header permata pengalamanku

Ketahui Prosedur Serta Efek Lengkap dari Sedot Lemak

19 komentar
sedot lemak
Sedot lemak merupakan prosedur bedah dengan teknik penyedotan dalam menghilangkan lemak pada area tubuh tertentu. Mayoritas lemak yang disedot adalah pada bagian perut, pinggul, paha, lengan, dan pantat. Perlu diingat bahwa sedot lemak tidak harus menjadi metode penurunan berat badan. Mereka dengan berat badan ideal pun dapat memiliki beberapa lemak yang mungkin ingin dihilangkan.

Bagian Tubuh Utama 

Bagian tubuh yang harus mengalami sedot lemak pada bagian tubuh yang sulit hilang seperti perut, lengan bagian dalam, pantat, paha, dada dan punggung, panggul, leher dan dagu. Terkadang, banyak wanita melakukan pengecilan payudara atau ginekomastia. Prosedur ini mengurangi sel lemak di area tersebut, di mana perubahan kontur yang dihasilkan permanen selama berat badan terjaga.

Antisipasi Bentuk Kulit 

Setelah prosedur penyedotan, kulit pasti menimbulkan bekas pada area yang baru mendapatkan prosedur. Mereka yang memiliki elastisitas kulit bagus, tentu kulit akan terlihat mulus. Namun, jika kulit tipis dengan elastisitas yang buruk, bisa jadi kulit di area yang mengalami prosedur terlihat kendur.

Bukan Penghilang Stretch Marks 

Sedot lemak bukan menghilangkan selulit atau permukaan kulit tidak teratur seperti stretch mark. Mereka yang ingin melakukan prosedur ini harus dalam kondisi kulit dan fisik sehat tanpa kondisi yang dapat mempersulit prosedur. Penyakit arteri koroner atau sistem kekebalan tubuh lemah perlu berpikir ulang untuk melakukannya.

Perhatikan Risiko

Seperti halnya prosedur bedah, liposuction juga berisiko seperti pendarahan serta reaksi terhadap anestesi.  Meski tidak terlalu parah, tetapi ada kemungkinan komplikasi khusus yaitu ketidakteraturan kontur kulit. Kulit mungkin terlihat bergelombang dan sedikit layu karena penghilangan lemak. Perubahan di bawah kulit dari kanula yang digunakan selama prosedur dapat membuat kulit terlihat berbintik.

liposuction

Akumulasi Cairan 

Untuk beberapa jenis kulit, akan terjadi penumpukan cairan atau seromas. Hal ini dapat diantisipasi dengan mengeringkan cairan dengan prosedur suntikan. 

Efek Setelah Prosedur 

Beberapa efek setelah prosedur sedot lemak adalah mati rasa sementara pada area yang mengalami perawatan. Sedangkan infeksi jarang sekali terjadi dimana hal ini tentu tergantung penyedia layanan liposuction. Untuk itulah prosedur ini tidak dapat dilakukan sembarangan. 

Kondisi Darurat 

Kondisi darurat bisa terjadi meskipun sangat jarang. Kondisi yang dapat terjadi tersebut adalah emboli lemak yaitu serpihan lemak yang pecah serta terperangkap dalam pembuluh darah sehingga berkumpul di paru-paru atau merambah ke bagian otak. Kondisi darurat lain disebabkan oleh kontaminasi lidokain yaitu obat bius yang diberikan melalui suntikan. Perlu diingat bahwa kondisi ini juga tergantung pada penyedia liposuction

Perlu Persiapan 

Sebelum prosedur sedot lemak, perlu adanya konsultasi dengan ahli bedah. Pilih yang sudah memiliki reputasi serta  pengalaman. Ahli bedah dapat meninjau riwayat kesehatan pasien serta kondisi medis yang mungkin dimiliki pasien. Biasanya,  ahli bedah akan menanyakan jenis obat atau suplemen yang dikonsumsi pasien. Pada beberapa kasus, tes laboratorium juga dibutuhkan.

Prosedur Ringan dan Berat 

Prosedur untuk liposuction beragam. Jika lemak yang diambil tidak banyak, maka dapat dilakukan di klinik kecantikan. Namun, jika lemak yang diambil cukup banyak, mungkin ahli bedah dapat merujuk ke rumah sakit mitra. 

Perlu diperhatikan bahwa sedot lemak bukanlah penyelamat penampilan. Lebih baik mengurangi lemak dengan cara yang sehat, yaitu berolahraga dan mengurangi makanan berlemak seperti gorengan, kulit ayam dan makanan dengan kadar lemak jahat yang tinggi. 

