header permata pengalamanku

Cari Tahu Gangguan yang Sering Terjadi pada Mobil

17 komentar
gangguan mobil

Memiliki kendaraan yang kondisinya selalu prima adalah hal yang pasti diinginkan semua pemilik mobil. Karenanya banyak pemilik mobil yang rela selalu menyempatkan waktu untuk melakukan pengecekan sederhana setiap kali sebelum melakukan perjalanan. 

Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang juga sangat cuek terhadap kondisi kesehatan mobilnya. Padahal dengan melakukan pengecekan simpel, Anda bisa terhindar dari gangguan-gangguan umum yang biasa terjadi pada mobil dan bisa menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Gangguan seperti apa yang biasa terjadi pada mobil kebanyakan? Berikut ulasannya:

 

Permasalahan Ban

Ban mobil merupakan bagian yang bergesekan langsung dengan medan jalanan. Karenanya bagian ini jadi bagian yang rentan terkena masalah, sebab setiap hari harus dihadapkan dengan jalan berbatu, kerikil atau bahkan ranjau paku. 

Permasalahan pada ban umumnya seperti bocor, tekanan ban mobil yang berkurang atau kelebihan. Tak hanya menghambat perjalanan Anda, ban mobil yang bermasalah juga bisa membuat mobil Anda jadi boros BBM. Padahal, mungkin kendaraan yang Anda gunakan memiliki reputasi sebagai mobil hemat BBM.  

Hal ini biasanya disebabkan karena gangguan yang membuat beban gesek pada ban dan beratnya bertambah. Daya putar dan beban mesin tidak seimbang sehingga mengakibatkan bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak. 

Hal yang sama juga terjadi ketika Anda masih menggunakan ban kempes, sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk berjalan menjadi besar dan mengakibatkan bensin pun boros. Karenanya sebelum bepergian pastikan Anda sudah mengecek kondisi ban mobil terlebih dahulu. Lakukan juga perawatan rutin pada ban Anda di bengkel resmi Suzuki.

 

Performa mesin melemah

Berkurangnya tenaga pada mesin mobil Anda bisa jadi disebabkan karena gangguan yang ada pada sistem bahan bakar seperti bahan bakar kotor, regulator tekanan bahan bakar rusak, serta pompa bahan bakar yang sudah lemah. 

Faktor lain yang juga bisa membuat menyebabkan mobil jadi loyo adalah vakum karburator yang bocor, throttle body, serta inlet manifold. Lakukan pengecekan pada bagian-bagian yang disebutkan tadi, jika memang tidak ditemukan masalah yang berarti Anda bisa mengecek kompresi mesin. Sebab tekanan kompresi yang lemah juga bisa  faktor penyebab berkurangnya performa mesin.

 

AC tidak dingin

Gangguan yang satu ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan Anda. Apalagi jika Anda berada di daerah yang cuacanya panas atau harus berkendara di siang hari yang terik. Belum lagi ditambah dengan situasi jalanan yang padat, yang membuat Anda harus terjebak macet selama berjam-jam. 

Berada dalam kendaraan dengan AC yang tidak berfungsi tentu sangat menjengkelkan. Sebelum berkendara, periksalah temperatur AC dan pastikan tetap dingin. Jika AC tidak berfungsi, lakukan pemeriksaan pada katup ekspansi, kondensor, dan evaporator, bisa jadi bagian tersebut dipenuhi kotoran yang menyumbat sirkulasi udara ke bagian kabin yang membuat AC jadi tidak terasa dingin.

 

Mesin sulit menyala atau mati mendadak

Kondisi mesin yang tidak mau langsung menyala ketika distarter atau mendadak mati biasanya terjadi akibat berbagai faktor. Penyebab yang paling umum dari kendala ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada aki. Kondisi terminal aki yang kendur, kotor, dan berkarat serta aki yang sudah mulai soak juga bisa menyebabkan mobil sulit dihidupkan. 

Lakukan pemeriksaan kondisi air aki dan tegangan listrik untuk mengantisipasi kendala ini. Pastikan juga sejumlah komponen mesin, misalnya alternator, aki, serta kabel terminal aki tidak ada yang rusak, kendur, dan putus.

