Hemat Berlipat dengan AC Berfitur Watt Control


AC Inverter saat ini merupakan pilihan AC yang paling dilirik untuk alasan hemat daya. Memangnya, apa bedanya sih, AC Inverter dengan AC Standar? Mengapa AC Inverter lebih unggul? Adakah opsi lain agar bisa lebih hemat daya lagi? #MakIritsModeOn.

Perbedaan AC Standard an AC Inverter


Kompresor pada AC standar bekerja stabil sesuai suhu yang diminta. Begitu suhu ruangan sudah mencapai angka yang diinginkan, maka kompresor pun berhenti. Saat suhu udara berubah, kompresor kembali menyala untuk menyesuaikan suhu lagi. Begitu seterusnya.

Berbeda dengan teknologi inverter yang membuat kerja kompresor dalam kecepatan tinggi di suhu tinggi, dan menyesuaikan dalam kecepatan rendah di suhu yang lebih rendah. Hal inilah yang membuatnya dapat menghemat listrik.

Keunggulan AC Inverter DIbandingkan dengan AC Standar


Pantas saja ya, AC Inverter ini banyak menjadi pilihan. Karena memang kinerja seperti di atas memberi dampak:

  • suhu yang diinginkan akan lebih cepat tercipta
  • suhu yang diminta akan tetap dipelihara dengan kompresor yang bekerja dalam kecepatan rendah
  • tidak perlu ada lagi tarikan berikutnya saat suhu ruangan berubah


Hemat Berlipat dengan AC Berfitur Watt Control


Secara umum, AC Inverter terbukti lebih mampu menghemat daya listrik. Namun, ternyata beneran ada lho, cara untuk lebih berhemat lagi dalam menggunakan AC. Yeay!

PT LG Electronics Indonesia masih menguasai pangsa pasar produk AC inverter di Indonesia, yaitu sebesar 63 persen. Hal ini tidak mengendurkan merek asal Korea Selatan (Korsel) tersebut untuk terus berinovasi di kategori AC hemat listrik.

Generasi terbaru penyejuk ruangan pun muncul, yaitu AC LG Dual Cool with Watt Control. AC ini mampu menghemat listrik hingga 70 persen dibanding AC non inverter. Fitur unggulannya adalah Watt Control. Tak perlu lagi mematikan perangkat elektronik lain untuk dapat mengaktifkan AC. 

Simulasi Penggunaan Fitur Watt Control



Watt Control membuat kita dapat melakukan pengaturan konsumsi daya listrik (watt) dalam 3 pilihan tingkatan disesuaikan dengan situasi berbeda. Pengaturannya melalui kendali satu tombol pada remote control.

  • Kondisi normal: pemakaian daya 100 %
  • Pencet 1x: pemakaian daya 80 %
  • Pencet 2x: pemakaian daya 60 %
  • Pencet 3x: pemakaian daya 40 %

Sebagai gambaran, misalnya nih, untuk AC LG Dualcool with Watt Control tipe T06EV4 (Eco Model) dan E06SV4 (Smart Model) berkapasitas 1/2 PK dengan daya listrik 495 Watt.

Pengaturan pada konsumsi 80 persen cukup dilakukan dengan sekali tekan pada tombol Watt Control yang ada di kendali remote control. Hal ini akan langsung membuat AC bekerja dengan besaran daya 419 Watt dengan menghemat 76 Watt yang bisa digunakan untuk LED TV 32 inci.

Dengan dua kali tekan pada tombol, membuat AC bekerja pada daya 60 persen. Daya yang digunakan menjadi 312 Watt saja. Artinya, ini menghemat 183 Watt yang bisa digunakan untuk mesin cuci front loading dengan kapasitas 7 kilogram.

Penghematan daya pun dapat terus dilakukan hingga beroperasi dengan kebutuhan watt cukup 40 persen saja, yakni hanya menggunakan besaran daya sejumlah 215 watt. Pilihan tersebut akan memberi penghematan hingga 280 watt. Kita jadi bisa berbuat banyak dengan alat listrik lain, kan?

Tuh, keren banget ya, AC-nya? Berapa sih, harganya? Harga jualnya mulai dari Rp 3,6 juta hingga Rp 7,6 juta. Ini terbilang murah lho, jika dibandingkan dengan penghematan daya listrik yang diberikan. Apa lagi, ada garansi hingga 10 tahun! Yuk, ganti AC sekarang biar hemat berlipat!

Komentar

  1. ku kira ada yang harga 2jtan kak AC nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. tapi itung2annya tetep lebih murah lho :)

      Hapus
  2. Kayaknya AC LG DualCool ini bakal jadi idola buk-ibuk seperti aku yang gemar "berhemat" di segala suasana, HAHAHA
    Biar bisa halan-halan laaa...

