header permata pengalamanku

Tune Up: Mengoptimalkan Performa Motor Matic

23 komentar

tune up

Ketika kita memiliki kendaraan, terlepas dari jenisnya, menjaga kinerja optimalnya adalah salah satu hal yang sangat penting. Salah satu metode yang umum dilakukan yaitu dengan melakukan tune up secara berkala. Tune up merupakan serangkaian tindakan perawatan yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan performa kendaraan, serta memastikan semua komponen mesin bekerja sebagaimana mestinya.

Pentingnya Tune Up untuk Motor Matic

Motor matic merupakan salah satu jenis kendaraan bermotor yang populer, terutama di perkotaan. Seperti halnya kendaraan lainnya, motor matic juga membutuhkan tune up secara berkala. Tune up pada motor matic dilakukan untuk beberapa alasan penting, yaitu:

Meningkatkan Performa

Tune up pada motor matic dapat membantu meningkatkan performa kendaraan. Jika dilakukan secara teratur, kendaraan akan berjalan lebih lancar, responsif, dan efisien.

Memperpanjang Umur Mesin

Dalam proses tune up, beberapa komponen penting, seperti busi, kabel busi, dan filter udara, diperiksa dan diganti jika perlu. Hal ini membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan komponen mesin berfungsi dengan baik. Dengan menjaga mesin dalam kondisi optimal, risiko kerusakan serius dapat dikurangi, sehingga umur mesin dapat diperpanjang.

Mengoptimalkan Konsumsi Bahan Bakar

Komponen seperti injektor bahan bakar dan filter bahan bakar diperiksa dan dibersihkan, sehingga aliran bahan bakar menjadi lancar dan efisien. Selain itu, tuning sistem pengapian yang tepat juga dapat mengoptimalkan pembakaran dalam mesin, yang berkontribusi pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

Keamanan dan Keselamatan

Misalnya, pengecekan sistem pengereman yang melibatkan pemeriksaan kampas rem dan cairan rem dapat memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik. Selain itu, pengecekan dan penggantian komponen yang aus atau rusak dapat mencegah kemungkinan kerusakan yang memengaruhi kendali kendaraan.

Langkah-langkah Tune Up

Berikut adalah beberapa hal yang sering dilakukan saat tune up, antara lain:

Pengecekan Sistem Pengapian

Sistem pengapian adalah komponen penting dalam kendaraan yang bertugas untuk menghasilkan loncatan bunga api di dalam silinder mesin. Mekanik akan memeriksa busi, kabel busi, koil pengapian, dan distributor untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika ada kerusakan atau keausan, komponen-komponen ini akan diganti.

Pembersihan Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar perlu dijaga agar tetap bersih dan bekerja optimal. Selama tune up, injektor bahan bakar akan diperiksa dan dibersihkan jika diperlukan. Filter bahan bakar juga dapat diganti untuk memastikan aliran bahan bakar yang lancar dan bebas dari kotoran.

Pengecekan Sistem Pemasukan Udara

Udara bersih dan cukup merupakan salah satu faktor penting dalam pembakaran yang efisien di mesin. Selama tune up, filter udara akan diperiksa dan diganti jika perlu. Mekanik juga akan memastikan tidak ada kebocoran di saluran udara atau sensor yang berkaitan.

Penggantian Oli Mesin

Oli mesin adalah darah kehidupan bagi mesin kendaraan. Saat tune up,  akan diganti dengan yang baru dan filter oli juga akan diganti. Hal ini penting untuk menjaga agar mesin tetap terlumasi dengan baik, mengurangi gesekan yang berlebihan, dan melindungi komponen mesin dari keausan.

Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi, ya wajar sih, kalo retailer ini mengeklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

oli motor matic

Pengecekan Sistem Pendingin

Sistem pendingin yang baik sangat penting untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Selama tune up, mekanik akan memeriksa level dan kualitas cairan pendingin, serta kondisi selang.

Penting diingat bahwa tiap produsen kendaraan mungkin memiliki rekomendasi waktu dan jarak yang berbeda untuk melakukan tune up pada motor matic. Karena itu, sebaiknya mengacu pada buku panduan pengguna kendaraan atau berkonsultasi dengan mekanik terpercaya untuk menentukan jadwal tune up yang tepat. 

Memang, terkadang dalam proses tune up perlu mengganti oli motor matic, oli gardan, atau sparepart tertentu. Namun, tidak perlu khawatir, mekanik akan memberitahukan hal tersebut kepada Anda sebelumnya. Jika Anda setuju, barulah mekanik akan melanjutkan dengan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Related Posts

23 komentar

  1. Kayaknya saya harus simpan nih artikelnya. Nanti suatu saat saya punya motor matic, saya buka-buka lagi.

    BalasHapus
  2. Baru aja Mio-ku di-tune up nih. Kalau ga, maka motor agak gimana gitu, ga enak dibawanya. Mesin mesti dibersihkan, oli diganti, cek2 semua pokoknya supaya kita ga was-was di jalan. Pemilihan oli motor matic juga penting, jangan sampai salah. Pilih yang berkualitas tentunya dan bisa diandalkan.

