header permata pengalamanku

Tumpeng Merah Putih dengan Tiga Sapi

29 komentar

Challenge Kreasi Merah Putih
Hai, Teman-teman! Tahu enggak kalau saat ini sedang berlangsung Challenge Kreasi Merah Putih? Aku jadi ingin mengikutinya, nih. Makanya, aku utak-atik resep, deh. Setelah bolak-balik berpikir mau bikin apa, akhirnya aku memutuskan untuk membuat Tumpeng Merah Putih Bolu Susu.
Iya! Oleh-oleh khas daerah penghasil susu yang sedang viral itu sebenarnya bisa kita bikin sendiri, lo! Bahan-bahannya sederhana dan cara membuatnya pun sangat mudah. Yang penting, jangan lupa menggunakan produk Tiga Sapi dalam proses Kreasi Merah Putih ini. Kenapa? Berikut alasannya!

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia, lo! Terbuat dari susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu dan diproses dengan higienis serta dikemas secara kedap alias hermetis.
Kemasan produk halal ini praktis banget, deh! Mudah dibuka dan bisa ditutup kembali dengan gampang. Lebih nyaman dipegang, bisa dituang sampai tetes terakhir, dan desain wadahnya membuat penempatannya lebih efisien dalam lemari es.
Untuk soal rasa, jangan ditanya, deh! Pokoknya juara! Tiga Sapi Susu Evaporasi ini juga bisa digunakan sebagai pengganti santan. Rasa creamy yang pas, pasti gurih lezat, dan lebih sehat. Kalau enggak percaya, cicipi aja sendiri langsung! 
Untuk roti manis, misalnya, produk ini akan membuat penampilannya lebih menarik dan mengkilap. Selain itu, rasa susu dalam  roti juga lebih terasa. Dalam thai tea, Tiga Sapi Susu Evaporasi membuat warna minuman lebih cantik tanpa menutupi rasa asli dari teh. Sedangkan untuk puding cokelat, susu ini membuat teksturnya lebih lembut dan aroma cokelatnya makin keluar. Makanya, susu evaporasi ini cocok banget sebagai bahan masakan atau campuran minuman, seperti: roti, kopi, puding, soto ayam, atau menu pencuci mulut lainnya. 
Harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp 15.000/ pcs 500g. Isi lebih banyak 25%. Kalau bagi pelaku usaha, pilihan tepat banget deh, memakai produk ini. Apa lagi, distribusinya juga stabil.

Tiga Sapi  Kental Manis

Nah, kalau Tiga Sapi Kental Manis ini lebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: sumber kalsium dan vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp 12.000/kaleng 490g.
Untuk makanan dan minuman yang membutuhkan tambahan rasa manis dan lebih creamy, langsung aja pilih Tiga Sapi Kental Manis, ya. Pas banget untuk martabak, campuran kopi atau teh, dan aneka makanan yang membutuhkan taburan manis!

Bagaimana? Sudah terbayang kan, betapa gurih, lezat, dan sehat nanti hasil Kreasi Merah Putih kita jika menggunakan kedua bahan tersebut? Makanya, enggak salah dong, kalau aku memasukkannya ke dalam resep Tumpeng Merah Putih Bolu Susu di bawah ini guna mengikuti Challenge Kreasi Merah Putih. 

Resep Tumpeng Merah Putih Bolu Susu

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Bahan-bahan:

  • tepung terigu 300 gram
  • gula pasir 250 gram
  • telur 6 butir
  • Tiga Sapi Susu Evaporasi 200 ml
  • Tiga Sapi Kental Manis 3 sendok makan
  • Ovalet 1 sdt
  • pewarna makanan merah cabe
  • margarin secukupnya untuk olesan loyang
  • hiasan
kreasi merah putih

    Cara Membuat:

  1. kocok telur, gula, dan ovalet selama 20 menit atau hingga mengembang
  2. kurangi kecepatan pengocok dan masukkan Tiga Sapi Kental Manis, tepung terigu, lalu Tiga Sapi Susu Evaporasi hingga teraduk rata
  3. ambil sebagian adonan dan beri pewarna
  4. tuang ke dalam loyang yang telah diolesi margarin
  5. kukus selama 20 menit atau hingga matang
  6. hias sesuai selera.
Bagaimana? Benar-benar mudah dan sederhana kan, bahan serta cara membuatnya? Dalam resep ini, berhubung Tiga Sapi Susu Evaporasi sudah memiliki lemak nabati dalam formulasinya, maka kita enggak perlu mencampur susu dengan minyak goreng seperti resep bolu susu pada umumnya. Jadi, lebih praktis, kan?
Penggunaan Tiga Sapi Kental Manis dalam resep ini berfungsi untuk menambah sensasi legit dan aroma susu yang enggak bisa didapat dari gula pasir aja. Makanya, dengan memakai kedua produk Tiga Sapi ini sudah bisa dijamin rasanya bakal lebih mantap,  deh!
Oh, iya. Untuk hiasan sebenarnya bebas ya, mau dihias pakai apa. Dalam resep ini, aku menggunakan hiasan gum paste yang juga bisa dibikin sendiri di rumah. Sudah pasti bahannya sangat mudah didapat  dan bisa menghasilkan aneka kreasi sesuai keinginan.

Resep Gum Paste

Bahan-bahan:

  • 1 butir putih telur 
  • 300 gram gula halus
  • 1/2 sdt garam
  • pewarna makanan
  • mentega putih untuk olesan tangan agar tidak lengket

Cara Membuat:

  1. kocok putih telur dan gula halus hingga tidak berbutir
  2. olesi tangan dengan mentega putih
  3. uleni adonan hingga rata
  4. beri warna dan bentuk sesuai selera.
Berhubung aku sedang mengikuti Challenge Kreasi Merah Putih, maka aku memakai warna yang didominasi merah dan putih dengan mengambil tema peternakan. Alasannya, supaya serasi dengan bahan Tiga Sapi yang memperkuat citarasa dalam resep ini, begitu. Catat dan praktikkan juga, ya!
  • Tiga Sapi Kental Manis
Kalau kamu ingin mencoba produk Tiga Sapi ini, bisa didapat di online marketplace atau di toko luring terdekat, seperti: Indomaret, Alfamart, minimarket, toko bahan kue, toko grosir, dan sejenisnya. Yuk, sekalian ikut Challenge Kreasi Merah Putih juga, ya! Bisa dibaca ketentuannya di Instagram @lezatnyatigasapi. Semangat '45!

Related Posts

29 komentar

  1. Wah kreatif bener, bolu susu dibikin tumpeng, hiasannya lucu, ada bendera merah putih kecilnya juga di atas tumpeng. Cocok nih tumpeng merah putih bolu susu ini disajikan untuk memeriahkan kemerdekaan RI nanti.
    Pengin cobain juga nih produk2 Tiga Sapi.

    BalasHapus
  2. Ooooh ternyata Tiga Sapi itu nama merek dari produk susu evaporasi dan kental manis ya mbak hehehe :D Cakep banget tumpengnya dengan hiasan bendera merah putih. Udah siap ikutan tujuh belasan nih :D Ada resepnya juga bisa aku coba bikin ah bareng anak2. Tentu penasaran juga kepengen lekas membelinya di minimarket dekat rumah semoga sudah ready ya. TFS.

    BalasHapus
  3. Mbak Ida, tanya boleeeh ... itu kan yang bolu merah putihnya buat tumpeng atas, nah yang dasarnya itu apa mbak?

    menarik dan inspiratif banget nih tumpengan bolu pake Tiga Sapi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasarnya juga bolu susu warna putih, say. Alasnya itu wadah kaca

      Hapus
  4. Cantiik banget, kak Farida..Tumpeng Merah Putih Bolu Susu.
    Dengan mengikuti Challenge Kreasi Merah Putih jadi semakin kreatif memanfaatkan bahan dan bisa ikut memeriahkan acara 17 Agustusan di sekitar perumahan bersama tetangga.

    BalasHapus
  5. Kalau kental manis 3 sapi aku uda tahu dr lama. Tapi kalau yg evaporasi baru tahu dr tulisan mb ida nih. Keren ah bikin tumpeng bolu. Jd tumpeng tu ga dr nasi aja ya kan... thanks resepinya mbak :D

    BalasHapus
  6. tadi kukira itu nasi kuning lho! ternyata bikin bolu enak pakai kental manisnya tiga sapi yaa! YUMMM. pasti enak banget dan konsep birthday Indonesianya udah dapet banget ituh!

    BalasHapus
  7. Cakep juga ya tumpeng dengan bahan bolu gitu, jadi anak-anak makin senang bisa nyobain manisnya hasil buatan bundanya. Harga susu Tiga Sapi ini terjangkau ya, mba. Aku dulu cukup susah nyari susu evaporasi, ternyata ada di minimarket.

