header permata pengalamanku

Langkah Penting untuk Menjadi Pembuat Konten yang Sukses

14 komentar

membuat konten

Yang namanya membuat konten, pasti ingin menghasilkan posting yang viral. Sehingga, apa yang ingin disampaikan bisa meraih banyak orang. Sebaiknya sih, kita bisa viral untuk sesuatu yang baik, ya. Bagaimana caranya? 

Apakah kalian memutuskan untuk fokus pada video, posting blog, atau podcast? Langkah-langkah berikut akan membantu kalian memutuskan pilihan yang tepat. Meskipun kalian tidak perlu menyelesaikan langkah-langkah dalam urutan yang tepat ini, ada hal-hal tertentu, seperti menetapkan target audiens, yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum kalian dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. 

1. Identifikasi audiens 

Mengetahui siapa target audiens kalian, sangat penting untuk keberhasilan konten dan strategi pemasaran. Sebuah brand membutuhkan konten yang relevan dan inovatif untuk menarik minat audiens. Meskipun, itu tidak berhenti untuk menarik perhatian mereka, kalian juga harus menemukan cara untuk mempertahankannya. 

2. Pilih platform  

Manfaat menggunakan platform media sosial adalah mereka sudah memiliki pengikut setia pengguna. Ambil saja Facebook dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif, misalnya. Gambarannya terlihat hampir sama untuk YouTube (dengan 1,5 miliar pengguna), WhatsApp (dengan lebih dari 1 miliar), dan Instagram (dengan perkiraan 1 miliar pengguna). Jadi, media sosial adalah tempat yang baik untuk memulai karena media sosial  sudah memiliki audiens yang terikat. 

Memang tidak masalah berada di semua platform (dan mungkin bermanfaat untuk lebih banyak eksposur ke brand kalian), tetapi memilih satu atau dua platform akan membantu kalian untuk memusatkan upaya dan energi untuk menjadikannya sumber yang sangat sukses. Lagi pula, tidak ada gunanya menggunakan Snapchat atau TikTok, jika audiens ideal kalian adalah pemilik bisnis B2B. 

Juga, tidak semua platform sosial diciptakan sama. Media sosial tidak hanya menarik audiens yang berbeda, tetapi beberapa platform telah dibuat untuk jenis konten tertentu. WordPress identik dengan blog. YouTube adalah rumah dari video. 

Berikut adalah beberapa contoh platform sosial dan digital yang sering digunakan pembuat konten untuk membantu meningkatkan jangkauan merek:

​YouTube 

YouTube sangat cocok untuk vlogging (video blogging). Pembuat konten dapat memanfaatkan platform untuk berbagai video seperti video petunjuk, ulasan produk, video unboxing, tutorial, dll. YouTube tidak hanya serbaguna, tetapi konten video juga merupakan salah satu bentuk hiburan digital terkemuka. Ketika orang memiliki waktu terbatas, mereka sering lebih suka menonton video pendek daripada membaca artikel panjang.  

Instagram  

Apa yang lebih mudah dan cepat dicerna daripada video berdurasi pendek? Sebuah gambar. Bagaimanapun, sebuah gambar bernilai seribu kata dan ini terutama berlaku untuk Instagram. Terkadang kalian tidak dapat mengetik semua yang ingin kalian bagikan, tetapi dalam banyak kasus kalian dapat mendeskripsikannya dengan gambar yang sempurna.  

Bisnis juga dapat menggunakan platform untuk mempromosikan produk atau menjual produk secara langsung. Plus, bisa dibilang keuntungan terbesar yang ditawarkan Instagram adalah postingan mudah dibagikan, sehingga cocok untuk engagement.  

Facebook  

Facebook selalu menjadi pilihan yang fleksibel untuk bisnis karena memungkinkan berbagai metode pemasaran. Dari memposting artikel pendek, berbagi dan memposting ulang cerita, konten video, dan banyak lagi, Facebook adalah cara yang bagus untuk mempromosikan merek atau layanan.  

3. Merancang rencana konten 

Sebuah rencana konten dapat dilihat dalam beberapa cara sebagai rencana bisnis. Hal tersebut mengatur merek untuk berbagai skenario dan cara mengatasinya. Yang terbaik dari semuanya, hal ini meningkatkan koordinasi.  

Jika kalian akan bekerja sebagai bagian dari tim pemasaran yang lebih besar, merencanakan konten adalah suatu keharusan karena memungkinkan tim untuk bekerja sama dengan lancar, dan memastikan semua orang berada di halaman yang sama. Ada sejumlah alat perangkat lunak manajemen proyek yang hebat seperti Monday.com, Asana, dan Trello yang dapat membantu kamu menjaga semuanya tetap lancar dan komunikasi berjalan lancar.  

Menggunakan rencana konten yang efektif juga membantu mempersiapkan topik dan acara setiap bulan. Misalnya, jika kalian akan berfokus pada media sosial secara khusus, ada sejumlah social media management tool yang bisa kalian pakai, salah satunya aplikasi Sociosight. Dengan aplikasi ini, kalian bisa melakukan penjadwalan penerbitan konten di beragam platform media sosial. Dengan penjadwalan yang matang, rencana konten di berbagai media sosial akan terposting secara efektif.

4. Membangun kepribadian brand Anda 

Brand adalah bagaimana bisnis berbicara kepada audiens targetnya. Untuk membantu kalian menemukan dan membangun suara kalian, kalian mungkin perlu menyelesaikan survei dan jajak pendapat pelanggan. Upaya ini akan membantu kalian mengidentifikasi usia, jenis kelamin, profesi, dan wilayah geografis audiens target kalian. Hal ini adalah contoh yang baik di mana kalian harus terlebih dahulu menyelesaikan satu langkah (mengidentifikasi audiens target kalian) sebelum kalian dapat pindah ke langkah berikutnya (menetapkan kepribadian merk Anda yang unik).   

5. Berinvestasi pada alat pihak ketiga  

Ketika kalian  berinvestasi pada alat konten penting seperti Grammarly dan Canva, ini akan sangat membantu kalian menyempurnakan konten kalian lebih jauh lagi. Dengan menggunakan Canva tampilan konten kalian tentunya akan lebih menarik. Sedangkan untuk menyempurnakan tata bahasa, Grammaly dapat membantu kalian dengan sempurna dan tentu saja masih banyak lainnya.

Dari kelima tips tersebut, apakah kalian sudah siap untuk menjadi konten kreator yang sukses? Kira-kira kalian akan memulai dari mana?

Related Posts

14 komentar

  1. Sociosight ternyata toolsnya, bisa pakai gratisan nggak, hihihi.. cocok nih untuk admin yg handle beberapa project, ada versi gratisnya nggak sih. Sekarang lagi inves juga ke alat nih, pengin punya kamera yg kece

    BalasHapus
  2. Iya ya nggak asal bikin konten ya tapi berharap subcriber banyak dan fulus mendarat ha ha ha . Aku tuh belum punya camera bagus euy ,curhat 🙏😂

    BalasHapus
  3. sampai saat ini aku masih menggunakan platform aplikasi gratisan untuk membuat konten ahahahha

    BalasHapus
  4. Aku akan memulai membuat konten mungkin dilihat dari hasil gambarnya dulu, kadang kalau alat yang pas pasan, harus lebih fokus biar dapat hasil jernih, selanjutnya baru deh mikirin konten apa.

    BalasHapus
  5. Sebetulnya saya hanya ingin fokus di blog. Tapi, seringkali tawaran job meminta paketan sama medsos. Jadi mau gak mau, saya pun harus mempelajari membuat konten di medsos

    BalasHapus
  6. Nah ini nih lengkap banget panduan untuk jadi Content Creator yang sukses, langkah-langkahnya bakal aku pelajarin satu-satu biar hasil yang di dapat sesuai yang aku inginkan. thankyou kak

    BalasHapus
  7. Panduan yang bermanfaat, apalagi trend pemasaran digital bergerak begitu cepat. Perlu perencanaan konten yang tepat, syukurlah ada Sociosight.

    BalasHapus
  8. Emang lima hal diatas sangat penting bagi konten kreator. Harus dicatat nih biar ingat terus. Apalagi buat pemula. Makasi infonya ya...

    BalasHapus
  9. Hmm iya ya
    Panduan diatas adalah hal yang dibutuhkan oleh para konten kreator
    Aku juga mulai konsisten branding dan investasi canva buat mendukung perjalananku ABG konten kreator

    BalasHapus
  10. Dengan tools sociosight jadi lebih simpel untuk mengelola banyak media sosial secara bersamaan. Sehingga tidak perlu repot untuk membuka setiap situs satu per satu saat ingin oublish konten.

    BalasHapus
  11. Menjadi konten kreator masa kini saingannya banyak. Namun, jangan takut dengan saingan karena semua orang pasti punya ke"khas"annya masing-masing.
    Dengan terus konsisten dan evaluasi serta membuat konten terbaik, semoga bisa berkibar di platform yang disenangi.

    BalasHapus
  12. Menjadi kontent kreator harus mengikuti dinamisasi di masyarakat ya, Kak. Selain bisa merencanakan juga bisa riset keyword dan tentunya harus bisa optimasi kontent menjadi konten yang SEO

    BalasHapus
  13. Sangat inspiratif banget kak. Saya pikir seorang konten kreator harus bisa menemukan ide baru agar bisa menghasilkan konten yang segar.

    BalasHapus
  14. Menurut aku hal tersulit adalah membangun brand kita agar dikenal masyarakat luas. Pekerjaan ini tentu tidak mudah apalagi kalo kita tidak menemukan tim yang solid.

    BalasHapus

Posting Komentar