Kota Lama Semarang Memang Bisa Seseru Ini!

Kota Lama Semarang

Itulah sepenggal percakapan melalui Whatsapp dengan adikku, saat dia sekeluarga mengabarkan sedang dalam perjalanan menuju Semarang. Sudah lama putri sulungnya mengidamkan sensasi naik kereta api sambil mengenal Kota Semarang.

Aku pun mengusulkan padanya untuk berjalan-jalan di kawasan Kota Lama Semarang begitu mereka tiba di stasiun, sebagai langkah awal mengukir pengalamannya berada di Kota Semarang.


Mengapa Kota Lama Semarang? 


Kota Lama Semarang
Stasiun Tawang, salah satu stasiun tertua di Indonesia

Pertama, karena dekat dari Stasiun Tawang, area pertama di Semarang yang saudaraku akan menjejakkan kakinya. Stasiun Tawang memang sarana yang sengaja dibangun untuk melancarkan transportasi dari dan ke kawasan Kota Lama Semarang.

Kedua, Kota Lama Semarang merupakan destinasi wisata sejarah yang luar biasa. Jika kebanyakan kota menyediakan informasi sejarahnya dalam museum/monumen, maka Kota Lama Semarang menyuguhkannya dalam bentuk galeri besar lengkap dengan aktivitas masyarakatnya. 

Ketiga, gratis. Memang untuk memasuki area Kota Lama Semarang ini, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, tetap saja kita perlu menyiapkan uang untuk membeli makanan dan menikmati beberapa atraksi berbayar di sini. 


Sejarah Kota Lama Semarang


Kota Lama Semarang
Gudang yang menyatu dengan bekas kantor Borsumij yang kini jadi kantor PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia

Lahan Kota Lama Semarang adalah hadiah Kerajaan Mataram pada VOC yang membantu menggagalkan pemberontakan Trunojoyo, 15 Januari 1678. VOC mulai membangunnya dengan membuat benteng Vijfhoek yang berarti "segi lima" sesuai bentuknya.

Benteng yang pada mulanya sebagai pemukiman orang-orang Belanda, kemudian berkembang dengan dibangunnya perkantoran di timur benteng Vijfhoek. Area kota di dalam benteng ini disebut Outstadt dengan luas mencapai 31 hektare.

Area tersebut memang tampak terpisah dari daerah sekelilingnya. Masyarakat sekitar pada waktu itu hanya bisa memandangnya sebagai kawasan elit hingga Kaum Belanda memutuskan untuk meruntuhkan tembok benteng pada tahun 1824.

Kota Lama Semarang
Emblem besar sebagai penanda kawasan di sepanjang trotoar Kota Lama Semarang

Bekas tembok yang berkeliling itu menjadi jalan yang bernama Westerwaalstraat, Zuiderwalstraat, Oosterwalstraat dan Noorderwalstaat (Jalan Tembok Barat, Jalan Tembok Selatan, Jalan Tembok Timur, Jalan Tembok Utara).

Kawasan inilah yang kini dikenal dengan sebutan Kota Lama Semarang. Sekarang nama jalan-jalan di atas sudah berubah menjadi Jalan Mpu Tantular, Jalan Kepodang, Jalan Cendrawasih, dan Jalan Merak.

VOC juga membuat jalan utama yang diberi nama Heeren Straat, sekarang menjadi Jalan Letjen Soeprapto. Juga, jalan-jalan penghubung lainnya dari 3 pintu gerbang Vijfhoek yang terletak di Jembatan Berok, Jalan Suari dan Jalan Raden Patah. 


Ada Apa Saja di Kota Lama Semarang? 


Polder Tawang


Kota Lama Semarang
Polder Tawang, solusi dari kebiasaan banjir rob yang melanda Kota Semarang

Kolam besar di depan stasiun Tawang ini berfungsi sebagai pengendali muka air jika banjir melanda kawasan Kota Lama Semarang. Selain itu, trotoar yang mengelilingi kolam dan banyak bangku yang disediakan menjadi tempat pengusir lelah di tengah perjalanan.

Gedung-Gedung Klasik


Kota Lama Semarang
Gedung Marba, bekas supermarket modern pertama di Semarang

Little Netherland ini memiliki kurang lebih 50 bangunan klasik yang masih kokoh dengan ciri khas arsitektur Eropa abad 17. Kaca-kaca berwarna, bentuk atap, ruang bawah tanah, desain jendela dan pintu. Kalau tak ada kabel listrik, Kota Lama Semarang ini benar-benar mirip Eropa.

Apa lagi, tampaknya para arsitek Belanda kala itu berlomba-lomba membuat gedung termegah dan terindah di Kota Lama Semarang. Maka, karya-karya terbaiklah yang akan kita pandang di sepanjang kawasan ini. Pantas jika Kota Lama Semarang ditargetkan masuk warisan UNESCO 2020.

Galeri Seni


Kota Lama Semarang
Semarang Contemporary Art Gallery, bekas kantor dagang milik Francis Peek yang dibangun tahun 1895

Terdapat beberapa galeri seni yang menggunakan bangunan kuno di Kota Lama Semarang ini. Masing-masing menyimpan karya seni dengan karakteristiknya masing-masing. Ada Semarang Contemporary Art Gallery di Jalan Taman Srigunting No 5-6 dan Gedung Oudetrap di dekat Taman Srigunting.

