Selasa, 26 Maret 2019

Terkena Gangguan Vertigo? Mungkin Penyebabnya Ini!

vertigo

Pusing secara berlebihan bahkan sampai terasa berputar-putar merupakan salah satu tanda munculnya vertigo. Jenis penyakit kepala itu sendiri umumnya sudah sangat dikenal di masyarakat secara umum. Tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin, baik muda atau pun tua dan pria maupun wanita mempunyai potensi yang sama akan jenis masalah kepala yang satu ini. 

Lalu apa yang menyebabkan jenis penyakit tersebut muncul? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut secara tepat? Apakah ada cara-cara alami yang bisa digunakan?

Banyak sekali pertanyaan mengenai jenis obat vertigo ampuh yang seperti apa dan sangat direkomendasikan. Seperti yang telah dikatakan di atas jika jenis penyakit tersebut memang sangat mengganggu. 

Jangankan untuk beraktivitas, ketika sudah menyerang saja, penyakit tersebut membuat penderita tidak kuat untuk berdiri lama. Sekeliling terasa berputar secara keras dan tidak bisa membuat nyaman sekali. Sebelumnya, ada beberapa penyebab secara umum dari vertigo sendiri seperti:

1. BPPV


Ini merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan timbulnya gejala vertigo karena posisi kepala. Meskipun dari dunia kesehatan belum bisa memastikan dengan baik seperti apa penyebab dari BPPV.

2. Penyakit Maniere


Lalu gangguan penyakit telinga bagian dalam juga bisa menjadi penyebab dari vertigo. Salah satunya akibat masalah penumpukan cairan yang berlebihan pada telinga, gangguan pendengaran dan masih banyak lagi lainnya.

3. Labiritis


Dan terakhir bisa juga disebabkan oleh infeksi virus sehingga membuat masalah pada kepala, pendengaran atau pun vertigo. Pusing yang sangat mengganggu akan dirasakan pada saat mengalami hal ini.

Mungkin bagi orang yang awam, obat pusing tujuh keliling dengan vertigo itu sama. Padahal, itu bisa saja berbeda. Apa lagi jika sudah berkonsultasi dengan dokter, dilihat dari penyebabnya dan cara penanganan yang tepat seperti apa. 

Untuk Anda yang kurang berniat melakukan pengobatan dengan menggunakan obat apotik, bisa juga untuk menggunakan bahan-bahan alami yang ternyata tidak kalah ampuh dari yang lain. 

Tetapi apa pun itu jenis obat yang akan Anda konsumsi sebagai penderita vertigo, ada baiknya untuk selalu konsultasikan kepada dokter ahli terlebih dahulu.

41 komentar:

  1. Saya pernah kena gejala vertigo, dulu waktu kuliah, gak enak banget, pusing sampai mual, gak bisa gerak, jangankan gerak, mau noleh aja, langsung sait banget kepalanya.

    Akhirnya ke dokter, eh ternyata mata saya minus hahaha.
    Emang sebaiknya ada konsultasi dokter sih, biar lebih aman :)

    BalasHapus
  2. Aku perts.a kali tau tentang vertigo waktu ibuku merasa pusing yg muter muter gitu rasanya katanya. Ternyata ini vertigo

    BalasHapus
  3. Waktu pas pengajian, aku sama ibu-ibu lain dikagetkan dengan teriakan seorang ibu yang pegang kepalanya. Kami kira kesurupan pada takut semua dan ibu itu akhirnya pingsan lalu dibawa ke rumkit ternyata diagnosa dokter adalah vertigo ngeri banget ya mba aku malah baru tahu nih penyebabnya vertigo

    BalasHapus
  4. mertuaku yang suka vertigo, dan suka nitip obat ke aku kalo lewat apotek. Wah kalo sampe kena penyakit2 di atas serem juga ya

    BalasHapus
  5. Aku sering sakit kepala Mba. Mudah-mudahan bukan vertigo dan jangan sampai deh kena vertigo. Kata temen yg pernah kena vertigo, sakitnya sampai gak tertahankan gitu, bahkan bisa pingsan. Duh, semoga kita dijauhkan dari segala penyakit ya. Amiin...

