header permata pengalamanku

Tips Perawatan Sepeda Motor Honda Vario Secara Tepat

12 komentar


Honda Vario merupakan salah satu produk sepeda motor keluaran dari Honda yang mana memiliki banyak peminat. Sehingga penjualan dari sepeda motor ini sangat pesat. Hal tersebut karena dirasa sepeda motor ini sangat nyaman dan stabil selama penggunaannya di jalan raya. Tetapi terkadang ada banyak masyarakat yang mana hanya bisa untuk mengendarainya saja tanpa memperhatikan perawatan dari sepeda motor tersebut.


Mengingat sepeda motor dengan jenis matic membutuhkan perawatan yang khusus dan juga rutin agar tetap awet. Jadi di dalam menggunakan sepeda motor tersebut, memperhatikan perawatannya merupakan suatu hal yang sangat penting. Lalu bagaimana cara perawatannya? Berikut ini adalah beberapa cara perawatan Vario yang bisa Anda perhatikan:

Rutin Memanaskan Motor Dan Ganti Oli

Yang pertama tentu saja Anda harus rutin untuk memanaskan mesin motor setiap paginya. Hal tersebut karena untuk memastikan jika oli yang ada di dalam mesin siap untuk melumasi mesin tersebut, dengan demikian performa mesin tersebut menjadi lebih maksimal. Cara yang tepat untuk memanaskan mesin motor matic adalah 5 sampai dengan 10 menit. Dan juga sebaiknya Anda menggunakan kick starter untuk mengurangi baterai motor tersebut. Jika memang dirasa cukup, maka Anda bisa menarik ulur gas agar oli cukup panas. 
Selain itu Anda juga jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala. Sepeda motor matic memang perlu perawatan yang sesuai dengan jadwal, terlebih lagi penggantian olinya. Biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk penggantian oli transmisi biasanya setiap 5000 km.

Usahakan Tidak Kehabisan Bensin

Kemudian yang kedua adalah usahakan untuk tidak sampai kehabisan bensin. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat merusak mesin dari Honda Vario tersebut. Terlebih lagi jika Vario tersebut memiliki teknologi injeksi. Oleh karena itu, selalu cek bensin Anda jangan sampai menunjukkan indikator E agar mesin selalu terjaga. 
Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi dari vanbelt dan juga roler. Hal ini memang tidak boleh ditinggalkan karena kondisi vanbelt sendiri terbuat dari karet dan dikhawatirkan nantinya putus di tengah jalan. yang mana menimbulkan motor berhenti serta tidak dapat berjalan kembali. Jika memang diharuskan mengganti suku cadang, maka sebaiknya gunakan suku cadang yang asli.

Perawatan Aki

Perawatan aki juga sangat penting untuk Anda lakukan. Karena jika aki mati, nantinya motor Vario tersebut akan kehilangan power dan juga cahaya dari lampu akan berkurang. Selain itu, di dalam menghidupkan motor juga harus menggunakan kick starter yang mana dapat membuat Anda mengeluarkan tenaga yang lebih untuk menggenjotnya. Dan sebagai saran, ada baiknya jika Anda mengganti aki tersebut 7 sampai 8 bulan setelah penggantian yang terakhir.

Melakukan Servis Berkala

Selain itu, tentu saja harus melakukan servis secara berkala. Motor matic, termasuk Honda Vario ini memang membutuhkan perawatan yang khusus dan juga harus dilakukan servis secara rutin agar lebih awet. Ada baiknya jika Anda melakukan servis secara berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk bisa menjaga performa dari motor matic Anda.

Related Posts

12 komentar

  1. Motor keluaran Honda memang selalu kece. Kalau di rumahku adanya Beat, tapi secara garis besar sih sama ya perawatannya. Makasih tipsnya mbak.

    BalasHapus
  2. Yang sering kelupaan itu perawatan Aki, alhasil harus starter manual buat menyala kan karena akinya rusak

    BalasHapus
  3. makasih tipsnya, kebetulan motorku juga vario

    BalasHapus
  4. Makasih tipsnya mbak, belum punya motor matic sih baru masuk list hihi

    BalasHapus
  5. Memanaskan itu saya yang suka lupa, Mbak. Kalau pagi-pagi suka langsung ngegas aja. Ahahaha... Tapi diusahakan service berkala :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... coba mulai dibiasakan pemanasan dulu ya :)

      Hapus
  6. Waaah lengkap nih tipsnya, makasi banyak sharingnya yaaa

    BalasHapus

Posting Komentar