Teater Terbuka


Kota Lama Semarang
Oudetrap Theatre dengan tempat duduk melingkar mengelilingi panggung

Tak jauh dari Pasar Klitikan, kita akan bertemu dengan sebuah panggung seni pertunjukan terbuka yang baru diresmikan Februari 2018 lalu. Teater di Jalan Garuda ini adalah bagian belakang Gedung Oudetrap yang memang merupakan salah satu galeri seni dan budaya di Kota Lama Semarang.

Pasar Klitikan


Kota Lama Semarang
Pindahkan suasana klasik Kota Lama Semarang ini ke rumahmu

Pasar barang antik ini memiliki banyak kios yang menawarkan koleksinya dalam harga bervariasi mulai dari senjata perang, mesin tik, uang, perangko, hiasan dinding dll.

Bukan hanya memanjakan para kolektor pemburu benda kuno, jajaran sepeda dan mobil tua seperti Holden dan Volkswagen di sini biasa menjadi sasaran pengunjung untuk berfoto.

Taman-Taman Cantik


Kota Lama Semarang
Taman Srigunting di waktu malam

Yang paling terkenal adalah Taman Srigunting, sebab biasa dijadikan titik pertemuan di Kota Lama. Dulunya disebut Paradeplein, karena memang kerap digunakan sebagai lapangan parade drum band militer. Kini, lapangan itu separuhnya menjadi gedung kosong dan sisanya adalah taman ini.

Di sini juga merupakan wahana swafoto yang ideal. Selain karena keasriannya, juga terdapat banyak properti cantik semacam sepeda, vespa, topi dan buket bunga yang memperkental nuansa Eropa di sekitarnya.

Kota Lama Semarang
Replika Lawang Sewu sebagai gerbang di Taman Kota Lama Semarang

Terus meluncur ke Timur, kita akan bertemu Taman Kota Lama Semarang yang sangat indah di malam hari. Taman lampunya memiliki konsep yang berganti tiga bulan sekali. Selain spot dan properti swafoto yang indah, taman ini juga menyediakan berbagai wahana permainan yang seru.

Baca juga: Berkunjung ke Taman Kota Lama Semarang di Awal Tahun

Minimarket


Kota Lama Semarang
Mengintip minimarket pertama di Kota Lama Semarang dari dalam charger box

Mulai beroperasi di tahun 2017, bangunan dua lantai di seberang Taman Srigunting ini dulu adalah Tiffin, yang artinya menyeruput teh, yaitu kafe yang menyediakan menu sarapan gaya Inggris. 

Sebagaimana Indomaret Hybrid yang lain, minimarket ini menyediakan produk makanan siap saji. Istimewanya, selain lantai bawah yang digunakan untuk penjualan, lantai dua juga dilengkapi fasilitas kafe seperti televisi, tempat duduk dan pemandangan kawasan Kota Lama Semarang.

Tempat Makan yang Indah


Kota Lama Semarang
Makan enak di bangunan megah beraroma Belanda dengan atap pelana khas Cina

Beberapa bangunan di Kota Lama difungsikan sebagai tempat makan unik dengan suasana klasiknya. Seperti restoran Ikan Bakar Cianjur yang sudah banyak dikenal kelezatan masakannya oleh masyarakat Indonesia ini. Menempati gedung bekas pengadilan Landraad rancangan arsitek Cina.

Wajar jika menjadi resto yang kurekomendasikan bersama Pringsewu di Jalan Suari. Aku pun memberikan bintang 5 dalam bagian ulasan di Traveloka Eats. Dengan fitur ini, kita bisa mudah menemukan tempat makan yang enak di sekitar kita sekaligus merekomendasikannya.

Baca juga: 5 Resto Semarang dengan Sajian dan Suasana Jempolan.

Spot Foto


Bertaburkan berbagai gedung kolonial di setiap sudutnya, membuat Kota Lama Semarang menjadi salah satu tempat terbaik berburu foto. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih kekinian, kita bisa mampir ke gedung bekas perusahaan percetakan NV. Drukkerij G.C.T. Van Dorp & Co. ini.

Kota Lama Semarang
Dream Museum Zone, destinasi foto kekinian

Gedung yang berlokasi di Jalan Branjangan No. 3-9 Kota Lama Semarang ini menghadirkan seni ilusi 3D dalam 120 lukisan dan 14 tema sejak dari pintu masuknya.

Jika ingin nuansa yang lebih klasik, kita bisa melirik Old City 3D Trick Art Museum yang berada tepat di seberangnya. Museum 3D yang memanfaatkan bangunan bekas gudang beras ini dibuka lebih dulu daripada DMZ 3D Museum, yaitu sejak pertengahan 2016.

Dalam museum ini terdapat beberapa ruangan pamer dengan lebih dari 100 koleksi foto bertemakan Semarang, tokoh nasional dan dunia, karakter film, komik dan kehidupan modern.


Bagaimana Cara Seru Menikmati Kota Lama Semarang?


Jalani Sendiri


Mengelilingi miniatur Negeri Belanda tempo dulu di Kota Lama Semarang ini bisa saja kita lakukan sendiri. Parkirkan kendaraan bermotor dan mulai menyusuri trotoar.

Kota Lama Semarang
Sarana transportasi, air bersih dan charger box di jalan utama Kota Lama, yaitu Jalan Letjen Soeprapto

Selain berjalan kaki, kita juga bisa menyewa sepeda, e-bike dan e-scooter untuk mengeksplorasi Kota Lama Semarang. Pangkalannya di sebelah Timur Taman Srigunting. Biayanya tergantung durasi dan jenis kendaraan yang dipilih, berkisar antara 10.000 - 60.000 rupiah.

