5 Titik Sederhana Mencegah Virus Corona Mampir

mencegah virus corona
Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Imbauan BNPB untuk Mencegah Virus Corona


Pagi ini, saya membaca iklan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) tentang cara mencegah virus Corona agar tidak menjangkiti kita. Imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk menghindari COVID-19 ini dirangkum dalam 5 poin yang mudah diingat.

Kelima hal sederhana yang perlu kita perhatikan untuk mencegah virus Corona menular dan semakin luas penyebarannya tersebut adalah:

  1. Tangan. Jagalah selalu kebersihan tangan dengan rajin mencucinya setiap akan dan usai beraktivitas, terutama jika berada di luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain
  2. Siku. Gunakan siku untuk menutup mulut dan hidung saat kita sedang bersin. Siapa tahu, tanpa kita sadari, kita terjangkit virus Corona. Adab bersin ini akan mencegah virus Corona tersebar lebih luas ke sekitar kita
  3. Wajah. Usahakan untuk tidak menyentuh area wajah kita jika tidak sedang benar-benar diperlukan
  4. Jarak. Jaga posisi kita untuk tetap berjauhan dengan orang lain, setidak satu meter. Hindari kerumunan guna mencegah virus Corona lebih cepat mampir ke tubuh kita
  5. Rumah. Jadikan rumah sebagai titik paling dominan dalam keseharian kita. Usahakan untuk bisa tetap di rumah dalam menjalankan berbagai tugas dan memenuhi segala kebutuhan kita sehari-hari. 


Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Virus Corona


Mencegah virus Corona bisa menjadi lebih sulit jika kita tetap mempertahankan beberapa kebiasaan, seperti:

  • Tidak menjaga kebersihan diri
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Keluar rumah dan berkumpul dengan orang-orang tanpa urusan yang genting, dan lain-lain

Karena itu, sebisanya kita melakukan berbagai aktivitas di rumah saja. Mulai dari belajar, bekerja, bermain, dan lain-lain. Bahkan, untuk berkonsultasi kesehatan pun, kita bisa menggunakan aplikasi Aido Health atau SehatQ.

Berkat perkembangan teknologi internet masa kini, kita jadi tetap bisa melakukan berbagai kegiatan ekonomi di rumah seperti:

  • bekerja
  • memproduksi
  • menjual produk
  • membeli barang dan jasa
  • beriklan
  • memantau perkembangan bisnis, dll

Memang tidak semua jenis kegiatan ekonomi dapat kita lakukan dari rumah. Namun, cobalah untuk memikirkan cara yang tidak biasa dalam situasi yang luar biasa saat ini agar bisa meminimalisir kebutuhan keluar rumah, dan menggantinya dengan melakukannya di rumah saja.

Manfaatkanlah beragam aplikasi yang tersedia saat ini untuk tetap aktif bekerja dan berkoordinasi dengan rekan-rekan kita, sehingga kita bisa tetap produktif. Kita bisa menggunakan aplikasi Trello, misalnya, yang sangat terbuka untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.


Stay safe and stay active, ya!

Tidak ada komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^