Related Posts

19 komentar

  1. Sedot lemak bukanlah penyelamat penampilan, ini nih yang perlu diingat. Buat mengurangi lemak di tubuh masih banyak cara lain yang bisa dilakukan yang lebih tidak berisiko seperti olahraga, tapi kalaupun memilih untuk sedot lemak atau ada kondisi lain yang mengharuskan sedot lemak, perlu banget buat tau risiko dan penanganan yang harus dilakukan sehabis sedot lemak

    BalasHapus
  2. Pas baca judul aku sambil mikir, jangankan mau sedot lemak haha lah aku nya butuh lemak dong. Maklum diriku kurus banget. Tapi Alhamdulillah bagaimana pun bentuk tubuh yang penting sehat ya mbak.

    BalasHapus
  3. Boro-boro mau sedot lemak, apanya yang mau disedot hihi. Ini yang bikin galaw malah stretch mark. Wkwkk

    BalasHapus
  4. Kalo aku sih milih olahraga rutin dan melakukan program diet deh kak buat menguruskan badan.

    BalasHapus
  5. Jadi sedot lemak gak boleh sembarangan ya mbak. Mesti ke tempat yang benar-benar mengikuti prosedur yang benar agar aman.

    BalasHapus
  6. sedot lemak ini mungkin kalau kasusnya sudah benar-benar gemuk ya, mbak. kalau masih bisa pakai diet kayaknya lebih baik diet dan olahraga

    BalasHapus
  7. Sedot lemak sudah jadi alternatif untuk menurunkan berat badan ya, Mbak. Terutama yang kasusnya obesitas parah mungkin. Asal setelah itu tetap jaga pola makan dan olahraga biar nggak gemuk lagi.

    BalasHapus

  8. pernah aku nonton artis nikmir sedot lemak ini mba Farida, jadi beneran ilang lemaknya
    pasti butuh dana gede ya buat menurunkan lemak di tubuh ini. Semoga kita sehat selalu aamiin

    BalasHapus
  9. Selain berolahraga kita bisa mengurangi lemak di tubuh dengan metode sedot lemak ini, ya. Kira-kira biayanya berapa ya, untuk sedot lemak?

    BalasHapus
  10. Makasih banyak infonya kak, saat ini aq juga rasanya kelebihan berat badan dan pengen mengurangi dengan cara yang umum aja deh gak berani sedot lemak.

    BalasHapus
  11. Aku ngeri bayangin sedot lemak ini. Aku juga gemuk, pengin sih hilang lemak yang berlebih ini, tapi maunya olahtraga saja

    BalasHapus
  12. Wah cocok nih buat yg pingin langsing. Klo aku badanku cenderung kurus sih. Jadi kayaknya gak bisa nih sedot lemak. Hehe

    BalasHapus
  13. Aku lagi nyari info sedot lemak dibawah mata. Eh, ketemu tulisan ini. Ternyata efek samping perlu diketahui sebelum operasi ya, Kak. Biar bisa antisipasi.

    BalasHapus
  14. klo punya dana, sedot lemak emang cara paling mudah dalam menghilangkan lemak ya mbak

    BalasHapus
  15. Kadang kalau memegang bagian perut atau yang lain, jadi ingat lemak yg membandel haha, mau sedot lemak tapi efek nya jga sangat berbahaya ya ka, harus pikir dua kali untuk mengambil tindakan ini.

    BalasHapus
  16. Bahas sedot lemak, aku jadi inget jaman SD ku pengn banget sedot lemak supaya ada cowok deketin. Tapi ternyata mahal banget dan aku urung melakukannya

    BalasHapus
  17. Aku kepikiran juga buat sedot lemak yang sepertinya sudah menumpuk ini, oh baru tau ternyata ada faktor resikonya juga ya, makasih kan informasinya.

    BalasHapus
  18. Adanya lemak bikin kulit jadi kenceng juga ya haha... meski secara estetik gak enak dilihat kl gak proporsional ya Mbak. Suka deh sama closing statement-nya ya, hindari makan gorengan dll, sejalan dengan nasehat populer lebih baik mencegah daripada mengobati ya

    BalasHapus
  19. Waahh jadi inget sama film korea blablabla pounds Beauty itu deh hahaa, dia jg sedot lemak kan yaa sama operasi plastik. duh jadi pengen juga ilangin lemak di perut :(( udah obess nih kayaknya perutnya

    BalasHapus

Posting Komentar