Asyiknya berkeliling sendiri ini adalah kita lebih bebas menentukan ke mana dan seberapa lama. Kelemahannya, jika kita baru pertama kali menapakkan kaki di sini dan sama sekali buta hendak melakukan apa. Berjalan tak tentu arah di tengah area 31 hektare, lumayan juga lho, rasanya.

Bergabung dalam Tur


Kota Lama Semarang
Menyimak cerita Kakak Pemandu Wisata tentang bangunan di sekitar Taman Srigunting

Bagi pemula di kawasan Kota Lama Semarang ini, memang paling seru kalau kita mengenalnya dengan mengikuti paket tur singkat. Selain mendapatkan keterangan lengkap dari pemandu wisata tentang tempat-tempat yang dilalui, kita juga bisa diizinkan melihat isi bangunan tertentu.

Lagi pula, berjalan beramai-ramai terasa lebih menyenangkan, ya. Hal ini seperti yang anak-anak alami tahun lalu saat bersama teman-teman komunitas meminta bantuan beberapa kakak pemandu wisata. Kami pun ditemani berkeliling sambil dijelaskan sejarah seputar Kota Lama Semarang.


Fitur Baru Traveloka Xperience Menambah Seru


Nah, benar-benar seru kan, berkeliling di Kota Lama Semarang ini? Mulai tahun ini, kita bahkan bisa meningkatkan level keseruannya dengan bantuan Traveloka Xperience. Ada yang sudah kenal? Wah, sudah banyak yang tahu, ya!

Betul, Traveloka Xperience ini menyediakan berbagai produk dan layanan untuk melengkapi pengalaman kita selama perjalanan. Jadi, Traveloka ini memang bukan sekadar OTA alias Online Travel Agent, ya. Apa saja sih, fitur yang disediakan dalam Traveloka Xperience? Ini dia!

Traveloka Xperience
12 fitur di Traveloka Xperience yang siap mendukung keseruan perjalanan dan gaya hidupmu

1. Atraksi


Kita bisa lho, menyiapkan keseruan selama di tempat wisata yang dituju jauh-jauh hari. Karena Traveloka Xperience menyediakan layanan pemesanan tiket masuk untuk berbagai jenis atraksi di dalam dan luar negeri. Tak perlu mengantre di depan loket, deh. Asyik!

2. Tur


Jika kita belum punya bayangan jelas tentang destinasi wisata yang dituju, atau untuk alasan kepraktisan, layanan Tur dari Traveloka Xperience tentu menjadi solusi. Kita tinggal memilih paket sesuai jumlah rombongan, jenis wisata hingga durasi.

3. Spa dan Kecantikan


Letih berjalan seharian? Ingin merasakan produk dan layanan kecantikan lokal? Atau ingin tampil cantik dalam waktu singkat untuk acara penting? Traveloka Xperience menyediakan banyak sekali pilihan tempat untuk spa dan kecantikan di sekitar lokasi destinasi wisata pilihan kita. 

4. Event


Ada kalanya kita ingin hadir dalam suatu acara besar yang juga ditunggu banyak orang. Fitur Event di Traveloka Xperience ini membantu menyediakan e-tiket untuk beragam acara seru seperti konser, pertunjukan atau pertandingan.

5. Bioskop


Masih ingin menonton film di tengah perjalanan? Beli tiket dan pilih posisi kursi favoritmu lebih awal dengan fitur Bioskop dari Traveloka Xperience! Menonton di CGV, Cinemaxx atau Flix di berbagai kota di Indonesia? Bisa!

6. Makanan & Minuman


Siapa yang suka wisata kuliner? Dengan layanan Traveloka Xperience, kita bisa menikmati berbagai kuliner dan oleh-oleh khas di destinasi tujuan dalam dan luar negeri dengan harga yang lebih murah!

7. Olahraga


Walau sibuk jalan-jalan, olahraga tak boleh lupa, dong! Mau olahraga dalam ruangan hingga yang ekstrem di luar ruangan, Traveloka Xperience merangkum semuanya dalam satu layanan. Tinggal pilih dan pesan saja tiket masuknya di Traveloka Xperience.

8. Kursus & Workshop


Berwisata itu bukan sekadar memotret dan memajangnya di akun media sosial. Lebih dari itu, ada banyak pengalaman kearifan lokal yang bisa kita reguk di dalamnya. Mengikuti kursus, salah satunya.

Traveloka Xperience memiliki beragam rekomendasi Kursus & Workshop menarik untuk semua usia. Mulai dari kursus memasak, kesenian hingga mengenal pemrograman untuk pemula. Semua tersedia dengan berbagai pilihan harga dan tempat. 

9. Transportasi


Traveloka Xperience juga memberikan kemudahan bagi pelancong untuk pembelian tiket transportasi publik di destinasi wisata tujuan dalam dan luar negeri. Antar-jemput ke bandara, tiket terusan kereta api dan bus di luar negeri, bus tur keliling kota, hingga penyewaan sepeda dengan durasi tertentu.

10. Pelengkap Travel


Nah, kalau ini adalah fitur Traveloka Xperience yang membantu memenuhi kebutuhan kita yang kadang tercecer dari ingatan padahal penting. Misalnya: soal paket internet, pembelian kartu SIM lokal dan jasa fotografer untuk dokumentasi. Lengkap, ya?