    BalasHapus
  3. Harfanya terjangkau ya bun...jadi hemat pula bayar listrik bulananya.

    BalasHapus
  4. Ternyata AC beda2 ya jenisnya. Aku taunya yg penting bisa bikin adem ruangan. Hehe

    BalasHapus
  5. Teknologi inverternya LG memang keren. Pas suami buka usaha degan sama temannya, beli kulkas LG inverter. Beneran hemat daya banget 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, udah terbukti nih teknologinya bikin hemat listrik ya

      Hapus
  6. Kalo hemat daya pasti jadi pilihan banyak konsumen ya mba

    BalasHapus
  7. wuih garansinya nyampe 10 tahun yaa, murah berartii

    BalasHapus
  8. Eh bisa ya diganti2 gini jd berapa watt gitu AC nya. Aku baru tau loh. Kirain suhunya aja yg bisa diganti2, ternyata enggak.

    BalasHapus
  9. Beratnya di awal, tapi kalo diitung2 lagi sebenarnya memang lebih murah yg inverter. Dan sekarang memang zamannya pakai yg inverter sih. Yg standar dada good bye.

    BalasHapus
  10. Lumayan ya harganya terjangkau dan hemat energi pula

    BalasHapus
  11. Ac watt control emang rekomended y kak .

    BalasHapus
  12. Asiiik Bisa hemat sampe 60% ya

    BalasHapus
  13. enak banget,,, kalau sudah pake AC itu bawaannya adem banget! api denger-denger pake AC kelamaan itu gk baik ya?

    BalasHapus
  14. Pemakaian hemat, cashbacknya mayan juga, hingga 300.000..

    BalasHapus
  15. Benar2 hemat berlipat nih kak soalnya irit bgt yess hehe

    BalasHapus
  16. Gegara inilah saya tahun kemarin beli AC inverter. Sayang sama bumi :)

    BalasHapus
  17. Emang itu banyak keunggulan dari AC inverter, rasa-rasanya Iya akan mengambil alih pasar ya. Berarti kalau ganti AC nanti harus beli AC inverter

    BalasHapus
  18. Kalimat terakhirnya bagiku agak gimana gituh.. Hehe.. Secara aku blon pasang AC nih, kak.. Makasih ya udah diibfo ttg AC..

    BalasHapus
  19. wah keren banget ac nya bisa menghemat listrik. boleh nih buat list kapan2 beli ac. makasih yaa :)

    BalasHapus
  20. Baca di atas ada yang pencet satu kali, dua kali, tiga kali itu koq jadi penasaran pengen praktik pencet AC-nya sendiri dan membuktikan kehematannya :)

    BalasHapus
  21. AC LG mah sudah ngga diragukan lagi kualitasnya. Apalagi soal hemat listrik pas banget musimnya panas, jadi enakan diem di rumah setel AC deh

    BalasHapus
  22. AC yang hemat listrik memang paling dicari, deh. Apalagi kalau pemakaian dalam sehari lumayan lama

    BalasHapus
  23. Ada harga ada kualitas ya mba, jadi pengen ganti AC, hehehe.

    BalasHapus
  24. Huwaaa.... AC LG lagi, bikin makin mupeng, ini semacam kode keras buat #2019GantiACLG hahaha.
    Apalagi yang hemat-hemat gini, mamak doyan banget nih, biar gak gemetaran tiap bayar listrik hahaha

    BalasHapus
  25. AC inverter Makin keren fiturnya. Eh katanya harga di atas AC non inventer? Perawatannya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ahrganya memang lebih mahal. tapi perawatannya relatif mudah kok

      Hapus
  26. LG memang bagus. Kalaupun harga ACnya segitu, biasanya produknya juga tahan lama. Bisa awet bertahun-tahun dan hemat listrik kalau begini

    BalasHapus
  27. Waaa kemarin-kemarin aku merasakan kepanasan di kamar mba, lagi rencana apa beli AC aja. Eh, pasbanget ini mba Farida nawarin AC hemat dan berlipat watt nya hemat makin mantep dah

    BalasHapus
  28. Harganya lumayan mahal sih kalau menurutku. Wow, keren banget ya garansi sampai 10 tahun.

    BalasHapus
  29. Harganya lumayan mahal sih kalau menurutku. Wow, keren banget ya garansi sampai 10 tahun.

    BalasHapus
  30. garansi selama 10 tahun...lumayan lama dan sebanding dengan harga. apalagi hemat listrik.

