Apa Bedanya Air Purifier dengan Yang Lain?

air purifier
Air purifier mobil

Kamu masih bingung membedakan fungsi alat elektronik lain dengan air purifier? Air cleaner atau air purifier merupakan suatu alat berteknologi yang mampu menjernihkan atau membersihkan udara di dalam suatu ruangan. Ada juga yang ukuran kecil untuk mobil. Sama-sama untuk meningkatkan kualitas udara, apa bedanya dengan benda-benda berikut ini?


Air Conditioner

Pendingin ruangan berbeda dengan penyaring udara. Pendingin ruangan lebih untuk mengatur suhu ruangan agar tetap sejuk. Saat ini, selain AC berfitur watt control atau hemat energi, memang  ada juga AC yang memiliki fungsi air purifier dalam sistemnya. Alat ini tidak hanya mendinginkan ruangan seperti AC, melainkan juga mengeluarkan udara yang segar yang sudah bersih atau bebas polusi.

Sejatinya, penyaring udara memang akan lebih efektif beroperasi bersama pendingin ruangan. Sebab, keberadaan AC membuat ruang lebih sering tertutup sehingga kinerja penyaring udara tidak terlalu keras dibandingkan jika udara luar selalu hilir-mudik dalam ruangan.


Air Cooler

Sebenarnya alat ini berfungsi sama dengan air conditioner. Hanya saja, air cooler bekerja dengan memanfaatkan air/es batu untuk mendinginkan suhu ruangan, sedangkan air conditioner menggunakan kompressor dan refrigeran. 

Air cooler tidak memberikan udara dingin, hanya sejuk. Derajat temperaturnya tidak bisa diatur sesuai keinginan. Selain itu, karena menggunakan air, maka ia pun meningkatkan kelembaban udara. Ia memberikan udara yang selalu segar jika udara baru terus masuk.

Humidifier

Sama-sama membantu penderita asma dan alergi yang disebabkan oleh udara, namun alat ini lebih pada fungsinya melembapkan, bukan menjernihkan udara di dalam ruangan. Ia menggunakan cairan sebagaimana air cooler. Sekadar untuk menjaga kelembapan ruangan, tanpa efek menyejukkan. Pelembap ruangan dapat dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan cara kerjanya, yaitu: sistem uap, sistem gelombang elektronik, sistem vaporasi, dan sistem hibrid. 


penyaring udara
Air purifier ruangan

Dehumidifier

Nah, apa lagi ini? Humidifier biasa digunakan di daerah empat musim yang musim dinginnya terlalu kering. Sebaliknya, dehumidifier berfungsi mengurangi kelembapan agar tetap di batas normal. Sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia. Ruangan yang terlalu lembap dapat memicu jamur dan lumut.

Dehumidifier bekerja dengan cara menarik air yang terkandung di udara. Air yang sudah terkumpul di dalam alat ini harus dibuang setiap beberapa jam sekali agar mesin dapat bekerja dengan maksimal. Jadi, yang ditarik hanya air, ya. Tidak seperti penjernih udara yang juga menarik debu, polutan, kuman, dan lain-lain.


Diffuser

Alat ini akan menyemprotkan minyak esensial yang dapat membuat kita lebih relaks dan bernapas lebih baik. Jika penjernih udara lebih berfungsi saat berada di ruangan yang memiliki kualitas udara buruk dan kotor, diffuser lebih baik diletakkan di ruang kecil sehingga wangi yang disemprotkan bisa bertahan lebih lama.

Ada diffuser yang membutuhkan air untuk membantu penguapan seperti pelembap ruangan, tetapi dalam jumlah lebih sedikit. Ada pula beberapa produk diffuser yang hanya menggunakan minyak atsiri tanpa tambahan air lagi.


Konsentrator Oksigen

Ini adalah alat medis yang menghasilkan oksigen murni dari udara bebas. Ia akan menyaring nitrogen ataupun zat lain dari udara. Kemudian, oksigen murni tersebut disalurkan melalui selang ke jalur pernapasan pasien.

Alat bantu pernapasan ini biasa digunakan untuk orang dengan sesak napas akibat penyakit tertentu guna meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Konsentrator oksigen ada yang dapat bawa ke mana-mana dan ada yang tidak untuk dipindah-pindah. 


Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi, kan? Tinggal pilih saja alat elektronik yang sesuai dengan kebutuhanmu!

23 komentar

  1. Wah, butuh banget akutuuu punya Air cleaner atau air purifier
    Maklum, kondisi surabaya kan banyak polusi.
    jadi, butuh suatu alat berteknologi yang mampu menjernihkan atau membersihkan udara di dalam suatu ruangan. Ada juga yang ukuran kecil untuk mobil.

