukup untuk sempurna mencerna bahan-bahan sumber energi, seperti karbohidrat dan protein. Sehingga tidak perlu terjadi penumpukan makanan dalam tubuh.

Metode Masak


Daripada digoreng, ada baiknya kita memasak makanan kita dengan cara lain yang lebih sehat, misalnya: direbus tidak terlalu lama, dikukus atau dipanggang. Kalaupun ingin memakan gorengan, gunakan minyak yang bersih dan bukan bekas menggoreng.

Buah dan Sayur


Bakteri baik dalam lambung sangat menyukai tumbuh-tumbuhan sebagai makanannya. Maka, konsumsi buah dan sayur setiap hari agar pencernaan kita tetap sehat. Kita pun mendapat cukup asupan vitamin dan mineral.

Rendah Lemak


Sejatinya, lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita itu jumlahnya sedikit sekali. Jumlah ini sudah dapat dipenuhi dengan menggunakan minyak untuk menumis. Selebihnya, kita berusaha memilih bahan pangan yang lebih rendah lemak, misalnya lebih memilih dada ayam dibandingkan paha ayam.

Ganti Sumber Protein


Daripada mengandalkan asupan protein dari hewan, ada baiknya kita variasikan dengan protein nabati karena lebih kaya serat. Misalnya: ubi, singkong, kacang, tahu dan tempe.


Lunpia Sehat? Bisakah?


lumpia semarang
Bahan-bahan Lunpia Sehat

Tentu saja bisa! caranya adalah:

  • Tidak digoreng, agar lebih rendah kalori dan kandungan vitamin mineral tetap terjaga
  • Rendah kolesterol, mengganti bahan protein hewani dengan protein nabati yaitu tofu
  • Tidak pakai MSG, sehingga kadar garamnya pun rendah
  • Tinggi serat, dengan bahan-bahan nabati seperti: rebung, wortel, tauge dan buncis
  • Kaya vitamin & mineral, karena tidak digoreng dan memakai bahan dari tumbuh-tumbuhan

Setelah ditunjukkan demonstrasi pembuatannya oleh koki Ha Ka Hotel, berlangsunglah lomba untuk membuat ulang lunpia sehat sebagaimana yang baru saja diajarkan sekaligus menghiasnya di atas piring hidangan. Mau tahu keseruannya? Simak video berikut!


Akhirnya, Mbak Archa Bella berhasil meraih juara pertama dengan Lunpia Trisula a la Aquaman. Sedangkan juara kedua disandang oleh Mbak Ika Puspita, dan Mbak Hidayah Sulistyowati menjadi juara ketiga. Ketiganya memboyong banyak hadiah dari Youvit dan Ha Ka Hotel. Asyiknya! 


Memenuhi Kebutuhan Gizi Setiap Hari dengan Youvit


Walaupun kita sudah berusaha mengonsumsi menu sehat, bisa jadi gizi yang kita dapatkan belum optimal. Hal ini disebabkan antara lain oleh perbedaan kemampuan masing-masing orang dalam menyerap nutrisi, juga kualitas kandungan gizi dalam sayur dan buah yang belum tentu masih utuh.

youvit gummy

Untuk memaksimalkan kebutuhan vitamin dan mineral harian, selain sayuran dan buah-buahan, sebaiknya kita juga mengonsumsi tambahan multivitamin dengan kandungan seimbang seperti Youvit. Youvit mengandung 10 vitamin dan 2 mineral yang diperlukan tubuh.

youvit gummy

Lihat, tuh! Hampir setiap kandungan gizinya telah memenuhi 100% AKG (Angka Kecukupan Gizi) rata-rata orang dewasa, yaitu 16 tahun ke atas. Itu sebabnya, kita cukup mengonsumsi satu Youvit gummy setiap hari, tidak lebih.

Kalau untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui, bagaimana? Tentu boleh saja. Hanya, kebutuhan vitamin pada ibu hamil dan menyusui kan relatif lebih tinggi dibandingkan manusia dewasa normal. Jadi, lebih baik berkonsultasi juga tambahan suplemen yang lain.