    BalasHapus
  31. AC itu harus dipilih yg hemat listrik soalnya wattnya besar

    BalasHapus
  32. Beneran nih kalau ada AC yang hemat energi.
    Bogor sekarang panas, mulai butuh AC

    BalasHapus
  33. Aku dulu pas mau beli AC harus keliling dulu, cari yang murah dan hemat listrik

    BalasHapus
  34. Ujame kemarin sempet kepikiran buat pasang AC mba, tapi karena watt nya yang boros jadi bahan pertimbangan untuk pasang AC :'( tapi kayanya LG ini tau banget permasalahan nya :D

    BalasHapus
  35. ACku LG tapi masih yg non infelter, berasa banget ngabis2in pulsa listrik. Kayanya harus nabung buat beli LG infilter nih, biar hemat listrik :)

    BalasHapus
  36. Ahh keren ac nya ada watt control , AC di rumah ku udah low watt sih tapi kok ya listrik bisa dibilang masih boros ya, duhh jadi pengen punya AC ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. beda sih low watt sama inverter. masih lbh hemat yg inverter :)

      Hapus
  37. Aku blum pakai AC sih mba,, tapi memang AC LG terkenal hemat dan gk brisik suaranya kk ku pakai Merk ini

    BalasHapus
  38. merek LG enggak perlu dipertanyakan lagi kehebatannya.. selalu paling oke pokonya

    BalasHapus
  39. Walah berarti pengetahuan aku salah ya, aku malah ngirain yang standart lebih hemat. Kebetulan mau nyari AC untuk kamar anak juga. LG bisa jadi pilihan nih ya

    BalasHapus
  40. Pas banget aku lagi cari AC nih kak, yg 3,6 itu yg kaya gimanaa ya kak? Apa tergantung dari PK nya?

    BalasHapus
  41. Waah keren banget nih teknologinya, AC LG inverter yang bisa dikontrol kecepatannya pakai remote bahkan pakai wifi, jadi bisa kontrol dari jarak jauh juga, jadi lebih hemat ya

    BalasHapus
  42. Keren banget ni sampai adaa beberapa pilihan wattagenya. Biasanya kan AC nggak sampai sedetail ini ya eco savernya.... Keren deh LG!

    BalasHapus
  43. Biasanya org kalau mau pasang AC ada yg jd males juga kalau mempertimbangkan bayar listrik jd besar tapi AC ini mantaps ya..bs jd rekomendasi...

    BalasHapus
  44. Busyet dah keren banget ac inveetee dr LG ini, bisa menghemat listrik sampai 70%. Jadi kayaknya, yang daya listrik di rumahnya rendah atau memiliki banyak barang yang membutuhkan listrik di rumah, tetap bisa pakai ac ya mbk. Asalkan ac nya ya ini. Duh jadi mauuukkk

    BalasHapus
  45. Iyaah...
    Mamah mertua juga pasang AC LG hemat energi ini...dan bilang kalau sebulan tagihan listriknya gak mahal.

    Alhamdulillah...

    BalasHapus
  46. Aku sudah lama pakai AC model inverter jadi tagihan listrik juga gak melonjak

    BalasHapus
  47. Walah asik mba tinggal pencet aja pemakaian daya berkurang.
    Harganya lumayan sih tapi garansinya juga lama, boleh lah kalah kal rezeki berlebih :)

    BalasHapus
  48. Garasi hingga 10 tahun itu benar-benar membantu banget ya mba. Kita juga lebih hemat listrik dengan menggunakan AC yang harganya juga lebih terjangkau

    BalasHapus
  49. Aku kasih lihat ac ini ke kakak yang memang lagi bemasalah dengan AC rumahnya. Dia lumayan tertarik katanya. Mau baca-baca lebih lanjut.

    BalasHapus
  50. Biasanya kan memang yang harganya lebih mahal dibanding lainnya ini pasti lebih hemat listrik. Kalau aku sih mending mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak tapi listriknya bisa dihemat, nggak hanya buat AC. Kulkas juga kan pasti sama.