    BalasHapus
  2. Nahini yang kadang rancu hehe.. Fungsinya beda-beda dan kita pakenya disesuaikan dengan kebutuhan..Pengennya yang gabungan deh.. bikin adem ruangan, lembab, bersih, dan wangi wkwk

    BalasHapus
  3. Aku di rumah adanya Air Conditioner dan Air Cooler aja sih hehehe :D Memang deh, hawa panas gini rsanya ga cukup cuma pakai kipas angin, masih kegerahan. Paling ga, udara jadi lebih adem, sejuk ya mbak kalau kita punya alat elektronik semacam ini :D

    BalasHapus
  4. yes aku pun suka bingung deh bedanya apa gitu, ternyata berbeda dan fungsinya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya, terutama untuk di rumah

    BalasHapus
  5. waah informatif sekaliiii...jadi mendingan tahu beda masing-masing alat yaaa..
    di rumah aku baru ada AC dan air cooler. Tapi coolornya jarang dipakai karena brisiiiik.

    BalasHapus
  6. Naah emang kadang suka misspersepsi nih antara air purfiier, humidifier, bahkan sama diffuser hahahaha...
    sekarang makin terasa penting nih dirumah pakai air purifier mengingat virus2 yang berkeliaran

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak jenisnya ya air purifier, aku hanya tahunya AC dan difusser ternyata banyak alat yang lain

    BalasHapus
  8. Ada dehumidifier ya mbaa.. wah kadang nih klo orang awam suka ketuker2 yaa. Dengan adanya artikel mba jadi jelas perbedaannya ^^

    BalasHapus
  9. Jadi tercerahkan sama penjelasan bedanya ini dan itu, Mak. Aku lebih suka diffuser nih, biar bisa nambahin aroma terapi di dalamnya hihihi. AC atau Air cooler buat udara Bandung ga terlalu dibutuhin sih. Palingan kalau cuaca lagi hot dan suhu di atas 28an, nah itu butuh udara lebih dingin. Solusiku selama ini baru kipas angin. Biar lebih pool kalau lagi panas beud tambahin rebahan di lantai. Adem deh wkwkwkwk...

    BalasHapus
  10. Nah iya...
    Ini sangat memabntu sekali saat harus memilih yang mana yang paling dibutuhkan untuk udara di rumah.
    Aku kemarin-marin juga nyari humidifier, terus bingung lagi ada diffuser.
    Aaah....lieur, akhirnya pilih yang ada di Griya aja...hahaha bener banget.
    Stella Matic buat wangi-wangian di rumah agar tetap segar.

    BalasHapus
  11. Banyak macamnya ya, aku yang penasaran itu sama Diffuser. Sekarang lagi hits banget ya, banyak yang terbantu sama Diffuser

    BalasHapus
  12. Iyah Mb paham karena langsung digunakan sebab air kami yah begitulah, hiiiks. Ma kasih ulasannya

    BalasHapus
  13. molly penasaran sama diffuser. ada rekomen diffuser yang bagus dan murah gak mbak farida?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku pakai reed diffuser. Jadi, bukan alat elektronik

      Hapus
  14. saya pakai alat untuk melembabkan ruangan ketika tinggal di Jepang. Saat itu musim dingin, jadi udara di dalam kamar kering karena kita pakai penghangat ruangan. hidung jadi kering dan mudah mimisan. hingga harus menggunakan humidifier

    BalasHapus
  15. wah kayaknya aku butuh Air cleaner atau air purifier ini deh
    secara tinggal di surabaya yg panas Dan penuh polusi

    BalasHapus
  16. eh baru tahu nih mbak kalau di Indonesia lebih butuh dehumidifier dibanding humidifier soalnya aku pakainya ya humidifier. Sebenarnya bagaimana mengukur alat apa yang dibutuhkan untuk di ruangan?

    BalasHapus
  17. aku punyanya ac, diffuser, air cooler

    pengen humidifier biar enak kayaknya ruangan kalau dipakein ini. air cleaner kayaknya butuh juga
    duh jadai pengen cek cek harga secara di rumah aja kudu bikin nyaman

    BalasHapus
  18. Mirip-mirip gitu ya fungsinya. Beberapa aku punya sih, ternyata gitu ya perbedaan cara kerjanya, masing-masing punya manfaat tersendiri.

    BalasHapus
  19. Saya tahu nama dan fungsi beberapa prodk di atas. Pengurang kelembaban yang baru tahu, dan jadi kepikiran dulu di rumah lama yang terlalu lembab saya sering sakit. Buku juga cepat rusak, kuning dan berjamur. Andai dulu tahu.. ga perlu pindah rumah...

    BalasHapus
  20. Alat peningkat kualitas udara yang disebutkan di atas, di masa pandemi gini jadi banyak digunakan. Ada teman sampai beli beberapa macam sesuai fungsi, dan tiap kamar anaknya pakai. Nah beberapa bulan lalu aku pernah baca ada blogger menulis tentang satu alat yang punya 3 fungsi sekaligus. Kalau nggak salah blognya Mbak Rizka. Jadi dalam 1 alat itu berfungsi sebagai humidifier, air purifier, dan diffuser sekaligus :)

    BalasHapus
  21. akhirnya jadi ngerti apa yang harus ada di rumah ya, selama ini baru cuma punya diffuser aja dan serangkaian oil2 nya hehehe. sepertinya aku butuh humidifier jugaa

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^