Menebar Kebaikan di Bulan Ramadhan Bersama Sekolah Relawan


Berkunjung ke Masjid Raya Bogor ini langsung aku membuat aku terpesona. Pertama, karena arsitekturnya yang cantik. Kedua, karena fasilitasnya yang aduhai. Ada perpustakaan mini, loker penitipan barang, mukena warna-warni yang banyaaakkk... digantung berjejer, juga ruang ganti dengan cermin besar di bagian tempat shalat untuk perempuan. Ketiga, ramainya aktivitas positif di sini. Bisa dikatakan benar-benar masjid yang makmur. Sejak pagi datang ke sini hingga lewat tengah hari, setiap sudut dari masjid ini diisi dengan aneka kegiatan. Ada pengajian, pelatihan, kelas seni untuk anak, dan yang baru bagiku adalah keberadaan FoodBOX di bagian depan masjid.

  
Wah, kalau Sekolah Relawan sih, aku sudah pernah mengetahui sebelumnya. Tepatnya sejak aksinya berinisiatif untuk menggalang dana dan terjun langsung ke lapangan menanggulangi kebakaran hutan di Riau tahun 2015 lalu. Aksi heroik para anggotanya bertebaran beritanya di dunia maya. Dan aku pun langsung mengikuti fanpage-nya begitu mampir di linimasaku.



Sangat menarik untuk mengenal LSM satu ini lebih jauh. Sekolah Relawan merupakan lembaga sosial kemanusiaan berlokasi di Depok yang berfokus pada 4 bidang, yakni: edukasi kerelawanan, sosial kemanusiaan, pemberdayaan masyarakat dan advokasi.


EDUKASI KERELAWANAN

Sepertinya ini program inti dari Sekolah Relawan, ya. Namanya saja Sekolah Relawan. Tentu saja kegiatan edukasi bagi para relawan adalah aktivitas yang mencolok di sini. Berangkat dari keprihatinan seorang Bayu Gawtama yang melihat banyaknya relawan hanya bermodal semangat tanpa memiliki keterampilan teknis maupun wawasan yang memadai saat melakukan aksi, Beliau pun mendirikan sekolah ini pada tahun 2013 dengan visi “Relawan Sebagai Pemimpin Bangsa.” Beliau berkeyakinan bahwa relawan adalah pemimpin bangsa yang baik, karena paham permasalahan masyarakat sekaligus solusinya. 
Maka, program ini merupakan upaya meningkatkan kapasitas dengan pemberian keterampilan dan wawasan bagi para relawan. Berbagai aktivitasnya antara lain:

Disediakan berbagai bentuk pelatihan yang membantu meningkatkan kualitas mulai dari level komunitas/organisasi, para manajer/koordinator hingga individu relawannya sendiri. Kegiatannya pun dipenuhi variasi seperti kemping di alam terbuka, menjelajah wilayah tertentu untuk mengenal kearifan lokal di sana, forum berbagi antar sukarelawan, bahkan edukasi kebencanaan dengan menggunakan media mural secara legal.
Bagi kita yang tidak bergabung relawan pun, ada pelatihannya lho. Namanya Emergency Situation Training alias Pelatihan Menghadapi Situasi Darurat. Ini adalah program pelatihan praktis untuk menguasai ketrampilan dasar dalam hidup yang semestinya dimiliki oleh setidaknya satu orang dalam satu keluarga. Di sini kita akan belajar tentang bagaimana menghadapi situasi seperti kecelakaan, kebakaran, keracunan dll. Bagi sekolah, kampus, kantor atau komunitas lainnya yang ingin mendapatkan pelatihan ini, bisa langsung menghubungi pihak Sekolah Relawan. Gratis!

