Tampil Manis dengan Midi Dress

midi dress

Midi dress memang dikenal dapat menghadirkan kesan manis dalam sekejap. Apa lagi, gaun sepanjang lutut hingga pertengahan betis kini menawarkan desain dan warna yang lebih beragam. Tertarik untuk mencoba?

Anda berhijab? Eit, jangan salah! Aku pun juga. Kamu bisa membaca kisah perjalananku selama mengubah penampilan dalam artikel My Journey to Syar'i, The Neverending Story. Model midi dress seperti ini adalah alternatif cantik sebagai pengganti daster di rumah. 

Dipakai di rumah? Iya, dong! Justru di rumah itu adalah saatnya kita tampil prima dalam berdandan. Karena, ada sepasang mata halal yang akan menikmatinya. Yaitu, suami. Makanya, aku sampai menjadikan pemilihan baju sebagai salah satu ritualku di setiap kehamilan. Baca deh, kisahnya di artikel Yang Selalu Sama di Setiap Masa Kehamilanku.

Kembali ke midi dress, sebenarnya busana model gaun sudah lama dikenal manusia. Bahkan menjadi baju tradisional di sejumlah negara. Seperti penduduk Sudan, misalnya. Para perempuannya biasa mengenakan gaun berbahan katun (cotton dress) yang panjang. Kalau midi dress sendiri, sepertinya mulai banyak dipakai sejak tahun 1950-an.

Pemilihan model midi dress dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh masing-masing, agar kita bisa tampil cantik maksimal. Tidak perlu khawatir dan merasa kurang percaya diri, apa pun jenis bentuk tubuhmu.

Jika kita bisa memilih midi dress dengan model yang tepat, maka ia akan menonjolkan fitur badan kita dengan baik. Jadi, coba identifikasi jenis bentuk tubuhmu, dan simak tips midi dress yang cocok untukmu berikut ini!

Bentuk Tubuh Curvy


Jika kamu memiliki tubuh dengan bagian paha, pinggang dan dada yang cukup lebar, maka kamu termasuk memiliki tipe bentuk tubuh curvy.  Pastikan kamu memilih midi dress dengan potongan yang pas di bagian pinggang, atau model lurus, dan tidak terlalu banyak detil tumpuk. Karena, aksen tumpuk membuat tubuh akan terlihat penuh dan melebar.

Bentuk Tubuh Apel


Bentuk tubuh buah apel bisa ditandai dengan bentuk yang semakin besar pada bagian atas dan mengecil pada bagian bawah. Biasanya, bentuk tubuh ini memiliki bahu yang terlihat lebih lebar daripada pinggul.

Untuk memberikan siluet tubuh agar tampak lebih proporsional, kamu bisa mengakali dengan mengkombinasikan midi dress yang memakai kerah leher berbentuk huruf V untuk memberikan kesan panjang pada bagian leher hingga dada.

Selain itu, pilihlah model A-line, yaitu potongan lurus atau mengembang ke bawah dengan detil lipit. Hal ini akan memberikan kesan kaki lebih jenjang dan membuat fokus mata tertuju pada tubuh bagian bawah. Sehingga, akan memberikan ilusi pada pinggul dan bahu agar terlihat seimbang.

Model ruffled v-neck dress seperti di bawah ini bisa menjadi pilihan:

midi dress

Bentuk Tubuh Jam Pasir


Bentuk tubuh jam pasir sebetulnya merupakan bentuk tubuh idaman kebanyakan perempuan. Bentuk tubuh ini ditandai dengan bahu dan pinggul yang terlihat proporsinal. Nah, jika kamu memiliki bentuk tubuh demikian, kamu bisa mencoba midi dress yang dilengkapi dengan potongan berlapis-lapis dengan bahan yang cukup ringan di badan.

Selain itu, kamu juga bisa memilih model floral midi dress dengan potongan yang pas di tubuh pada bagian atas dan sedikit mengembang pada bagian bawah. Model dan motif yang ceria membuatmu makin memesona. Contohnya bisa dilihat pada foto pertama dalam artikel ini, ya.

