Santai Belajar Fisika Bareng Bes

Latar Belakang Munculnya Novel Online Bes


Novel ini lahir dari keinginan untuk menyediakan buku pendamping bagi para siswa SMP dan SMA agar lebih memahami konsep-konsep dasar dalam pelajaran Fisika. Sederhana saja, alasannya karena pelajaran ini dianggap momok terbesar oleh sebagian besar siswa.

Buku pendamping pelajaran cukup banyak tersedia untuk siswa SD, terutama untuk mendukung materi pelajaran Bahasa Indonesia, agama, PKN, IPS, dan IPA. Biasanya, buku pendamping itu berupa buku cerita yang dianggap lebih mudah diterima anak-anak dalam memahami suatu materi.

Sayangnya, fasilitas yang sama tidak didapat para siswa di jenjang pendidikan berikutnya. Padahal, anak SMP dan SMA juga bukan berarti tidak suka membaca cerita, lho. Larisnya serial Harry Potter, LOTR, novel fantasi karya Tere Liye maupun aneka teenlit sudah membuktikan hal itu.


Nah, jadinya aku berpikir, gimana kalau aku bikin aja novel yang bisa memenuhi kekosongan itu. Daripada sekadar berisi kisah penuh imajinasi dan percintaan, aku tulis novel Bes ini yang bisa membantu para remaja menjalankan tugas utamanya dalam belajar.

Salah satu penyebab rendahnya minat baca anak di masa kini adalah terbatasnya sumber bacaan yang menarik bagi mereka. Aku berharapnya kehadiran novel online Bes ini dapat memberikan angin segar dan memperkaya pengalaman anak dalam membaca.


Isi Novel Online Bes


Blurb


Bes seorang anak yatim yang cerdas dan memulai hari-harinya di sekolah favorit. Ternyata, hidup di sini tidak cukup hanya bermodal cerdas karena kebanyakan siswanya berpenampilan keren dan berasal dari keluarga berada. Bes harus bertarung di antara keunggulan, rasa minder, dan sakit hatinya menghadapi berbagai gejolak di masa remaja.

Bes yang yatim akhirnya menjadi piatu. Sebuah pukulan hebat yang anehnya tidak sanggup membuat Bes menangis. Bes mencari cara untuk membuatnya bersedih, agar ia tampak normal dibandingkan orang lain.

Krisis identitas yang dialaminya membuat Bes mencoba menjadi nakal. Satu hal yang ajaibnya selalu dihindarkan dari Bes agar jangan sampai terjerumus ke dalamnya. Bes merasakan adanya sebuah kekuatan luar biasa yang senantiasa menjaganya dan tidak mengizinkannya menghancurkan masa depan.

Dengan apa Bes bisa bangkit?
Bagaimana akhir dari perjuangan Bes di masa remajanya?
Mampukah Bes membuktikan kualitasnya sekaligus meraih kebahagiaannya?


Sekilas Jalan Ceritanya


Jangan dibayangkan isinya ajaib banget seperti sedang membaca kisah antah berantah, ya. Kehidupan Bes adalah keseharian remaja seusianya. Dalam setiap bab, cerita Bes mengalir dikaitkan dengan materi pelajaran Fisika yang tersusun sesuai dengan buku pegangan Fisika pada umumnya. Pas Bes baru masuk SMP, ya pelajaran yang didapatnya adalah bab 1 materi Fisika yaitu Besaran dan Satuan, demikian seterusnya.  

Selain agar lebih mudah memahami, urutan bab dalam novel ini dibuat sama dengan buku Fisika karena setahuku susunan buku pelajaran dibuat bukan hanya mempertimbangkan urutan disiplin ilmu, namun juga tingkat kesiapan kognitif dan psikis. Jadi, saat siswa diberi materi itu, dianggapnya memang saat itu siswa sudah bisa memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sesuai porsinya.

Harapannya, pembaca remaja bisa mendapatkan dua hal dari novel online Bes ini, yaitu: pemahaman tentang pelajaran Fisika dan inspirasi dari kisah hidup Bes yang unik dan menggemaskan untuk disimak. 