SOSIAL KEMANUSIAAN

Merupakan program untuk merespon permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Kegiatannya berupa aksi-aksi sosial yang dikemas kreatif. Tengok saja daftar ini:


Social and Disaster Rescue

Yaitu satuan relawan khusus yang dilatih dan dipersiapkan untuk menjalankan aksi kegawatdaruratan bencana maupun sosial kemanusiaan. Menolong korban bencana banjir dan kebakaran hutan adalah beberapa contoh kegiatannya.

FoodBOX

FoodBOX sebagaimana yang aku jumpai di Masjid Raya Bogor, adalah sebuah etalase berisi makanan siap santap lengkap dengan sayur, lauk-pauknya serta minuman yang digratiskan untuk anak yatim, musafir, fakir, miskin dan siapa pun yang membutuhkan.

Free Food Car

Mirip dengan FoodBOX, hanya saja program pelayanan makan gratis bagi kaum dhuafa ini dijalankan secara mobile (bergerak) untuk menjangkau daerah-daerah tertentu sesuai target penerima manfaat. 

Clean Action

Merupakan aktivitas edukasi dan aksi teladan tentang kebersihan dan pengelolaan sampah kepada masyarakat. Para relawan mengajak masyarakat untuk terjun langsung membersihkan lingkungannya.

Belanja Bareng Yatim and Dhuafa

Ini adalah program membelanjakan anak yatim dan dhuafa barang-barang yang mereka butuhkan dan inginkan di pusat perbelanjaan sesuai dengan anggaran yang telah disusun. Wah, asyiknya bisa mendampingi mereka berbelanja, ya.
Aksi ini dapat dilakukan bersama Sekolah Relawan, maupun dilakukan secara individu oleh kita sendiri. Dengan cara mendampingi satu anak yatim/fakir miskin di sekitar kita untuk membeli keperluannya seperti pakaian, perlengkapan sekolah dll lalu diunggah ke media sosial untuk menyemangati yang lain agar melakukan hal yang sama. Jika Anda kesulitan menemukan anak yatim/fakir miskin di sekitar Anda, atau memiliki keterbatasan waktu maupun tenaga untuk mendampinginya berbelanja, Anda bisa mendonasikan dana tersebut melalui Sekolah Relawan untuk disalurkan dalam acara Belanja Bareng ini.

Double Pay

Program ini bagi yang sedang makan di warung/restoran agar membayar dua kali lipat dari yang ia makan. Lho, mengapa? Iya, nantinya biaya makan yang satunya itu akan ditujukan bagi mereka yang kurang mampu dan kelaparan. Jadi, kita bisa menraktir seseorang di luar sana sama dengan apa yang kita makan. What a wonderful idea!

Panti Kurban

Yaitu program yang memfokuskan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dengan melibatkan pengurus panti, anak-anak panti dan masyarakat sekitar panti. Lalu, daging kurban akan dinikmati oleh penghuni dan warga  sekitar panti.

Ketuk Berkah

Ketuk Berkah adalah kegiatan menghadiahkan bingkisan berisi bahan makanan ke rumah yatim piatu, janda lansia, fakir miskin dan dhuafa di saat malam sudah menjelang larut. Ketuk, salam dan tinggalkan. Dan penerima bingkisan pun hanya akan menemukan hadiah di depannya tanpa melihat siapa yang menaruhnya. Kejutan!

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Berisi kegiatan pembangunan sosial dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat. Ini dia amcam-macam programnya:


Tatar Nusantara

Program pengiriman relawan ke pelosok Indonesia, wilayah pinggiran dan pedalaman yang selama ini termarjinalkan secara sumber daya dan akses terhadap pihak luar.

Naik Pangkat

Program meningkatkan derajat dan taraf hidup satu keluarga dengan memberi bantuan modal dagang/usaha kecil. Baik yang baru akan memulai usaha maupun yang sudah berdagang dengan perlengkapan seadanya.

Community Center

Community center adalah hasil dari Community Development Training yang telah dirumuskan bersama oleh para peserta. Merupakan pusat pengembangan komunitas untuk membina suatu desa dan melakukan pendampingan terhadap desa tersebut.

