Aku Rindu Lebaran yang Seperti Ini

Rindu Lebaran

Yang namanya momen spesial, itu pasti terjadinya tidak setiap hari. Seperti hari raya, misalnya. Terjadinya setahun sekali. Jadi, wajar sekali kalau banyak orang yang merasa rindu lebaran. Apa lagi di saat sudah memasuki sepuluh hari terakhir Ramadan begini.

Banyak hal memang yang menjadi kebiasaan tahunan, namun tidak bisa kita lakukan di lebaran tahun ini, akibat suasana pandemi. Kalau aku apa sih, yang membuatku rindu lebaran? Mungkin, sama dengan kamu. Ini dia jawabannya!


1. Mudik


Walau sebenarnya kedua orang tuaku saat ini tinggal bersamaku, namun tetap saja pulang kampung menjadi salah satu Destinasi Impian Pasca Pandemi. Karena, mudik itu bukan hanya untuk mengobati rindu lebaran bersama keluarga, namun juga bersama teman-teman di kampung.

2. Salat Id


Ya, aku merasa kehilangan sekali dengan momen yang satu itu untuk lebaran tahun ini. Kemungkinan besar, kita tidak akan bisa menjalankan salat Id berjamaah ya, nantinya. Padahal, itu adalah saat di mana semua muslim berkumpul salat bersama. 

Bahkan orang-orang yang biasanya tidak diajak salat berjamaah pun tetap dianjurkan untuk datang. Misalnya: anak-anak, lansia, yang sedang haid atau nifas, dan sebagainya. Tapi, untuk tahun ini, kita semua hanya bisa berlebaran di rumah.

3. Safari Lebaran


Hal lain yang membuatku rindu lebaran karena ingin sekali bisa seperti tahun-tahun sebelumnya. Berkunjung ke sanak keluarga yang tinggal di berbagai kota. Tapi, untuk tahun ini, kita belum bisa melakukannya, ya.

Memasuki era kenormalan yang baru ini, kita harus mulai terbiasa untuk menjalani segalanya dengan bantuan internet. Acara saling berkunjung pun kemungkinan nanti cuma bisa dipenuhi melalui percakapan video atau semacamnya.

4. Rendang dan Ketupat


Rindu Lebaran

Tentu saja, yang kumaksud adalah rendang dan ketupat khas kampung halaman ayahku. Mereka biasanya membuat ketupat dari ketan putih. Cara makannya dengan membelah ketupat secara diagonal, kemudian diselipkan rendang yang tidak hanya berisi daging namun juga kacang merah. 

Rasanya sedap tak terlupakan! Makan satu pun rasanya sudah kenyang dan penuh gizi, deh. Apakah kamu pernah makan rendang dan ketupat dengan gaya seperti ini?

Sebenarnya, bundaku bisa masak yang begini. Cuma, belakangan ini jadi jarang membuatnya karena menu lebaran di keluargaku biasanya justru menghindari hidangan yang banyak disajikan semacam ini. Alasannya bisa dibaca di artikel Menu Lebaran di Keluargaku.

Itulah beberapa hal yang membuatku rindu lebaran. Berapa banyak yang sama denganmu?

Posting Komentar