header permata pengalamanku

Funtopia Semarang: Wahana Bermain Anak Terbesar dengan Banyak Kejutan!

23 komentar
funtopia

Hai, teman-teman penggemar hiburan dan kesenangan! Aku sebagai blogger Semarang yang mengaku doyan traveling merasa kecolongan, nih. Kok ya baru tahu kalau ada wahana bermain Funtopia Queen City Mall Semarang di lantai 6 dan 7, Jl. Pemuda No. 27-31, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139.

Padahal, selama ini sering mondar-mandir di lantai 1-5 buat cari perabotan rumah. Tahu sih, kalau di atas ada wahana bermain. Cuma, kukira ya seperti wahana bermain anak kebanyakan. Ternyata, Funtopia Queen City Mall ini beda, Saudara-saudara! 

Mengenal Funtopia Queen City Mall Semarang

PT Mitra Gamesindo sudah banyak membidani lahirnya wahana bermain anak. Beberapa di antaranya terdapat di Semarang. Rupanya, karena sambutan masyarakat yang baik selama ini, muncullah label baru mereka yang sangat dinanti-nantikan, yaitu 'Funtopia'. 

Funtopia yang resmi dibuka mulai Rabu, 16 Agustus 2023 ini merupakan yang ketiga di Indonesia, setelah Kalimantan dan Cianjur. Nanti, Funtopia juga akan menyusul hadir di Surabaya dan Lombok. Nah, lo! Siap-siap aja ketularan serunya, ya. 

Funtopia Semarang ini merupakan counter ke-109 bagi PT Mitra Gamesindo setelah berbagai wahana yang sudah lebih dulu ada, seperti Mr. Games, Happy Time, Wonderland, dan Fun and Play yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Luas sekitar 1.800 m2. Adapun beserta koridor atas, totalnya mencapai 2.200 m2. Dengan begitu, Funtopia menjadi arena bermain anak dalam ruangan terbesar di Kota Semarang. Jadi, bisa banget memenuhi kebutuhan hiburan anak-anak dan keluarga tanpa khawatir tentang cuaca yang bisa mempengaruhi rencana bermain. 

Wahananya didesain cantik banget bertema Amsterdam dalam aneka warna yang sangat menarik. Membidikkan kamera dari sudut mana pun, tetap bisa menghasilkan foto yang ciamik. Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 9 malam di hari kerja, dan sampai jam 10 malam di akhir pekan. 

Harga Tiket yang Terjangkau

Harga tiket masuk Funtopia adalah Rp125.000 saat hari kerja dan Rp150.000 saat akhir pekan. Mahal? Enggak, dong. Sebab, dengan tiket tersebut, kita bisa menikmati paket Adventure yang sudah termasuk area bermain, photobooth, naik kereta memasuki magical space, dan air coaster. 

Tiket ini berlaku untuk satu anak dan satu pendamping. Anak-anak di bawah 5 tahun harus didampingi oleh orang dewasa berusia minimal 17 tahun, ya. Jadi, bisa dibilang itu harga tiket untuk dua orang dan bisa bermain sepuasnya! 

Harga ini belum termasuk biaya kaos kaki sebesar Rp15 ribu. Setiap orang yang masuk wajib menggunakan, ya. Jadi, biar lebih hemat, mending bawa kaos kaki sendiri dari rumah. Selain itu, untuk tambahan pendamping dikenakan Rp50 ribu per orang dan gratis sepasang kaos kaki.

Biaya lainnya untuk naik Gokart Rp35 ribu. Selain itu, di Photobooth, ada fasilitas sewa dua kostum Belanda pakai jasa fotografer selama 15 menit dan mendapatkan file dengan tarif Rp50 ribu. Sedangkan kalau mau mencetak foto, biayanya Rp20 ribu. 

Peraturan di Funtopia

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di sini. Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam area bermain. Ada loker yang disediakan gratis di sini. Anak di bawah tiga tahun harus memakai popok. Sepatu harus dilepas dan diletakkan di rak yang disediakan. 

Hiburan untuk Semua Umur

Pendamping cuma bengong? Enggak, kok. Funtopia Semarang bukan hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa yang ingin melepas penat dan merasakan kegembiraan bersama keluarga. Makanya, aku senang banget karena anak-anakku yang remaja sampai balita bisa bergembira bareng di sini. Orang tua juga boleh ikut bermain, pasti. 