    BalasHapus
  6. katanya vertigo itu menyiksa banget ya Mbak, secara pusingnya bikin terputar-putar gitu, kepala mau pecah.
    jadi ingat itu Andi SLANK yg kena vertigo akut sampe berdiri aja susah yaaah.. semoga dijauhkan deh dari vertigo ini, sakit kepala aja rasanya udah sakit, hikkss.

    BalasHapus
  7. Jadi semakin paham apa itu vertigo, aku sering sakit kepala, dari gejalanya sih bukan vertigo.. aku sering sakit kepala kalo telat makan, jadi lambung bereaksi melalui pusingnya kepala saya.. memang harus jaga kesehatan.. termasuk menjaga asupan makanan, biar lambung ngga bermasalah

    BalasHapus
  8. Duh saya sakit kepala biasa karena telat makan aja udah uring uringan gimana sakit kepala karena vertigo ya, memang harus periksa ke dokter sih daripada hanya menerka sakitnya apa

    BalasHapus
  9. Kalau asam lambung saya kumat biasanya kena vertigo mbak. Makanya sekarang saya enggak pernah mau lagi telat makan. Vertigo ini berbagai macam dan kalau sudah menghampiri sakitnya luar biasa.

    BalasHapus
  10. bahaya juga ya gan kalau terkena vertigo, jadi kita perlu membiasakan diri hidup sehat ya ;)

    BalasHapus
  11. BPPV itu apa, Mbak. Kayaknya saya pernah kena vertigo beberapa tahun lalu. Tetapi, udah lama enggak. Sekarang paling ya suka sedikit pusing aja

    BalasHapus
  12. Mengalami vertigo itu gak enak banget ya mbak... Dunia serasa berputar. Setiap mata mau terbuka lgsg bawaannya muter2 aja.... Biasanya saya mengalami vertigo saat kecapaikan, kurang tidur atau bahkan tensi naik... Obatnya istirahat cukup... Itu klo saya mbak hehehe

    BalasHapus
  13. Kadang kalai vertigo kambuh, mualnya mbak ndak ketulungan. Mendengar suara yang bisingpun rasanya kepingin ngumpet. Solusiku tidur tenang dan ndak ada gangguan apapun. Insya Allah pulih.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah saya ga punya vertigo. Dulu seringnya migrain apalagi klo pelajaran Fisika hihi.

    BalasHapus
  15. Aku ngga punya vertigo mba. Semoga saja anak2ku juga engga. Pernah tau ada orang yang punya vertigo dan saat kumat, dia langsung menghentikan berkendara.

    BalasHapus
  16. Mba, aku vertigo sudah sejak 2009 dan hingga kini vertigo mampir :(. nggak nyaman banget dan sakit :(

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah udah sembuh dari vertigo, rutin akupunktur yang bikin bebas dari penyakit ini. Pertama kali kena itu 2 hari gak bisa bangun dari tempat tidur, jadi cuma ke kamar mandi aja karena terpaksa. Tapi aku nggak merasa pusing mbak, enteng aja badanku kayak orang mau pingsan plus atap plafon kayak mau runtuh.

    BalasHapus
  18. Ya ampun, waktu baca2 pengalaman temen2 yg udah pernah vertigo itu kayaknya ngeri banget ya rasanya... Semoga sehat semua ya dan gak perlu merasakan penderitaan vertigo

    BalasHapus
  19. Wah, bisa macem-macem ya penyebab sakit vertigo ini. Aku kayaknya pernah sekali dua kali kena. Enggak tahu kenapa sih. Tapi untungnya cepet sembuh. Dan sembuh dengan sendirinya dengan banyak istirahat.

    BalasHapus
  20. Aku jug avertigo mbak tapi gak terlalu parah sih, jadi aku selalu menjaga supay agak kambuh soalnya gak enak pusing muter2 begitu jadi gak bisa ngapa2in

    BalasHapus
  21. Meski beberapa kali sering ngalamin semoga separah itu, aku juga takut pokoknya kita harus jaga kesehatan jangan sampai terkena vertigo. Lekas berobat kalo sudah mulai ada gejala.

