header permata pengalamanku

[Resensi Buku] Mana yang Paling Enak?

14 komentar

Identitas Buku


Judul Buku : Mana yang Paling Enak?
Pengarang : Lia Herliana
Penerbit : Tiga Ananda
Tahun Terbit : 2018
Tebal Halaman : 36 halaman
Harga: 25.000 rupiah.


Sinopsis


Bunda bilang, harus cermat saat membeli jajanan. Kenapa, ya? Lalu, bagaimana caranya? Yuk, belajar memilih jajanan yang bersih dan sehat bersama Zaki.

Sekilas Tentang Buku “Mana yang Paling Enak?”


Hadir dengan sampul glossy dengan gambar ilustrasi yang sangat memikat hati, baik bagi anak-anak maupun orangtua. Lembar-lembar halamannya pun didominasi gambar penuh warna menggunakan jenis kertas yang cukup tebal.

Buku ini merupakan salah satu dari Seri Waspada, Yuk! karangan dari salah satu penulis yang saya kenal, Mbak Lia Herliana. Secara keseluruhan, seri buku ini terdiri dari 6 buku, yaitu:
  • Main Apa, Dong?
  • Mana yang Paling Enak?
  • Ketika Yuri Pulang Sendiri
  • Kelasku Seru
  • Di Lorong Kelas
  • Di Mana Semua Orang?


Bisa dibilang, seri buku ini merupakan jawaban dari keresahan para orangtua dan masyarakat pada umumnya. Sangat memotivasi kita untuk menciptakan lingkungan yang aman dan menumbuhkan kesadaran untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Isi Buku



Di bagian awal buku ini, disertai panduan bagi orangtua untuk mengoptimalkan fungsi dari buku ini.

Buku ini bercerita tentang seorang anak sekolah bernama Zaki. Suatu hari, ibundanya tidak sempat membuatkan Zaki bekal makanan saat bersekolah. Sehingga Beliau memberi Zaki uang saku untuk membeli jajannya sendiri.

Rupanya, Zaki sudah dibekali dengan sejumlah pengetahuan tentang kriteria jajan yang baik. Sehingga, ia bisa memilih jajanan yang sehat. Bahkan mengajarkan kepada temannya. 


Selain cerita, buku ini juga memiliki dua halaman aktivitas yang memfasilitasi kebutuhan anak untuk belajar sambil bermain. Aktivitas pertama berguna untuk melatih anak memahami dan memilih jajan yang baik.

Sedangkan aktivitas yang kedua, sedikit lebih menantang karena anak harus terlebih dulu memahami aneka bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat brownies. Kalau mereka pernah melihat kegiatan membuat brownies, tentu dengan mudah mereka bisa menaklukkan tantangan ini.


Terakhir, buku ini ditutup dengan selembar halaman yang berisi Tip Asyik dalam memilih jajan yang baik. Sederhananya, halaman ini merupakan rangkuman dari hal-hal penting yang perlu diingat saat memilih jajan. Ditampilkan melalui ikon-ikon dengan gambar berwarna yang mudah dipahami.

Pengalaman Anak-Anak Membaca Buku Ini



Tentu saja, anak-anak menyambut gembira setiap kali mendapatkan buku baru. Anak-anak yang belum bisa membaca meminta tolong pada kakaknya untuk membacakan isi buku ini. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka secara keseluruhan.

Bagi anak-anak yang masih kecil, mereka akan terbantu untuk mengetahui isi buku ini. Walau sebenarnya mereka bisa saja menebak-nebak ceritanya berdasarkan gambar yang memang cukup ekspresif dan mewakili, namun ada pesan-pesan penting dalam bentuk tulisan yang harus disampaikan.

Sedangkan bagi anak yang lebih besar, mereka belajar setingkat lebih tinggi dari sekadar membaca. Dengan membacakan buku, mereka jadi belajar cara membaca yang jelas dan mudah dipahami. Dari sisi volume, intonasi dan ekspresi.

Walaupun memuat jumlah halaman yang cukup banyak untuk ukuran anak-anak, namun rupanya buku ini tidak terlalu berat dicerna. Bisa jadi karena isinya lebih banyak berupa gambar yang sangat menarik.

Teks cerita dalam buku ini pun dibuat singkat dan jelas. Cukup sebagai keterangan yang berguna bagi anak. Sembari mereka asyik membuka halaman demi halaman dan melayangkan imajinasinya sendiri berdasarkan gambar yang ada.

Penggunaan bahasa yang dipakai pun sederhana. Selain itu, font yang dipilih juga lucu seperti tulisan tangan anak-anak dan nyaman dibaca.

Jadi, dengan buku ini, selain makin menguatkan nilai-nilai kewaspadaan dalam diri anak-anakku dalam memilih jajan, mereka juga berlatih bekerjasama dalam kegiatan belajar-mengajar. Terimakasih, Mbak Lia Herliana atas kesempatannya menikmati buku yang bagus ini.

Buat para orangtua, demi menciptakan lingkungan yang aman bagi tumbuh kembang Si Kecil, yuk berburu buku ini di toko-toko buku kesayangan Anda! 

Related Posts

14 komentar

  1. Buku ini bagus untuk kuhadiahkan buat keponakanku, buat bekal informasi jajanan apa yang paling tepat dipilih.
    Bisa bedain mana penganan yang sehat atau kurang bagus dikonsumsi.

    BalasHapus
  2. Buku bergambar untuk anak lebih disukai dan mudah dicerna oleh anak ya mbak ida, karena ilustrasi gambar dan kata yang sesuai :)

    BalasHapus
  3. Anakku si Rara lagi seneng-senengnya baca pic book. Memang menarik buat anak-anak. Nanti aku carikan juga buat Rara ah

    BalasHapus
  4. Buat anak, gambar/ilustrasi itu penting. Karena salah satu faktor agar anak tertarik membaca. Biasanya dilihat-lihat dulu, baru dibaca. Dan ini gambarnya cakep, isinya juga bagus.

    BalasHapus
  5. Bergizi ya isi bukunya mba, bagus ni untuk si kecil..

    BalasHapus
  6. Keponakanku juga lebih suka buku bergambar. Soalnya lebih menarik.

    BalasHapus
  7. Terima kasiiih Mbak Farida. Senangnya kalau anak-anak suka. 😘❤

    BalasHapus

Posting Komentar