Yang Dirindukan Hadir Kembali di Ramadan Berikutnya

harapan bulan ramadan

Tentu saja, ada banyak kegiatan yang biasa dijalankan selama bulan puasa yang menjadi kerinduanku agar dapat menikmatinya kembali. Semoga yang menjadi harapan bulan Ramadan tahun ini, dapat terwujud tahun depan. Apa saja sih, yang aku rindukan dari suasana Ramadan biasanya?


Wisata Kuliner


Sering kali, ada aneka jenis panganan yang ditawarkan saat bulan puasa tiba. Baik berupa menu takjil, buka puasa, maupun sahur. Aneka gerai makanan berlomba-lomba menyajikan menu yang unik dan promo menarik. 

Jadinya, memang seru sekali berburu berbagai varian makanan ini. Terkadang bukan hanya untuk dinikmati sendiri. Namun, bisa menjadi pilihan istimewa sebagai hantaran bagi keluarga dan teman di bulan puasa.

Apa lagi, kalau itu menyangkut kuliner yang hanya ada di daerah tertentu. Walau mungkin di kota kita juga ada yang menjualnya, namun terkadang citarasanya tidak seotentik jika kita menikmatinya di daerah asalnya.


Bermesraan dengan Masjid


harapan bulan ramadan

Di hari biasa, mungkin pergi ke masjid bukan menjadi aktivitas sehari-hari. Kita baru mengunjungi masjid jika ada agenda pengajian atau aktivitas insidental lainnya. Namun, di bulan puasa, biasanya para perempuan lebih rajin ke masjid untuk salat tarawih, atau kegiatan Islami yang lain.

Momen Ramadan adalah saat yang tepat untuk menanamkan kecintaan anak pada masjid. Jika biasanya beberapa masjid memberikan batasan terhadap kehadiran anak. Namun, di bulan Ramadan, bahkan masjid mengadakan aneka acara yang mengasyikkan agar anak bersemangat puasa dan salat berjamaah.


Berbagi secara Langsung


harapan bulan ramadan

Ada banyak kegiatan sosial yang dicanangkan selama bulan puasa. Di mana kita tidak hanya menyerahkan dana, namun juga bisa melihat senyum di wajah orang-orang yang menerimanya. Ada yang berupa bagi takjil, buka puasa bersama, safari sahur, dan lain-lain.

Seperti yang pernah dilakukan oleh teman-teman dari grup alumni yang tetap menjalin keakraban melalui WhatsApp beberapa tahun yang lalu. Walau jarak memisahkan, namun akhirnya bisa menggalang suatu kegiatan bersama dan terjun ke lapangan secara langsung.


Persiapan Lebaran


Di tahun-tahun sebelumnya, persiapan Lebaran bisa sedemikian heboh di masyarakat Indonesia. Mulai dari persiapan mudik, belanja keperluan hari raya, menyiapkan hidangan Idulfitri, juga bagi-bagi bingkisan.

Mudik


Di bagian awal artikel tadi, kan aku menyebutkan kalau salah satu yang kurindukan dan menjadi harapan bulan Ramadan tahun depan adalah wisata kuliner. Nah, makin bertambah-tambah deh, rindunya kalau kuliner itu menyangkut kuliner khas kampung halaman. 

Karena, hasrat wisata kuliner ini berpadu dengan keinginan untuk mudik. Yang saat ini, belum bisa terealisasi, ya. Mudik bukan hanya tentang makanan, namun juga kerinduan akan suasana dan orang-orang yang akrab dengan kita sejak kecil.

Namun, untuk tahun ini, kita harus menahan diri dulu dari keinginan untuk menikmati segala suasana khas Ramadan dan menjelang Lebaran, ya. Ada banyak hal yang tidak bisa kita rasakan di tahun ini sebagaimana bulan puasa sebelumnya.

Tapi, di sisi lain, bisa jadi ada juga hal-hal istimewa yang baru kita alami akibat berpuasa di tengah pandemi seperti sekarang. Tinggal pintar-pintarnya kita bersyukur dan mencari hikmah dari setiap peristiwa yang ada, ya.

Jadi, tetaplah tersenyum!

Tidak ada komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^