 

Kendala umum pada mobil bisa terhindar jika Anda rutin melakukan perawatan pada seluruh komponen mobil di bengkel resmi Suzuki. Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat atau lakukan penjadwalan secara online lewat https://www.suzuki.co.id/services/automobile.

Related Posts

17 komentar

  1. AC gak dingin tuh yg sering terjadi pada mobil mama saya dulu. Maklum sih namanya jg mobil tua. Kudu rutin cek AC dan ganti freon katanya

    BalasHapus
  2. oh bener nih, punya mobil gak bisa asal punya ya, kudu dipelajari juga apa yang bisa terjadi sama mobil kita hihi

    BalasHapus
  3. Ban krusial banget terlebih kalau mau dipakai keluar kota. Soalnya pernah ngalamin di jalan toll pecah ban padahal sebelum pergu sudah dicek semua di bengkel. Syukurlah masih selamat.

    BalasHapus
  4. Mesin mati biasanya sering terjadi pada mobil yg berumur. Biasanya itu pemiliknya yang jarang jarang ke bengkel buat cek kondisi mesinnya hehe

    BalasHapus
  5. Apalagi pas di musim hujan seperti sekarang, gangguan mobil bisa aja terjadi. Kudu rajin di cek

    BalasHapus
  6. kalau kita tahu masalah begini bisa lebih aman dalam perawatan dan tentu terhindar dari masalah saat digunakan di jalan raya. Perlu banget dicek semuanya secara rutin

    BalasHapus
  7. Kalo misal musim hujan begini biasanya memang harus ekstra untuk perawatannya ya

    BalasHapus
  8. Perawatan secara berkala ini penting, sehingga performa kendaraan tetap awet dan terjaga meski sudah berumur

    BalasHapus
  9. Suami sering ngomel karena kalau pakai mobil tuh saya tahunya pake aja hahaa, tapi penting juga ya kak buat kita ngerti minimal basic lah apa apa aja yang diperiksa, makasih yah kak ilmunya

    BalasHapus
  10. Butuhhh banget informasi spt ini buat jaga2 kalau mobil mogok.di jalan.

    Bulan juli kemarin mobil.saya tiba2 mati di pombensin ternyata aki harus di ganti saat itunjuga untung.tak jauh dr tambal ban dan aplikasi buat manggil.montir.

    BalasHapus
  11. Wah iya, ternyata ada bermacam-macam gangguan pada mobil yang wajib diwaspadai ya mbak
    Paling sering biasanya AC tidak dingin

    BalasHapus
  12. iya ih itu kendala yang mba farida sebutin tuh sering banget kejadian dulu di mobil abah saya. bener emang, kudu periksa rutin ya biar ketahuan dan bisa diatasi lebih cepat

    BalasHapus
  13. Punya mobil itu ya dikit-dikit harus tahu mesin yaa, enggak cuma isi bensin, ban gg kempes dan asal bisa jalan aja.

    BalasHapus
  14. Bener deh,punya mobil nggak bisa asal pengen punya aja ya mbak, minimal punya bekal ilmu mesin standar. Kemarin iparku servis mobil sampe 40jt :')

    BalasHapus
  15. Wah...beneran deh, masalah-masalah di atas aku pernah mengalaminya...
    Huhuu...yang paling panik pas AKI mati. Karena mobil matic kan AKInya kering yaa.. Dan saat itu aku lagi jauh dari rumah dan suami lagi keluar kota.

    Subhanallahu~
    Alhamdulillah ada banyak yang bantu karena mogoknya pas di jalan ramai, tepatnya di Indom*rt. HUhu... yang paling penting dari itu semua adalah kalo bawa mobil jangan pernah lupa bawa dompet dan HP. Itu kunci banget.

    BalasHapus
  16. emang ya soal urusan kendaraan, harus rajin-rajin di cek juga, enak banget bisa booking jadwal service yaa

    BalasHapus
  17. Duh kalau urusan mobil gini emang paling males deh kalau udah ada gangguan yang bikin rogoh kocek dalem2 hikss

    BalasHapus

Posting Komentar