Pentingnya Tumble Mat Ada di Rumahmu

tumble mat

Namanya punya anak, apa lagi yang tergolong susah diam di tempat, kita perlu menyediakan cukup fasilitas untuk mendukung belajar anak kinestetik ini. Selain ruang gerak yang memadai, juga harus dilengkapi dengan alat keamanan yang andal.


Bisa dibayangkan dong, betapa hebohnya tingkah anak-anak ini setiap hari. Yang tampak dalam video, ada tiga anak tuh yang tipenya kinestetik. Rata-rata ya memang sudah suka melakukan gerakan senam lantai secara alami begitu, termasuk juga lompat tali

Manfaat Senam Lantai


Gerakan senam lantai ini ternyata menjadi dasar juga saat anak belajar bela diri. Pastinya senang ya, melihat anak aktif. Apa lagi senam lantai secara khusus memang memiliki segudang manfaat, antara lain:
  • Melatih kelincahan tubuh
  • Memperkuat otot
  • Melatih keseimbangan
  • Memperbaiki posisi tubuh
  • Membakar lemak
  • Melatih fokus
  • Meningkatkan kekuatan jantung 
  • Melancarkan sirkulasi aliran darah, dan lain-lain.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan gerakan senam lantai, antara lain:
1. Gunakan matras
2. Letakkan matras di atas permukaan lantai yang datar
3. Pastikan matras berada pada posisi yang tepat
4. Jaga sekitar area matras agar tidak ada benda yang membahayakan saat mendarat
5. Lakukan pemanasan dulu
6. Mulai dari teknik paling dasar, baru berangsur-angsur menuju teknik menengah, hingga kemudian yang paling sulit
7. Selalu di bawah pengawasan ahli.

Mengenal Tumble Mat


air tumble mat

Nah, matras ini yang aku belum punya. Selama ini aku cuma berkali-kali mengingatkan agar anak-anak melakukan senam lantai di atas kasur, dengan gerakan hati-hati agar tidak terlalu keras membentur lantai.

Bicara soal matras, aku jadi melirik produk air tumble mat. Setelah aku baca-baca keterangannya, ternyata memang tumble mat ini memiliki sejumlah kelebihan, yaitu:
  • Berbahan DWF (Double Wall Fabric) yang kuat dan aman
  • Mudah dipindahkan karena ringan
  • Menyenangkan karena seperti beraktivitas di atas lantai biasa namun dengan daya pantul yang baik.
  • Terdiri dari berbagai macam ukuran dan warna menarik. 
  • Bisa dipasangi logo yang kita inginkan.
  • Garansi dua tahun dan gratis biaya suku cadang untuk perbaikan.

Air tumble mat memiliki tiga jenis ketebalan sesuai kebutuhan yaitu 10 cm, 20 cm, dan 30 cm. Tumble mat yang biasa digunakan untuk senam lantai adalah yang tebalnya 10 cm alias paling tipis. Untuk mendukung berbagai jenis aktivitas anak yang terkadang semaunya, bisa nih aku pilih air tumble mat set game.

Seperti yang tampak pada foto di atas, air tumble mat set game ini terdiri dari beberapa matras yang berbeda ukuran dan bentuk. Jadi,bisa disesuaikan dengan gerakan yang akan dilakukan apakah berguling, melompat, dan lain-lain.

Sudahkah kamu punya matras di rumahmu?

23 komentar

  1. Anakku yang sulung kinestetik. Sampai sekarang pun, dia mahasiswa masih bergerak ke sana ke mari kalo sedang tidak di depan laptop. Kayak seterikaan. Tumble mat ini perlu ya buat anak yang lebih kecil.

    BalasHapus
  2. Kemarin olahraga roll ke depan dan ke belakang karena aku gak punya matras jadi pake kasur lipat. Kayaknya harus punya tamble mat deh, lagian ringkas ya gampang dipindah-pindah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memanfaatkan yang ada ya mbak :) yang penting tetap olah ragam tapi mungkin kalau ada rejeki lebih bisa di lirik nih tumble mat nya

      Hapus
  3. Saya juga baru tahu model matras ini. Emang kalau dari segi keamanan ini cocok untuk yg memiliki anak kecil ya... Tapi dari segi biaya sepertinya saya harus nabung banyak dulu deh

    BalasHapus
  4. Punya matras di rumah emang perlu, sih. Apalagi sekarang lebih sering olahraga di rumah aja. Kalau ada matras kan jadi nggak was-was lagi pas senam lantai.

