5 Alasan Perusahaan Membutuhkan Layanan Data Center

Data Center

Data center atau pusat data merupakan salah satu hal penting bagi sebuah perusahaan terutama yang memiliki jumlah data besar. Fasilitas ini dibutuhkan oleh berbagai bidang bisnis seperti keuangan, telekomunikasi, pemerintah, maupun enterprise


Sebagai pusat penyimpanan data, pusat data diharapkan dapat membantu kelancaran kerja dengan jaminan keamanan dan kecepatan akses data. Oleh sebab itu, pusat data sangat membantu berkembangnya perusahaan menjadi lebih baik.


5 Keuntungan Menggunakan Layanan Data Center


Secara umum, pengertian pusat data merupakan fasilitas yang dibutuhkan untuk menempatkan sistem komputer dan perangkat lainnya. Sistem komputerisasi akan menyimpan semua data dari perusahaan agar aman dan mudah digunakan. 

Bagi perusahaan baru dan berkembang, memanfaatkan layanan data center akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan membuatnya sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 5 keuntungan menggunakan layanan pusat data:

Data Center

1. Mendapatkan Jaminan Keamanan Data


Sebuah perusahaan pasti memiliki banyak data penting yang harus dijaga keamanannya dan tidak boleh sembarangan disimpan. Data tersebut jika terlacak oleh hacker maka akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan. 

Pusat data dapat memberikan jaminan keamanan pada seluruh data Anda agar tidak bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Perusahaan juga dapat menyimpan aplikasi di pusat data agar pengoperasiannya lebih mudah.


2. Menghemat Anggaran Dana Perusahaan


Alasan perusahaan membutuhkan layanan data center selanjutnya yaitu dapat menghemat anggaran dana perusahaan. Fleksibilitas merupakan salah satu kelebihan dari layanan pusat data. 

Kelebihan tersebut menguntungkan perusahaan yang masih berkembang dan memiliki kemungkinan peningkatan kapasitas. Anda tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya keamanan karena fasilitas yang diberikan lengkap.

3. Lebih Efisien dari Segi Waktu


Membuat dan merawat pusat data sendiri tidak hanya membutuhkan biaya besar namun juga membutuhkan waktu. Maintenance harus dilakukan secara berkala agar pusat data bisa bekerja secara normal. 

Divisi IT di perusahaan yang semestinya fokus pada pekerjaan lain harus membagi waktu untuk mengurus pusat data. Berbeda dengan menggunakan layanan yang sudah ada, Anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan maintenance karena perawatan sudah masuk dalam fasilitas.   

4. Performa Terbaik


Kemungkinan kehilangan data bisa dialami oleh semua perusahaan yang tidak menjaga datanya dengan layanan data center. Kehilangan data tentu saja merupakan hal yang sangat merugikan perusahaan. Hal tersebut bisa terjadi karena pencurian, bencana alam, virus, atau malware

Performa baik yang diberikan oleh pusat data dapat menjaga data Anda dari berbagai masalah yang mungkin muncul. Penggunaannya juga tidak sulit dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Perusahaan berbasis website seperti toko online atau ecommerce akan lebih diuntungkan karena akses menjadi lancar sehingga pengunjung lebih nyaman.

5. Meminimalisir Resiko Downtime


Fungsi dari penggunaan pusat data untuk meminimalisir resiko downtime ini sangat menguntungkan bagi perusahaan berskala besar. Setiap detik adalah waktu yang berharga bagi mereka sehingga downtime yang terjadi akan menyebabkan kerugian finansial yang besar. 

Semakin lama downtime terjadi maka akan semakin besar nilai kerugian yang dirasakan oleh perusahaan. Dengan pusat data yang berkualitas maka resiko downtime akan turun sehingga mampu meningkatkan layanan yang Anda berikan kepada konsumen.

Data Center

Itulah 5 alasan mengapa sebuah perusahaan membutuhkan layanan data center demi berkembangnya bisnis yang dijalankan. Layanan NEX Datacenter memberikan keunggulan lebih untuk bisnis Anda terutama bisnis berbasis online

Selain layanan yang lengkap mulai dari penyimpanan data, akses berkecepatan tinggi, hingga perawatan server optimal mereka juga memberikan harga yang terjangkau dan cocok untuk perusahaan berkembang.

9 komentar

  1. UMKM juga kudu punya data center gini ya. Karena bisnis bakal terus berkembang. Dan layanan semacam ini memudahkan para enterpreneur skala apapun

    BalasHapus
  2. Wow keren nih kalau memiliki data center yang mumpuni dan juga semakin maju serta berkembang. Aku baru tahu ada lima alasan ini dan smoga tetap terbaik untuk memberikan akses data center terbaik :)

    BalasHapus
  3. Buat kantor penting banget ya, ternyata . Terutama keamanan dan nggak down. Bisa ruwet urusan kantor kalau bolak balik down.

    BalasHapus
  4. Ya bener banget mbak, kantorku dari dulu sudah punya data center ini mbak dan enggak bisa down dan data yang disimpan juga banyak banget.

    BalasHapus
  5. Keamanan data, terutama data perusahaan, memang penting banget ya mba. Sekali aja down dan data hilang, bisa satu perusahaan nangis semua

    BalasHapus
  6. Data center memang penting bagi perusahaan. Selain keamanan data, dengan data yang terpusat, menjadikan kerjaan lebih efisien.

    BalasHapus
  7. Baru tahu nih kalau sebuah perusahaan membutukan layanan data center. Salah satu alasan pentingnya seperti yang disebutkan di atas. Untuk mendapatkan jaminan keamanan data. Keempat alasan lainnya juga penting nih.

    BalasHapus
  8. Untuk perusahaan, penting banget menjaga kerahasiaan data supaya nggak diambil hacker. Lebih mudah juga kalau punya data center, ya.

    BalasHapus
  9. Ini bener banget, data center itu perlu banget. Apalagi untuk perusahan-perusahaan besar ya. Biar aman, kudu pilih-pilih juga biar gak sering down.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^