Memilih Kotak Bekal Anak Sekolah

Bekal Anak Sekolah

Tahun ajaran ini, 4 anakku akhirnya memutuskan untuk bersekolah setelah mereka menjalani homeschooling dari lahir. Alasannya rata-rata sama, ingin tahu rasanya bersekolah seperti apa. Jadilah pagiku mulai diisi dengan rutinitas kesibukan menyiapkan anak-anak sekolah.

Termasuk salah satunya menyiapkan bekal anak sekolah. Mengapa memilih membawa bekal, bukan katering? Pertama, karena sekolah tidak menyediakan jasa katering. Kedua, kalau pun ada jasa katering di luar, tetap harus berhadapan dengan Nenek yang lebih suka menyiapkan bekal sendiri.

Hehehe ... Iya. Neneknya anak-anak alias Bundaku memang tinggal serumah dengan kami. Beliau adalah tipe ibu yang lebih suka mengurus semua urusan rumah tangga sendiri. Termasuk menyiapkan bekal anak sekolah. Kan, bisa sekalian dengan memasak untuk serumah. Lebih hemat lagi.

Berarti tidak ada uang jajan, ya? Tetap ada, kok. Bekal makanan ini untuk memastikan saja bahwa anak-anak tidak sampai kelaparan di sekolah. Juga agar tetap memenuhi kebutuhan gizi mereka. Soal cara memilih jajan, anak-anak sudah kuajarkan rambu-rambunya.

Baca juga: Begini Cara Anak-Anakku Memilih Jajan yang Sehat.

Bahkan, mereka juga sudah membaca buku cerita yang bagus tentang cara memilih jajan yang sehat ini. Ada baiknya Si Kecil di rumah Teman-Teman juga dibekali dengan bacaan ini untuk membantu mereka memahami dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga: [Resensi Buku] Mana yang Paling Enak?

Nah, kali ini aku akan memberikan tips cara memilih kotak bekal anak sekolah yang aman, praktis dan sesuai untuk anak. Kalau soal tips persiapan menu bekal anak sekolah, aku sudah pernah membahasnya dalam artikel Menularkan Hanya Kebaikan untuk Anak.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk membeli kotak bekal anak sekolah, antara lain:


1. Bahan


bekal anak sekolah

Pertama, sebisa mungkin hindarilah menggunakan tempat bekal anak sekolah dari wadah sekali pakai untuk mengurangi sampah.

Kedua, pastikan bahan yang dipakai dalam kotak bekal anak sekolah bersifat food grade. Jadi, tidak mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan anak karena bereaksi dengan suhu panas pada makanan.

Ketiga, gunakan wadah bekal anak sekolah dengan bahan yang sesuai untuk menjaga kesegaran makanan. Misalnya, untuk makanan yang perlu disajikan hangat, gunakan wadah dari stainless steel. Sedangkan untuk makanan dingin, masukkan ice pack kecil ke dalam tas bekal anak sekolah.


2. Desain


Pilihlah kotak bekal anak sekolah yang kedap udara. Sehingga bisa menjaga kesegaran dan citarasa makanan di dalamnya. Walaupun kedap udara, namun kotak bekal anak sekolah juga seharusnya mudah dibuka dan ditutup kembali dengan rapat.

Selain itu, desainnya juga harus praktis dan mudah dibawa. Sangat bagus jika anak memiliki kotak bekal anak sekolah yang lengkap dengan alat makan bahkan botol minum di dalamnya, dikemas dalam tas bekal yang sesuai.

Jangan lupa, ajaklah anak untuk memilih sendiri tempat bekal makanannya. Supaya ia bisa mendapatkan kotak bekal anak sekolah yang disukainya dari sisi warna, motif dan modelnya.


3. Ukuran


bekal anak sekolah

Pilihlah kotak bekal anak sekolah sesuai porsi makanan yang biasa dimakan anak. Hindari menaruh porsi makanan yang sedikit dalam kotak bekal besar, atau porsi makanan yang agak banyak dalam kotak bekal kecil hingga penuh dan tak bisa ditutup. 

Keduanya dapat membuat susunan makanan saling tercampur atau malah rusak. Jadinya, tampilan makanan dalam kotak bekal tampak tak menarik lagi dan bisa membuat anak kurang berselera makan.


4. Partisi


Memiliki kotak bekal anak sekolah yang memiliki beberapa partisi tentu sangat membantu pengemasan makanan agar tidak tercampur. Jika tidak tersedia dalam kotak bekal anak sekolah yang ada, kita bisa memasang pembatas sendiri atau membeli wadah kecil yang rapi tersusun dalam kotak.

Nah, itu dia sedikit tips dari aku tentang cara memilih kotak bekal anak sekolah. Tentu saja, setiap anak bisa jadi memiliki kebutuhan yang berbeda dalam bekalnya, ya. Aku pun masih perlu belajar nih, dalam menyiapkan bekal anak sekolah. Ada masukan tips lain seputar bekal anak sekolah?

23 komentar

  1. Aku tuh mba suka banget koleksi bekal makan anak. Sebetulnya ya biar anak lebih semangat saja buat menyantap makanan di sekolah. Tapi juga buat aku juga sih :D

    BalasHapus
  2. Kotak bekal anakku cuma ada 2 partisi aja, satu buat nasi, satu buat lauk (tanpa kuah). Sepertinya memang lebih enak yang lebih dari 2 partisi ya, minimal 3 jadi bisa buat sayur juga. Tapi untuk sayur aku kadang ragu juga buat bawain, karena masaknya jam 4 pagi, takut nggak enak kalo dimakan jam 12 siang.