Enggak percaya? Tuh, buktinya novel online Bes berhasil menongkrong di barisan trending selama beberapa hari. Senang sekali dengan tanggapan positif dari teman-teman yang sudah membaca. Apakah kamu salah satunya?

Santai Baca Novel Online di Kwikku


Bes ini memang baru ada dalam bentuk digital ya, di platform novel online kwikku.com, tayang bersama novel romantis Diary Ingin Cerita dan novel aksi berjudul Para Joki. Novel online terakhir yang kusebutkan sekarang lagi kuikutkan lomba untuk difilmkan. Doakan menang, ya! Nanti kapan-kapan aku bakal soal novel Para Joki ini.

Semua novel online di sini memang aku set Pay for No Delay. Akan tetapi, jangan khawatir! Cara menikmatinya enggak seseram yang dibayangkan, kok. Walau di depan ada status bayar, tetapi kamu tetap bisa membaca novel online di Kwikku secara gratis dengan trik-trik berikut ini.


Ya, yang pertama, paling gampang ya pilih aja novel online yang bertanda Gratis. Kalau kamu penasarannya sama novel bertanda Pay for No Delay, kamu tetap bisa membacanya secara gratis dengan menunggu suatu bab terbuka sendiri untuk dibaca gratis sesuai tanggal yang dicantumkan.

Atau, kalau kamu suka baca tuntas dalam satu waktu, kamu bisa jadwalkan saat seluruh novel online yang kamu inginkan ini terbuka semua. Biasanya, semua bab dapat dibaca secara gratis selama 7 hari setelah bab terakhir terbuka tanpa bayar.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai misi yang disediakan agar mendapat kunci untuk membuka bab mana pun yang kamu ingin baca. Kalau enggak sabar menunggu dan melakukan misi, ya sudah bayar aja sebagai apresiasi buat penulis biar makin semangat berkarya. Murah, kok. Cuma 1.000 rupiah per bab.

Bagaimana? Sudah terbayang, kan, betapa santai belajar Fisika sekarang? Para remaja, guru, maupun ibu-ibu yang menemani anaknya belajar daring di rumah, semoga merasa terbantu, ya. Have a nice day!

108 komentar

  1. Wah kalau lewat cerita seperti ini keren.. Siswa/i bisa dengan lebih cepat mengerti ya..

    BalasHapus
  2. True bangett.. fisika itu gampang2 susah... tapi banyakan susahnya si wkwkw..
    aku juga males banget klo dah fisika itu wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. semoga kalau udah baca novel ini bisa lebih semangat belajar fisika.

      Hapus
  3. Wah, novel ini cocok juga dibaca sama anak2 ya. Supaya mereka ngerti semangat dan kerja keras...terinspirasi dari kisah anak yatim yang cerdas ini.

    BalasHapus
  4. Masya Allah... keren banget ini, Mbak. Anak-anak bisa belajar fisika sambil menikmati alur cerita yang mereka banget. Sayang anak-anakku masih SD. Kalau udah SMP/SMA pasti aku suruh baca deh novel online ini. Hehe.
    Btw nantinya akan diterbitkan secara fisik gak, Mbak? Aku harap sih iya, biar lebih luas lagi jangkauannya.
    Barakallah, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuharap juga ada penerbit yang tertarik hehehe..

      Hapus
  5. Kisah Cerita yang menarik, aku waktu sekolah dulu alergi banget pelajaran fisika hahaahaa

    BalasHapus
  6. Wah kerennnn ......
    Emang mesti ada terobosan agar anak bisa nyaman belajar ya?
    Selama ini buku-buku pelajaran diisi materi yang harus dihapal bukan dimengerti

    BalasHapus
  7. Biasanya membayangkan pelajaran fisika itu lumayan berat dan buat pusing karena sulit dipahami ya. Dengan seperti ini lebih mudah dan menyenangkan pastinya. Ini berarti bisa dibaca secara gratis atau berbayar juga gitu ya mbak?

