header permata pengalamanku

Membuka Jalan Karir Sang Jagoan dengan Les Coding Anak

54 komentar

Les coding anak
Ikut mendampingi saat les coding anak
"Jadi, apa cita-citamu?" tanyaku pada sang jagoan yang sudah berusia 14 tahun itu.
"Belum tahu," jawabnya.
Ya, setelah belasan tahun belajar mengenal diri dan dunia, Daffa belum juga mampu menyimpulkan bagaimana dia akan berkontribusi di tengah kehidupan. Anak satu ini memang pemikir banget, sih. Dia perlu mempertimbangkan masak-masak setiap pilihan sebelum akhirnya mengambil keputusan.
Bikin gemas-gemas bagaimana begitu, ya. Namun, setiap karakter anak memang unik. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sikap skeptis semacam ini sebenarnya sangat dibutuhkan seorang ilmuwan.
Nah, apakah Daffa benar-benar cocok menjadi ilmuwan? Kalau iya, ilmuwan apa? Sepertinya, sang jawaban masih meminta waktu lebih lama untuk menunjukkan diri. Sebagai orang tua, kami hanya bisa terus berusaha menginspirasi dan mendukung.
"Aku jadi seperti Abi aja, deh," ujarnya kemudian. 
Sebuah kalimat yang sudah pernah disebutnya beberapa kali, tetapi belum ada hasil nyata. Itu sebabnya, seenggaknya setahun sekali, abinya mengajari lagi dasar-dasar pemrograman. Untuk kembali memantapkan hati, apakah memang akan terjun di dunia sains data seperti abinya atau mencari jalan lain.

Mengenal Tempat Les Coding Anak, Hacktiv8

Kursus coding untuk anak
Mendengarkan penjelasan di kursus coding untuk anak
Berhubung sepertinya selama beberapa tahun ini hanya jalan di tempat dan belum juga sampai pada momen "Aha!", kami kemudian terpikir untuk memfasilitasi Daffa terlibat lebih dalam soal pemrograman ini melalui les coding anak. Siapa tahu, varian pengajar membuatnya lebih yakin untuk menekuni bidang ini atau meninggalkannya aja.
Kebetulan banget, aku mendapat informasi tentang Hacktiv8. Perusahaan ini hadir untuk mentransformasi pemula menjadi tenaga digital terbaik di Indonesia yang siap kerja. Hacktiv8 menyediakan jalur belajar baik bagi perusahaan, calon pekerja, bahkan ada kursus coding untuk anak!

Review HACKTIVKIDZ

Belajar coding untuk anak
Memperhatikan penggunaan aplikasi belajar coding untuk anak, Scratch
Aku sempat membaca salah satu artikel yang terbit di blog Hacktiv8 berjudul "HACKTIV8 Luncurkan HACKTIVKIDZ, Program Belajar Coding Untuk Anak". Sekolah coding anak ini merupakan tempat belajar coding untuk anak SD-SMP usia 10-14 tahun. Orang tua juga dapat ikut mendampingi buah hati selama proses belajar coding untuk anak ini karena dilakukan secara daring.
Hacktiv8 ini sudah terdaftar di Council on Integrity in Results Reporting (CIRR), yaitu standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat penting. Kurikulum HACKTIVKIDZ terdiri dari 3 pilihan, yaitu: Animation, Art, dan Games. 
Untuk Daffa ini sepertinya yang paling pas ya melalui jalur Games karena itu hobinya. Makanya, aku jadi tertarik dan langsung mendaftar untuk mengikuti kelas "Membuat Game untuk Melatih Motorik Anak bersama Hacktiv8". Kelas Zoom ini diselenggarakan Jumat, 3 Desember 2021 pukul 15:00 - 16:30 WIB. Materi belajar coding untuk anak yang berlangsung satu sesi ini adalah:
  • Belajar logika dan pemrograman dasar
  • Praktik koding dasar untuk membuat gim
  • Membuat game sederhana dengan aplikasi Scratch
  • Membuat Catch Game 2 Players
Sebagai review HACKTIVKIDZ, aku melihat saat mengikuti les coding anak ini Daffa cukup menikmati, ya. Sebelum memulai materi, memang instrukturnya bertanya dulu apakah peserta sudah mengenal Scratch. Karena kebanyakan mengatakan sudah, maka kelas imajinatif ini pun disesuaikan dengan kemampuan mereka.
Trial Class HacktivKidz ini berjalan tepat waktu dan dibimbing instruktur Kak Gita Sirait yang seru banget. Beliau mampu mengakomodasi para peserta yang memiliki berbagai karakter ini dengan cara yang luwes dan komunikatif.
Pelajarannya menarik serta membantu anak berpikir yang kritis dan sistematis. Mereka juga dibebaskan berimajinasi dalam praktik membuat program. Rasanya seperti sedang belajar sambil bermain aja. Asyiknya lagi, ikut sekolah coding anak ternyata memberi suasana baru bagi Daffa karena belajar beramai-ramai dengan teman. 
Usai mengikuti materi pembelajaran di kursus coding untuk anak ini, para peserta dapat mengikuti tes coding gratis untuk mengetahui minat dalam pemrograman. Saat ini, aku masih menunggu hasilnya, sih. Jadi penasaran, apakah Daffa memang berkompeten dan antusias di bidang ini? 
Belajar coding untuk anak SD-SMP dengan kurikulum dan cara menyenangkan begini tentu memberi motivasi lebih bagi Daffa untuk makin giat menimba ilmu dari yang terbaik. Bisa jadi, industri teknologi akan menjadi pilihan karirnya. Syukur-syukur kalau bisa membantu abinya mengembangkan bisnis. 
Aku jadi lebih lega melihat bagaimana Daffa menjalani kursus ini. Rasanya, cukup optimis bahwa industri teknologi akan menjadi bidang yang dia pertimbangkan. Seenggaknya, dia semakin paham manfaat belajar coding untuk anak yang bisa dia reguk dan gunakan dalam hal lain. 
Sebab, dengan materi di atas, anak melatih motoriknya dengan cara menyenangkan seperti membuat gim. Daripada klik-klik gawai enggak jelas, mending belajar bahasa pemrograman yang merupakan bahasa pokok masa depan. Kemampuan menggunakannya jelas merupakan keahlian jangka panjang. 
Selain itu, manfaat belajar coding untuk anak berikutnya adalah dapat membantu memiliki pola pikir yang logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan membentuk anak menjadi pribadi yang mampu menjadi pemecah masalah. Semua itu tentu merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkannya saat ini maupun nanti. 

