Berhenti Sejenak dari Rutinitas, Menikmati Suasana Nirwana Stable

Nirwana Stable

Nah, selain meminta belajar bela diri, kegiatan lain yang ingin ditekuni Sang Putri Sulung adalah belajar berkuda. Hal ini dipicu oleh kenangan manisnya saat ikut pondok Ramadan di Bogor dulu. Di sana, ia sempat diajari salah satu temannya yang anak artis ternama dan jago berkuda. Siapa hayo?

Kembali Suami pun mengiyakan. Berhubung lokasi beberapa tempat belajar berkuda di Semarang dan sekitarnya agak jauh dari rumah, maka kita memutuskan untuk survei dulu. Memastikan bahwa proses belajar di sana memang nyaman dan layak untuk ditempuh dalam perjalanan yang agak lama.

Saking antusiasnya, Sang Putri Sulung pun mengajak beberapa temannya ikut serta melihat tempat berlatih kuda yang ada. Ternyata, tempat terdekat dari rumah hanya memiliki satu kuda untuk berlatih bagi pemula. Pikir-pikir, masa iya nanti teman-temannya cuma bengong nonton saja di sana?

Jadilah kami mencari tempat latihan berkuda lain yang memiliki lebih banyak kuda dan menawarkan fasilitas rekreasi yang cukup variatif, agar teman-temannya tidak bosan. Lokasi terdekat kedua yang kami temukan di peta adalah Nirwana Stable ini.

Ketika kami mengajak adik-adiknya, ternyata yang bersedia ikut cuma Si Kelima. Wajar saja, karena memang dia sudah lama penasaran ingin tahu rasanya naik kuda. Berhubung saat ke Batang Dolphin Center dan Jurug Solo Zoo, kita tak bisa menikmati fasilitas ini karena datang bukan di hari libur.

Sedangkan adik-adik yang lain, enggan ikut karena merasa sudah pernah beberapa kali naik kuda. Yah, belum tahu mereka kalau di Nirwana Stable ini sensasinya bedda! (AADC1 mode on). Apa sih, istimewanya Nirwana Stable ini sebagai tempat rehat dari rutinitas?


Lokasi Dekat Kota


Nirwana Stable

Nirwana Stable masih termasuk dalam wilayah kota Semarang, tepatnya di Jalan Gang 2, Purwosari, Mijen, Semarang, Indonesia 50217. Tepat di sebelah Agro Buah Purwosari. Sekitar 30 menit dari pusat kota. Sangat mudah dijangkau untuk melepas penat dari kesibukan kota. 


Suasana Pedesaan yang Asri


Nirwana Stable

Dengan HTM 10.000 rupiah per orang, kita bisa menikmati nuansa pedesaan yang alami di Nirwana Stable. Hamparan tanah yang luas, bangunan berdinding kayu dan beratap ijuk, lampu-lampu model kuno, pepohonan nan rindang dan pemandangan gunung nun jauh di sana.

Kesan pedesaan yang menonjol di sini adalah sebuah peternakan kuda yang rapi dan cukup mewah menurutku. Kayak kandang kuda berisi koleksi milik para bangsawan itu lho, karena sepertinya kalau peternakan biasa tidak akan seindah ini. Hehehe ... Ya iyalah, ini kan, tempat wisata juga.


Resto yang Nyaman dan Cantik dengan Menu Menarik



Berhubung kita datang di siang hari, ternyata para kuda sedang beristirahat, yaitu pukul 11.00 - 14.00. Jadi, untuk membunuh waktu, kami pun memilih makan dan salat dulu sebelum melaksanakan agenda utama, yaitu naik kuda.

Nirwana Resto & Cafe ini berupa ruangan yang luas memanjang. Dindingnya berpola batu bata yang terekspos, beratap pelana tanpa plafon, dengan meja kursi kayu. Kita bisa memilih meja tengah untuk makan beramai-ramai, atau barisan di pinggir yang jumlah kursinya lebih sedikit dalam semeja.

Nirwana Stable

Selain itu, kita juga bisa memilih duduk di luar ruangan. Ada di bagian belakang resto yang menghadap padang rumput, dan ada juga di bagian samping resto yang terpisah oleh sebuah kolam panjang berisi ikan-ikan yang banyak dan besar-besar. Seru! 

Tempat duduk di samping resto ini mengelilingi sebuah galeri berisi sejumlah foto dan benda lainnya yang bisa dinikmati. Ada beberapa spot foto menarik juga yang bisa diabadikan. Di dekatnya, terdapat toilet dan musala.

Nirwana Stable

Menunya bagaimana? Nirwana Resto & Cafe menyediakan berbagai macam makanan, mulai dari makanan Indonesia hingga makanan Barat. Aku memesan Sup Asparagus dan Wedang Rempah Srikandi. Sedangkan yang lain memesan Nasi Goreng, hidangan ayam dan iga bakar.

Nirwana Stable

Rasanya? Semua enak! Semua terasa diracik dengan bumbu yang teliti dan pas. Bahkan untuk menu kentang goreng saja, cocolannya bukan saus botolan, lho. Tampak sekali kalau sausnya diolah dengan bumbu sendiri yang lezaaattt ... Harganya juga standar saja, kok.