    BalasHapus
  8. Waaah, ini keren banget. Asli.. Baru kali ini ada novel yg ngebahas pelajaran Fisika. Biasanya, novel otu mentok mentok ada pelajaran Agama, atau sejarah atau ekonomi dan hal2 rumpun sosial lainnya. Klo hal-hal rumpun eksak, saya belum pernah ketemu..
    Lanjutkeun mbak

    BalasHapus
  9. Fisika yg super njelimet dan complicated bisa "dinikmati" melalui novel ini ya
    Makasiii Faridaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget dibaca siswa sekolah menengah dan para ortu yg spaneng dgn Fisika :D

      Hapus
  10. Topik cerita yang unik nih. Menggabungkan antara science dan kehidupan seorang anak yang masih dalam tingkat pendidikan SMP. Pergulatan diantara keduanya tentunya memunculkan kisah yang sangat menyentuh.

    Sukses juga untuk lombanya ya. Semoga menang dan novelnya bisa difilmkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru ngeh kalau novel ini bisa dibaca on-line di Kwikku ya. Ntar coba mampir ah

      Hapus
  11. Duh, bagus banget nih. Gak semua anak suka fisika. Tapi klo dibikin novel kayak gini pasti menarik. Semoga diikuti buku2 yg lain

    BalasHapus
  12. Wah ini aplikasi baru lagi ya mba yang isinya kumpulan novel novel gitu. Aku kagum sama Mba Farida, bukan lagi anak muda tapi bisa bikin novel millenials begini. Kalau aku bikin cerita kok ngikutin umur gini ya Mba. Ga bisa lagi kalau bayangin bikin cerita yang settingnya masih muda gitu

    BalasHapus
  13. Kwikku, oke note. saya ini keranjingan baca novel yang nggak sengaja nangkring di beranda FB, duh ketagihan memang haha. Kwikku ini belum pernah nyoba, keren sekali trending #6 ya Allah.. coba install Ah, kali aja bisa nulis juga hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku enggak pernah ngiklan di FB, sih, sayangnya hihihi..

      Hapus
  14. Unik nih. Jadi pengen baca novel Bes juga. Aku bukan penggemar Fisika, tapi kalau novelnya model begini. Sepertinya akan menyenangkan

    BalasHapus
  15. Ini semacam cara baru belajar fisika ya mbak, anak2 akan lebih tertarik kalo kayak gini.

    BalasHapus
  16. wah baca judulnya tadi saya kira semacam buku panduan praktis untuk anak belajar fisika. ternyata novel. kreatif deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya

      Hapus
    2. Benar ... anakku yang SMP perlu baca ini, semoga dia jadi suka Fisika setelah baca.

      Hapus
  17. Wow baru tahu udah melahirkan banyak novel di sana ya
    Jadi penasaran pengen baca semuanya nih. Hahaha...
    Btw kalau saya bakal nunggu semuanya bab terbuka dulu, biar bacanya sekaligus hehehe

    BalasHapus
  18. Wah..keren sekali latar belakang penulisan BES ini mba.. Insya Allah menebar banyak manfaat ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. BTW ide ceritanya muncul dulu lalu disesuaikan dg materi pelajaran, atau ide.muncul setelah baca materi? Duh..aku.kepooo haha
      .

      Hapus
  19. Nah kalau ilmu fisika dikemas dalam novel kaya gini lebih mudah dimengertimudah-mudahan ya. Aku jadi penasaran pingin baca juga nih, anakku yang pertama suka sains & novel

    BalasHapus
  20. Wah anakku kayaknya harus baca nih mbak, dia payah di soal fisika tapi kuat di MTK, biologi, kimia dll. Buku ini bisa jadi bahan penghubung anak2 jadi menyukai fisika juga dari cerita novel ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan payah sih mungkin Des, tapi karena kurang menarik jadi gak semangat belajarnya, nah lewat BES ini salah satu caranya ya

      Hapus
  21. Wah klo seperti ini, fisika jadi lebih menyenangkan untuk dipelajari y

    BalasHapus
  22. Padahal Fisika itu bikin pusing. Tapi, jadi asik kalau belajarnya sama Bes

    BalasHapus
  23. Aku salah satu yang dapat nilai jeblok untuk mata pelajaran Fisika, Mbak. Sudah momok banget sama Fisika. Dah gitu dua tahun di SMA dapat guru yang super duper pinternya sampai nggak paham semua. Hahaha. Keren nih, Mbak, bisa sampai dapat ide bikin novel yang beda. Semoga makin banyak yang baca dan terbantu.

