header permata pengalamanku

Pentingnya Pencatatan Keuangan bagi Pebisnis Daring

22 komentar

kasir toko

Sejak pertama kali memutuskan membuka toko daring di Instagram yang khusus menjual buku-buku karyaku, aku sudah menetapkan untuk melakukan pencatatan keuangan. Hal ini agar hasilnya lebih terukur saat aku berani menyatakan sudah sukses berbisnis.

Berbeda dengan ketika menjalankan blog, aku memang enggak memiliki pencatatan rapi tentang penghasilan yang kudapat. Sebab, memang mayoritasnya berupa penghasilan. Pengeluaran rutin paling-paling adalah biaya perpanjangan domain setahun sekali.

Sedangkan untuk biaya listrik, internet, dan lain-lain bisa dibilang aku menumpang fasilitas rumah. Karena, semua itu tetap aku dapatkan meskipun misalnya aku enggak menulis blog. Begitu juga untuk produk atau pengeluaran khusus suatu jenama tertentu untuk kepentingan membuat ulasan. Biasanya, sudah kuperkirakan di awal sebelum menerima pekerjaan tersebut bahwa biayanya tetap lebih kecil dari penghasilan yang kuterima.

Manfaat Pencatatan Keuangan

Berbeda dengan bisnis buku ini. Awalnya, jelas ada biaya besar yang harus dikeluarkan. Pun, untuk operasional sehari-hari. Sementara, pemasukan enggak menentu. Makanya, semua pemasukan dan pengeluaran harus tercatat rapi agar bisa mendapatkan banyak manfaat seperti berikut ini.

Mengetahui Untung-rugi

Pencatatan keuangan akan memberikan informasi secara rinci mengenai keuntungan yang didapatkan. Dengan membandingkan jumlah pemasukan dan pengeluaran, kita jadi tahu apakah sedang untung ataukah rugi.

Mengetahui Dinamika Bisnis

Pencatatan keuangan berperan besar untuk mengetahui kondisi finansial bisnis saat ini, dan membandingkannya dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun. Kita jadi tahu apakah bisnis kita ini berkembang atau sedang surut.

Mengetahui Efisiensi Pengelolaan Modal

Pencatatan keuangan ini memberi tahu seperti apa pengaturan keuangan yang dilakukan di dalam bisnis kita. Sehingga, kita akan lebih bijak dalam pengalokasian uang. Jika merugi, kita dapat mengetahui biaya-biaya apa yang dapat dipangkas sehingga menghemat pengeluaran.

Membantu Mengambil Keputusan

Dengan mengetahui kondisi finansial usaha, tentunya kita akan lebih mudah menentukan keputusan bisnis di masa mendatang. Apakah perlu mengganti strategi pemasaran, menambah karyawan, berinvestasi alat produksi, atau kebijakan lainnya.

Mempermudah Proses Pelaporan Pajak

Namanya berbisnis pasti penginnya usaha kita jadi besar, ya. Usaha yang besar artinya juga harus siap untuk berurusan dengan pajak. Kegiatan pencatatan keuangan tentunya akan mempermudah menghitung pajak yang harus dibayarkan.

Mendapat Suntikan Modal 

Sering kali kita enggak cukup kuat mengandalkan modal pribadi. Menerima bantuan investor menjadi salah satu cara mengembangkan bisnis. Untuk itu, tentu diperlukan pencatatan keuangan yang rapi guna meyakinkan para investor akan kesehatan bisnis kita.

Pakai Aplikasi Kasir, Dong!

Pencatatan keuangan kasir toko tentunya enggak bisa dilakukan sembarangan. Perlu pengetahuan dan kemampuan dalam bidang finansial. Jangan mengandalkan pembukuan manual karena kesalahan manusia akan lebih berisiko terjadi. 

Dulu, banyak kasir toko yang menggunakan Point Of Sale. Ini merupakan seperangkat mesin kasir yang dihubungkan dengan komputer, lengkap dengan mesin pencetak nota pembelian. Namun, seiring pesatnya perkembangan teknologi digital, ada pilihan yang lebih praktis lagi, dong. Yaitu, aplikasi kasir.