Hanya saja, untuk Wedang Rempah Srikandi, rasanya cukup pahit buatku. Untuk menetralisirnya, sudah disediakan irisan jeruk nipis sebagai campuran sehingga sensasinya lebih segar. Wedang rempah ini terdiri dari kunyit, jahe, kayu manis, sereh dll.


Area Bermain yang Asyik


Nirwana Stable

Untuk masuk ke sini, kita dikenakan biaya 25.000 rupiah per orang. Tiket bisa dibeli di resto. Tadinya Suami hanya membelikan tiket untukku dan anak-anak. Namun, akhirnya Suami dipersilakan ikut masuk juga secara gratis oleh petugas penjaganya. Hehehe ... Terima kasih, Pak!

Nirwana Stable

Area bermain ini juga dilengkapi Taman Kelinci yang ditata indah. Koleksi kelincinya pun tampak sehat terawat dan dari berbagai varian. Anak-anak menghabiskan cukup banyak waktu di sini karena asyik bermain dengan hewan lucu ini.

Nirwana Stable

Tempat bermainnya berpasir dengan fasilitas permainan yang cukup seru. Ada ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, titian balok dan ada dua kuda juga di sini yang bisa diajak berinteraksi lebih dekat, kuda biasa dan kuda poni.


Kuda-Kuda nan Gagah


Nirwana Stable

Masih tersisa waktu sebelum waktunya naik kuda, kami pun berjalan mengunjungi kandang kuda yang terletak di bagian depan Nirwana Stable. Kudanya banyak, bagus-bagus dan besar-besar. Benar-benar tipikal kuda pacuan yang tangguh, bukan sekadar kuda wisata untuk berkeliling semata.

Nirwana Stable

Waktu naik kuda tiba! Kami membeli tiket naik kuda di bagian kantor depan. Kantor ini memiliki toko cinderamata di bagian depan. Sebelahnya, berjejer vila yang bisa disewa untuk menginap. Harga tiket naik kudanya 60.000 rupiah untuk kuda biasa dan 40.000 rupiah untuk kuda poni.

Akhirnya semua anak cukup naik kuda saja hari ini, karena untuk berlatih berkuda kan, kami baru survei saja. Belum memutuskan belajar di sini. Jadi juga jagoanku naik kuda. Agar lebih terasa keseruannya selama melepas penat di Nirwana Stable, silakan simak video berikut ini:



Sekolah Berkuda


Nirwana Stable

Memangnya, berapa biaya latihan berkuda di sini? Berdasarkan informasi yang kami terima dari Sang Pemilik Nirwana Stable, Ibu Retno Widiyaningsih, biaya latihan privat di sini adalah 2 juta rupiah untuk 10 pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 45 menit.

Jika ditambah latihan memanah, maka biayanya menjadi 2,7 juta rupiah. Bisa juga latihan secara grup, namun aku tak tahu biayanya. Tentu saja, selama belajar kita akan dipinjami perlengkapan berkuda dan didukung oleh para instruktur berpengalaman dan profesional.


Aktivitas Seru Lainnya di Nirwana Stable


Memang Nirwana Stable yang sudah berdiri sejak 2014 ini awalnya hanya fokus untuk berlatih kuda. Baru kemudian lahan seluas tiga hektare ini dikembangkan menjadi wisata edukasi dalam dua tahun terakhir. Selain semua kegiatan di atas, kita juga bisa melihat koleksi unggas di sini.

Nirwana Stable memiliki koleksi unggas impor, seperti merak, burung dan ayam hutan yang didatangkan dari Vietnam dan Tibet. Walau iklimnya berbeda, namun dapat berkembang biak di Indonesia. Sayang, kami tidak sempat ke sini. Jadi, tidak memiliki fotonya.

Nirwana Stable

Bagi pengunjung yang datang sebagai rombongan, tersedia juga paket outbound dan field trip. Selain bersama-sama menikmati berbagai aktivitas seperti yang sudah disebutkan, ada juga kegiatan menanam tanaman produktif. 

Kita akan diajarkan bagaimana menanam tumbuhan dengan benar. Mulai dari media tanah, pemupukan, penyiraman, hingga memetik.

Selanjutnya, ada kegiatan yang namanya Stable Management. Mengajak kita mengenal tata ruang kandang peternakan kuda. Baik ventilasi udara maupun  fasilitas lainnya. 

Selain itu, ada juga Horse Management. Kita akan lebih mengenal segala seluk-beluk kuda. Jenis-jenisnya, cara pemberian makan, perawatan, hingga bagaimana cara memperlakukan kuda yang baik.

Rencananya, Nirwana Stable juga akan dilengkapi dengan area berkemah, lho! Benar-benar seru untuk beristirahat bersama keluarga dan kawan-kawan di sini, ya.


Kapan Nirwana Stable Buka?


Nirwana Stable

Nirwana Stable buka setiap hari. Senin - Jumat beroperasi pukul 8.00 - 17.00. Sedangkan pada Hari Sabtu dan Minggu, beroperasi hingga pukul 19.00. Yang patut diingat juga, fasilitas berkuda libur setiap hari Senin. Jadi, kapan kamu ke Nirwana Stable?

