Cara Menggendong Bayi yang Baik untuk Pertumbuhan

cara menggendong bayi

Bagi ibu baru mungkin masih kesulitan dan bingung bagaimana menggendong bayi yang benar. Menggendong bayi memang tidak boleh sembarangan karena selain akan mempengaruhi kesehatannya juga akan berpengarung terhadap tumbuh kembang bayi tersebut.


Berikut ini beberapa cara menggendong bayi yang baik agar nyaman dan tumbuh kembangnya optimal.

1. Posisi cradle hold

Baringkan kepala bayi di sudut siku Ibu dan peluk bayi dengan tangan Ibu yang satu lagi. Cara ini biasanya akan membuat bayi tertidur lelap dan Ibu akan puas memandangi wajahnya.

2. Posisi bayi berdiri

Ibu juga bisa menggendong bayi di depan dengan menahan bagian pantat bayi dan tangan lainnya diletakkan pada bagian punggung bayi. Letakkan bayi sedekat mungkin dengan tubuh Ibu.

tumbuh kembang bayi

3. Posisi gendong samping

Ibu juga bisa mencoba menggendongnya pada salah satu panggul Ibu saat bayi sudah memiliki otot leher yang kuat untuk menopang kepalanya. Letakkan salah satu tangan Ibu pada pinggang bayi. Posisi ini membuat bayi dapat melihat sekelilingnya dengan leluasa dan salah satu tangan Ibu masih dapat melakukan hal lain.

4. Posisi menyamping di pinggang Ibu

Untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, Ibu sudah bisa menerapkan posisi kaki bayi melingkar ke pinggang Ibu atau dikenal dengan istilah “pekeh”. Gendong bayi pada bagian samping pinggang Ibu, lingkarkan kakinya pada pinggang, dan topang dengan satu tangan. Dikarenakan punggung bayi masih belum dapat tegak secara sempurna, Ibu sebaiknya tetap menopangnya.

5. Gunakan alat gendong bayi

Cara praktis lainnya adalah dengan menggunakan alat gendong bayi atau sling. Alat gendong akan mempermudah Ibu untuk menggendong bayi supaya tidak cepat lelah.


Pastikan buat nyaman si Kecil saat menggendongnya. Periksalah apakah popoknya sudah penuh sebelum menggendongnya, karena popok yang penuh akan membuatnya tidak nyaman. Popok yang kering dan lembut akan selalu membuatnya nyaman. Gunakanlah popok dengan daya serap baik seperti popok Merries. Popok No 1 pilihan ibu-ibu di Jepang sangat nyaman untuk si Kecil. 

16 komentar

  1. Ternyata menggendong bayi ada tekniknya juga yak.
    Semoga bayi2 tumbuh kembang dgn optimal.

    BalasHapus
  2. Cara mengendong bayi memang wajib diketahui, jangan sampai bayi kecengklak.Karena saat mengendong itu momen kedekatan berharga, juga saat2 bayi melihat sekeliling. Jadi kondisi bayi harus senyaman mungkin ya mba, salah satunya dgn menggunakan popok Merries yg sesuai.

    BalasHapus
  3. wah ternyata menggendong bayi juga ada tehniknya ya, nggak sembarangan

    BalasHapus
  4. paling enak sih pake gendongan.. gak pegel kalo gendong lama-lama. hehe

    BalasHapus
  5. Aku selalu pake alat gendong bayi yang langsung gitu, gak bisa pake kain sendiri. Keponakanku tiap aku gendong selalu langsung tidur. Hehe

    BalasHapus
  6. aku lebih suka menggendong posisi M shape, mba. dengan posisi bayi hadap ke ibu.. itu nyamaan bgt deh rasanya.. buat bayi maupun buat ibu hihi

    BalasHapus
  7. Aduh duh, baca postingan ini jadi kangen bayi. Si kecil sudah 5 tahun, tapi kadang sekali sekali kangen minta di gendong juga haha. Tapi ya gendongnya cuma bentar, lama-lama gak kuat, maaak. Btw, makasih infonya, penting banget ini soal gendong menggendong yang benar

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalau gendong bayi ada tehniknya. aku juga sering gendong bayi, tapi ga tahu apa2. yang penting hati2 aja...hehe.

    BalasHapus
  9. Iya banget...
    Kalau popoknya penuh atau poop, pasti bikin anak jadi gak nyaman, sehingga posisi gendongan bagaimanapun, tentu mereka akan protes dengan menangis.

    BalasHapus
  10. paling senang kalau posisi cardle hold itu ya, gemesh aja bawaannya kalau udah digendong kayak gitu. ibu2 muda harus tau ini posisi2 yang tepat sesuai usia bayi

    BalasHapus
  11. Kalau aku lebih suka pake gendongan mba sempet punya gendongan kekinian eh sayang sekarang ga kepake lagi haha

    BalasHapus
  12. Nah teknik menggendong perlu diperhatikan ya ternyata. Karena kenyamanan ibu dan anak juga penting ya. Karena anak udah gede, aku lupa dulu gendong anakku pakai teknik yang mana ya

    BalasHapus
  13. Anakku kurang betah klo digendong posisi cradle hold mahnya bediri gitu

    BalasHapus
  14. Aku coba semua caranya asal anaknya bisa diem aja. Anakku dulu bau tangan, jadi harus digendong terus. Alhasil semua cara dicoba.

    BalasHapus
  15. Aku tim gendong bayi pake gendongan aja mba, soalnya lbh praktis dan ringkas. Anaknya jg lebih safe pake carrier

    BalasHapus
  16. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^