header permata pengalamanku

Koneksi Internet Lemot? Ini Solusi Praktisnya!

32 komentar

koneksi internet

Kamu pasti pernah dong mengalami situasi saat nonton streaming video atau lagi main game online, lalu internetnya lemot banget? Pasti rasanya tak menyenangkan, kan? Untuk mengatasinya, baca artikel ini sampai selesai, yuk!

Penyebab Internet di Rumah Lemot dan Cara Mengatasinya

  1. Kecepatan Internet yang Terbatas

Salah satu alasan mengapa kamu mengalami koneksi internet yang lambat saat bermain game online adalah karena kecepatan internet kamu yang terbatas. Ini mungkin terjadi jika kamu menggunakan paket internet dengan kuota terbatas atau jika kamu menggunakan layanan internet yang tidak stabil. Jika kamu berada di daerah yang jaringan internetnya lemah, kecepatan internet kamu juga akan terkena dampaknya.

Solusinya, pastikan kamu menggunakan paket internet yang cukup besar dengan kecepatan internet yang stabil dan jaringan yang baik. Kamu juga dapat menghubungi penyedia layanan internet dan meminta peningkatan kecepatan internet atau memilih untuk menggunakan layanan internet yang lebih baik.

Misalnya, kamu menggunakan koneksi internet Indihome. Kamu tinggal minta upgrade internet sesuai kebutuhanmu, apakah untuk main game atau untuk streaming video. 

Untuk kebutuhan bermain game, Indihome memiliki paket layanan internet IndiHome Game yang dirancang khusus untuk para gamer. IndiHome dari Telkom Indonesia menghadirkan paket ini bagi pelanggan yang menginginkan pengalaman bermain game lebih optimal.

IndiHome Game

  1. Masalah dengan Server Game

Server game yang digunakan juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi internetmu saat bermain game online. Jika server game yang kamu gunakan sedang mengalami masalah atau overload, maka koneksi internet juga akan terpengaruh. Jadi, jika kamu mengalami masalah dengan koneksi internet saat bermain game online, cek terlebih dahulu server game yang kamu gunakan.

Solusinya, cari server game yang lebih stabil dan dapat diandalkan. Kamu juga dapat mencoba bermain game di waktu yang berbeda, ketika jumlah pemain yang bermain tidak terlalu banyak.

  1. Masalah Terjadi di Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Perangkat keras dan perangkat lunak yang kamu gunakan juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi internet saat bermain game online. 

Jadi menurut situs review gadget terbaik, jika perangkat keras seperti router atau modem yang kamu gunakan sudah usang atau tidak memadai, maka koneksi internet kamu akan terpengaruh. Begitu juga dengan perangkat lunak seperti antivirus atau firewall yang kamu gunakan.

Solusinya, pastikan perangkat keras dan perangkat lunak dalam kondisi yang baik dan terbaru. Kamu juga dapat mencoba untuk mematikan antivirus atau firewall sementara saat bermain game online.

  1. Latency atau Jitter yang Tinggi

Latency atau jitter yang tinggi juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi internetmu saat bermain game online. 

Latency adalah waktu yang diperlukan untuk mengirim data dari perangkat ke server game dan kembali lagi. Jitter adalah perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk mengirim data dalam waktu yang sama.

Solusinya, kamu dapat mencoba menggunakan koneksi internet yang lebih cepat atau menggunakan koneksi internet dengan latency yang lebih rendah. Kamu juga dapat memeriksa jaringanmu dan mencoba meminimalkan.

  1. Koneksi Internet yang Lambat dan Tidak Stabil

Adakalanya penyebabnya karena jaringan internet yang Anda gunakan memang lambat dan tidak stabil. 

Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Anda dapat mencoba untuk meng-upgrade paket internet Anda ke yang lebih tinggi, atau bahkan menggunakan koneksi internet melalui kabel LAN untuk mengurangi interferensi sinyal.