Kalau untu penderita diabetes? Bisa saja. Dengan catatan, kondisi gula darah penderita terkontrol. Dosis gula dalam satu gummy hanya 2 gram atau setara dengan setengah sendok teh (8 kalori).

Kalau untuk penderita maag? Aman, dong! Kandungan vitamin C di Youvit itu seimbang dan tidak dalam dosis tinggi. Jadi, tentunya aman untuk lambung.

Nah, tidak ragu lagi kan? Yuk, mulai rutin mengonsumsi Youvit #1GummySetiapHari! Survei menunjukkan bahwa banyak konsumen yang merasakan manfaat signifikan setelah mengonsumsi Youvit selama sebulan tiap harinya.

Youvit gummy

Eh, gummy? Iya! Youvit merupakan multivitamin dewasa berbentuk gummy yang pertama di Indonesia, tepatnya sejak awal 2017 lalu. Youvit hadir untuk menginspirasi masyarakat Indonesia bahwa gaya hidup sehat itu bisa sangat menyenangkan. Rasa mixberry-nya benar-benar bikin nagih!

youvit gummy

Di atas adalah daftar komposisi Youvit. Seluruh proses pembuatannya diawasi secara ketat untuk menjaga kualitas produk yang terbaik. Dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas, dengan resep yang dikembangkan di Amerika Serikat dan dites kembali di Singapura, serta dibuat langsung di Indonesia.


Berhubung multivitamin kenyal, kita juga tidak perlu kawatir akan kehalalannya. Youvit menggunakan gelatin halal yang dibuat dari gelatin sapi Australia. Produk ini juga sudah disertifikasi halal oleh MUI dengan No. 00110060360212.

youvit gummy

Kemasannya simpel menggunakan bahan premium. Mudah dibawa ke mana saja dan dikonsumsi di mana saja. Cara membukanya mudah, dilengkapi ziplock yang menjaga bungkusnya tetap kedap udara. Tiap sediaan dikemas satuan sehingga higienis dan praktis, bisa dibawa sejumlah keperluan.

youvit anak

Youvit juga menyediakan varian untuk anak. Hadir dalam 3 warna kemasan, yaitu: merah, magenta dan biru. Gambarnya berupa 3 karakter monster lucu. Namanya Velma, Toni dan Oliver. Setiap kemasan berisi 3 warna bungkus dalam 3 rasa, yaitu: jeruk, stroberi dan nanas.

youvit anak

Daftar komposisi dan kandungan gizi Youvit anak dapat dilihat pada foto di atas. Youvit anak mengandung 10 vitamin dan 3 mineral yang hampir semuanya 100% mencukupi kebutuhan anak usia 3-12 tahun.

Sekarang ini, Youvit sudah dapat dibeli di lebih dari 7.000 toko yang ada di lebih dari 100 kota di Indonesia, baik secara luring maupun daring. Harga satu bungkus untuk konsumsi 7 hari sekitar Rp 16.900.

Toko-toko luring yang menyediakan Youvit, antara lain: Watsons, Guardian, Gramedia, Apotek K24, Viva Apotek, Century, Kimia Farma, Indomaret Point, Alfamart, Hero, Giant, Carrefour, Hypermart, Superindo, Ace Hardware, Hari Hari Pasar Swalayan, Ranch Market dan Natural Farm. 

Sedangkan toko daring yang bisa dilirik untuk menemukan Youvit adalah: Watsons, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli dan Tokopedia.

Itulah perkenalanku dengan produk Youvit yang diiringi dengan segudang ilmu di sepanjang acara. Kamu sudah kenal Youvit, belum?

22 komentar:

  1. ahli gizinya cakep dan cerdas ya mbak,,,,

    BalasHapus
  2. Nice sharing... 1st time datang sini, done Follow ur blog. Jemput singgah ke blog Sis Hawa Dot Com milik saya juga. Terima kasih

    BalasHapus
  3. Wah ada tulisan kalori-kalori di samping makanan kesukaan langsung elus-elus perut yang makin buncit. Huhu. Semoga kita semua makin semangat hidup sehat

    BalasHapus
  4. Itu makanan yang disebutin favorit semua padahal...tapi kalau inget resiko yqng hrus ditanggung bikin ngeri..yuk ah semangat buat hidup sehat..