belajar coding untuk anak SD-SMP
Hacktiv8 tempat belajar coding untuk anak SD-SMP

Saking senangnya, aku kembali mendaftarkan Daffa di Kelas Trial Gratis berikutnya yang akan berlangsung tanggal 18 Desember 2021 ini. Jika usai membaca review HACKTIVKIDZ ini kamu tertarik juga mengikutkan si kecil, klik aja tautan di atas, ya. Semoga sukses!

Related Posts

54 komentar

  1. Sedari dini udah les coding, mantap mbak
    Aku belajar coding juga pas awal awal ngeblog
    Harusnya adikku ikut les begini juga ya, biar nambah nambah ilmu juga

    BalasHapus
  2. Idaaaa, kangennn๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. wah harus belajar coding juga nih biar tampilan blog makin cakep, ikutan belajar di Hacktiv ah hahahaaa

    BalasHapus
  4. wah ini sih gak hanya menarik untuk anak tapi buat emak yang buta coding ini bisa jadi pilihan menambah ilmu

    BalasHapus
  5. Beberapa bulan ini sering dengee juga sih tentang pembelajaran coding buat anak-anak, kayaknya emang menarik banget dan kalau denger kata coding sih di otak Alvi selalu mikirnya "wah otak atik nih".

    BalasHapus
  6. Wahhh hebat banget anaknya suka coding"an gtu mba dan mau belajar. Aku liat tmn aja rasanya bikin pusing kalau" liat belajarnya. ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  7. Senang sekali bisa mengikuti kelas HacktivKidz.
    Anak-anak memang masih wajar untuk terus berubah. Itu menandakan mereka tahu apa yang di inginkan.

    Semoga dengan kelas coding, anak-anak akan tergambarkan bidang profesi ini dan mantap memilih.

    BalasHapus
  8. Menarik banget kelas ini, lebih bagus sih daripada anak2 main game mulu, dengan kelas gini nambah ilmu juga. Aku share ke kakak aku siapa tau anaknya mau ikutan

    BalasHapus
  9. Anakku senang coding mba. Dulu dikenalin ama guru SDnya. Skarang jadi senang. Asik ada kelas percobaan gratis mau coba juga ama anak

    BalasHapus
  10. Wah ini buat anal yang suka 'ngoprek' isi komputer bakal seneng ya mbak. Apalagi diajarkan buat game gini. Belajar coding sedari dini biar tua nanti gak pusing kayak aku. ��

    BalasHapus
  11. Keren banget Daffa udah bisa belajar coding. Emang sih kalau ada kesempatan jangan sampai dilewatkan ya...
    Saya sendiri udah pusing duluan kayanya melihat kode kode html itu ... Hehehe!

