Eling Bening, Enak di Lidah dan Mata

Eling Bening

Lokasi Eling Bening


Kelar dari Ayanaz Gedongsongo, kami meluncur ke Eling Bening untuk makan siang yang kesorean. Menurut Google Map, waktu tempuh menuju lokasi Eling Bening adalah 35 menit. Akan tetapi, begitu kami mulai memasuki jalan raya di depan gapura bertuliskan "candi Gedongsongo", berubah jadi satu jam lebih!
  
"Wah, kayaknya depan macet, nih?" kata Suami.

Setelah merambat beberapa menit, Google Map menyarankan rute lain yang lebih cepat 11 menit ke Eling Bening. Kontan saja Suami banting setir pindah haluan dan mengikuti jalur alternatif tersebut. Jalannya lengang dan cukup bagus, cuma lebih curam dan berkelok melewati hutan di kanan-kiri.

Lokasi Eling Bening terletak di Jalan Sarjono, Bawean, Semarang. Jaraknya 36 km dari pusat kota Semarang, Dengan melalui Jl. Semarang – Surakarta, hanya butuh waktu 60 menit untuk bisa sampai di sini.

 

Mengenal Eling Bening


Eling Bening layak ditambahkan dalam daftar resto Semarang dengan sajian dan suasana jempolan. Tempat ini dibuka pada tahun 2015 dengan mengusung konsep wisata keluarga. Terletak di perbukitan Ngrawan, Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dari Rawa Pening yang dikeliling Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo.


Fasilitas Eling Bening


Sampai di lokasi Eling Bening, kami langsung parkir di lahan kosong yang luas dikitari pepohonan hijau. Ada dua bus wisata dan beberapa mobil parkir di sana. Mungkin area ini tadinya biasa digunakan untuk kegiatan gathering, ya?

Eling Bening tiket masuk

Kami salat dulu di musala cantik serba putih. Kemudian, Suami dan kakaknya memutuskan untuk santai sejenak dengan bermain drone di situ. Sementara putraku bermain gelembung sabun yang dibelinya dari Ayanaz Gedongsongo.

outbound Eling Bening

Berdasarkan info yang kudapat, tempat ini menyediakan fasilitas outbound Eling Bening, trekking, dan flying fox. Sayangnya, aku enggak tahu di mana tepatnya dan apakah masih ada di masa pandemi ini. Soalnya, agenda utama kita ke sini memang cuma makan, sih.

Tiket Masuk Eling Bening


Guna menikmati suasana di Eling Bening, tiket masuk pada hari Senin-Jumat seharga 20.000 rupiah. Sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional, dibandrol 25.000 rupiah. Di gerbang masuk, kami diperiksa suhu tubuh dan diminta cuci dulu menggunakan penyanitasi tangan.


Resto Eling Bening Ambarawa


Lahan parkir di dalam kawasan resto Eling Bening Ambarawa ini cukup luas. Di pinggirnya terdapat jajaran ayunan menghadap langsung ke pemandangan rawa dan gunung yang indah. Sangat menyenangkan dipandang.

garden resto

Kami langsung memasuki resto Eling Bening Ambarawa yang terdiri dari tiga lantai ini. Selain restoran utama di bawah atap gedung, Eling Bening juga punya restoran kedua yang berkonsep Garden Resto. Kami memilih ke lantai teratas dan mengambil posisi di teras luarnya untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

kolam renang

Di lantai teratas ini, terdapat kolam renang namun tidak diperkenankan untuk dipakai. Selain di sini, spot cantik di Eling Bening juga terdapat di lantai kedua yang memiliki wahana perahu menjorok ke tebing. Berfoto di atasnya memberikan efek seolah sedang berperahu di atas awan.

Menu Eling Bening


menu Eling Bening

Sambil mengedarkan pandangan di sepanjang garden resto dan kolam renang, kami memesan menu Eling Bening yang sangat bervariasi mulai dari makanan lokal hingga internasional. Aku memilih es kacang merah sebagai hidangan pembuka sambil menunggu pesanan lain datang.

es kacang merah

Pilihanku ini rupanya berisi kacang merah yang sangat empuk dan tidak pahit. Jumlahnya juga banyak. Ditemani kuah nan gurih dan legit, es kacang merah ini sukses membuatku kekenyangan sebelum menu Eling Bening yang lain hadir disajikan.

Eling Bening menu


Aku memesan nasi goreng kuning. Penampakan warnanya ternyata tidak berbeda jauh dengan nasi goreng ayam pesanan putriku. Setelah diamati, mungkin maksud dari kata 'kuning' yang disematkan adalah nasi goreng ini hanya diorak-arik dengan kuning telur, tanpa bagian putihnya. Berbeda dengan nasi goreng ayam yang berisi suwiran daging ayam plus dihiasi telur mata sapi utuh.



Pesanan kami datang saat langit semakin temaram. Pada beberapa sudut pelataran tempat duduk, sengaja tidak dipasang lampu penerangan sehingga membuat suasana jadi syahdu dan romantis. Berlatar langit marun yang langka, kami pun menghabiskan hidangan dengan lahap. Sebuah sensasi yang pantas kamu coba suatu saat!

26 komentar

  1. Kirain aku eling bening itu apaan, eh ternyata lihat pemandangan yang bening bening.😄

    Berarti arahnya dari Semarang ke Surakarta ya mbak.

    Enak tuh es kacang merahnya, berasa lezatnya biarpun cuma lihat gambarnya, belum lagi nasi goreng kuning.