Aplikasi yang juga disebut aplikasi POS ini membantu dalam wujud yang lebih praktis. Enggak perlu memiliki banyak perangkat untuk mengerjakan semua tugas kasir. Cukup dengan ponsel, aplikasi kasir akan menuntaskan semua.

Mengenal Aplikasi iReap POS

aplikasi kasir

Baru-baru ini aku mengenal aplikasi POS yang bernama iReap POS. Aplikasi ini terdiri dari dua versi, yaitu: iReap Lite dan iReap Pro. Apa bedanya? iReap Lite merupakan aplikasi kasir gratis untuk UMKM, sedangkan iReap Pro ini berbayar dan ditujukan untuk usaha berskala menengah dan besar.

Aplikasi iReap Lite memiliki fitur POS (point of sale), pencatatan stok barang, kasir single user, pencatatan transaksi penjualan, laporan keuangan, dan bisa bekerja tanpa internet dengan penyimpanan lokal (data tersimpan di perangkat yang digunakan).

iReap POS

Sedangkan iReap Pro, dengan sistem daring maupun luring secara penuh karena mempunyai penyimpanan cloud storage dan database lokal. Aplikasi ini akan memudahkan memonitor banyak toko secara langsung dengan mengakses laporan dasbor web. Sangat cocok untuk bentuk perusahaan yang berjenjang. Misalnya terdiri dari admin, supervisor, kasir, dan manajer. 

Beberapa fitur tambahan di iReap Pro, antara lain: set produk, daftar harga pelanggan, harga khusus tiap gerai, pencatatan transaksi tiap pengguna, transfer barang antar toko, penambahan menu, menu absensi untuk karyawan, dan laporan dalam device dan web yang lengkap dari penjualan maupun inventori. Aplikasi ini menyediakan iReap Invoice dan memungkinkan pembayaran secara daring.

Kita bisa mencoba aplikasi iReap Pro ini gratis selama 14 hari. Selanjutnya, biaya yang dikenakannya murah, kok. Cuma 41.667 rupiah per bulan per perangkat jika dibayar tahunan, atau 99.000 rupiah untuk pembayaran bulanan.


Yuk, mulai rajin melakukan pencatatan keuangan dengan aplikasi kasir iReap POS!

Related Posts

22 komentar

  1. saya sudah menggunakan iReap loh kak, untuk olshop saya dan ini sangat bantu banget pencatatan keuangan dan penjualan juga stok. karena skala usaha olshop saya masih kecil, saya masih pakai yang lite

    BalasHapus
  2. Saya pun berusaha selalu membuat catatan, baik untuk jualan Kurcaci Pos, maupun pemasukan dari menulis, Mbak. Karena dari catatan itu, selain saya tahu pencapaian saya sampai mana. Dan sekarang semakin dipermudah dengan perangkat smartphone bisa ada pencatatan digital. Untuk bisnis, sudah dimudahkan dengan aplikasi kasir.

    BalasHapus
  3. ALhamdulillah ada aplikasi iReap yang sangat membantu penguaha UMKM ya Mbak. Termasuk untuk usaha jual bukunya. Dengan pencatatan maka banyak banget manfaatnya.

    BalasHapus
  4. saya belum pnya usaha sih tapi selama beberapa tahun terakhir berusaha konsisten mencatat pengeluaran rumah tangga walau masih banyak minusnya. heu. kalau ntar punya usaha kayaknya mau deh pakai aplikasi iReap pos ini buat pencatatan transaksi

    BalasHapus
  5. Praktis ya aplikasi iReap Pos Ini. Bisa bantu manajemen keuangan dalam usaha. Daripada manual, ribet sekali

    BalasHapus
  6. Bener nih, ntar kayak aku kalo ngga dicatat catat, ruwett dan uang bisnis jadi kepake pake buat yang lainn hahaha.. apalagi pake iReap gini makin rapiii deh keliatan profesional

    BalasHapus
  7. Sekarang lebih mudah mencatat transaksi keuangan. Cukup pake aplikasi aja ya.

