Perbandingan Samsung Galaxy A10 vs A10s

Samsung Galaxy
Sumber: samsung.com

Samsung kembali menyasar pasar menengah di Indonesia dengan dikeluarkannya dua produk seri A dengan harga yang tidak menguras kantong. Dua produk seri A ini adalah Samsung Galaxy A10 dan Galaxy A10s. 


Samsung Galaxy A10s resmi dirilis untuk menyempurnakan seri A10 yang dirilis pada Maret lalu. Secara keseluruhan, perubahan spesifikasi yang dimiliki A10s dari Galaxy A10 tidak banyak dan untuk harganya pun tidak jauh berbeda.

Namun demikian, pengguna yang belum menjajal smartphone Samsung dan ingin mencobanya, mungkin Anda bias mempertimbangkan untuk memilih Galaxy A10s sebagai opsinya. Sebab, spesifikasi Galaxy A10s yang sudah ditingkatkan dari pada seri A10 adalah fitur yang vital, seperti kamera dan baterai. 

Untuk informasi lebih lengkap, simak terus ulasan mengenai perbedaan antara Samsung Galaxy A10 dan A10s berikut ini. 


Samsung Galaxy A10


Samsung Galaxy
Sumber: bhinneka.com
Samsung Galaxy A10 memiliki layar selebar 6.2 inci yang memiliki resolusi 720 x 1.520 piksel. Dari segi penyimpanan, smartphone  ini dibekali dengan RAM sebesar 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Penyimpanan ini dapat diekspansi hingga 1 TB dengan menggunakan micro SD. 

Smartphone ini juga ditenagai oleh prosesor Octa-core dari Exynos 7884 dengan fabrikasi sebesar 14 nm dan kecepatan 1.6 GHz. 

Kamera menjadi bagian primer bagi sebagian saat orang ini. Nah, dari segi kamera, smartphone ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP, dan kamera selfie dengan resolusi 5 MP dengan bukaan f/1.9. 

Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 1.799.000. 


Samsung Galaxy A10s


Samsung Galaxy
Sumber: bhinneka.com

Belum lama ini, Samsung juga merilis Samsung Galaxy A10s. Kabarnya, smartphone ini sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari Galaxy A10. Jika Samsung Galaxy A10 hanya memiliki baterai dengan kapasitas hanya sebesar 3.400 mAh, seri A10s ini memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 4.000 mAh. 

Namun untuk bagian layar, tidak ada perubahan. Seri A10s ini memiliki bentang layar dengan lebar 6.2 inci berpanel IPS dengan resolusi 720 x 1.520 piksel HD Plus. Kamera ini dibekali dengan kemampuan live focus.

Desain layar Galaxy A10s masih serupa dengan lini Galaxy A series pada umumnya yaitu mengadopsi Infinity V. Samsung Galaxy A10s juga memiliki kemampuan zoom hingga 4 kali lebih besar. Hal ini berbeda dengan seri A10 yang belum memiliki fitur tersebut. 

Jika Samsung Galaxy A10 hanya memiliki satu kamera belakang, maka seri A10s menghadirkan dua kamera belakang dengan resolusi masing-masing 13 MP dan 2 MP. Sedangkan untuk kamera depan, seri A10s mengalami peningkatan dari pendahulunya yang hanya 5 MP menjadi 8 MP.

Lalu, di sektor dapur pacu, smartphone ini memiliki delapan inti CPU, yaitu 4 core 2.0 GHz dan 4 core 1.5 GHz, yang dikombinasikan dengan RAM 2 GB. Dengan berat 0,26 W/kg, Samsung Galaxy A10s tetap nyaman untuk dibawa ke mana-mana.

Selain itu, tersedia memori internal dengan ruang 32 GB yang bisa ditambahkan dengan micro SD hingga 512 GB. Samsung Galaxy A10s memiliki tiga slot yang terdiri dari dua ruang untuk kartu SIM dan untuk micro SD. Smartphone ini menjalankan Android 9 Pie yang dilapisi antarmuka One UI.

Samsung Galaxy A10s juga dilengkapi dengan Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm), sedangkan seri A10 ditenagai oleh Exynos 7884. 

