header permata pengalamanku

Menulis Merupakan Hobi yang Menghasilkan Uang Bagiku

20 komentar
hobi yang menghasilkan uang

Seperti biasa, ini merupakan penayangan tertunda banget. Sebenarnya, pengumuman pemenang lomba blog ini sudah 30 November 2022 lalu. Kriteria penilaiannya dari sisi SEO dan kualitas konten dengan porsi yang sama besar. Syukurlah, aku masih bisa bertengger di juara 3.

Blog

Maklum, aku sudah lama banget enggak mengikuti lomba blog, apa lagi memenangkannya. Terakhir menang di tahun 2019! Ya, padahal dulu di awal menulis blog tahun 2016, aku rajin banget mengikuti lomba blog. Saat itu masih pakai blog gratisan.

Sebulan bisa ikut sekitar 10 lomba. Tergantung lomba yang ada saat itu, apakah temanya sesuai denganku. Lomba merupakan cara efektif bagiku untuk mengasah kualitas artikel. Jika beruntung, hadiahnya pun bisa menjadi salah satu bukti nyata dari hobi yang menghasilkan uang.

Lomba ini khusus bloger Semarang dan sekitarnya. Lumayan juga karena mengurangi saingan dari blogger Bandung, Jakarta, atau Surabaya yang jumlahnya banyak itu. Kemenangan kali ini merupakan yang ke-30 bagiku di dunia lomba blog. 

Senang banget karena hadiahnya berupa gimbal dan kupon menginap gratis di Rooms Inc. Gimbal ini jadi pemicu bagiku untuk lebih serius membuat video berkualitas. Sedangkan kupon menginapnya, hingga kini belum aku pakai. Mungkin nanti aku akan membuat review hotel tentang Rooms Inc juga.

Sedih memang ketika info lomba blog sering kulewatkan. Sebab, dulu ini merupakan salah satu sumber penghasilanku dari blog yang lumayan banget nominalnya. Syukurlah, meskipun sudah enggak berfokus di lomba, penghasilan blog ini masih mengalir secara rutin melalui penulisan dan penayangan artikel.

Aku memang enggak memanfaatkan Google AdSense dan afiliasi sebagai sumber penghasilan dari menulis blog. Sebab, menurutku AdSense dapat mengganggu penampilan blog secara keseluruhan. Bikin pembaca kurang nyaman membaca artikelnya.

Sedangkan afiliasi, aku merasa enggak berbakat menjalankannya. Ia membutuhkan kerja keras dalam menyebarkan informasi dan mengajak orang-orang melakukan transaksi. Kemampuanku biasanya cuma di garda depan, yaitu bagian pemberitahuan, enggak sampai mengonversi menjadi penjualan.

Buku

Lomba blog

Mungkin teman-teman sudah banyak yang tahu bahwa sejak pandemi kesibukanku menulis blog berpindah ke menulis buku. Aku pun mengalihkan semangat berkompetisiku untuk mengikuti lomba-lomba menulis cerpen, nonfiksi, dan novel.

Diam-diam, sudah lumayan banyak lomba tersebut yang kuikuti dan semuanya gagal meraih juara. Sebuah peringatan bagiku untuk terus mengasah keterampilan menulis di bidang ini. Syukurlah, di penghujung tahun 2022 lalu, usaha tersebut berbuah hasil. Bukan menjadi juara terakhir merupakan hiburan bagiku bahwa karyaku benar-benar layak diperhitungkan.

Novel "Bes: Son of Science" ini sudah ketiga kalinya kuikutkan lomba. Setiap kali gagal, aku mencoba mencari kekurangan dan kembali memolesnya. Kadang-kadang berupa penambahan bab, pengubahan gaya bahasa, atau penambahan detail.

Bahagia banget karena akhirnya novel "Bes: Son of Science" ini mendapatkan takdirnya. Sebab, novel ketiga yang kutulis ini merupakan salah satu favoritku. Selain isinya yang unik, menurutku, juga karena selama ini mendapatkan banyak apresiasi positif dari pembacanya di Kwikku. Jadi, gemas aja saat ia belum juga dipinang penerbit.

Ya, aku memang menayangkan karya-karyaku di kwikku.com/faridapane. Ada empat novel digital di sana yang juga merupakan hobi yang menghasilkan uang bagiku. Selain novel, aku juga menayangkan fiksi mini, cerpen, dan skrip film di platform tersebut.

Skenario Film

Bicara soal skrip film, secara enggak terduga ini pun akhirnya merupakan hobi yang menghasilkan uang untukku saat ini. Dimulai dari tembusnya skenario film "Suami Akhir Pekan" menjadi salah satu pemenang favorit dalam ajang Star Script Hunt 2021 yang diselenggarakan Kwikku dan Falcon Pictures.

Menjadi pemenang favorit enggak otomatis mendapatkan penghasilan. Hadiah yang aku terima saat itu adalah mentoring eksklusif dengan penulis skenario ternama, seperti 9 pemenang favorit lainnya dan 8 juara pilihan juri. Yang juara pilihan juri sudah pasti mendapat hadiah uang tunai. Sedangkan yang pemenang favorit, tergantung hasil revisi usai mentoring. 

Syukurlah, aku termasuk salah satu dari 6 pemenang favorit yang hasil revisinya diterima Falcon Pictures untuk difilmkan dan pastinya dapat honor, dong. Sebuah penghasilan dengan nominal terbesar di sepanjang pengalamanku mendapatkan uang dari hobi menulis. 

