Ini 5 Hal Penting Jika Ingin Jadi Selebgram


Selebgram atau Selebriti Instagram adalah fenomena baru yang menjamur di kalangan anak muda generasi Y dan generasi Z. Bukan hanya untuk status sosial, menjadi selebgram pun terbukti dapat menjadi ladang penghasilan. Tidak jarang orang menjadikannya sebagai karir utama.

Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba menjadi selebgram, barangkali panduan bawah ini dapat membantu Anda

1. Gali passion Anda


Sebelum memulai karier sebagai selebgram, Anda harus menemukan terlebih dahulu bidang apa yang menjadi passion Anda. Gunanya adalah agar akun Instagram Anda memiliki satu ciri khas tersendiri.

Misalkan Anda mengkhususkan akun Anda menjadi akun pecinta hewan. Maka Anda harus sering mengunggah aktivitas Anda bersama hewan peliharaan Anda. Anda pun harus sigap dan jeli dalam menangkap momen-momen lucu atau mengharukan yang dilakukan oleh hewan peliharaan Anda. Dua hal itu lah yang menarik minat warganet untuk setia mengikuti akun Anda. 

Misalnya pula Anda mengkhususkan akun Anda untuk kecantikan. Maka Anda harus mulai belajar make up dan mengaplikasikannya. Anda harus rajin mengunggah foto selfie dengan sapuan make up karya Anda sendiri. Setelah mendapat perhatian cukup banyak, segera luncurkan tips-tips atau tutorial make up versi Anda.

Oleh karena itu, Anda harus mulai mendalami pengetahuan seputar alat-alat make up yang sedang tren di dunia. Jadi dengan menemukan passion Anda, konten yang akan Anda unggah dapat lebih terarah. 

2. Perhatikan kualitas gambar atau video


Industri perfilman bergantung pada kualitas produksi agar lahir karya film yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Begitu pula menjadi selebgram. Anda sebagai calon selebgram pun harus memperhatikan kualitas gambar atau video yang diunggah ke akun Anda.

Warganet menyukai gambar atau video yang jelas, artinya tidak blur. Latar dan pencahayaan yang baik juga dapat meningkatkan kualitas gambar dan video Anda. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pengambilan gambar di outdoor dengan memanfaatkan cahaya alami matahari. Setelah selesai pengambilan gambar, maka Anda wajib untuk melakukan penyuntingan terlebih dahulu. Anda wajib memilah gambar atau video yang paling menarik untuk diunggah.

Setelah itu gunakan aplikasi Adobe Lightroom, VSCO atau Snapseed untuk menciptakan tone warna yang khas. Dengan demikian, halaman Instagram Anda akan lebih rapi dan enak untuk dipandang karena memiliki tone warna yang seragam. 

3. Travel, travel dan travel


Traveling menjadi salah satu poin penting untuk menarik minat warganet karena Anda dapat menyuguhkan dunia baru kepada followers Anda. Anda adalah kacamata followers Anda. Jadi apa yang Anda lihat adalah apa yang followers Anda lihat. Apa yang Anda unggah adalah apa yang mereka terima sebagai identitas diri Anda. 

Dengan sering melakukan traveling, Anda dapat terus membangun citra diri Anda yang ceria dan bahagia. Hal itulah yang dapat menginspirasi atau bahkan menghibur para followers Anda. Namun Anda tidak perlu langsung memilih tujuan travel ke luar negeri. Anda bisa explor kota yang Anda tinggali terlebih dahulu, sebelum mengeksplorasi daerah lain. 

Setelah selesai mengeksplorasi daerah Anda sendiri maka Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi untuk menciptakan konten yang lebih menarik.

Tidak perlu khawatir karena cukup banyak tiket promo pesawat dengan harga yang affordable. Konsisten melakukan itu semua maka followers Anda akan menyentuh angka ribuan dalam waktu sekejap. 

4. Miliki attitude yang positif


Menjadi selebgram berarti Anda harus dapat berinteraksi dengan followers atau sesama selebgram lainnya. Tujuannya adalah menciptakan komunitas setia yang selalu mendukung karya Anda.

Untuk itu, Anda wajib memiliki attitude yang baik. Ramah, terbuka, dan komunikatif adalah tiga poin penting untuk berinteraksi dengan followers. 

Jangan ragu untuk membaca dan membalas setiap komentar dari followers Anda karena itu adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan komunitas Anda.

Attitude positif juga berguna dalam berhadapan dengan calon klien yang mungkin tertarik untuk mensponsori Anda. Dari attitude yang baik dapat lahir kepercayaan yang berujung pada keuntungan bagi kedua belah pihak. 

5. Perhatikan tren luar negeri


Dengan adanya Instagram, tren-tren di luar negeri dapat lebih cepat menyebar ke Indonesia. Tengok saja berapa banyak tren di Amerika Serikat, Korea Selatan atau Tiongkok yang mulai diikuti oleh remaja Indonesia.

Oleh karena itu, Anda harus lebih peka dalam menangkap sinyal-sinyal tren dunia. Apabila menurut Anda tren itu menarik, sebaiknya langsung buat konten sesuai tren tersebut. Dengan demikian Anda bisa menjadi yang pertama kali menggaungkannya di Indonesia. Akun Anda pun akan lebih cepat mendapatkan perhatian. 

Komentar

  1. makasih sharingnya, belum ingin jadi selegram

    BalasHapus
  2. Belum ada minat dan ngga ada passion jadi selebgram mba, hehehe. Tapi bener tuh uraiannya, kalo mau jadi selebgram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... ya siapa tahu ada kesempatan ya :)

      Hapus
  3. Oke mbk, aku aka sering2 travelling haha. Stju banget gk harus travelling langsung keluar negri. Makasih sharingnya mbk. Sangat bebermanfaat. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^