    BalasHapus
  22. Inilah yang akan membuat kita tersiksa . Sakit vertigo bukan hanya menganggu aktivitas. Dengan mengetahui penyebabnya . Kita meminimalkan penyakit tersebut

    BalasHapus
  23. Pernah tahu pengalaman teman yang vertigo emang nyiksa banget. Kalau saya mungkin udah milih cek aja ke dokter supaya dapat obat yg sesuai...
    Moga2 kita gak pernah kena penyakit ini yaaa amaiin

    BalasHapus
  24. Aku paling takut deeh mba kalau vertigo.. swlain ngg enak bahaya banget, bisa jatuh dan celaka. Semoga kita sehat selalu ya

    BalasHapus
  25. Temanku vertigonya pernah kambuh dan kalau lagi kambuh gitu dia kesakitan sampai nangis gitu. Saya sendiri kalau pusing minum obat aja soale ga kuat euy.

    BalasHapus
  26. Vertigo termasuk penyakit yang patut diwaspadai ya mbak. Mertuaku juga pernah kena penyakit ini dan kadang-kadang masih sering kambuh.

    BalasHapus
  27. Vertigo termasuk penyakit yang patut diwaspadai ya mbak. Mertuaku juga pernah kena penyakit ini dan kadang-kadang masih sering kambuh.

    BalasHapus
  28. Belum merasakan vertigo akut, pernahnya sesekali dan itu sudah sangat menyiksa. Penyebabnya kelelahan dan stres. Perut saya sampai mual dan muntah. Ada penyebabnya maag, ditambah kelelahan dan syok karena suatu hal.
    Kalau sekarang saya merasa pusing sampai dunia berputar karena anemia.
    Untuk menjaga diri dari pusing berlebih sepertinya saya harus jaga pola hidup sehat dan menjauh dari penyebab masalah yang bikin tak nyaman.

    BalasHapus
  29. Wahh agak serem ya mba. Kita harus lebih aware sama kesehatan. Jangan ngegampangin gitu. Karena bisa aja kan sakit kepala yang kita alami ternyata berbahaya

    BalasHapus
  30. Mahasiswiku ada yang terkena certigo. Sering ijin ga berngkat kuliah diam kasian

    BalasHapus
  31. Aku...kalau pas vertigo suka langsung nelen habbats 2 sekaligus.
    Lalu istirahat.
    Kalo masih pusing, 5 jam kemudian, minum habbats lagi.

    Alhamdulillah..

    BalasHapus
  32. Aku pernah lho mbaaa kena vertigo, rasanya duuhhh menyiksa banget. Tapi di aku kena vertigonya gara2 kolesterol yg naik tinggi banget secara tiba2

    BalasHapus
  33. Vertigo ini yang mata dan pandangan berkunang-kunang itu kan yaa. Alhamdulillah, selama ini belum pernah kena vertigo, dan semoga jangan pernah kena sih, amiiin

    BalasHapus
  34. pasti menderita banget yang punya penyakit vertigo ini yaa, semoga kita sehat selalu dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit, amiiin

    BalasHapus
  35. Kalo pusinhnya parah banget, emang mendingan langsung periksain ke dokter deh. Khawatir ada penyakit yang kronis.

    BalasHapus
  36. Aku beberapa kali kena vertigo rasanya memang pintar muter seperti tujuh keliling sakit banget deh

    BalasHapus
  37. Ayahku dulu punya vertigo. Sampai sekarang pokoknya dijaga nggak boleh capek banget baik fisik maupun psikis. Waktu dulu abis pulang dari RS, kami sering kasih rebusan kayu manis untuk ayah.

    BalasHapus
  38. Sering dengar kata vwrtigo tp baru tahu bentuk penyakitnya nih..semoga jangan sampai menimpa kita deh ya..aamiin

    BalasHapus
  39. Vertigo serupa dgn migrain, bedanya migrain pusing sebelah, kl vertigo pusing seluruhnya spt hilang keseimbangan. Biasanya jg hrs hati2 kl krg tidur, lalu dipakasakan beraktivitas berat bisa saja vertigo muncul, ditambah terkena terik sinar matahari. Thx infonya bermanfaat, semoga blognya makin sukses..

    BalasHapus
  40. Belum pernah kena vertigo.. semoga gak akan terjadi. Amin :D

    BalasHapus
  41. Duh, penyakit ini.. Amit-amit.. Semoga gak kena. Denger dari teman keluhannya bisa merembet kemana-mana, kasihan..

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^