    BalasHapus
  12. semangaat belajar codingnyaa.. aku pun nanti kalau anak udah SD mau aku ajarin ngoding juga ah.. soalnya biar bisa semakin berkreasi di dunia digital

    BalasHapus
  13. Keren sekali sudah belajar coding, tapi memang penting memiliki keahlian tersebut di zaman sekarang. Banyak perusahaan cari ahli IT. Moga lancar belajarnya dan bermanfaat sebagai bekal masa depan

    BalasHapus
  14. wah, sudah les koding sejak dini, keren sekali mbak. setidaknya jika dari sekaang udah diajari dasar-dasar koding keepannya si anak nggak bakal kesulitan lagi jika ingin fokus sebagai prgramer

    BalasHapus
  15. Keren nih nak Daffa sudah belajar coding. Apalagi 'pembelajaran ini membuat anak jadi lebih kritis,berpikir logis, kreatif dan sistematis ya bun.

    BalasHapus
  16. Bagus sekali yaa.. Program Belajar Coding Untuk Anak yang materinya tentu disesuaikan dengan pola pikir anak usia sekolah zaman sekarang yang kritis dan kreatif.

    Pengembangan kemampuan melalui HACKTIVKIDZ ini akan mengarahkan ananda untuk mendapatkan pengalaman baru dan cita-cita yang lebih fokus di bidang tertentu.

    BalasHapus
  17. nih anakku doyan main game minecraft mulai belajar coding dikit-dikit nih, dia nonton tutorialnya di YT, kayanya oke juga yaa dimasukin les coding gini

    BalasHapus
  18. coding emang jafi salah satu aktivitas favorit anak-anak saat ini ya mbak
    Banyak anak suka main coding biar bisa bikin game sendiri

    BalasHapus
  19. Sejujurnya pengen arahkan anak saya belajar coding, tapi dia belum menunjukan ketertarikannya, sukanya ngerumpi mulu di WA sama temannya hahaha.
    Padahal kan bisa jadi alternatif menarik, bikin game sendiri misalnya

    BalasHapus
  20. Sekarang coding udah ramah anak dan pintar-pintar pula hasilnya. Semoga kakak bisa menjadi ahli diperkodingan, ya kak. Semangat untuk belajarnya.

    BalasHapus
  21. Anak laki-laki saya juga saya ikutkan les coding, Mbak. Supaya dia bisa mendapatkan pengetahuan selain pelajaran di sekolah. Nambah pengalaman, ya ...

    BalasHapus
  22. waw keren
    belajar coding sedini mungkin
    karena ilmu ini sangat dibutuhkan di masa datang ya?

    BalasHapus
  23. Sekarang dunia emang udah beda ya. Anak2 bahkan udah bisa belajar ngoding. Sementara aku kenalan dengan koding baru pas masuk kuliah 12 tahun yang lalu.

    BalasHapus
  24. les coding ini memang bagus dan penting untuk keep up with perkembangan jaman saat ini ya mba

    BalasHapus
  25. Bermanfaat ya les coding ini sejak dini, siapa tahu bisa jadi programer nantinya

    BalasHapus
  26. Hacktiv8 emang tempatnya belajar coding ya mbak. Dan belajar coding itu gampang gampang susah, memang sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada anak2...membaca reviewnya aja bikin takjub pasti kalau sudah menguasai ilmu coding bakal ketagihan ya belajar disini.

    BalasHapus
  27. MasyaAllah kecil-kecil udah belajar coding salut mba, figur orangtua idola kamu mba bagiku hehehe handle anak banyak bisaan banget

    BalasHapus
  28. keren bgt ini anak2 dah bisa mulai belajar coding ya ternyata, klo dah jdi emak2 gini bru mulai belajar krna ngeblog aja kesulitan bgtt. save dulu ah buat nti anak klo dah jdi anak2

    BalasHapus
  29. Tenyata sekarsng ada kelas coding untuk anak2 ya.. mantaab euy! semoga mas Daffa makin mantab menjadi seorang ilmuwan seperti abinya ya..

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah ya mbak, anakku juga ikutan mbak kelas coding. Belajar coding di Hactiv8 memang menyenangkan ya mbak. anak anak cepet bisa membuat game sederhana sendiri

    BalasHapus
  31. Seru banget nih anak belajar coding, bisa jadi bekal dia apalagi kalau minatnya besar untuk menjadi programmer, sukses selalu ya untuk Daffa

    BalasHapus
  32. Aku baru seusia ini kenal coding, dan sekarang ada les coding untuk anak. Keren banget. Anak sudah bisa belajar dan potensi mereka akan terasah baik. Kalo bocilku udah gede tar ajakin ikutan kelas serupa ah

    BalasHapus
  33. Keren nih, anaknya sudah diikutkan les coding. Memang di zaman seperti sekarang skill seperti ini dibutuhkan apalagi kalau anak2nya juga minat.