    BalasHapus
  5. Cocok, nih. Biasanya kalau olahraga dirumah nggak pakai alas apapun. Tubuh langsung menyentuh lantai. Dingin dingin kemrenyes. Hahaha. Tengkyu, infonya kak.

    BalasHapus
  6. Aku termasuk yang belum punya tumble mat, mba. Selama ini hanya menggunakan kasur lantai, dan beberapa waktu kemarin sempat nyari-nyari di internet dan sukses membuat bingung karena banyak pilihan. Setelah membaca ini jadi tahu mau menjatuhkan pilihan matrasnya. Makasih infonya.

    BalasHapus
  7. Asyik banget nih kalau ada tumble mat di rumah ya, buat olahraga jadi lebih nyaman, asal jangan ujung-ujungnya buat tidur, saking nyamannya hahaha.

    Ini juga cocok buat anak-anak yang kebanyakan tingkah kayak anak saya dong, biar ga kejedot lantai melulu ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  8. Saya cuma punya 1 matras. Suka dipakai bergantian. Kayaknya harus menambah lagi. Soalnya waktu exercise di rumah suka pada berbarengan

    BalasHapus
  9. Wah ini buat anak yang suka jungkir balik lompat2 di rumah gak bisa diem bisa difasilitasi matras kyk gini ya mbak. Bentuknya juga unik nih TFS infonya

    BalasHapus
  10. Yeaay~
    Aku pun merasa perlu niih punya Air tumble mat, hihii...gak hanya anak-anak yang kinestetik, emak nya pun merasa butuh penyaluran yang tepat dengan berolahraga senam lantai.

    BalasHapus
  11. Aku punya matras di rumah tapi belum ada yang seperti mba Rekomendasi kan. Harus punya nih

    BalasHapus
  12. Aku belum punya matras di rumah nih. Padahal butuh juga buat olahraga ya. Terutama yang olahraganya kayak sit up gitu.

    BalasHapus
  13. Oh tumble mat buat alas berolahraga. Selama ini jarang olahraga indoor palingan jogging. Di Masa pandemi gini perlu juga yaa supaya tidak langsung beralas lantai yang keras

    BalasHapus
  14. Nah wajib punya nih yang anaknya suka senam lantai atau jungkir balik , sit up dll jadi lebih aman ya kalau pakai ini

    BalasHapus
  15. Aku butuh nih punya tamble mat mba, karena aku suka yogya di lantai dan butuh alat yang bener bisa menompang tubuh biar gak sakit

    BalasHapus
  16. aku kira mat buat yoga itu sama aja ternyata ada macamnya ya mba. saat ini asih pakai yang biasa gitu ehehe, jadi pengen deh.

    BalasHapus
  17. Aku to otomatis njerit mba pas si kakak banting adek cowoknya itu :)) oalaahh... aktif juga ya anak-anak latihan bela dirinya. Emang kudu dikasih tumble mat mba biar ga sakit pas jatuhan kayak gitu.

    BalasHapus
  18. Tumble mat membuat kita nyaman dan memperkecil dari resiko cidera saat berolahraga.

    BalasHapus
  19. Wah oke juga nih mba untuk alas olahraga di rumah yaa biar makin semangat dan tetap sehat, jadi olahraga juga gak sampai cedera krn pake bantalan/mat yang empuk dan ergonomis

    BalasHapus
  20. Eeh baru tau nih ada air tumble mat gini ๐Ÿ˜ Bagus ya untuk meminimalisir risiko kecelakaan kalau lagi olahraga

    BalasHapus
  21. Aku lbh suka olahraga indoor, trus kadang2 anakku ikutan juga. Kalo ada tumble mat mungkin anakku bisa lbh aman olahraganya kali ya.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^