11. Taman Bermain


Jalan-jalan dengan Si Kecil tentu harus memikirkan juga tempat bermainnya nanti. Traveloka Xperience menawarkan produk Taman Bermain yang variatif lengkap dengan ulasan dari pengguna lain, sehingga mudah menyeleksinya sebelum membeli tiket masuk.

12. Hiburan


Selain aneka atraksi populer di tiap destinasi wisata, kadang kita ingin menikmati hiburan yang umum seperti karaoke, escape room atau ice skating. Cari saja di Traveloka Xperience untuk menyiapkan semuanya, ya.


Keunggulan Traveloka Xperience


Traveloka Xperience
Keunggulan layanan Traveloka Xperience

Seru!


Menilik 12 fiturnya di atas, sudah tampak kalau Traveloka Xperience mampu menyajikan #XperienceSeru, ya. Tentu saja, warga lokal pun bisa menikmati layanan ini, karena ini bukan hanya tentang perjalanan namun juga gaya hidup.

Fleksibel


Selain rutin mengadakan promo dan diskon untuk berbagai pembelian produknya, Traveloka Xperience juga didukung oleh metode pembayaran yang beragam. Jadi, kita bisa bayar sesuai dengan cara yang kita suka.

Cepat


Proses pemesanannya mudah, cepat dan praktis. Adanya fitur Easy Access membantu kita langsung memasuki tempat atraksi tanpa harus mengantre panjang di loket penjualan tiket.

Tenang


Pokoknya, bebas dari kawatir deh, kalau pakai layanan Traveloka Xperience ini. Karena customer service-nya siap membantu kita sepanjang waktu. Semua tersedia dalam 6 pilihan bahasa untuk semakin memudahkan kita.


Bisa Pakai Fitur Traveloka Xperience Apa Saja di Kota Lama Semarang?


Ketika aku mengetikkan lokasi Kota Lama Semarang di aplikasi Traveloka Xperience, ternyata saat ini ada 3 penawaran seru yang bisa dinikmati di Kota Lama Semarang bersama Traveloka Xperience.

Dua di antaranya adalah fitur Atraksi di Old City 3D Trick Art Museum dan DMZ Semarang, sedangkan satunya adalah paket tur singkat 3 jam berkeliling di Kota Lama Semarang. Tahu aja deh, Traveloka Xperience ini. Aktivitas terseru di Kota Lama Semarang itu, ya foto-foto dan jalan-jalan.

Traveloka Xperience

Mengintip harganya, ternyata dua atraksi spot foto di atas sedang diskon lho, di Traveloka Xperience. Tiket Old City 3D Trick Art Museum yang aslinya Rp 50.000 jadi Rp 45.000, sedangkan tiket DMZ Semarang yang aslinya Rp 50.000 malah jadi Rp 37.000!

Duh, sebenarnya keluarga adikku suka sekali wisata swafoto. Sayangnya, karena keterbatasan waktu, kami tidak sempat mampir ke mari. Jadi punya alasan deh, buat ke Kota Lama Semarang lagi. Hehehe ...

Semoga pada kedatangan berikutnya, masih ada diskon tiket seperti ini. Atau malah ditambah dengan promo lain yang lebih seru? Wah, harus rutin mengecek Traveloka Xperience nih, biar tak ketinggalan info promo.


"Nggak ada yang jelek di sini, bagus semua spotnya," kata adikku selama berkeliling. "Aku ke stasiun dulu ya, beli tiket pulang."
"Lha, kok repot? Pesan lewat Traveloka aja," kataku sambil mencari tiket kereta di ponsel.

Beberapa jam kemudian, kereta membawa serta adikku dan keluarganya pulang. Tak henti-henti putri sulungnya mengungkapkan kegembiraannya tentang pengalaman naik kereta dan selama di Semarang. Selanjutnya, kita lalui dengan lebih seru lagi bersama Traveloka Xperience, ya!

181 komentar

  1. S3marang, hanya bisa lihat dari dalam kereta karenabperjalanan surabaya bandung. n_n
    sabar kapan waktu akan berlibur kesana

    BalasHapus
  2. Ntar kalo aku main k SMG, Farida jadi guide aku yaakk. Puingiin merasakan assoy geboy nya ambience kota laMa SMG. Pake Traveloka makin siippp!!

    BalasHapus
  3. sudal lama sekali belem ke kota semarang lagi, jadi kangenn nihh kota semarang,

    BalasHapus
  4. Banyak wisata dari peninggalan bangunan tua di semarang ya. Saya baru pernah sampe ke lawang sewu..yang katanya bangunannya jadi setting film AAC 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya. semarang emang klasik banget

      Hapus
  5. aku sempat jalan2 sebentar beberapa jam di kota lama Semarang.... cantik emang. Khas kota tua di jawa tengah

    BalasHapus
  6. Terakhir ke Semarang itu 4 tahunan yang lalu. Dan belum ada traveloka experience jadi bingung mau kemana-kemana nyaa... sekarng maah tinggal search langsung deh keluar destinasi sekitaran situ. tinggal klik pesen deeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, bener. makin seru dengan traveloka xperience ya

      Hapus
  7. Saya suka dengan bangunan kunonya, tampak unik dan antik.
    Geleri seninya saya juga menyukainya.

    BalasHapus
  8. Wahhh ternyata banyak yang bisa dieskplore ya di kota lama Semarang.

    BalasHapus
  9. Kota Lama makin diperindah ya, wisata historis aku paling suka. Banyak jejak masa lalu yg bisa kita nikmati ya.
    Btw, aku baru tau tentang Traveloka experience selengkap itu layanannya.