    BalasHapus
  8. Biasanya kalau tumpeng itu lebih identik dengan nasi, tapi ini keren banget deh bisa menghadirkan kreativitas lain dalam membuat tumpeng. Apalagi bolo itu pasti setiap orang suka ya, aku jadi penasaran pegnen nyobain bikin pakai produknya Tiga Sapi.

    BalasHapus
  9. aku belum pernah coba buat tumpeng dengan nuansa merah putih begini mba.. kalau nasi kuning sering. oke juga yaaaa dan bagus jadinya

    BalasHapus
  10. Tumpengnya jadi kelihatan meriah ya, warnanya merah dan putih gitu.
    Anak-anakku juga kadang makan roti tawar dengan susu kental manis. Nanti deh coba Tiga Sapi.

    BalasHapus
  11. Keren banget itu tumpengnya Mba. Pakai kreasi dari Susu Tiga Sapi ternyata. Saya baru tahu tentang Susu Tiga Sapi ini. Ternyata ini Susu evaporasi rendah lemak ya. Rekomended nih buat pengganti Santana. Lebih aman pula buat dikreasiin jadi makanan lain

    BalasHapus
  12. Wahh kemarin menang challenge yang IG yah mba.. selamat ya. emang keren banget, fotonya pun cantik, Jadi pengen incip2 tumpengnya heheh.

    BalasHapus
  13. Keren banget mbak bisa bikin tumpeng dari kue dan susu evaporasi ini. Berarti susu evaporasi ini rasanya gurih gitu ya karena mengandung lemak

    BalasHapus
  14. Maak aku baru tahu lho susu evaporasi ini, boleh nih aku coba sebagai pengganti santan.

    Waah tumpengnya menggoda sekali maak, salam merdeka 💪

    BalasHapus
  15. Bagus banget ini mbak karyanya yang diikutkan Challenge Kreasi Merah Putih, dengan warna yang didominasi merah dan putih dengan mengambil tema peternakan. Belum pernah coba pakai produk Tiga Sapi, mau coba beli ah nanti

    BalasHapus
  16. Wah ini pas banget sama challenge nya ya mbak
    Kreatif banget, bikin tumpeng dari bolu susu seperti ini

    BalasHapus
  17. whuaaa kreatif banget Mbak Farida!
    minggu depan ada lomba tumpeng di RW-ku. Jadi ide menarik lho menghias tumpeng seperti ini.

    BalasHapus
  18. Hmmm aku belum pernah nih cobain produk ini...menarik banget buat dicobain..secara produknya gampang dperoleh di minimarket ..penasaran sama olahan dengan tambahan produk ini

    BalasHapus
  19. Baca keterangan ukurannya langsung berasa melek deh, karena ukurannya lebih besar dan lebih banyak isinya. Berasa langsung untung dari biasanya. Emak-emak memang gitu ya.
    Tapi memang penasaran sih, sama rasanya....

    BalasHapus
  20. Dulu cari susu evaporasi tuh masih terbatas banget merknya yang saya tahu, sekarang jadi lebih mudah karena tiga sapi udah ada juga, bikin buko pandan enak nih pakai ini susu

    BalasHapus
  21. Wah, ini bisa jadi ide buat tumpeng 17 Agustus ya, Mba, kreatif banget. Aku belum pernah coba susu ini, kata temenku bisa jadi pengganti santan memang. Jadi pengen bikin ujuga deh

    BalasHapus
  22. Ku kayak nya blm pernah lihat susu itu. Beli dimana. Indo Alfa jg gak ada kalau di BSD mbak

    BalasHapus
  23. Inspiratif sekali mbak resepnya. Saya jadi tahu kalau ada produk ini, siap mencoba juga ah. Terima kasih resepnya mbak

    BalasHapus
  24. Wah, kreasinya kereen. Susu dibuat tumpeng. Tujuah belasan biasanya tumpeng nasi kuning, sekarang bisa dibuat dari bahan lain tumpengnya.

    BalasHapus
  25. Wah idenya hebat mbak. Tumpeng bolu, pasti langsung habis nih kalau dihidangkan, apalagi kalau sama psukan si bocil😂😂

    BalasHapus
  26. Inspiratif sekali mbk. Ada tumpeng bolu. Pasti sikecil suka yang ini

    BalasHapus

Posting Komentar