Latihan Soal di Roboguru Bikin Siap Menghadapi Ujian

roboguru
Anak-anak sudah mulai siap-siap ujian akhir, ya? Bagaimana rasanya mendampingi mereka belajar menjelang ujian? Panik? Bingung? Repot? Sudah sering kita mendengar keluhan para siswa dan orang tua selama menjalani pendidikan di masa pandemi ini.

Wajar saja, mengingat selama sekolah daring, intensitas komunikasi dan konsultasi tatap muka dengan para guru menjadi langka. Saat mengerjakan PR (pekerjaan rumah), konsep pelajaran terkadang lebih sulit dipahami tanpa ada penjelasan tatap muka dari guru.


Latihan Soal di Roboguru sebagai Solusi Belajar

Sabar, ini ujian. Daripada pusing dan malah jadi emosi karena suntuk memikirkan cara menjelaskan pelajaran ke anak, coba deh pakai latihan soal di Roboguru. Roboguru ini merupakan fitur kecerdasan buatan dari Ruangguru yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2019.

Fitur ini bekerja layaknya robot yang membantu para siswa dalam menjawab soal yang sulit dari berbagai mata pelajaran. Caranya, dengan memberikan pembahasan dan rekomendasi video konsep belajar, sekaligus berdiskusi untuk membantu siswa lainnya yang kesulitan memahami jawaban soal.

Jadi, siswa tetap menerima materi penjelasan konsep pelajaran dan dapat saling berdiskusi dengan teman lainnya, bukan sekadar menyalin jawaban. Berhubung memang Ruangguru tidak hanya ingin membantu siswa menjadi lebih baik dari segi nilai, tetapi juga karakternya.

Dengan fasilitas latihan soal di Roboguru ini, selain anak menempa semangat untuk menguasai materi pelajaran, mereka juga mendapat wadah untuk bersosialisasi secara sehat, serta mengembangkan sikap jujur dan tolong-menolong.


ruangguru


Keunggulan Roboguru

Enggak heran dong, kalau Ruangguru ini menjadi akun belajar favorit banyak siswa dan orang tua untuk mendapatkan kampus impian dibantu guru-guru terbaiknya. Untuk fitur Roboguru ini saja, misalnya, memiliki sejumlah keunggulan berikut:

Gratis

Fitur ini kini bisa dinikmati di WhatsApp dan aplikasi Ruangguru tanpa perlu berlangganan. Enggak perlu keluar biaya tambahan untuk membayar guru les atau buang kuota untuk berselancar di internet mencari jawaban.

Teknologi Photo Search dan User Generated Content (UGC)

Kombinasi keduanya memudahkan para siswa menanyakan solusi untuk soal-soal sulit dan berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia. Siswa hanya perlu mengirim foto soal-soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan ke menu Roboguru di dalam aplikasi Ruangguru atau WhatsApp. Fotonya berupa tulisan ketik, ya, bukan tulisan tangan. Juga, pastikan fotonya tidak buram atau kabur.

Menyajikan Video-video Pembelajaran

Dengan begini, siswa terbantu untuk kembali memahami konsep materi pelajarannya dengan rekomendasi solusi yang akurat. Jadi, bukan sekadar mencari contekan, ya. 

Untuk Semua Jenjang Pendidikan

Mulai dari SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah menengah Atas) dan sederajat bisa menikmati fitur ini. Pembahasannya pun mencakup semua mata pelajaran utama. baik Saintek maupun Soshum. Termasuk soal-soal SBMPTN, lo! Jadi, enggak perlu khawatir sampai enggak naik kelas, ya.

Cara Memanfaatkan Fitur Roboguru

Kalau anak kita ingin berdiskusi dengan teman-temannya mengenai soal-soal pelajaran yang ingin dipecahkan, kita bisa memanfaatkan laman https://roboguru.ruangguru.com untuk bertanya atau menyumbang jawaban buat mereka.

Sedangkan untuk menggunakan fitur Roboguru di WhatsApp, kirimkan pesan melalui WhatsApp dengan mengetik “ROBOGURU” ke nomor 0815-7815-0000. Atau, bisa juga dengan mengunduh aplikasi Ruangguru, kemudian klik bagian Roboguru.

Pilih jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang dimaksud dengan mengetikkan angka sesuai petunjuk, lalu Roboguru akan secara otomatis memunculkan jawaban beserta penjelasan konsepnya dalam waktu beberapa detik.

Selamat menempuh ujian, ya!

8 komentar

  1. Senang deh kalau ada wadah untuk anak-anak belajar. Jadi mereka bisa menggunakan handphone sebaik mungkin, tentunya dengan pengawasan kita ya. Dan membantu orang tua juga dalam mengajarkan buah hati. Karena, belum tentu semua orang tua mampu menjawab soal-soal anak sekolah jaman sekarang. Dg adanya ROBOGURU pasti sangat membantu kita.

    BalasHapus
  2. Beberapa kali saya mencoba menyarankan anak-anak didik saya untuk mencoba ruang guru. Selain bisa ikut course berbayar dan gratisnya, juga ada banyak materi dan modul yang bisa dipelajari untuk persiapan PAT atau ujian akhir.

    Btw, tidak asing saya dengar istilah roboguru ini, aplikasi ruang guru yang emang keren, dan pengisi coursenya juga banyak yang menyandang gelar master bahkan DR. keren.

    BalasHapus
  3. Seruuu seruuuu!
    Aku kayaknya juga bakal manfaatin fitur ini buat anakku.
    supaya dia makin semangat belajar juga, ye kan.
    makasii Farida

    BalasHapus
  4. Anakku pernah coba belajar pakai Ruang Guru. Menyenangkan ya, jadi makin paham trus bisa menyelesaikan latihan2 mata pelajarannya. Pengajar2nya juga sangat bagus, berpengalaman. Penting banget belajar online terutama dalam masa pandemi ini, harus semangat tentunya :D

    BalasHapus
  5. Ini yang kucari, Roboguru..apalagi pas sampai di info fitur ini kini bisa dinikmati di WhatsApp dan aplikasi Ruangguru tanpa perlu berlangganan. Happy sekali!

    BalasHapus
  6. Ruang Guru selalu terdepan dalam berinovasi ya?

    Sekarang muncul dengan Roboguru, keren banget!

    BalasHapus
  7. Kren nih aplikasi jadi pengen coba pastinya bermanfaat sekali karena banyak tips nya ya kak

    BalasHapus
  8. Sekarang udah banyak ya fasilitas belajar kayak gitu kak. Tinggal kitanya lagi mau belajar apa enggak.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^