    BalasHapus
  10. Wah ternyata di sana banyak bangunan bersejarah juga ya. Semakin asyik buat dijelajahi kalo destinasinya lengkap gitu.. Apalagi pakai Aplikasi Traveloka Experience, Makin seru acara liburannya ya

    BalasHapus
  11. kangennya ma semarang, terakhir jalan-jalan ke kota lama pas dulu SMA ada kali ya 10 tahunan yang lalu :O

    BalasHapus
  12. Aduh sebagai Blogger Cianjur saya merasa tersanjung ada ikan bakar Cianjur masuk frame. Hehehe...
    Waktu saya ke Semarang juga makan di ikan bakar Cianjur yg dekat Gereja Blenduk

    BalasHapus
  13. Kemaren teman ada jg yg posting di IG foto gedung marba, sekilas kayak nuansa western gitu yah.

    BalasHapus
  14. Seru banget kalau bisa ke Semarang dan menikmati beragam wisata di sana ya mbak. Aku penasaran sama pasar klitikan hehe.

    BalasHapus
  15. Saya belum tahu apa-apa mengenai kota lama Semarang, ternyata cakep juga kotanya. Senang bisa baca kisah ini. Lota lama Semarang memang unik dan penuh sejarah, bagi pencinta sejarah macam saya betapa asyiknya jika bisa melancong ke sana. Senang ada Traveloka Xperience pula jadinya jika kita ingin melancong tidak perlu bingung mau ngapain. Soalnya sudah tertera jelas ada apa saja di sana.
    Saya pengen cuci mata ke toko antik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi bener. kalau ke sini pake traveloka xperience ya..

      Hapus
  16. Wow asyiknya berwisata ke Kota Lama Semarang, banyak spot menarik yang cantik dan indah untuk dikunjungi. Jadi pengen kesana. Apalagi berkat layanan traveloka Xperience yang super lengkap ini pasti merencanakan liburan bakal makin seru. Karena selain bisa memesan tiket tempat wisata, berkat layanan ini kita bisa memesan tiket aktivitas lain ditempat/lokasi wisata yang sama. Seru pokoknya.

    BalasHapus
  17. Semarang cantik ya kalau malam dan tempat-tempatnya juga menarik huhu sayang banget aku waktu ke Semarang cuma main ke Simpang 5 aja soale full kerja selama beberapa hari.

    BalasHapus
  18. Aku gak ngeh ada Oudetrap Theatre di deket Taman Srigunting mbak. Lebaran kemarin aku tengan hari ke Kota Lamanya alhasil pusing karena kepanasan hihihi. Next mudik lagi aku mau malam2 ah ke Kota Tuanya. Btw kita belum pernah ketemuan ya mbak kalau pas aku ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teaternya di belakang gedung oudetrap. Yuk, ketemuan di semarang 😊

      Hapus
  19. Wah seru banget ini keliling di Kota Lama ... kayak terlempar di masa lalu ya mba... duh akutu udah mupeng lama pengen ke sini. Keknya dengan Traveloka Xperience bakalan makin cihui dehhh.

    BalasHapus
  20. duh aku baru sekali ke semarang dan waktu itu business trip, jadi belum sempat menjelajah kota semarang.. bismillah semoga ada rezeki dan panjang umur bisa ke semarang dan exsplore semarang melalui traveloka experience ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, kalau ke semarang lagi, jangan lupa cek traveloka xperience dulu

      Hapus
  21. Wah lumayan nih ini bisa diskon nya . Memang Kita harus hemat tapi perjalanan liburan ke semarang jadi lebih mudah dan menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi. Hemat, mudah dan menyenangkan pake traveloka xperience

      Hapus
  22. Duh, kujadi kangen mampir Semarang lagi. Udah lama gak ke sana. Terakhir 2011. Dengan Traveloka Xperience kita jadi praktis ya mau liburan. Gosah ribet ini itu. Dari hotel, transportasi, hingga searching tempat seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, seru pake traveloka xperience 😊

      Hapus
  23. Kangen sama Semarang, aku pun ingin Napak tilas ke sana. Semoga bisa mengunjungi kota Semarang lagi

    BalasHapus
  24. udah lama gak ke kota lama rasanga kangen juga sama semarang, pengen ah kapan2 explore semarang lagi bareng traveloka

    BalasHapus
  25. Aku agak nyesel pas ke sini hanya sekedar lewat. Bayangin aja, beneran lewat di Kota Lama Semarang. DUh padahal masih banyak yang bisa dijelajahi di kota lama Semarang ini ya. Semakin indah dan tertata pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. selanjutnya ke sini lagi, ya. jangan lupa pake traveloka xperience biar makin seru

      Hapus
  26. Seruu bgt travelling ke kota tua semarang. Kayaknya tiap kota ada kota tua ya? Di bandung, jakarta, palembang juga ada. Bangunannya tua semua.

    BalasHapus
  27. Ya, tapi tidak semua terawat dengan baik ya

    BalasHapus
  28. sebanyak itu ya destinasi wisatanya, dulu tahun 2012-206 sering dinas ke sana, tapi ga pernah kunjungin tempat wisatanya

    BalasHapus
  29. Aku jadi pengen main ke Semarang euyy mbak. Mantap banget ya Semarang ini, kaya sejarah, budaya, tempat-tempat kece. Mantul lah. Semoga nanti bisa mampir ke Semarang, pakai Traveloka Xperience tentunya, biar liburannya makin mudah & happy! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuu.. Pakai traveloka xperience pasti seru!