    BalasHapus
  5. Serem banget resiko kalo kita nggak ngonsumsi makanan yang sehat. Mana itu makanan yang kalori tinggi kuliner kesukaanku semua, Mbak. Mesti mulai hidup sehat nih.

    BalasHapus
  6. Duuh...jadi makin penasaran nih dg gummyvitamin satu ini. Rasanya enak dan kaya manfaat ya mba... OTW nyari aah...

    BalasHapus
  7. Penampilan youvit menarik banget ya, kayaknya anakku juga suka, boleh kan ya buat anak-anak

    BalasHapus
  8. Kemasab Youvit lucu banget. Bentuknya Youvit juga cakep. Cara konsumsinya pun praktis & asik dibawa2 ya.

    BalasHapus
  9. Hwa, soto bangkong padahal ga cukup 1 mangkok ya, Mbak. Duh, harus mulai perbaiki pola makan biar ga kalap. Konsep kenyang dan kebutuhan kalori kadang ga sinkron. Makan belum kenyang, serasa baru makan dikit, ternyata kalori udah berlebihan. Xixi

    BalasHapus
  10. Alhamdhulilah dpt stok youvit ya mbak jd bisa rutin minum jadi badan sehat siap menyambut ramdadhab

    BalasHapus
  11. Aku kaget waktu ada soto Bangkong masuk dalam catatan makanan dengan kalori besar. Kirain soto itu makanan sehat, oh ternyata enggak ya.
    Semua yang datang dapat stok Youvit, asik ya mba

    BalasHapus
  12. Mulai sekarang udah tobat makan makanan yang nggak sehat. Efeknya ternyata cukup mengerikan untuk jangka panjang ya.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah sudah ada logo halal MUI ya mb, jadi kita tidak khawatir saat mengonsumsinya. Bisa dijadikan sediaan multivitamin di tas dan dibawa kemana2.

    BalasHapus
  14. Nah, soal gorengan, aku belum bisa menghindari. hiks.

    Btw aku ko gemes lihat penampakanan Youvit, jadi pengen ngunyah 1, biar tambah sehat :)

    BalasHapus
  15. Lunpia 250kal �� astaga kemaren aq makan lunoia abis 3 mbak, dan itu belum kenyang. Hiks sedih deh, tambh gendut nnti

    BalasHapus
  16. Ya ampun kalori makanan kedetek semua wakakakak
    Mulai kudu ati-ati nih ya. Wkwkwk jangan-jangan bikin nggak sehat. Aku kepengen beli youvit mbaaa

    BalasHapus
  17. Wah ada ya di apotik 24? Oke deh aku langsugn cuss beneran pengen karena banyak yang posting youvit.

    BalasHapus
  18. Aku lihat makanan di Indonesia kebanyakan emang gorengan sih, mulai dari tempe goreng, tahu goreng, mendol goreng, ikan goreng, ayam goreng, dll.
    Nah, orang Indonesia juga suka yang goreng-goreng sih Kak.
    Krupuk aja gorengan.
    Ya hastaganaga... gorengan semua.

    Tapi, aku sendiri kurang suka yang goreng-goreng banget. Lebih suka sayur soup yang seger gitu. Eh, ternyata di sini dijelasin semua, ya ampun... ternyata keren.

    Mana lagi, Youvit juga kayaknya bagus buat tubuh. Kandungannya juga bagus untuk masyarakat Indonesia yang suka gorengan, tapi aku juga mau.

    Makasih Kakak sudah mau mengingatkan kesehatan kita semua melalui artikel kakak.

    BalasHapus
  19. Salam kunjungan dan follow :)

    BalasHapus
  20. wah seru juga ya kak bisa tambah illmu dari youvit ini, jadi makin sehat nih hidup kita ya ;)

    BalasHapus
  21. Gummy itu maksudnya bentuknya kaya permen karet ya? atau kenyal kayak yupi?

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^