25 komentar

  1. anakku yang kecil, Obi, seneng banget riding the pony. Kita sempat naik kuda di Lembang dan di Semarang...kayaknya ini bisa jadi tempat yang lucuuu untuk dieksplore juga

    BalasHapus
  2. anakku yang kecil, Obi, seneng banget riding the pony. Kita sempat naik kuda di Lembang dan di Semarang...kayaknya ini bisa jadi tempat yang lucuuu untuk dieksplore juga

    BalasHapus
  3. Wahh..
    Keren khan maen iniii. Berkuda..
    Dan bakal berkemah juga di satu lokasi. Seruuuu bangettt!!

    BalasHapus
  4. Masya Allah...keren banget tempatnya. Ada utk latihan berkuda juga

    BalasHapus
  5. Wah aku baru pulang dari Semarang, belum tau ada tempat kece ini.
    Ntar mudik diagendakan deh ke sini, kayanya buat refreshing adem ya

    BalasHapus
  6. Asik banget kalau ada tenpat latihan berkuda begini. Mana gak jauh dari pusat kota

    BalasHapus
  7. baru tau di Semarang ada beginian..

    BalasHapus
  8. Seru banget bawa anak berkuda kesini ya mbak. Lengkap lagi, semua ada. Kalao ke semarang bisalah ajak anak ke sini

    BalasHapus
  9. wow tercengang sama harga sekolahnya hahaha mayan juga ya mba 10x pertemuan 45 menit 2,7 juta sama latihan memanah :) anakku sih pengennya memanah cuman tempatku ya susah

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada Wisata keren begini di Semarang mbak. Kudanya lucu banget.

    BalasHapus
  11. Aah Semarang tho, kirain seputaran Jabodetabek. Anakku sedang nyari stable buat latihan berkuda soalnya. Asik banget ya tempatnya, ada petting zoom mini jg.

    BalasHapus
  12. Tempatnya unik banget mbak dan bisa belajar berkuda pula buat anak-anak. Btw itu wedangnya seger banget mbak.

    BalasHapus
  13. Bakalan ga mau pulang nih si Kakak kalau diajakin ke sini
    Apalagi punya adek, pasti ada alasan dia buat ngajak bunda dan ayahnya jalan jalan hehehe

    BalasHapus
  14. Anak-anak saya juga suka berkuda. Sebagai orang tua sih saya mendukung saja, karena berkuda memang banyak manfaatnya untuk anak.

    BalasHapus
  15. Wah, tempatnya seru banget ya Mbak. Cocok buat istirahat dan refreshing buat orang tuanya, tapi juga edukatif untuk anak-anak....

    BalasHapus
  16. Tempatnya terlihat menyenangkan, jadi pengen nyobain juga bawa Qonita maen kuda kesitu

    BalasHapus
  17. Tempatnya asik, sajian makanannya pun nikmat banget ya mbak. Si kecil saya jadi pengen diajarin berkuda juga mbak.

    BalasHapus
  18. Banyak aktivitas seru ya di Nirwana Stable ini. Pastinya anak-anak hepi banget nih diajak ke tempat wisata ini. Menu-menu yang ada di restonya juga keliatan menggiurkan.

    BalasHapus
  19. Waah di Semarang sudah ada tempat untuk latihan berkuda. Keren. Batam belum punya. Baru ada di Bintan pulau sebelah. Harus nyebrang saya kalau mau ke Bintan.

    BalasHapus
  20. 30 menit dari kota Semarang lokasinya, lumayan jauh juga ya mbak. Tapi seru juga sruvey tempat dulu ya. Suka sama mbak Farida yang dukung semua kegiatan anak

    BalasHapus
  21. Wah asyik banget ya Mba.suasananya enakeun banget gini bakalan betah ini mah hehe

    BalasHapus
  22. Wah, pengunjung bisa berkuda ya di sana. Anak-anakku pada kepengen tuh naik kuda. Walopun kalo pas aslinya mah gak tahu, mereka berani atau enggak. Noted untuk referensi kalo ke Semarang :)

    BalasHapus
  23. Mba Farida udah sampe aja ke Nirwana Stable. Ini kalau ajak Faris ke sana, dia pasti pengin banget naik kuda dan belajar memanah. Tempatnya menyenangkan banget ya untuk ajak keluarga bersantai dan menikmati suasana.

    BalasHapus
  24. Wah wah... harus diagendakan nih kalau pulang Semarang. Belum pernah ke Nirwana... baru pernah ke yang sudah ada sebelum Nirwana. hehe.
    Menu restonya malah lebih beragam di Nirwana sepertinya.. penasaran aku sama sup asparagus-nya

    BalasHapus
  25. Waahh Nirwana Stable cantik dan seru banget tempatnya mbaa. Anak2 pasti betah yaa.
    Di deket tempatku ada stable juga, tp gak sebagus ini, ya sekedar stable aja tanpa playground dan tempat makan gitu.

    Kapan2 mau melipir ke situ aahh. Semarang gak jauh bgt dari Klaten :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^