      Hapus
  30. Seru banget deh, aku rindu semanrang apalagi wisata malamnya nongkrong di simpang lima jalan2 nelusuri lawang sewu.. semoga balik kesana lagi

    BalasHapus
  31. ada komunitasnya juga klo mau jelajah kota lama lebih seru, lebih seru lagi jelajah ke kota lama dengan traveloka xperience

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Lha aku kan emang ikut itu tahun kemarin 😊

      Hapus
  32. Mbak, aku lihat foto foto Semarang jadi kangen banget deh, aku 5 tahun kuliah di sana dan gak pernah jalan jalan ke tempat ini huhu asyik kuliah sih, aku termasuk anak rumahan heuheu jadi kayaknya nyesel banget deh. Pengen mengulang lagi keseruan di semarang

    BalasHapus
  33. Semarang oh Semarang, indah sekali ya Taman Kota Lama ini, pernah berkunjung ke kota ini hanya beberap jam saja dan tidak sempat mampir ke tempat-tempat bersejarah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, ke sini lagi pakai traveloka xperience

      Hapus
  34. Aku uda 2x ke semarang tapi memang cu.a sebentar jadi ga pny waktu lebih untuk eksplor lokasi wisata sekece ini. Rasanya pasti seru banget ya, sekalian belajar sejarah sambil napak tilas kehidupan zaman dulu kira2 gambarannya seperti itu.

    BalasHapus
  35. Dah lama bnget gak ke Semarang klo aku lanih kangen sama kulineran khas Sana kak,ikan mamgut😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwow, ke semarang lagi yuk makan ikan mangut

      Hapus
  36. Sukaaak banget sama kota lamanya Semarang. Replika Lawang Sewu itu baru ya mbaa? Kayaknya sebelum renov itu blm ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama itu di taman kota lama pas awal tahun. Mungkin sekarang emang udah diganti karena kan tiap 3 bulan ganti tema.
      Pas terakhir ke sana jadinya liat naga gueedeee

      Hapus
  37. Baru aja ke semarang dan main ke kota lamanya, ternyata masih banyak yg bisa didatangi yaa.. Boleh nih next trip

    BalasHapus
  38. Lama banget nggak ke Semarang. Jadi Tawang stasiun tertua ya mba.. baru tau aku. Haduh ��
    Traveloka Experience bikin liburan tambah seru. Dan nggak pas liburan jg bisaa, aku suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, ayo sini ke stasiun tawang pake traveloka

      Hapus
  39. Wooow. Semarang kereeeen 😍😍😍 Pengen ke kota lama Semarang juga nih. Masuk jadi wishlist aaah. Makasih mbak udah ngasih tau. Adekku yang kuliah di sana aja kayanya belom banyak eksplor nih. Ahhaa... Mau aku kasih tau dia ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, kasi tau juga ya buat pake traveloka xperience hehehe..

      Hapus
  40. Asli masih blank dengan Semarang nih. Malah lagi pesan oleh oleh teman yang di Semarang hahahaha perjalanan yang seru ya kak. Next sampai sini juga akh.

    BalasHapus
  41. Jadi makin kepengen banget buat k Semarang mbaaa, apalagi dalam proses memperindah kota lama Semarang ini akan semakin asyik!

    BalasHapus
  42. Aku pernah lewatin kota lama semarang pas naik bis trans semarang menuju terminal apa itu, lupa. Sayang banget waktunya mepet jd ga bs explore huhu

    BalasHapus
  43. replika gedung sewunya bagus yaaa. silau dan cetar karena lampunya banyak banget. waaah jadi kota lama semarang tuh dimulai dari stasiun tawang toh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, itu bagian terluar yang menghubungkan para pendatang dari luar kota

      Hapus
  44. Kota Semarang punya banyak cerita dan sejarah, aku mau banget liburan kesana juga, otw check traveloka ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mari berburu promo di traveloka xperience

      Hapus
  45. Wahhh seru bgt yah kak, marimar blm prnh pergi ke semarang. Bakal masuk wish list destination nih ntr kalo mau liburan

    BalasHapus
  46. pas ke Semarang ga jalan-jalan, baca ini jadi pengen balik Semarang lucu-lucu ya mba klasik gitu bakalan masuk list buat liburan sama keluarga nih apalagi disupport sama travelok xperience yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, berikutnya ke semarang pake traveloka xperience ya

      Hapus
  47. Aku jadi pengen jalan-jalan juga ke Semarang nih mbak, sekarang semua mudah dengan traveloka xperience

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh. Ke semarang yuk pake traveloka xperience

      Hapus
  48. Wisata di kota sendiri kayaknya lebih seru kalo aplikasi dengan traveloka ini ya mbak. Asyik deh kayaknya. Aku baru sekali dua kali aja ke kota lama. Next dicoba lagi karena sekarang juga ada cfd night

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mulai ada cfd ya? Memang ke depan rencananya mo dibikin bebas dari kendaraan bermotor

      Hapus
  49. Noted nih semarang utk tujuan travelling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, mari.. Jangan lupa pake traveloka xperience ya

      Hapus
  50. Aku ga pernah bosan ke Kota Lama. Selalu saja istimewa. Bangunan klasiknya istimewa banget. Dengan Traveloka Xoerience semuanya lebih mudah ya mbak��

    BalasHapus
  51. Iya bener banget nih. Kota lama semarang memang makin yuhhuu. Kalau kangen belanda dan eropa, tinggal kemari aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ecieee.. Yang udah bisa kangen sama belanda dan eropa

      Hapus
  52. Buatku,Kota Lama Semarang nggak akan mboseni mba. Berkali-kali berkunjung pun tetap sukaaa...

