52 Tips Jitu Meningkatkan Keahlian dari Daniel Coyle


Identitas Buku


Judul: Bakat Sukses: 52 Tips Jitu untuk Meningkatkan Keahlian Anda Menuju Kesuksesan
Judul asli: The Little Book of Talent
Penulis: Daniel Coyle
Penerjemah: Dewi Wulansari
Editor: Indi Aunullah
Proofreader: Asep Sopyan
Penyelia: Chaerul Arif
Desain sampul: Ujang Prayana
Tata letak: Priyanto
Cetakan: Pertama, Januari 2013
Penerbit: Penerbit Gemilang, Jakarta
Tebal buku: 176 halaman
Ukuran buku: 13,5 x 17 cm
Nomor ISBN: 978-602-19854-3-4

Tentang Penulis


Daniel Coyle adalah penulis Bestseller New York Times untuk tulisannya yang berjudul Lance Armstrong's War. Ia adalah wartawan yang mengunjungi dan mengamati banyak tempat pengembangan bakat di berbagai bidang. Ia kumpulkan setiap catatan penting yang didapatkannya dan dirangkum dalam buku saku ini.

Untuk Siapa?


Buku ini sangat membantu bagi para pelatih, orang tua, sekolah, pengembang bakat, orang yang ingin meningkatkan keahliannya di suatu bidang dan siapa pun Anda. Karena, sejatinya pengembangan potensi diri, bakat, kemampuan dan keahlian seseorang sangat dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya.

Orang tua dapat menggunakan buku Daniel Coyle ini untuk memotivasi anak mengembangkan bakat, mengetahui cara jitu mengasah kemampuan anak di rumah, menyiapkan apa saja yang dibutuhkan dan cara memilih pelatih yang berkualitas.


Pelatih dan pusat pengembangan bakat bisa memanfaatkan buku ini sebagai inspirasi mental, metode dan teknik dalam meningkatkan keahlian anak didiknya. Bahkan, buku ini menunjukkan bagaimana seharusnya mengatur jadwal penampilan, lomba dan latihan yang tepat.

Pihak sekolah dapat menggunakannya untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dengan benar, baik melalui kegiatan belajar-mengajar, kelas bina bakat, aktivitas ekstrakurikuler maupun program BK dan keorganisasian seperti OSIS.

Isi Buku


Buku ini disusun berdasarkan gagasan bahwa cara terbaik mengembangkan bakat adalah dengan mengikuti teknik-teknik yang sudah terbukti di berbagai pusat pengembangan bakat. Buku ini terbagi menjadi 3 kategori besar yaitu: Memulai, Meningkatkan Kemahiran dan Mempertahankan Kemajuan.

Bagian pertama berisi tentang cara memotivasi dan menciptakan cetak biru dari kemahiran yang akan dikembangkan. Bagian kedua memuat beragam metode dan teknik untuk mendapat kemajuan paling pesat dalam waktu paling singkat. Bagian ketiga menjelaskan aneka strategi mengatasi kemacetan, menjaga motivasi dan membangun kebiasaan untuk jangka panjang.

Daniel Coyle mengisi setiap bagian dari buku ini dengan tips-tips singkat, bukan karena disederhanakan tapi memang faktanya sangat sederhana. Walau ilmu saraf yang mendasari buku ini memang memesona dan rumit, namun intinya pada pengulangan, kerja keras dan kerja cerdas.

Pendapatku Tentang Buku Ini


Luar biasa! Itu komentar pertama yang bisa kuucapkan saat membaca bagian per bagian buku ini. Ini buku praktis yang sarat ilmu dan pengalaman. Ada banyak studi kasus yang ditunjukkan Daniel Coyle terkait dengan bakat, motivasi dan kerja keras.

Buku ini akan menjawab berbagai masalah seperti bagaimana memotivasi anak, alat seperti apa yang ideal digunakan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas, cara mengatasi hambatan pada bakat anak dan bagaimana mengantarkan bakat menjadi prestasi. Siap-siap terkejut dengan jawabannya.