    BalasHapus
  2. restoran ini, waah keren sekali pemandangannya. apalagi bisa sambil menikmati indahnya pegunungan. pasti betah deh berlama-lama di sini yaa mbak..

    BalasHapus
  3. Waahhh, enjoyyy banget iniii Faridaaa
    Aku pengin dah sesekali ngetrip ke sini sekeluarga
    Semoga 2021 bisaaaa

    BalasHapus
  4. Viewnya bner2 bening di mata yah:D Cucok buat pergi kesana bareng keluarga ya mbak :)

    BalasHapus
  5. Saya kirain nasi goreng kuning itu yang pakai kunyit. Tetapi, berbeda dengan nasi kuning. Biasanya saya suka tuh nasgor kuning

    BalasHapus
  6. tempatnya bergaya eropa, tapi menu menunya nusantara ya mbak hehe.. selain bisa menikmati menu nusantara juga bisa mengabadikan momen makan bersama kerabat atau keluarga ya.. tempatnya instagramable

    BalasHapus
  7. Kerennya konsep Garden Resto di Eling Bening ini. Terus namanya catchy ya, mudah diingat.

    BalasHapus
  8. Waah viewnya mantap banget mbaa.... Pas sunset makin kece tuh.
    Konsep resto sekarang banyak yg kayak gini ta. Ga hanya jual makanan tp jg jual suasana dan view

    BalasHapus
  9. Noted. Bisa jadi salah satu tujuan kalau kapan2 pulkam. Tapi kapaaan?? hihihihi.

    BalasHapus
  10. Ini resto tapi ala tempat rekreasi yaaa, bisa buat outbond jg, anak2 pasti seneng deh kalau diajakin ke sana yaaa. Sayangnya kolamnya gak bisa dpakai sekarang2 ini ya mbak :(
    Menu makanannya keknya enak2 ya mbak :D

    BalasHapus
  11. Eling Bening tuh dulu yang namanya Rawa Pening ya..Wow, jadi keren deh sekarang. Dulu masih berupa hamparan rawa yang sepertinya tidak terlalu dirawat. Top deh, bisa jadi tempat wisata ngehits..

    BalasHapus
  12. wah mba, ini restonya bagus banget, banyak fasilitas yang cocok buat keluarga ya.. jadi pengen ke Semarang deh

    BalasHapus
  13. positif masuk list aku untuk tempat - tempat yang akan dikunjungi kalau mampir ke Semarang lagi niiih mba. Cakep yaa

    BalasHapus
  14. Sudah lama ngga ke sini, fasilitasnya makin cantik ya..view Eling Bening ini cantik banget ayem banget duduk-duduk menikmatinya

    BalasHapus
  15. nama tempatnya unik..
    viewnya pun bagus ya mbak..
    enak buat nyatai makan disini

    BalasHapus
  16. Aku ke Eling Bening jaman masih awal berdiri, masih berupa kolam renang di pinggir restoran aja. Sekarang makin cantik ya dengan spot untuk foto. Kalo makanannya emang enak sih, dulu kesana karena makan-makan untuk meeting rencana reuni

    BalasHapus
  17. Pemandangannya asyik banget ya. Jadi pengen main ke sana, tapi salfok liat harga menunya. Itu mennu minuman harganya Rp 20rban semua ya

    BalasHapus
  18. Pemandangannya indah banget di Eling Bening ini, ya, Mbak. Harga menunya juga affordable dan es kacang merahnya nampak enak. Waw.

    BalasHapus
  19. Aku sempet agak bingung, kok mau makan di resto harus bayar tiket masuk. Nggak taunya fasilitasnya banyak banget termasuk bisa lihat pemandangan yang subhanallah indahnya.

    BalasHapus
  20. Aah..suka banget sama tempat makan yang memanjakan pembeli begini..
    Gak pernah bosen main ke Eling Bening.

    BalasHapus
  21. Viewnya cakep ...jd pengen mampir klo jalan2 k Semarang kalau covid udah selesai

    BalasHapus
  22. Cantikkkk ya mak suasananya. Sore-sore ngumpul keluarga gini enak minum teh sambil liat anak-anak lari-lari
    pengen kesana kalau ada kesempatan

    BalasHapus
  23. Masuk ke Eling Bening per orang 80K dapatnya parkir, air mineral sama apa ya lupa, trus abis itu aku bingung mau ngapain di sana. Bisa melihat pemandangan tapi waktu itu siang hari dan panas. Mudah2an ada perbaikan dari segi parkit dll ya.. *maaf ya numpang bagi pengalaman.

    BalasHapus
  24. Makan jadi makin nikmat kalau sembari memandangi pandangan yang indah sekali. Bisa jadi referensi jika suatu saat mampir ke Semarang

    BalasHapus
  25. masyaallah pemandangannya keren banget tuh kak yang dekat kolam, auto pengen renang malam-malam yak, hihihi. Btw, menunya seru ada gorengan juga, hahaha... Pasti aku langsung pesan gorengan tuh alih-alih makanan utamanya

    BalasHapus
  26. Eling Bening itu bahasa Jawa kalo ditranslate artinya Inget Jernih. Mungkin pemilik resto pengen pengunjungnya merasa rileks, pikiran kembali jerih setelah lihat panorama pegunungan Merbabu, Endong, Telomoyo

    Kudu kesini nih kalo ke Semarang nanti habis coronces bubar jalan. Asyik banget ngelihat sunset disana.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^