Volunteer Entrepreneurship

Relawan bukanlah lilin yang menerangi sekitarnya sementara dia sendiri meleleh. Selain member kemanfaatan ke luar, relawan juga dididik untuk mandiri melalui program ini selama beberapa pekan berturut-turut.

ADVOKASI

Merupakan program pendampingan kebijakan pemerintah dan juga kepastian terpenuhinya hak dasar warga masyarakat. Sekolah relawan bersinergi dengan pemerintah maupun masyarakat agar kebijakan pemerintah memihak pada kepentingan rakyat sekaligus dijalankan dengan benar.

Wih, banyak sekali ya kegiatannya. Apalagi di Bulan Ramadan begini. Sekolah Relawan mengusung tema “Ramadhan Berani Berbagi” yang diwujudkan dalam 8 program khusus, di antaranya: Kado Sambut Ramadhan, Naik Pangkat, Sumur Utsman, Kampung DugDug, Free Food Car, FoodBOX, Belanja Bareng Yatim Dhuafa dan Kado Lebaran. 


Khusus Bulan Ramadan, FoodBOX dan Food Free Car akan disediakan saat Maghrib sebagai menu buka puasa bagi siapa saja. Jadi, daripada ngabuburit tanpa acara yang jelas, mending bergabung saja di Free Food Car untuk membantu para relawan membagikan menu takjil dan menu buka puasa sekalian bukber bareng dengan para relawan dan warga.

Sedangkan program Naik Pangkat dan Belanja Bareng Yatim Dhuafa berjalan sebagaimana sebelumnya.
Kado Sambut Ramadhan adalah pembagian bingkisan berisi bahan makanan kepada keluarga tidak mampu menjelang Ramadan. Bedanya dengan Kado Lebaran, selain waktu pelaksanaan yang nantinya bingkisan tersebut dibagian menjelang Hari Raya, juga isinya yang berupa pakaian baru untuk berhari raya.
Kalau Sumur Utsman? Ini adalah program pembuatan sumur di daerah terpencil dari Sekolah Relawan. Dimana Program ini terinspirasi dari kisah Utsman bin Affan yang membeli sumur dari seorang Yahudi dan diwakafkan untuk masyarakat umum. Sekolah Relawan berniat mengumpulkan donasi sebanyak Rp 100 Juta dalam program ini.
Sedangkan Kampung Dug-Dug merupakan kegiatan bukber bareng dengan masyarakat kampung dhuafa. Para relawan bersama warga akan bahu-membahu mulai dari berbelanja, memasak hingga menikmati hidangannya saat berbuka. Ada 30 kampung dhuafa si seluruh Indonesia yang akan menjadi target program Kampung Dugdug ini nantinya selama bulan Ramadhan.
Tujuan dari diadakannya Kampung Dugdug adalah menghadirkan rasa bahagia dengan memberikan perhatian pada warga-warga kampung dhuafa melalui pengalaman berbuka puasa dengan hidangan-hidangan yang lezat dan mungkin jarang mereka rasakan.

Sungguh inspiratif, ya? Belum cukup sampai di situ. Selain berbagai program menakjubkan di atas, Sekolah Relawan juga bekerjasama dengan banyak pihak dalam menebarkan kebaikan. Misalnya dengan membuka peluang donasi bagi para pembeli di toko online tertentu. Juga bekerja sama dengan perusahaan Royco untuk sebuah tajuk #RoycoShareAmeal. Bagaimana caranya? Silakan kunjungi situs maupun fanpage resmi Sekolah Relawan untuk keterangan lebih lanjut, ya.

Anda sudah punya bayangan akan berpartisipasi sebagai apa? Relawan? Donatur? Atau mencontek idenya untuk Anda laksanakan secara pribadi? Tidak masalah jika dengan “Ingat Berbagi, Ingat Sekolah Relawan.”




IBX592CF7CD6B97A

Komentar