Tips di buku ini bisa diterapkan untuk mengembangkan bakat di bidang apa saja. Akademik, kesenian, olahraga, keterampilan, menulis, wirausaha, apa pun! Kita jadi tahu bahwa bakat saja tidak cukup. Ada hal lain yang lebih penting kita miliki dan lakukan untuk menjadi sukses.

Baca juga: Kualitas Apa yang Harus Dimiliki Agar Menjadi Pengusaha Sukses?

Bahkan, Daniel Coyle menunjukkan bahwa tempat pengembangan bakat sejatinya tidak mengukur di awal apakah kita berbakat atau tidak. Yang terpenting adalah kemauan untuk menjalani serangkaian kerja keras yang diprogramkan dan semua itu akan terjawab dengan sendirinya nanti.

Buku ini hadir dalam ukuran yang praktis untuk diselipkan ke dalam saku atau tas, sehingga dapat dibaca kapan pun untuk mengingatkan kita bagaimana mengembangkan potensi diri agar semakin meningkat dan berkualitas.

Senangnya lagi, karena banyak dari tips yang disebutkan dalam buku Daniel Coyle ini ternyata juga ada di dalam latihan silat yang dijalani anak-anak di rumah. Silakan simak video ini untuk sekaligus mendapatkan bocoran isi tipsnya, ya. Semoga menginspirasi!

11 komentar

  1. Keren aih, sudah kelar dan setoran buku 1 bulan ini. The first ya Mb ☺ Salam kenal.... Buku yang dibaca juga berbobot. Cara mengulasnya juga terstruktur. Enak bacanya.

    BalasHapus
  2. Bukunya cocok nih jadi kado ulang tahu atau pernikahan ya. Atau untuk tambahan kado yang barul lahiran, buat persiapan kelak membimbing anaknya

    BalasHapus
  3. Jadi penasaran sama bukunya. Pas nih buat menemukan bakat anak-anakku. Mesti dibaca nih bukunya.

    BalasHapus
  4. Waah cocok banget ya buku ini buat ibu muda macam aku yang kadang bingung sama bakat anak. Hmmm, boleh pinjem mbak? Wkwk. #emakngirit

    BalasHapus
  5. Mbaa Farida rajiiin baca dan bikin ulasan yaa... Semoga nular nih, taun ini aku kudu ningkatin jumlah buku yg kubaca... Nice book Mba, jadi pingin baca juga buat eksplorasi bakat anak2

    BalasHapus
  6. Sukaaa deh baca ulasan buku tulisan mba Farida. Terstruktur, membuat penasaran tanpa terlalu detil membahas bagian demi bagian. Keren wis laah..

    BalasHapus
  7. Buku motivasi gini kadang bikin semangat, kadang bikin ambyar hihi, suka yang tidak menggurui kayak gini .

    BalasHapus
  8. Bisa jadi bahan bacaan orang tua juga ya untuk mengarahkan bakat anak. Sedikit bakat dan banyak kerja keras, gitu kan ya prinsipnya? Jadi akan selalu ada harapan bagi anak untuk menekuni bidang tertentu asalkan kita bisa membantunya konsisten dalam melakukan aktivitas untuk menunjang tercapainya target si anak.

    BalasHapus
  9. Aku suka baca tapi ga pernah ngulas di blog. Jadi belajar dari mb Farida nih. Pengen rajin baca buku trus mengulas di blog

    BalasHapus
  10. Wah sudah lama ngga baca buku motivasi kaya gini jadi pengen baca nih

    BalasHapus
  11. Buku pertama yang dibaca di awal tahun ini emang bisa mempengaruhi hari-hari selanjutnya ya. Aku juga lagi menantang diri buat ngabisin buku-buku yang masih diplastik nih wkwk

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^