    BalasHapus
  24. ini cocok buat anak muda ya mbak, jadi mereka bisa belajar untuk tetap semangat dan tidak patah asa walaupun nilainya jeblok, saya termasuk lemah sama angka mbak :) baik fisika, kimia, matematika, semua nilainya ga bagus hahahaa

    BalasHapus
  25. Memang saat milih masuk sekolah ,kepengennya masuk sekolah terbaik tapi kdng ada gap ekonomi ya mbak.
    Wah asyik ada gratisannya tinggal nunggu pengumuman tglnya tapi kalau langganan pun gak mihil yaa TFS

    BalasHapus
  26. Cocokkah untuk anak kelas 8, Mbak? Anakku ada yang kelas 8. Tapi harus download aplikasi Kwikku dulu ya .... harus ceki-ceki memori dulu nih. Btw, keren Mbaak. Selamat ya, baarakallahu fiik, semoga beroleh manfaat yang besar karya-karyanya.

    BalasHapus
  27. Novel yang dibuat sama dengan buku Fisika? alamak dengar kata fisika itu aku jadi inget guru SMA yang udah tua gitu tapi ngajarnya cepet banget. masuk kelas cuma kasih soal dan satu-satu muridnya disuruh maju dan tentu saja seingetku cuma sekali seumur hidup aku maju pas kelasnya dia LOL

    BalasHapus
  28. Aku belakangan ya selalu semangat membaca novel via online. Tapi belum nyoba yang novel ini mba. Ntar ah aku mampir

    BalasHapus
  29. Seneng banget ya para remaja saat membaca novel Bes ini. Serasa kayak diri sendiri yang sedang mengalami kesulitan menghadapi Fisika. Melalui novel Bes ini mereka merasa tak sendiri dan menemukan hal yang fun ketika belajar fisika.

    BalasHapus
  30. Sampai saat ini aku belum cobain baca novel online nih huhu belum ada kesempatan. Btw bisa jadi rekomen yes novel ini dan pengen tau sosok Bes itu hehe.

    BalasHapus
  31. Salut sama penulisnya akutu....
    Hihii....pintar sekali mengeksplor ide yang ada dan mengeksekusinya dalam bentuk cerita yang bisa dinikmati pembaca.
    Sembari baca, bisa dapat ilmu.

    BalasHapus
  32. Jadi senang sama pelajaran Fisika garagara BES yaa. ahahaha.. Nanti saya rekomendasikan ke siswa siswi SMP saya deh~

    BalasHapus
  33. kereen banget, mbaak.. terus berkarya yaa dengan cerita yang inspiratif dan disukai oleh generasi muda :D platformnya juga udah bagus sih buat publikasi novelnya

    BalasHapus
  34. Penulisnya kreatif banget nih bkin novel dengan cerita yang bagus kaya gini jngankan anak2 aku aja sukaa bacanyaa mba..keren banget deh

    BalasHapus
  35. suer dah ini keren. Coba dari dulu bikin novelnya mba................, pasti banyak yg baca. Karena base on pengalaman aku sulit sekali mengerti fisika, kalau baca novel seru kayaknya bakalan ga sadar kalau sebenarnya sedang belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baru sempat sekarang hihihi..

      Hapus
  36. Ini drama banget kayaknya ya, udah anak yatim.. ditinggal pula sama ibunya. Duuh.. tapi seru ada berbau2 fisikanya. Bagus lah ini buat bacaan anak remaja. Apalagi masuk aplikasi kwikku. Soalnya skrg novel di aplikasi online ada bumbu2 dewasanya.

    BalasHapus
  37. Memudahkan sekali ya.. sekarang ini dapat membaca novel secara online dan dapat membacanya dimana saja kapan saja.