    BalasHapus
  3. Saat servis motor sebulan yang lalu, saya juga ditawari mau pakai oli merk A atau B, karena nggak ngerti, saya minta dipilihkan yang lebih baik saja.

    Membaca ini, sejujurnya saya banyak nggak ngertinya hehehe.... Padahal kan perlu juga ya perempuan ngerti tentang dunia permotoran

    BalasHapus
  4. Bener nih perawatan kendaraan apalagi motor harus teratur supaya bisa tetep oke performanya. Pasti terasa kalau motor udah perlu di tune up.. emang mesti dijadwalkan ya perawatan mah..

    BalasHapus
  5. kalo urusan tune up kayak gini, itu biasanya urusan duo laki di rumah. ayah dan adek. molly gak begitu paham sih urusan motor kayak gini. tapi memang penting bgt untuk menjaga keawetan motor kita.

    BalasHapus
  6. harus tau cara dan tempat yang pas untuk memastikan proses tune up motor matic kita bisa berjalan mulus yaaa mba.

    BalasHapus
  7. Akhir bulan ini jadwalku untuk mengganti oli motor. Makasih telah mengingatkan, mba. Bagaimanapun kita juga harus rajin rawat motor

    BalasHapus
  8. Alhamdulilah dapat wawasan lagi, aku tuh kebagian jatah soal urus chek up, ke bengkel rutin dll, kalo motor, jadi suami gak banyak turun tangan. aku yang tau kapan jadwal ganti olinya, hehehe

    BalasHapus
  9. wah iya kadang tuh kalo wanita bisa pakai nya aja tapi masalah detail motor pun harus dipelajari dan diketahui

    BalasHapus
  10. perlu banget ini merawat motor kalau ditinggal ke luar kota, suka bingung kalau motor perlu diservice, jadinya baca ini jadi banyak ilmunya nih

    BalasHapus
  11. Barang apapun memang perlu dirawat rutin kayak gini ya. Dengan rutin tune up, motor yang kita miliki bisa punya kebermanfaatan lebih lama deh ya harapannya 😀

    BalasHapus
  12. Merawat motor apalagi motor matic memang penting banget, setidaknya rutin service dan ganti oli. Aku pernah loh lupa enggak ganti oli sampai habis, eh motornya rusak.

    BalasHapus
  13. Aku termasuk tim yang rewel soal perawatan kendaraan dan ganti oli gini. Apalagi matic kan kaya motorku juga. Soalnya memang kerasa banget bedanya antara yang dirawat dan nggak dirawat tuh. Tarikannya beda (udah kaya expert aja, haha).
    Soalnya perawatan rutin gini juga bermanfaat banget ketika nanti kendaraan mau dijual.

    BalasHapus
  14. motor matic ini malah perawatannya harus lebih rutin menurutku, apalagi kalau yg pakai ibu2. biar ga ada gangguan tb2 pas jalan gituu..

    BalasHapus
  15. Tapi tune up jg tetep penting utk semua jenis motor kan ya mba. tampaknya motor matic memang cenderung harus lebih sering dan berkala di tune up ya

    BalasHapus
  16. Salut sih sama pemilik motor matic. Karena motor matic itu emang kudu rajin tune up. Makin dirawat, tentu saja bikin matic makin awet dan performa prima kalau dipakai

    BalasHapus
  17. Motorku belum matic hehehe. Duluuu pengin beli matic tetapi suami kurang setuju karena saat itu pengamanan motor matic belum seperti sekarang. Gas masih jalan meski standard terpasang, akibatnya dulu ada beberapa kejadian2 kecelakaan karena anak2 main2 gas saat motor hidup ddalam keadaan berhenti. Sekarang sih motor matic uda makin aman yaa...

    BalasHapus
  18. Iya tune up enak kalau ada komunikasi antara bengkel dan yang punya motor. Kalau sudah benerin dan tidak ada komunikasi plus harga asal tembak bikin kesel.

    BalasHapus
  19. Proses tune up ini ternyata bukan proses yang lama saat service tapi kudu dilakukan dengan berkala agar performa motor selalu fit dan bisa digunakan jangka panjang.

    BalasHapus
  20. aku termasuk yang nggak terlalu ngerti sih mbak nama perawatan motor pokoknya bawa ke bengkel aja ntar dikasih tahu mekaniknya apa yang bermasalah. he

    BalasHapus
  21. Saya kurang paham sebenarnya tentang perawatan motor meski saya pengguna motor matic sejak zaman kuliah. Memang ganti oli harus berkala sih biar kondisi mesin tetep terjaga

    BalasHapus
  22. Perlu dicoba nih perawatan motor disana, soalnya biasanya merawat sendiri :(

    BalasHapus
  23. Sering enggak peka perihal motor awalnya, tapi karena sudah sering pakai motor terasa banget sekarang kalau ada tidak enaknya motor. Baru dengar tune up ini, solusi banget untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar