Alat Kerja di Rumah, Apa Saja?

alat kerja di rumah

Demi mengantisipasi penyebaran virus Corona, banyak pekerja yang diminta untuk mematuhi himbauan pemerintah guna melangsungkan Work From Home (WFH) alias kerja di rumah. Ada sedikit perbedaan antara istilah Work From Home dengan Work At Home. Apa itu?

Work From Home adalah situasi di mana seseorang biasanya bekerja di luar rumah, namun karena suatu kondisi, ia jadi bekerja di rumah. Sedangkan Work At Home adalah situasi di mana orang tersebut memang sehari-harinya menjalankan profesinya di rumah atau di mana pun tempat yang tidak terbatas pada sebuah kantor. Contoh-contoh pekerjaan semacam ini bisa kamu baca di 6 Pekerjaan Freelance Online 2020 High Demand.

Jika kamu adalah salah satu di antara para karyawan yang diminta untuk kerja di rumah, maka sebaiknya ikuti saja, ya. Karena, sejatinya kita bisa tetap produktif kok, walau kerja di rumah. Yang penting, fasilitasnya mumpuni.

Baca juga: Romantisme Pasangan Pekerja Digital.

Saat kerja di rumah, kita tetap bisa menerapkan dua jenis komunikasi, yaitu verbal dan non verbal. Komunikasi verbal dijalankan dengan berbincang secara lisan maupun tulisan. Sedangkan komunikasi nonverbal bisa dengan tetap menjaga penampilan selama bekerja serta ketepatan jam kerja.

Apa saja sih, alat kerja di rumah yang perlu dipersiapkan? Tentunya, bisa sangat variatif, tergantung kebutuhan masing-masing. Namun, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

alat kerja di rumah

Ponsel Pintar

Gawai ini menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki pegawai saat kerja di rumah. Dengan terus berinteraksi dengan rekan kantor, kita jadi bisa selalu memantau perkembangan kinerja, apakah bagus atau ada yang sedang membutuhkan bantuan. 

Laptop


Kamu perlu memastikan laptop bekerja dengan baik supaya produktivitas kerja di rumah tetap terjaga dan tidak terlambat mengumpulkan pekerjaan. Laptop juga berperan sebagai alat komunikasi yang lebih lega melalui video, untuk rapat misalnya.

Selain itu, kamu juga bisa pakai layar laptop untuk koordinasi kerja dengan tim. Ada banyak aplikasi desktop yang disediakan secara gratis untuk menunjang kebutuhan ini. Salah satunya, kamu bisa mencoba Trello.


Headset


Bisa berupa headphone atau earphone. Alat dengar yang bisa dihubungkan ke ponsel dan laptop ini cukup penting agar tidak mengganggu maupun terganggu oleh aneka aneka aktivitas anggota keluarga lain di rumah.

Webcam


Alat ini diperlukan terutama saat rapat kerja di rumah, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya miskomunikasi. Dengan alat ini, kita bisa mengirimkan bahasa non verbal agar lebih dipahami oleh lawan bicara kita.

Meja dan Kursi


Jika ini pertama kalinya kamu kerja di rumah, kamu mungkin perlu menyiapkan meja dan kursi khusus guna tetap membangun suasana bekerja. Bahkan, kalau perlu, kamu sediakan ruang kerja di rumahmu.

Pastikan ukuran meja tidak terlalu besar atau kecil. Pilihlah kursi yang memiliki sandaran agar tidak pegal seharian di depan laptop. Kamu juga bisa melengkapi area kerja dengan dekorasi yang membuatmu nyaman.

Modem 


Jaringan internet merupakan fasilitas mutlak yang perlu dimiliki setiap pegawai agar tetap bisa bekerjasama saat kerja di rumah. Kamu bisa menggunakan modem rumahan atau juga menggunakan MiFi yang bisa dipindahkan ke mana saja. Internet ini berguna sebagai alat komunikasi, serta transfer data.

Baca juga: 5 Alasan Perusahaan Membutuhkan Data Center.

Printer


Mungkin tidak semua pegawai membutuhkan ini saat kerja di rumah. Namun, kehadiran printer ada kalanya masih diperlukan untuk mencetak file. Memiliki printer akan jauh lebih membantu guna menghindari keluar ke warnet atau jasa fotokopi.

Cairan Pembersih Laptop


Jangan lupa juga untuk menjaga sanitasi alat-alat kantormu agar bisa selalu terhindar dari virus dan bakteri. Cairan pembersih laptop biasanya bisa juga digunakan untuk membersihkan perangkat elektronik lain tanpa merusaknya.

Itulah beberapa alat kerja di rumah yang bisa kamu siapkan agar tetap produktif. Apakah kamu punya ide alat yang lain? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Posting Komentar