Selain itu, mematikan aplikasi atau program lain yang tidak perlu juga dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan internet Anda saat bermain game online. Pastikan bahwa tidak ada program yang memakan banyak bandwidth saat Anda bermain game online.


Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk memeriksa apakah ada masalah dengan koneksi internet di daerah Anda atau jika ada masalah teknis lain yang menyebabkan masalah kinerja.

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada jaringan internet yang lambat saat bermain game online. Namun, dengan mencoba beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memperbaiki masalah tersebut dan dapat menikmati pengalaman bermain game online yang lebih baik dan lancar.

Related Posts

32 komentar

  1. Kalau internet sudah lemot, padahal sangat dibutuhkan, akhirnya nambah pengeluaran. Kudu ke warnet.beruntung ada IndiHome yang puhya internet cepat, dan gak lemot.

    BalasHapus
  2. Banyak juga penyebab internet lemot ya kak. Untung aja koneksi internet IndiHome dari Telkom Indonesia selalu cepat dan selalu stabil. Bahkan jaringannya tersedia di seluruh pelosok Indonesia lagi.

    BalasHapus
  3. Paling kesel pas lagi internetan atau main game online eh internetnya lambat. Syukurlah sudah pindah pakai IndiHome jadi gak nge-lag atau loading lama lagi. Semuanya lancar. Makasih IndiHome.

    BalasHapus
  4. Internet Lola alias loading lama yg disebabkan kecepatan internet yang tidak maksimal memang bikin kesel. Pekerjaan bisa terbengkalai. Apalagi kalau ikut semacam kuiz yg isiannya cepat-cepat an. Otomatis kalah deh... Itu pengalaman saya sih.

    BalasHapus
  5. wah ada paket gamer juga yaa di indihome. menarik pastinya buat para gamer dan buat yang kerja di rumah karena internet cepatnya selalu tersedia

    BalasHapus
  6. Iya. Kesel banget kalo internet lemot pas ngegame atau nonton streaming. Wah berasa pengen ngebanting hp tapi sayang hehe. Untung ada internet stabil IndiHome jadi nyaman

    BalasHapus
  7. Koneksi internet lemot dan nggak stabil itu bener-bener harus dimasukkan ke daftar penyebab stres. Huhu...pengalaman banget dengan sinyal ngesot begitu. Untungnya sekarang udah aman.

    BalasHapus
  8. Pengalaman saya ketika menghadapi koneksi internet lemot langsung menghubungi IndiHome-nya. Gak pake lama, petugasnya dateng, ternyata di sentralnya ada kabel yang dikerubuti semut. Untung segera diatasi, jadi internetnya lancar lagi, deh!

    BalasHapus
  9. Koneksi internet dah jadi kebutuhan primer di jaman era digital ini, semua aktifitas pasti bisa dilakukan dengan cara online. IndiHome sebagai penyedia koneksi internet cepat dan stabil mendukung kegiatan mobilitas dan produtivitas.

    BalasHapus
  10. Sebel banget deh kalau sampe koneksi internet lemot, apalagi saat mabar atau nonton drakor wkwkwk. Pernah sii kek gini, emang bisa menghubungi penyedia layanan internet dan meminta peningkatan kecepatan internet.

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak alasan yang jadi penyebab internet lemot. Tapi IndiHome menyediakan layanan sesuai kebutuhan, cepat dan stabil. Nge-game jadi anti nge-lag.

    BalasHapus
  12. Ternyata gawai yang kita gunakan baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya juga memberi pengaruh dalam kecepatan internet yang kita nikmati ya. Rupanya bukan hanya karena jaringan yang kurang stabil aja.