Perubahan lainnya terletak pada varian warna. Seri A10s menawarkan empat pilihan warna, yaitu: Blue, Green, Red, dan Black. Sedangkan seri A10 hanya menawarkan 3 warna, yaitu Black, Red, dan Blue.

Ada juga kabar baik lainnya bagi Anda yang telah menunggu hingga sampai pada perilisan Samsung Galaxy A10s. Smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur keamanan baru, salah satunya adalah dibekali dengan sensor fingerprint yang terdapat di balik cangkang bagian belakang. 

Sementara itu, pada seri sebelumnya yaitu A10, belum dilengkapi dengan sensor fingerprint ini. Akan tetapi, seri A10 menggunakan fitur face recognition sebagai fitur keamanan untuk pengenalan wajah pemilik ponsel. Dan, fitur ini juga tersedia di seri A10s. 

Nah, bagi Anda yang ingin membeli Samsung Galaxy A10 dan A10s, Anda bisa melihat langsung spesifikasi dan harganya di Bhinneka. Selain itu, di Bhinneka.com juga tersedia berbagai smartphone Samsung lainnya. Segera kunjungi Bhinneka.com dan dapatkan smartphone pilihan Anda. 

17 komentar

  1. kemaren katatemen sayakameranya juga beda sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, perbedaan mencolok di kamera dan baterai

      Hapus
  2. samsung ini lagi rajin ngeluarin seri baru ya mbak, sebulan ada 2-3x ngeluarin hape baru hahahaa btw saya nggak kebayang sensor fingerprint yang terdapat di balik cangkang bagian belakang ini maksudnya sidik jari buat buka hape yang biasa ada di depan jadi dibelakang gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau hp kelas menengah biasanya sensor sidik jarinya di belakang. Soalnya sensor sidik jari di depan itu mahal hehehe..

      Hapus
  3. Kapasitas penyimpanannya gede juga. Jadi pengen beli buat anak saya. HPnya udah kepenuhan memorinya. Padahal gak banyak isinya, tetapi memang kapasitasnya sedikit

    BalasHapus
  4. Kalo dilihat dari spek sih A10s pasti lebih mahal daripada A10 ya 🤔

    BalasHapus
  5. Baru nyadar kalau A10 ngga punya fingerprint. Samsung sekarang lagi gencar²nya keluarkan smartphone dengan harga terjangkau ya.

    BalasHapus
  6. Samsung ini desain nya kece selalu yah, storage nya gede yah jadi bisa banyak save foto2 hihi

    BalasHapus
  7. suamiku pernah pakai Samsung Galaxy mba, tapi entahlah tipe yang mana ya. Tipe yang mba review in storagenya cukup banyak lho

    BalasHapus
  8. kangen bisa pake hape Samsung lagi tapi pengen nungguin samsung ngerilis hape yang foldable itu mba :)

    BalasHapus
  9. Keren banget mba samsung ini, bisa aku jadiin referensi kalau mau beli hp ya.mba

    BalasHapus
  10. Lumayan juga perbedaannya dengan yang s ya mba, mulai dari megapixel nya, zoom nya, sampai batre dll. Harganya juga nih hehehe jadi pengen ganti hp

    BalasHapus
  11. Wah ini samsung yg range hrganya bisa dijangkau nih dengan segala manfaatnya, pdhal cm beda penulisan s fitur2pun beda ya��

    BalasHapus
  12. info ini kalo d teruskan ke papahku, langsung auto beli nih. Secara beliau pecinta samsung

    BalasHapus
  13. untung yang punya dana di bawah 5 juta sih hp ini cocok banget ya mba, spek dasarnya aja udah ok

    BalasHapus
  14. Pas banget lagi nyari-nyari referensi hp samsung yang sesuai dengan budget nih. Makasih info nya Mba.

    BalasHapus
  15. Baterainya udah gahar banget nih yang A10S, 4000 mAH cukup banget untuk ngider seharian tanpa takut kehabisan baterai di tengah hari ya mba. Spec kameranya juga kece banget. Kamera belakangnya udah 2 lensa gitu, bisa dipakai untuk bokeh2an nih.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^