Kenali Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar Parah

luka bakar

Luka bakar biasanya terjadi karena berbagai macam faktor. Tingkatannya juga bermacam-macam, mulai dari luka bakar ringan hingga parah. Ledakan atau bencana kebakaran dapat menimbulkan luka bakar yang parah dan sangat berbahaya bagi korbannya. 


Oleh karena itu, untuk meminimalisir kerusakan pada tubuh korban, ada beberapa tindak pertolongan yang harus dilakukan.

Pertolongan Pertama untuk Korban Luka Bakar Parah


Luka bakar parah dikenal juga dengan sebutan luka bakar tingkat III. Dibandingkan dengan jenis luka bakar yang lain, luka bakar jenis ini tergolong sangat berbahaya karena dapat menghancurkan lapisan kulit. 

Untuk membantu menyembuhkannya, beli obat luka bakar parah bisa menjadi pilihan. Namun, sebelum itu, ada beberapa tindak pertolongan pertama yang harus segera dilakukan.

luka bakar

Lalu, apa saja tindak pertolongan pertama untuk korban luka bakar parah? Ini dia penjelasannya:

1. Jika masih ada kobaran api pada tubuh korban, maka padamkan segera menggunakan kain tebal seperti karpet, bed cover, jaket, atau bahan-bahan lain. Jangan sekali-kali melepaskan pakaian yang menempel pada luka karena akan berbahaya bagi kulit korban.

2. Letakkan kain basah atau kain dingin di daerah luka untuk menurunkan suhu luka bakar

3. Jika sebelumnya Anda sudah beli obat luka bakar, maka aplikasikan pada daerah luka untuk memperingan kondisinya

4. Jika suhu luka sudah menurun, segera tutup luka menggunakan kain bersih dan steril untuk meminimalisir luka yang ditimbulkan. Jangan oleskan minyak atau kapas yang dapat memperburuk kondisi luka

5. Segera telepon ambulans agar korban luka bakar mendapatkan penanganan medis segera.

Pertolongan pertama pada luka bakar parah harus cepat dilakukan sehingga kerusakan yang ditimbulkan tidak membahayakan nyawa korban. 

Sebagai tindak pencegahan, Anda juga harus memperhatikan kondisi listrik atau sumber api, sehingga musibah kebakaran atau ledakan bisa dihindari.

Untuk persiapan tindak pertolongan pertama, maka obat luka bakar harus tersedia setiap saat. Untuk pembelian obat yang lebih mudah dan lengkap, Anda bisa membelinya melalui website www.goapotik.com. 

Untuk informasi kesehatan lain terkait luka seperti cara menyembuhkan luka dengan bubuk kopi, Anda juga bisa mencarinya di www.guesehat.com

4 komentar

  1. duh suka perih dengan ini. Beberapa tahun lalu putra kedua kami tangannya melepuh megang setrika. Semalaman teriak2 nahan sakit. Saat itu belum pny persedian obat luka bakar

    BalasHapus
  2. suka ngeri juga sama yang kayak beginian, semoga kita semua bisa terhindar dengan musibah seperti ini, meski begitu harus tahu juga penanganannya seperti ini.

    BalasHapus
  3. Luka bakar ini kalau nggak cepat ditangani bisa jadi trauma pada kulit, dan bahkan in some case akan membekas lamaaaa sekali bahkan mungkin sampai besar nanti. Soalnya salah satu teman saya ada yang pernah kena luka bakar waktu kecil, dan itu nggak hilang sampai seusia ini~ :<

    Jadi memang sudah seharusnya kita paham soal FIRST AID, yaitu obat-obat apa saja yang dibutuhkan dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat terjadi sesuatu gejala. Terima kasih atas info dan share-nya ya mbaaaa, semoga semakin banyak yang aware juga :>

    BalasHapus
  4. Aku kadang cuma pake air es atau minyak goreng dingin
    Tapi ya itu rasa sakitnya lama, walau bekasnya jadi hilang hihihi

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^