    BalasHapus
  38. MasyaAllah ... Kreatif banget. Adakalanya ilmu tuh nggak susah ya, bisa jadi susah karena cara mengemasnya aja yang kurang 'ramah'. Aduh, jadi inget gimana dulu aku puyeng belajar katrol-katrol dalam Fisika. Akhirnya malah nilai Fisikaku yang dikatrol, wkwkwk ...

    Makasih loh udah menyediakan novel Fisika yang menyenangkan.

    BalasHapus
  39. Wah keren, cara asyik belajar fisika
    Dulu saya harus beli buku terjemahan agar anak anak saya senang belajar fisika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Buku impor banyak yang lebih menarik cara menyajikan pelajarannya, ya

      Hapus
  40. Duh sayang aku udah ga sekolah lagi, kalo ga, enak banget belajarnya menyenangkan ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Bisa direkomendasikan ke keluarga atau kenalan.

      Hapus
  41. KAlau senang baca novel, Kwikku bisa jadi favorit, ya.
    Btw, tokoh Bes mengingatkan pada diri saya, nih. Uhuk....

    BalasHapus
  42. Belajar fisika lewat novel, sepertinya ini bermanfaat sekali buat dibaca mereka yang sering kesulitan belajar fisika :D

    Semoga sukses, menang lombam dan difilmkan ya. Aamiin.

    BalasHapus
  43. Wah, Semoga sukses novel online terakhir yang diikutkan lomba untuk difilmkan itu..Juga jadi penasaran dengan BES..ya ampun menarik sekali tentang remaja dan Fisika. Auto kepo jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku dah intip, Mbak. aku kasih lihat anak sulungku biar baca juga. Dia kelas 10 SMA dan Fisika katanya susaah.. pelajaran Fisika. Memang Fisika dianggap momok terbesar oleh sebagian besar siswa yaa

      Hapus
  44. Keren mbak Farida Pane, novel tentang pelajaran fisika, akan sangat membantu sekali nih bagi para siswa. Belajar fisika tidak lagi sulit dengan membaca novel ini, jadi tidak membosankan dan bisa jado hiburan juga ya. Sukses terus mbak.

    BalasHapus
  45. Saya termasuk yang kurang cakap di Fisika. Coba zaman dulu sudah ada novel yang seperti ini ya, mungkin saya bisa menghadapi pelajaran Fisika dengan mudah.

    BalasHapus
  46. Ssya dulu suka loh dengan fisika karena gurunya ok. Nilai saya juga gak jelek. Cuma memang dulu pun fisika, komia, matematika, itu seperti pelajaran yg menakutkan ya 😀

    BalasHapus
  47. Saya anak IPA pas SMA, tapi nggak suka fisika karena bikin pusing! Hhahaha.. btw baru baca sekilas ulasannya aja ini kayaknya keren. Jujur, dulu saya tuh suka baca novel tp akhir2 ini banting setir bacaan saya ke buku motivasi. Nggak tau kenapa novel2 skr nggak bikin baper istilahnya. Tapi, novel ini kok bikin penasaran sih :)

    BalasHapus
  48. Dari jaman SMP kayaknya fisika itu jauh banget di otak hahaha..susah nyambungnya...tapi jadi penasaran deh kalau disambungin sama cerita fiksi gimana...Keren deh mba, aku penasaran mau bacanya deh

    BalasHapus
  49. Aku tuh beberapa waktu lalu sempat beli buku science gitu untuk anakku belajar dan mencari yang memang ada alur cerita menarik biar dia lebih enjoy belajarnya. Bagus banget ini BES ya mbak jadi anak dibuat enjoy juga belajarnya.

    BalasHapus
  50. Seketika tertegun dengan kata fisika. Tambah tertegun karena disajikan pula pembelajaran fisika dalam bentuk novel... Recommended ya buat yang suka dgn novel tapi sekaligus bisa belajar fisika juga... Mantap

    BalasHapus
  51. Kereeeen banget. Ini ga asal tulis nih. Mesti pelajari fisika juga. Yuhuuu, mantap.

    BalasHapus
  52. Kalau ada kisah mengharukan seperti ini, anak2 SMP dan SMU belajr fisika jadi ademan ya. Lebih bisa memahami karena kayak baca buku yang mengandung kehidupan sehari2. Mantap banget mbak Farida :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^