Wahana Seru Tak Terbatas

Funtopia menawarkan puluhan macam wahana permainan, kegiatan olahraga, edukasi yang menghibur, tempat-tempat seru untuk berfoto, serta ruang pesta. Ada beberapa jadwal aktivitas dan hiburan setiap harinya yang bisa dipilih untuk diikuti. Yang kemarin aku lihat kaya ada pertunjukan musik, badut, kelas mewarnai, dan lain-lain. 

Anak-anak bisa bermain sepuasnya sambil belajar tentang berbagai profesi di tengah area bermain yang dirancang estetis. Para pendamping bisa ikut bermain atau duduk santai sambil mengawasi di sofa-sofa yang disediakan di salah satu sudut. 

Wahananya banyak banget. Mulai dari kolam mandi bola yang super gede dengan aneka fasilitas seru, delapan jenis perosotan, halang rintang, ninja warrior, trampolin, panjat dinding, gokart yang menantang, dan air coaster yang mendebarkan.

Anak-anakku suka banget bermain mandi bola di kolam yang luas dengan aneka fasilitas bermain. Ada tangga empuk, aneka perosotan, paus besar yang bisa ditunggangi banyak orang, seluncuran dengan ban, mesin pengisap bola, bak besar yang siap menyiram dengan bola, dan banyak lagi. 

Salah satu wahana lain yang patut dicoba adalah trampolin. Ini kesempatan untuk melompat-lompat dengan riang di atasnya dan merasakan sensasi menyenangkan yang tak terlupakan. Belum lagi area Ninja Warrior dan halang-rintang yang penuh tantangan. 

Halang-rintang di sini terdiri dari aneka bentuk tangga, jembatan tali, tiang dan bola bergelantungan, serta cermin putar. Di tengah-tengah area kita bisa menemukan aneka alat bermain menarik seperti kuda-kudaan, jungkat-jungkit, tiang beralas roda putar, dan banyak lagi. Anak-anak bisa bermain sepuasnya dengan cara yang mereka mau. Hanya imajinasi yang jadi pembatasnya. 

Anak-anakku yang beranjak remaja juga mencoba air coaster dan panjat dinding, Mereka betah banget mencoba memanjat dinding sampai puncak, lalu meluncur turun dengan tali. Lihat aja deh, sebagian keseruan yang sempat terekam dalam video di atas. 

Di lantai atas ada Magical Space Train yang membawa Anda mengelilingi koridor dan masuk ke ruang imersif. Ruangan ini menjadi daya tarik tersendiri karena membawa kita ke dunia fantasi. Terdapat video dinosaurus dari sorotan proyektor yang sangat besar. 

Selain itu, di lantai atas juga ada permainan komisi putar sambil menembak bebek. Di samping aneka permainan yang mengasah motorik kasar, juga ada perosotan serta tiang yang membawa kita langsung sampai ke lantai di bawahnya. 

Kesimpulan

Funtopia Semarang adalah wahana wisata dalam ruangan terbesar di Indonesia dengan berbagai atraksi yang menarik dan bisa dinikmati semua umur. Sangat cocok untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama keluarga di sini. 

Adakah wahana bermain serupa di daerahmu? Bagi dong, kisahnya di kolom komentar, ya. Terima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya. 

Related Posts

23 komentar

  1. Asyiknya ga habis2 ya kalau anak2 bermain di Funtopia :) Tiketnya juga terjangkau dengan durasi yang cukup. Anak-anak usia di bawah 5 tahun wajib didampingin orang dewasa di atas 17 tahun. Bagus nih jadi ada pengawasan langsung ya. Luas sekali arenanya dan macam2 permainannya. Betah ogah pulang.

    BalasHapus
  2. Eh seruu banget ini. Funtopia.. ada trainnya jg, panjat dinding, ada photo booth. Aku udah tonton videonya. Funtopia di Semarang tok yaaa. Coba ada di sini jg huaa mau

    BalasHapus
  3. Funtopia memang tempat yang menyenangkan buat anak bermain ya, udah gitu luas dan harga tiketnya terjangkau

    BalasHapus
  4. Playground gini tuh bikin anak betah banget, anakku selalu senang dibawa ke tempat seperti ini. Di Jakarta beragam soalnya tempat permainan seperti ini.