Menulis skenario film ini bikin ketagihan, ternyata. Apa lagi, aku diterima menjadi tim penulis di Indonesia Sinema Persada. Bahkan, aku menjadi head writer untuk skenario miniseri "Usia 18". Insyaallah akan diproduksi Februari ini. Selain itu, hingga kini sudah ada tiga penulis novel yang mengajakku berkolaborasi untuk mengadaptasi novelnya menjadi skenario film. 

Mohon doanya agar semua proyek kepenulisanku ini menemukan takdir terbaiknya, ya. Terima kasih. 

Related Posts

20 komentar

  1. Keren banget mbak! Aku jadi merasa butiran debu baru beberapa kali ikut lomba blog udah sedih duluan nggak menang 🤣 tulisan ini menginspirasi bgt dan ngingetin kalo banyak jalan menuju roma ✨ semangat selalu buat mbaknya!

    BalasHapus
  2. Wow luar biasa nih prestasinya. Menulis cerita untuk film pasti hasilnya besar. Semoga berhasil sesuai harapan yang diinginkan ya.
    Menulis selain hobi bisa jadi sebagai profesi nih jadinya

    BalasHapus
  3. Wah kereen banget Mbak, two thumbs up

    BalasHapus
  4. Dari judulnya udah setujuuu banget saya kak, saya alhamdulillah dari blog dan buku ada lah sedikit penghasilan namun untuk nulis skenario masih sebatas impian nih kak, belum ada waktu untuk belajar cara membuatnya atau mencair peluangnya, share dong kak tentang penulisan skenario di blog

    BalasHapus
  5. Amiiin. Semoga semakin sukses berkarya, ya, Mbak. Luar biasa perjalanannya nih.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah prestasi dri blog bisa dpt penghasilan ya kak, semoga makin lancar dn dimudahkan sgala urusan nya.. Aamiin.

    BalasHapus
  7. Proud of you mba Fa, semoga makin sukses dan makin banyak lagi prestasi yang diraih tahun ini ya Mba dan semakin banyak cuan yang dihasilkan dari hobi menulis ini

    BalasHapus
  8. Hebat banget. MashaAllah. Sukses selalu, mbak. menulis skenario itu adalah hal yang pingin aku pelajari dah, mbak. Gimana membuat naskah yang nantinya akan kita nikmati secara audio visual tuh menarik banget menurutku.

    BalasHapus
  9. keren banget mba Farida, 1 bulan bisa ikut 10 kali lomba blog. Dengan mengikut lomba blog otomatis juga mengasah kemampuan menulis dan kualitas tulisan kita ya mba
    Saya pengen lebih aktif mengikuti lomba blog di tahun 2023

    BalasHapus
  10. Mba Farida keren banget!!!! Selamat ya tulisannya menang favorit Falcon Pictures. Asli keren banget kak. Sesekali open class dong biar bisa share gimana nulis naskah film atau novel. Semoga sukses terus dengan proyek kepenulisannya ya kak. Aku yakin, soal cuan pasti ngikutin.

    BalasHapus
  11. Amiiin3x mupeeng akuu mbaaak ...kereen semangatnya menulis dan ikut lomba. Semoga menang

    BalasHapus
  12. Bangga banget bisa kenal sama kak FArida.
    Dari segi konsisten menuis hingga menemukan passionnya untuk menulis buku terutama genre fiksi. Juara banget kak Farida..

    MashAllah~
    Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
  13. Bangga pastinya bisa menjuarai banyak kompetisi blog ya,kak. Memang menyenangkan deh ketika hobi yang memang untuk kesenangan justru bisa beri lebih dengan nambah penghasilan gini.

    BalasHapus
  14. Keren banget mbak, bisa juara lomba blog SEO! Saya juga bersyukur banget bisa punya skill blogging, bener-bener bisa menghasilkan uang. Dulu juga pernah ikut lomba dan alhamdulillah menang. Hadiah lombanya dipakai buat upgrade komputer, supaya ngeblog dan ngedit desain bisa lebih leluasa hihihi.

    BalasHapus
  15. Keren, konsistensinya Kak Farida ini luar biasa. Aku sudah kenal nama Mbak Farida dari zaman dulu pas jadi penulis buku. Kerennya lagi sampai ikutan lomba SEO dan lomba-lomba blog lainnya... lanjutkan, Kak...

    BalasHapus
  16. MashaAllah. Keren banget Mbak Farida. Saya pingin ih punya skill menulis skenario. Lagi nyari-nyari kelas yang bagus untuk itu. Kalau ada referensi, kasih tahu ya Mbak.

    BalasHapus
  17. Keren banget, Mba ^^
    Kemenangan lomba blog yang ke-30 belum termasuk menang menulis dalam bentuk buku, MasyaAllah. Selalu menginspirasi ya Mba...^^

    BalasHapus
  18. Kerennya masyaallah, beberapa kali jadi jawara lomba ya mb. Aku salut sama mb farida karena selain nulis blog bisa menuangkan kata2 ciamiknya lewat tulisan di buku, mantuuuul. Smg ilmunya nular ke aku amin

    BalasHapus
  19. pertama kali kenal nama Mba Farida itu saat jadi pemenang pertama lomba yang juga saya ikuti. langsung penasaran sama artikel yang dilombakan dan kemudian paham kenapa Mba Farida jadi pemenang pertama, karena tulisannya memang sebagus itu

    BalasHapus
  20. Wah keren nih kak dari hobi bisa menjadi penghasilan... memang kita harus gini ya kak, karena passion kita itu pastinya akan unik dan bisa dikembangkan. Kayak kak Farida ini bisa bikin skrip film menurut saya gak gampang tapi bukan berarti tidak bisa ditiru oleh semua orang kan ya? sukses ya kak tuk karirnya.

    BalasHapus

Posting Komentar