    BalasHapus
  3. Bahan tentu menjadi pertimbangan utama saya saat membeli kotak bekal. Sekarang, anak-anak saya bawa yang ukuran biasa aja. Karena mereka pergi dan pulang sekolah sendiri. Jadi pilih yang ukurannya bisa masuk tas. Kalau dulu, saya bebas memilih ukuran karena mereka masih diantar jemput pakai mobil

    BalasHapus
  4. Selain bahannya harus food grade, kalau saya pilih yang ukurannya tak terlalu besar, jadi bisa masuk ke dalam tas sekolah sehingga praktis karena anak nggak perlu nenteng-nenteng kotak bekalnya

    BalasHapus
  5. Semenjak anakku masuk SMP, aku juga kudu siapin bekal nih.
    Menunya yg gampil2 aja, yg penting dia ngga kelaparan pas jam istirahat
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Nulis kotak bekal anak sekolah ini memang patut diacungin jempol deh, karena kadang lupa bahwa cari kotak bekal harus pake sekat kalo engga sayuran kecampur aduk semua // kasian anaknya deh makan nasi campur beneran

    BalasHapus
  7. Aku penasaran plus minus home schooling itu apa apa aja kak, oiya memang harus menyiapkan bekal buat anak yah ke sekolah biar lbh terkontrol higenis tdknya makanan yg dikonsumsi

    BalasHapus
  8. Setelah anak masuk sekolah saya pun akhirnya ikutan mengalami yang namanya menyiapkan bekal anak. Malah pak suami yang dulunya nggak pernah bawa bekal sekarang jadi ikutan, hehe. Alhamdulillah jadi lebih menghemat pengeluaran, sih. Sekarang lagi pengin punya kotak bekal yang lebih proper, ada sekat-sekatnya. Bener sih biar makanan nggak tercampur dan tetap segar, ya.

    BalasHapus
  9. Dari anak-anak SD sampai yang sulung sekarang di SMA, tugas saya tiap hari mempersiapkan bekal untuk mereka. Selain bisa menghemat biaya, untuk menghindari mereka jajan makanan yang tidak sehat, juga.

    BalasHapus
  10. Aku baru lulus bikin bekal setelah anak-anak kuliah, mbak. Eh si sulung malah kadang masih bawa bekal waktu awal mahasiswa baru. Berasa nganggur banget sekarang, cuma siapin sarapan. Kalo dulu ya siapin sarapan masih siapin bekal juga, tapi seneng karena mereka mau bawa bekal sampai SMA

    BalasHapus
  11. saya termasuk yang suka keincut sama kotak bekal anak-anak yang unyu-unyu tapi sejauh ini masih pakai kotak bekal tupperware yang sekat 3

    BalasHapus
  12. Kotak bekal anakku dirumah paling mendominasi karena berbagai macam ukuran dan kadang emaknya suka gatel juga pengen beli ina itu buat bekal anak. Hahahhaa...

    BalasHapus
  13. Kalau cari tempat bekal untuk anak, aku selalu memilih yang ada partisinya. Sekalian gitu untuk pemisah antara nasi dengan lauknya kan. Jadi ga usah ribet2 lagi ngebungkus sendiri lauknya. Apalagi sekarang sudah ada tempat makan yang menyediakan partisi dengan tutup sendiri yang kedap udara, cocok untuk lauk berkuah.

    BalasHapus
  14. Saya juga bawain bekal anak, tapi bekal makan siang.yang penting kalau anakku tu harus berkuah. Kalau tidak berkuah ga terlalu suka dia...

    BalasHapus
  15. Alu ada beberapa koleksi bekal anak. Dari yang harga mayan sampai murce. Digunakan sesuai kebutuhan sih. Ukurannya juga. Tapi aku paling ogah yang gak kedap soalnya nasa suka yang berkuah

    BalasHapus
  16. Aku juga bekelin anak sekolah, Mbak. Dari TK sampai yang besar sekarang kelas 9.
    Beneran wadah yang berkualitas bagus perlu biar tahan lama dan ga berefek buruk pada makanannya.

    BalasHapus
  17. Bener bnget kak yg tutupny gak gampang tumpang rapet tutupnya,,, selain desain yg mngugah selera buat anak2 makan

    BalasHapus
  18. Bener banget milih tempat makan anak juga kita harus jeli dan cerdas ya mom apa itu bahannya dan bagaimana bentuknya

    BalasHapus
  19. Wah isinya beragam mbak. Kotak bekal itu memang salah satu penambah mood belajar anak ya mbak

    BalasHapus
  20. Waaah 4 orang langsung ya nyiapin bekalnya. Seru banget rame terus rumah nih Mbak. Drama nggak sih pagi-pagi sebelum berangkat sekolah?

    BalasHapus
  21. Aku seneng yng yoyeye itu mak lumayan. Sama kalau gak pakai kuah pakai yang nuby

    Cuma emang pengen belajar ngebentooo biar cakepan gitu anakku bekalnya

    BalasHapus
  22. Aku suka tempat yang banyak partisinya mba. Jadi terlihat rapi gitu. Seneng ya mba menyiapkan buat 4 anak sekaligus, pasti semangat deh kalau sekolah bawa bekal ��

    BalasHapus
  23. Aku sekarang lebih milih kotak bekal yg gak bersekat. Anak-anak abege lebih suka bekal mereka numpuk di satu tempat aja.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^