    BalasHapus
  5. Berarti gak ada batasan jam, ya? Tempat bermain seperti ini memang bikin anak-anak betah.

    BalasHapus
  6. Wah seru banget deh di Funtopia ternyata ngga cuma anak2 bisa main, pendampingnya juga bisa healing ya. Kalau anak2 pasti ngga mau pulang klo lihat wahananya segala macem gitu kan. Anak2 bakal puas main seharian.

    BalasHapus
  7. Funtopia sudah ada di Semarang ya. Ini anak-anak pasti suka kalau diajak main ke sana. Kalau wahan tempat main di daerahku, kebanyakan air sih. Ada mungkin yang bukan, tapi aku belum cek mana yang oke dan ramai

    BalasHapus
  8. Wooh colekin suami ah kalo dolan ke Semarang, kalo bocilnya dua kan harus nabung dulu 😆

    BalasHapus
  9. Wiii, ini serruuuu pol yhaaa

    apalagi klo main ama anak dan ponakan.
    hepi maksimaaalll!

    BalasHapus
  10. Asyik banget ya, anak pasti happy main di Funtopia. Di daerahku ada Kidzoona yang mirip-mirip kaya Funtopia. Bakalan anteng anak main di sini. Meski udah sejam or dua jam bagi mereka, itu nggak berasa.

    BalasHapus
  11. Eh seru banget jadi selain anak2, org dewasa juga boleh nyicipin wahananya yaa? Bisa nih kapan2 kalau ke Semarang main ke Funtopia. Hmm, gk tau di Jakarta ada apa gak ya? Kyknya kok pernah dengar nama yang sama gitu.

    BalasHapus
  12. Kabar gembira nih buat warga Semarang dengan adanya Funtopia. Wahana bermain dengan harga tiket yang terjangkau. Surga buat anak-anak dan emaknya yah.

    BalasHapus
  13. Duh kalau saja dekat ingin main di Funtopia ini. Semua wahana yang ada lengkap ya. Biar gak rugi harus naikin semuanya. Hehehe

    BalasHapus
  14. Funtopia ini bikin anak betah dan aktif berpetualangan. Emaknya bisa menemani dan merekam kegiatan anak yang seru ini.

    Tiketnya cukup terjangkau karena banyak spot permainannya.

    BalasHapus
  15. Wah iniii... kalau keponakan-keponakan saya tahu tentang funtopia Semarang pastinya ingin main juga di sana. Keliatannya tempatnya nyaman dan aman yaa..

    BalasHapus
  16. Ternyata di Bandung belum ada Funtopia.
    Dulu rasanya ada acara serupa, tapi memang hanya sementara sii..
    Seru juga di Funtopia Queen City Mall Semarang menjadi tempat main untuk anak segala usia.

    BalasHapus
  17. Wah, senang banget bisa main ke Funtopia ini
    Harganya terjangkau, dan bisa untuk semua umur

    BalasHapus
  18. kalau aku seneng banget ke Edokko mbak, lengkap banget isi playgroundnya plus temanya jejepangan banget, seru juga di sana. Anak-anak jadi kayak main jadi ninja ninjaan gitu.

    BalasHapus
  19. Anak bisa jadi betah ini main di Funtopia Queen City Mall Semarang sementara ibuknya belanja adaj2 bisa menunggu sambil bermain ya mba

    BalasHapus
  20. Queen City Mal sudah buka ya Mba, grand launching November insya Allah ya penasaran kayak apa deh Sri Ratu new sekarang pasti lebih gede dan keren isinya ya

    BalasHapus
  21. Wah di Depok kayaknya belum ada Funtopia. Murah sih kalau harga tiketnya 125-150 ribu, bisa lah trjangkau oleh kalangan menengah dan menengah ke atas.

    BalasHapus
  22. Fyp Tiktokku banyak banget berseliweran ttg Funtopia nih Mak, pengen ngajak anak ke Funtopia. Tapi anakku udah 8 tahun, jadi pendamping beli tiket sendiri yakkk?

    BalasHapus
  23. Cakep banget nih funtopiaaa, suka deh liat tempat bermain yang baru buka giniii. Masih bersih pastiiiii.. kalo deket pasti aku dah ajak anak anak kesini niiih.. hihi

    BalasHapus

Posting Komentar