    BalasHapus
  53. Noted! Udah lama pengen ke Semarang belum terealisasi aja nih mba. Arsitektur peninggalannya keren-keren banget. Latihan dulu gitu sebelum ke Belanda beneran hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaa.. Bener banget. Latihan dapat xperience seru dengan traveloka

      Hapus
  54. Tosss mba! Aku aja yg orang asli Semarang hbs berkunjung ke Lawang Sewu. Aih, hrsnya baca postingan ini dulu sblm jalan ya. Bisa ngerti spot2 mana yg bagus. Tambah tips lg nih bawa topi/payung krn super hot hehehe

    BalasHapus
  55. Mbak, pasar klitikan sekarang ditempatkan di dalam ruangan. Gedungnya ada di sebelah Gereja Blenduk. Lebih luas, lebih rapi, & kalo siang lebih adem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, memang itu maksudku di tulisan. tapi fotonya masih versi lama hihihi...

      Hapus
  56. wuiihhh kota lama semarang emang keren ya...beberapa kali ke semarang gak sempat eksplor kota lama..Tar kalo ada kesempatan mau deh eksplor kota lama...pake traveloka xperience asik kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin seru kalau pake traveloka xperience

      Hapus
  57. asyik nih, sekarang hampir semuanya semakin dimudahkan ya mbak, bisa cukup dari ponsel dan pakai jempol saja hehehe

    BalasHapus
  58. Asiikkk ada traveloka xperience..merencanakan perjlanan jadi lebih gampang ya...lengkap banget nih traveloka...

    BalasHapus
  59. Aku jadi pengen juga nih main ke kota lama Semarang mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong, ke sini. Pake traveloka xperience ya

      Hapus
  60. Seru yaa...pake traveloka experience, jadi makin tau ada aktivitas2 apa aja yang ada di kota lama, jadi ke sana ngga cuma buat selfie2 doang

    BalasHapus
  61. Nggak pernah bosan main ke kota lama Semarang meski udah sering banget main kesana, apalagi sekarang udah bagus banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Makin seru lagi pake traveloka xperience

      Hapus
  62. wih paling enak ke semarang kulinernya bukan, kalo jalan-jalan menurutku semarang panas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulinernya enak. Kalau panas bisa bawa payung. Sayang kalau pengalaman di kota lama terlewatkan

      Hapus
  63. Daku lagi membayangkan seperti apa ya nonton teater terbuka gitu? Pasti lebih seru ya

    BalasHapus
  64. Ternyata bangunan bersejarah di Kota Lama Semarang sebanyak ini ya,. Aku memang belum pernah ke sana. Dan sayangnya pas suami ada klien di sana aku nggak pernah bisa ikut. Padahal bakalan bisa hunting foto ya. Lokasinya kece untuk objek foto. Trus ada Pasar Klitikan, wah, bakalan banyak vintage props kalau mau blusukan ke dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak di sini. Kayak kota beneran hehehe..

      Hapus
  65. Yang aku suka dari kota tua semarang adalah gedung2 antiknya. Pas ke sana jalan kaki keliling2, betah deh. Sambil ngobrol gak terasa capek karena suasananya yang bikin adem. Duh, pengen ke sana lagi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, ke sini lagi. kali ini pake traveloka xperience ya

      Hapus
  66. Aku sering lewat Kota Lama, tapi justru dari tulisan Mbak Farida ini baru bisa menikmatinya dan jadi pengen balik lagi. Tadinya sambil lalu aja. Mungkin krn seringnya ke sana pas siang bolong jadi suasana panas menyengat. Kapan2 pengen ke sana sore sampai malam hari biar bisa menikmati sesuai tulisan ini. Enak banget bacanya :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, emang enak banget kok jalan2 di kota lama

      Hapus
  67. Kangen ke Semarang Paling suka tuh bangunan haritage nya,, suka bngt kmarin Blum sempet explore mau juga sewaktu2 stay lbih lama Dan pakai traveloka xperience tentunya

    BalasHapus
  68. Aku nyesel, padahal udah 4 x ke sana. Tapi tetep ga sempet jalan-jalan ke kota lama. Malah milih mall huhuhu

    Tapi pakai experiencenya traveloka aki ga nyesel. Senenggg bisa dapat diskon macem-macem tiket buat anak-anak main

    BalasHapus
  69. wah banyak banget yang seru ya di kota lama sekarang. papaku orang semarang, tapi aku belom perrnah sekalipun ke semarang. huhu. Harus ke semarang nih liburan nanti, ga akan lupa juga deh mampir ke kota lama semarang. hehe. makasi infonya yaaaa

    BalasHapus
  70. Kota Lama nih ga cukup sehari ya mba kalau mau dinikmati semua atraksi wisatanya. Senang sekali perhatian pemerintah kepada Kota Lama amat tinggi sehingga sekarang tergarap dengan apik gini. Wisatawan dari luar Semarang pasti senang juga ya ketika bisa menemukan banyak pilihan untuk berwisata di Semarang via Traveloka Xperience.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Salut sama pemerintahnya. Tahu aja cara menjaga barang bagus hehehe..

      Hapus
  71. Lihat foto Kota Lama Semarang, sekilas seperti Gedung Fatahilla ya mbak..