    BalasHapus
  8. Penting banget sih ya melakukan pencatatan keuangan ini, sesederhana buat kita yang ngejalanin pekerjaan secara daring begini. Kalau nggak kecatat tuh jadi nggak ketahuan, beneran untung, dapat profit kecil, atau malah rugi, dengan segala kesibukan yang sudah dijalani buat si bisnis selama ini.

    BalasHapus
  9. Pakai aplikasi kasir mah udah tersedia ya fitur laporan transaksinya sehingga gak repot lagi kalau pas mau lapor²

    BalasHapus
  10. Penting banget bagi pebisnis online untuk melakukan pencatatan keuangan ya mbak
    Pakai aplikasi gini jadi lebih mudah

    BalasHapus
  11. Pencatatan keuangan daring emang memudahkan banget di era ini. Apalagi ada versi gratisnya. Auto lebih teliti dalam manajemen keuangan, nih.

    BalasHapus
  12. Keuangan perusahaan merupakan hal yang sangat fital, untuk itu pencatatannya harus jelas, rapi, dan tak ada yang terlewatkan.

    Karena pencatatan keuangan tersebut nantinya bisa meniadi evaluasi ya.. perusahaan untung atau rugi, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  13. Kita ga perlu manual buat catat pemasukan pengeluaran barang sih ya. Ini akan mempermudah kita buat ambil keputusan, mmisalnya mau ambil barang lagi dr produsen. Kita jg bs lbh mudah utk bayar pajaknya jg. Menguntungkan banget deh.

    BalasHapus
  14. Wah aplikasi yang sangat bermanfaat sekali daripada harus melakukan pencatatan secara manual ya

    BalasHapus
  15. Saya setuju kalau adanya aplikasi daring seperti ini fungsinya ya memudahkan urusan kita. Kecanggihan teknologi dari sisi positif yang sangat bermanfaat pastinya ya

    BalasHapus
  16. Wah aplikasi ini ngebantu banget ya buat catat keuangan baik pengeluaran dan juga pemasukan. Fitur iReap versi lite saja sudah banyak kemudahan yang diberikan, apalagi aplikasi yang pro nya, banyak banget fitur-fitur keren yang bisa dimanfaatkan. Tapi, saya pribadi masih pakai yang versi lite sih, karena sudah sangat membantu dan semua data keuangan bisa tercover dengan aplikasi ini.

    BalasHapus
  17. Asyik ya adanya aplikasi kasir ini jadi lebih terperinci dan bisa real time ya jadi mempermudah pekerjaan kita

    BalasHapus
  18. bener nih perlu banget meski terlihat kecil-kecilan dan hanya lewat online, justru catatan kuangan yang lebih detail yang diperlukan iar gak 'kebobolan"

    BalasHapus
  19. Aplikasi kasir ini lengkap juga ya, ada fitur set produk, daftar harga pelanggan, harga khusus tiap gerai, pencatatan transaksi tiap pengguna, transfer barang antar toko, penambahan menu, menu absensi untuk karyawan, dan laporan yang lengkap dari penjualan maupun inventori. Bermanfaat sekali untuk pencatatan keuangan.

    BalasHapus
  20. Lihat fitur di iReapPos ini luar biasa ya, betul-betul lengkap, dari Master data laporan, catatan transaksi. Pastinya makin mudah kelola usaha apapun

    BalasHapus
  21. woeeh jaman sekarang mah gampang banget ya, bahkan udah ada kasir digital segala

    BalasHapus
  22. Saat ini lagi enggak ada usaha sih, tapi penasaran sama aplikasi iReap POS. Apalagi ada yang free kan yaa... Ntar kalau punya usaha, bisa kan digunakan.

    BalasHapus

Posting Komentar