    BalasHapus
  51. Di Bogor tempat tinggalku sekarang sudah panas, sumpek, macet, wah pokoknya parah deh. Udah kotanya kecil, tapi padatnya persis Ibukota. Kepikiran buat beli AC karena setiap siang, rasanya kayak disekap di ruang hampa udara #lebay tapi beneran nggak bisa ditolerir. Sempet kepikiran soal watt AC yang di mana-mana pasti besar. Ini jelas makan biaya bulanan sedangkan penghasilan keluarga pas-pasan. Lha, ternyata ini ada AC yang dulunya hanya nayat di imajinasiku hahaha. Dibintangin ah~ sambil nengok budget, sambil terus nyari referensi lebih lanjut soal AC Watt Control ini. Baru muncul di Indonesia kapan sih ini? Apa akunya yang kudet? huhu

    BalasHapus
  52. Baru tau ada AC yg ada fitur bisa diatur penggunaan listrinya kyk gini., Enak donk ya gak bikin kantong jebol buat bayar tagihan listrik rumah. Apalagi LG itu emang terkenal bagsu dan awet hhe TFS

    BalasHapus
  53. Aahhh ternyata salah satu kelebihan AC Inverter itu di cepatnya mendinginkan ruangan ya. Kadang kalau pas menghidupkan AC dan lama dinginnya itu suka bikin kesel. Mana udah 'sumuk', AC lama on, waaahh bisa bikin emosi ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... iya... inverter gerak cepat baru abis itu stabilin suhunya

      Hapus
  54. Memang kaau tidak diperhatikan pemakaian AC bisa jadi boros banget.. untung produk sekarang pintar-pintar

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, tinggal kitanya yg pinter2 milih :)

      Hapus
  55. Aku di rumah kalo pake AC hanya sebentar, begitu dingin matikan. Niatnya sih memangkas tagihan listrik, biar hemat gitu. Wah kalo pake AC ini, gak perlu khawatir lagi tentang tagihan listrik ya. Bisa banget buat dihemat

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. kalo sering on off gitu malah bengkak tagihannya

      Hapus
  56. wuih, murah dan hemat ya ACnya. Aku percaya sih dengan kualitas produk-produk LG :D

    BalasHapus
  57. AC inverter pinter ya keunggulannya, gak narik listrik lg pas ada perubahan suhu. ini nih yg bikin dia jd hemat bgt ya Mak. noted ah, beli AC yg inverter aja

    BalasHapus
  58. Aku #2019gantiAC rencananya mbak...terasa banget tuh kalo lebih hemat pake yang inverter. Selama ini AC paling bikin gede bayar listrik

    BalasHapus
  59. Enak ya kalau ada watt control nya jadi gak takut njeglek kalau malem, soalnya kalau malem lampu nyala semua, TV nyala kompi nyala AC nyala kadang suka njeglek dirumahku huhuhu

    BalasHapus
  60. Kalau hemat begini, aku jadi pengen punya juga mba produk LG terbaru.

    BalasHapus
  61. Oalah akubsering banget dengar soal AC Inverter ternyata beda dg AC konvensional yaa. Pastinya lebih hemat energi yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda banget. masih yg terhemat saat ini :)

      Hapus
  62. Baru tahu ternyata perbedaan AC inverter dan standart itu nggak cuma di teknologinya, tapi bahkan untuk urusan eisiensinya. Kebetulan di rumah belum pakai AC, bisa jadi rekomendasi kalau nanti mau beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang teknologi ini diciptakan utk lebih hemat listrik :)

      Hapus
  63. Teknolgi inverter ini membuat oarabg orang jadi ga takut pasang AC di rumah. Apalagi sekarang LG punya watt control, makin mantap mau pasang AC

    BalasHapus
  64. harganya terjangkau yah, bayar listrikpun bakalan bisa hemat nih, jadi pengen ganti AC. hehe :)

    BalasHapus
  65. Teknologi inverter saat ini tengah gencar diadopsi di beberapa jenis elektronik. Menilik dari kelebihannya yg hemat daya tentu saja menjadi nilai lebih dan kebermanfaatan utk konsumen

    BalasHapus
  66. Baru tau beda AC standard dengan AC inverter mbak. Makasih sharingnya. Ngiler lihat AC nya. Ada Watt control-nya pula. Makasih sharingnya mbak. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
  67. AC LG ini berani kasih jaminan garansi 10 tahun ya mbak. Keren banget yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren banget dong. berarti dia yakin produknya berkualitas :)

      Hapus
  68. Biar tetap hemat listrik, emang sebaiknya memilih AC inverter ya mbak. Bebas was-was deh sama tagihan listrik di rumah.

    BalasHapus
  69. Fitur Watt Control-nya emang bikin AC LG satu ini jadi pendingin ruangan idaman banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang masih jadi penasaran, apa tetap dinginnya sama ketika menggunakan watt tinggi dengan watt rendah. Hmmm 🤔

      Hapus
    2. masih dingin dong. memang kelebihan teknologi inverter ini dia cepat menuju ke titik dingin, selanjutnya tinggal memelihara suhu agar tetap stabil. nah, memelihara suhu rendah ini bisa dilakukan dengan kinerja kompresor yang rendah pula

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^