    BalasHapus
  13. Pengalamanku saat internet pernah lemot langsuhg hubungi cs IndiHome, langsung dapat solusi dan jawaban kenapa internet tiba2 lemot

    BalasHapus
  14. Menghambat bangett ngga sih emang internet yang lola ini jadinyaa kerja juga terhambat bangett. untungnyaa yaa internetku skrg stabil dan cepet heheh ngga takut lagi kalo ada zoom meeting

    BalasHapus
  15. bener banget, internet lemot itu bikin mood ilang semua, untung ada paket indihome kayak gini, jadi makin terbantu,

    BalasHapus
  16. Betul banget, Mbak.. tidak ada yang lebih menyebalkan selain koneksi internet terputus dan bikin kerjaan kita terganggu.

    BalasHapus
  17. Kalau internet lemot itu rasanya mau ngomel-ngomel melulu ya, mbak apalagi kalau pas hari itu ada Deadline. He

    BalasHapus
  18. Aku masih pakai kecepatan yang 10mbps lumayan cepat sih kalau untuk kerja dan drakoran aja. Kalau untuk ngegame online belum tau sihh.

    BalasHapus
  19. Paling kesel kalau lagi dikejar deadline eh internet gak stabil dan lambat, stress sendiri hihihi. Penting deh pilih provider yang memang stabil internetnya kayak IndiHome

    BalasHapus
  20. Indihome sampai sekarang jadi andalanku juga dirumah selain paketnya sesuai kebutuhan juga kecepatan dan kapasitasnya yang pas banget buat kebutuhan pekerjaan dan entertainment dirumah

    BalasHapus
  21. Pas main game online emang nyebelin banget kalo internetnya putus. Ga cuma ngegame, nonton film atau pas upload data terus lemot malah ngulang dr awal..

    BalasHapus
  22. Masalah internet yang lemot tidak hanya menjadi ketakutan pemain game tapi hampir semua yang membutuhkan koneksi internet. Greget aja gitu ya kalau pas lagi asyik main game tapi lemot, makanya harus pakai internet cepat dan juga internet stabil.

    BalasHapus
  23. Wow, ternyata ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi koneksi internet yang lemot ini ya mbak
    Aku jadi tahu sekarang, thanks for sharing ya mbak

    BalasHapus
  24. Nah ada tekniknya nih, biar gak ngedumel lagi kalau pas lagi nge-game tetiba lemot ya

    BalasHapus
  25. Paling sebel emang kalau wifi dirumah bermasalah paket data di hp habiss...huhuhuhu mana ada kerjaan kepaksa mlipir kluar rumah beli paket internet.

    So jangan sampai kejadian ke temen2 yaa....

    BalasHapus
  26. Paling sebel kena internet lemot di situasi genting, saat kita butuh akses informasi yg cepat malah loading Mulu, untuk sekarang IndiHome telah menjang

    BalasHapus
  27. Paling sebel kena internet lemot di situasi genting, saat kita butuh akses informasi yg cepat malah loading Mulu, untuk sekarang IndiHome telah menjangkau hingga ke pelosok desa di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  28. Sebagai pensiunan gamer online, aku ngerasain sebelnya sih kalau internet mulai lemot, leveling dan hunting jadi males banget yekan. Tapi emang sih jujur, gaming pake IndiHome itu gada lawaaan lancarnya

    BalasHapus
  29. Kalo pas lagi lemot emang ngeselin ya, cuma bisa jadi memang dari perangkat. Kadang sih kalo aku restart modem paling ampuh.

    BalasHapus
  30. Solusi agar main games semakin nyaman memang menggunakan koneksi internet cepat dan stabil ya.. Jadi jawaban setiap gamers pas Latency atau Jitter ini..

    BalasHapus
  31. memang musuh terbesar ya kalau internet lemot tuh, udah bayar mahal, eh kualitasnya gak optimal. kalau internet cepat dan stabil kan bisa ngedukung kerjaan jadi lebih cepat ya termasuk ngegame hehe

    BalasHapus
  32. Aku kalau internet lemot, kalau lagi urgent banget mau nggak mau langsung lari ke hotspot. Tapi Alhamdulillah, berkat adanya IndiHome internet lemot uda nggak pernah lagii sihh :)

    BalasHapus

Posting Komentar