header permata pengalamanku

Rumus Excel VS Payroll System, Mana yang Lebih Unggul untuk Menghitung Gaji?

18 komentar
payroll

Proses penggajian dikenal sebagai salah satu tugas administrasi manajemen karyawan yang memakan waktu lama. Ada perusahaan yang masih mengandalkan rumus excel dan ada juga perusahaan yang menggunakan payroll system management untuk memroses penggajian bulanan. Manakah yang paling tepat dan unggul untuk mengelola penggajian, rumus excel atau payroll system? Simak perbandingannya di bawah ini!


Perbandingan Antara Microsoft Excel & Payroll Management System dalam Mengelola Penggajian

Proses penggajian bulanan terkenal memakan waktu lama karena terdiri dari berbagai macam komponen seperti tunjangan, potongan, jaminan sosial seperti iuran BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan serta pajak penghasilan atau dikenal sebagai PPh 21. Banyaknya komponen yang harus diproses serentak inilah yang membuat proses penggajian terkenal memakan waktu lama.

Sama-sama sebuah perangkat lunak yang sering digunakan untuk menghitung gaji, apa yang membedakan di antara payroll system management dan Microsoft Excel? Mari simak perbandingannya di bawah ini!


Fleksibilitas

Fleksibilitas tentu menjadi idaman bagi setiap perusahaan, khususnya di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat. Begitu juga dengan perangkat lunak yang digunakan untuk penggajian bulanan.

Jika menghitung menggunakan rumus excel, staff HR payroll harus menggunakan komputer atau laptop perusahaan yang menyimpan data penggajian tersebut. Sedangkan payroll system management lebih fleksibel karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja. 

HR payroll dapat memproses penggajian meskipun data komponen gaji tidak terdapat di perangkat tersebut. Sebab, payroll system management menggunakan database cloud. Kemudahan seperti ini membuat payroll system management lebih unggul dari segi fleksibilitas.


Integrasi

Data kehadiran karyawan sehari-hari serta lembur akan digunakan untuk memproses penggajian bulanan. Data ini tersimpan dalam sistem absensi karyawan. Sayangnya Microsoft Excel tidak terkoneksi dengan sistem absensi karyawan, membuat staff payroll perlu melakukan input terlebih dahulu ke dalam spreadsheet baru kemudian penggajian dapat diproses.

Sementara itu, payroll system management dapat diintegrasikan dengan sistem absensi karyawan. Alhasil staff payroll tidak perlu melakukan input data kehadiran karyawan tiap tanggal proses penggajian tiba.


Otomatisasi

Proses penggajian tak melulu soal menghitung angka. Perusahaan juga akan membuat berbagai laporan penggajian yang akan digunakan untuk proses analisis dan penentuan strategi terkait penggajian karyawan. 

Microsoft excel tentu mampu membuat laporan gaji secara otomatis, tetapi tampilannya terkesan kaku dan sulit dikostumisasi. Sementara, payroll system management dapat membuat laporan penggajian dengan tampilan yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan user.


Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa payroll system management lebih unggul dibandingkan mengandalkan rumus excel untuk proses penggajian. Kemudahan seperti fleksibilitas dan integrasi data dapat membuat perhitungan gaji bulanan berjalan akurat dan cepat. Di sisi lain, HR payroll juga dapat membuat laporan otomatis yang akan berguna untuk berbagai keperluan.

Jika perusahaan tidak mampu menggunakan payroll system management, perusahaan dapat menggunakan jasa vendor terpercaya yang mampu mengembangkan sistem untuk kebutuhan proses penggajian. Contohnya adalah LinovHR yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan payroll system management untuk berbagai klien dari industri yang berbeda.


Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu!

Related Posts

18 komentar

  1. Dahulu pernah merasakan penggajian model payrol system, sekarang berbeda lagi. Informasi penggajian memberikan penjelasan cukup baik.