    BalasHapus
  34. Pernah juga menawarkan kelas coding, baik buat Moms atau anak-anak, tp antara jadi panitianya atau yang belajar.
    Intip bocoran kelas coding yang dibagikan mbak Farida jg pastinya

    BalasHapus
  35. semangat buat belajar codingnya yaa.. kompetensi itu memang bakal dibutuhkan banget lho buat masa depan nanti. ngga ada salahnya mengenalkan ke anak sejak dini

    BalasHapus
  36. Belajar coding ada ilmunya, ada mentornya ada platformnya, simak review tulisannya kita akan menambah wasasan

    BalasHapus
  37. Jujur saya baru dengar Hacktiv8. Pengen tahu deh biaya kelas-kelasnya untuk anak usia 6 tahun.

    BalasHapus
  38. Setuju banget Mbak, lebih baik mengalihkan fokus anak ke hal yang bermanfaat dibanding main HP yang tidak jelas. Saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat, disinilah dibutuhkan kontrol orang tua, nah salah satu alternatifnya itu belajar coding/programming.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Semoga Zhaf & Fath juga bisa diarahkan kayak Kakak Daffa ya. Ikut les coding kayak gini karena skill di bidang teknologi pastinya dibutuhkan di masa sekarang dan ke depannya

      Hapus
  39. Semangat Daffa ikut kelas codingnya...
    Kita sebagai orang tua ikut senang kalau anak senang belajar, terutama kelas coding seperti Hacktiv8 ini

    BalasHapus
  40. Wah masyaAllah keren. Semoga Kak Dafa semakin mantap menemukan minatnya. Itu les codingnya baru satu kali pertemuan atau berapa lama nanti durasinya?

    BalasHapus
  41. Asyik banget si kecil-kecil udah belajar coding. Jaman sekarang mah untuk menemukan potensi anak lebih mudah ya kak. Banyak fasilitas les untuk trial juga.

    BalasHapus
  42. Sejak masih kerja di Smart City, aku jadi tahu kalau ada kelas coding untuk anak-anak. Generasi digital banget nih anak-anak kita.

    BalasHapus
  43. kalau udah bisa coding dari kecil, keren yaaa.. InsyaAllah gak bakalan susah nanti karena kemampuan coding juga jadi salah satu skill yang dibutuhkan kedepannya ya Mbak.
    semangat ya Daffa, moga hasil kursus codingnya bagus terus ya :)

    BalasHapus
  44. Wah, seru banget ya, Mbak. Kak Daffa tampak menikmati banget ikut program ini.
    Anakku usia 10 tahun juga suka aktivitas pemrograman. Kalo sedang utak-atik di Scratch bisa seharian anteng, hehe. Jadi penasaran untuk daftar kelas trial-nya. Makasih infonya Mbak

    BalasHapus
  45. Seru ya Mbak anakku yang pertama suka utak atik sepertinya tepat diikutin kelas ini ya...

    BalasHapus
  46. Seru ya mbak, main coding,,anak-anak di rumah juga suka main coding di web scrath mbak,,
    mereka bisa memanfaatkan teknologi untuk hal baik ya mba

    BalasHapus
  47. Wah saya setuju banget tuh mumpung masih anak2, daya nalar masih oke memang harus diasah otak dan skill nya. Belajar koding untuk anak2 bagus kak karena itu kebutuhan manusia masa depan di industri media, AI, dll

    BalasHapus
  48. Belajar coding memang memudahkan sekali dan menyenangkan jika anak juga suka menurutku mba. Anakku kebetulan suka coding dan diajarkan sejak dia SD. Makasih rekomendasinya mba

    BalasHapus
  49. Anak-anak kalau sekarang pada melek ya sama teknologi, tinggal diarahkan untuk belajar coding seperti ini pastinya mereka suka dan cepat menyerap pelajarannya, semoga anakku bisa belajar di tempat ini juga :)

    BalasHapus
  50. Anakku pernah ikut trialnya kursus coding anak gini juga Mbak. Tapi anaknya susah pahamnya kalau jarak jauh, jadinya saya ikut belajar gitu, trus baru kasih paham ke dia, lumayan tertarik dianya kalau sudah paham.

    BalasHapus
  51. wah seru banget, jadi pengen kasih rekomendasi ke ponakanku biar ikutan juga :D

    BalasHapus

Posting Komentar