Bentuk Tubuh Segitiga


Bentuk tubuh segitiga ditandai dengan bentuk bahu, pinggang dan pinggul yang terlihat sejajar atau sama besar. Yang perlu diperhatikan jika ingin memilih midi dress yang tepat untuk bentuk tubuh segitiga adalah detil pada bagian dada dan pinggang. Karena, jika sampai salah pilih, maka akan membuat tubuh jadi terlihat tidak bersiluet.

Pilihlah midi dress dengan dengan detil lipit atau ruffles di bagian pinggang ke bawah dan bentuk lengan dengan bahu terbuka yang memikat perhatian tanpa perlu repot memadupadankan lagi dengan aksesori lain. Sebab, gaya seperti ini sudah terlihat sangat modis!

Kalau kamu bingung mencari toko yang jual midi dress di kotamu, apa lagi di musim pandemi yang berakibat pada banyaknya toko yang tutup, kamu bisa mulai melirik toko daring yang menjual aneka koleksi busana yang keren, termasuk untuk model midi dress ini.

Salah satu toko daring yang aku rekomendasikan adalah http://www.kis.net/. Koleksinya memiliki banyak pilihan model, warna, dan ukuran. Memang toko ini berpusat di luar negeri. Namun, kamu tidak perlu kawatir soal ongkos kirim, karena gratis ke seluruh dunia, Say!

Salah satu keuntungan membeli baju di luar negeri adalah standar ukurannya cukup besar. Sangat membantu bagi para ibu-ibu yang memiliki ukuran ekstra, ya. Asyiknya lagi, di toko ini disediakan cara mengukur badan. Jadi, kita tidak perlu kawatir akan salah memilih.

Nah, bagaimana? Sudah mampir ke sana? Adakah midi dress yang paling menarik perhatianmu?

15 komentar

  1. Mungkin bisa dikasih contoh dengan artis2 dunia soal bentuk tubuh ini mba, biar kita mudah ngebayangin
    #eh

    BalasHapus
  2. Kira-kira untuk pemilihan baju dengan tubuh curvy dimana ya kak? Contohnya seperti gambar pertama, tapi bagian lehernya tidak terlalu lebar. I need for my girl

    BalasHapus
  3. Bisa dibeli di kis.net. linknya sudah ada di artikel

    BalasHapus
  4. kalo utk orang gemuk ada ide gak sist? tubuhku dari atas ke bawah bulat semua. hikz.. jadi bingung mau pake baju yang kayak gimana?

    BalasHapus
  5. aku pakai midi dress ga cocok karena aku gemuk dan kakiku gede :( keliatan makin pendek kalau pakai midi dress huhuhuuu

    BalasHapus
  6. Bentuk badan aku segitiga sih. Sarannya bs aku pertimbangkan nih hehehe...

    BalasHapus
  7. Masih belum tau bentuk badan aku apa. Hehe
    Midi dress kayanya emang nyaman bgt ya dipakai di rumah.

    BalasHapus
  8. kalau aku, karena aku agak pendek (cuma 156cm kira2), pakai midi dress dengan motif malah bikin keliatan pendek :( kalau midi dress polos masih aman sih :")

    BalasHapus
  9. Aku masuk dalam bentuk mana ya heehhe, tapi aku suka pakai yang dress di atas lutut, mau midi dress juga gpp, lebih percaya diri aja entah kenapa, mungkin tinggiku ga terlalu tinggi jadi lebih cocok buat tubuhku

    BalasHapus
  10. Midi dress ini memang cakep banget yaaa..aku ngga tau tapi apakah ini cocok untuk aku pakai hehehe. But this is cute indeed

    BalasHapus
  11. Tambah cantik kalau pakai midi dress. Baca postingan ini jadi teringat pelajaran tata busana saat masih SMP yang membahas midi dress.

    BalasHapus
  12. waah makasih mba udah dikasih tau referensinyaaa Jadi kepengen beli mini dress juga buat mix n match hihi

    BalasHapus
  13. Aku selalu suka dress mba, dress apapun, baik yg mini, midi atau long karena memang bikin nyaman dan looks cute plus girly

    BalasHapus
  14. Ku juga suka dress krn berasa lebih elegan and easy aja. Krn bodyku juga pear kan jadi dress lbh gampang dapetnya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^