    BalasHapus
  2. Ternyata seperti itu ya proses penggajian karyawan ya.Aku dulu pakai payrol system, setiap tgl 25 gajian. Nah sekarang sistem penggajian ada beberapa pilihan ya

    BalasHapus
  3. beruntung sekarang ada payroll system management dan Microsoft Excel ya?

    sehingga kesalahan bisa diminimalisir

    saya ingat dulu staff penggajian tuh khusus, gak tersentuh rolling divisi karena gak semua orang bisa melakukannya
    maklum masih pakai cara konvensional

    BalasHapus
  4. Ah iya bagus nih dulu aku pernah kerja salah satunya bagian ngitung gaji pakai Excel dulu... Emang lebih ribet skrg udah makin canggih nih..

    BalasHapus
  5. wah jadi nostagia nih ... ketika aku bekerja sebagai staf gajiin karyawan juga pake payroll system management dan microsof excel. sukses selalu

    BalasHapus
  6. Kalau ada yang lebih canggih dan menawarkan kemudahan emang harus dipilih, biar praktis dan menghemat waktu juga...

    BalasHapus
  7. Wah pas banget. Kebetulan ada teman yang baru saja merintis usaha dan sedang mencari sistem yang solid untuk penggajian karyawan. Sepertinya wajib coba nih Payroll Management System ini. Apalagi fleksibel bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Pas buat dia yang mobilitasnya tinggi.

    BalasHapus
  8. Sistem payroll ini bisa mempermudah pengusaha dalam menentukan gaji karyawannya. Bagi pengusaha awal sepertinya perlu, agar bisa sesuai dengan kebutuhan serta perusahaan pun tetap berjalan

    BalasHapus
  9. payroll system management tentu lebih efektif dan efisien yaa dibanding menggunakan microsoft excel. Perusahan besar biasanya sudah memliliki payroll system management sendiri

    BalasHapus
  10. aistem penggajian menang sangat diperlukan untuk memudahkan system payroll. payroll system management bisa meminimlaisir kesalahan gaji tq info2nya nih

    BalasHapus
  11. wuah say abaru tau tentang payroll ini. thank buat share info terkait payroll ini ya mba. jadi tahu kalau payroll bisa memudahkan kita apalagi pengusaha untuk menentukan gaji karyawan.

    BalasHapus
  12. Payroll yang pakai sistem memang rasanya lebih terasa mudah ketimbang masih menggunakan excell. Apalagi pada perusahaan yang sudah skala besar dan memiliki karyawan yang banyak.

    Kalau menghitung gaji masih pakai excell khawatirnya ada data karyawan yang selip. KArena absensi masih harus input manual lagi.

    BalasHapus
  13. Payroll System memudahkan menghitung gaji karyawan dan meminimimalisir kesalahan. Apalagi bagi perusahaan yang karyawannya lumayan, pasti sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  14. Manajemen penggajian menggunakan excel juga rawan terjadi kesalahan mbak, salah input isi sel, biasa salah semua hitungannya. Emang bagusnya pakai sistem payroll aja

    BalasHapus
  15. Dengan memanfaatkan payroll management system, jadi lebih memudahkan perusahaan dalam penghitungan penggajian ya. Kalau belum sanggup bikin sistemnya sendiri pun bisa pakai jasa vendor.

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu nih soal payroll system management. Ternyata jadi lebih mudah yah.. kesalahan jadi lebih minim juga.

    BalasHapus
  17. Zaman canggih sekarang, tentu kita nyarinya yang lebih fleksibel, efektif, dan efisien. Dan berdasarkan uraian di atas, memang Payroll system lebih rekomended ya untuk memanagement gaji karyawan.

    BalasHapus
  18. Payroll sistem lebih efisien ya pastinya jadi ga perlu mengerjakan secara manual dan minim kekeliruan juga ..emang harus mulai pakai sistem nih payroll di tempat saya kerja

    BalasHapus

Posting Komentar