    Nah, aku juga sama nih kalau mempersiapkan liburan pasti aku selalu mengandalkan Traveloka Xperience, selain harganya yang murah juga gak pake antri lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 gedung peninggalan belanda, ya.
      Tapi di Kota Lama Semarang tu gaya bangunannya macem2. Dateng, deh..

      Hapus
  72. Mau banget aku ke Semarang. Banyak tempat yang pengen dikunjungi. Salah satunya Lawang Sewu. Itu replikanya lucu juga mba. Bener-bener deh Traveloka Xperience bikin hidup jadi lebih mudah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantiikk.. Ya. Aku pas liat langsung aja takjub banget

      Hapus
  73. Semarang tambah keren ya...
    Aku wong Solotigo, mba...kadang kalau weekend kita sekeluarga ke Semarang cuma untuk sekedar nge-mall dan nginep di hotel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. next time ke kota lama, ya. pakai paket tur dari traveloka xperience dong..

      Hapus
  74. Wah baru tahu aku kalo semarang punya kota lama, kalo di jakarta seperti ini kawasan kota tua, kalo di surabaya ga tau apa nama kawasannya tapi ada sih..bagus banget ya tempat2nya, instagramable, klasik dan punya nilai sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada. Tapi yang di semarang lebih banyak bangunannya. Moga kapan2 bisa liat langsung, ya

      Hapus
  75. Jujur nih selalu bingung kalau ke semarang destinasinya apa aja selain lawang sewu..aku baru tahu kalau ternyata kota lama bisa se asik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyikkk.. Apa lagi kalau pake traveloka xperience

      Hapus
  76. Huhuhu ketambahan lagi kenapa saya beneran mau melancong ke Semarang
    Kota Tua ini alasan salah satunya

    BalasHapus
  77. Perasaan tiap kali ke kota lama ada aja yg belum aku liat dan makin cantik aja. Padahal udahlah entah berapa kali ke sana kan tapi ga pernah bosen sama gwdung2 tua nan cantik itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gedung makin pandai bersolek kali, ya hihihi..

      Hapus
  78. Kota Lama Semarang yang sekarang, bakal makin bikin betah buat eksplor sehari penuh ya.
    Komplit pula. Destinasi, kuliner plus sudut-sudut foto yang serba instagrammable.

    BalasHapus
  79. Jadi kangen dengan kota semarang.
    Dulu dari kantor selalu kesana visit dua bulan tinggal di dekat simpang 5 itu lho

    BalasHapus
  80. Kota lama makin cantik rupawan ya abis direnovasi sana-sini, makin rame turisnya..kalau mau tahu sejarahnya lebih asyik dengan tur ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Turnya bisa pesan di traveloka xperience

      Hapus
  81. Lumayan banyak ya tujuan wisata di Semarang ini. Aku catet nih mba. Mungkin suatu saat berkesempatan ke sana.

    BalasHapus
  82. Kereen emang ya Kota lama sekarang..jadi tambah nyaman keliling2 di sini. Mana Ada car free night Juga yaa...trus dari DKK Semarang Juga Punya Menara Paris yang dilakukan di sini.. hebaaat..

    Aku waktu nengok Traveloka Xperience Juga baru tahu kalau Ada day tour nya Juga di Kota lama.. berasa belum jadi orang Semarang tulen kalau belum jalan2 ke sini wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Ayolah jalan2 ke kota lama pake traveloka xperience

      Hapus
  83. Aku baru tahu kalau ada tur pakai sepeda di seputaran kota lama, mbak. :D Btw, aku belum pernah ke Marba, padahal cukup sering ke Semarang. Agendakan ah, sesekaaliiii. Perlu juga jajal fiturnya traveloka, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, harus pake traveloka xperience biar lebih seru

      Hapus
  84. wah banyak tempat bersejarahnya, cocok banget nih sama aku! jadi pengen ke semarang hmmm kapan ya waktu yang pas

    BalasHapus
  85. Kota lama di Semarang memang ga boleh kelewatan saat bertandang ke kota lumpia itu. Selain lokasinya yg strategis banyak bangunan2 ikonik yg bagus banget untuk diabadikan

    BalasHapus
  86. Aku juga udah coba Traveloka Xperience ini. Fiturnya menarik. Beli tiket lebih murah dan gak pake antri. Dan ini penting kalo wisata yang kita tuju lagi rame-ramenya. Btw kota tua gak hanya di Jakarta saja ya, di Semarang, Padang, Surabaya, juga ada

    BalasHapus
  87. Bener yaa...
    Sekarang ga perlu repot lagi.
    Ada Traveloka Xperience yang selalu siap membantu bila travelling ke mana aja.

    BalasHapus
  88. Emang bener traveloka xperience banyak keuntungan dan manfaatnya kmrn pas ke Bali pake traveloka xperience buat beli wisata tarian kecak dan masuk ke GWK

    BalasHapus
  89. Kota lama Semarang emang nggak pernah bosen untuk dijelajah yo mba
    apalagi sekarang ada traveloka xperience yang memudahkan kita melakkan perjalanan

    BalasHapus
  90. wah kemarin itu pas ada acara jakarta saya mau lanjut ke semarang bentar
    tapi batal karena anak udah nangis2 bilang rindu emaknya hehee
    padahal udah mau booking tiket kereta dan hotel untuk jelajah kota lama semarang
    tapi tak apa deh..moga lain kali kesampaian dan terobati penasaran ke kota lama ini

    BalasHapus
  91. Sering ke Semarang tapi belum pernah kemana-mana. Moga laian waktu deh kalau ada kesempatan

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^