header permata pengalamanku

Mooimom untuk Down Syndrome

78 komentar

Bayiku lahir di usia kehamilan 38 minggu dengan berat 2,4 kg dan tinggi 45 cm. Mungil, memang. Namun saat itu dokter menyatakan semua organ tubuhnya berfungsi dengan normal.

Hari-hari berikutnya, aku berjuang memberikan ASI sebagaimana umumnya ibu yang memiliki bayi baru. Rupanya dia masih saja kesulitan mengisap dengan kuat. Sehingga ASI yang didapatnya sedikit sekali.

Tepat di hari ke-7, aku mendapati tanda dehidrasi karena pipisnya cuma 4-5 kali sehari semalam. Dan cerita pun berlanjut dengan 2x keluar masuk kotak penyinaran ultraviolet untuk melawan gejala kuning pada tubuhnya.

Kondisinya pernah sedikit aku singgung dalam cerita: Kisah Menuju Acara Tidur Malamku.

Sudah 4 Dokter Spesialis Anak yang menyatakan dugaan bahkan keyakinan bahwa bayiku mengalami Down Syndrome begitu mencermati ciri-ciri fisiknya. Menurut dokter terakhir yang kami temui, kesulitan bayiku menyusu langsung karena memang bentuk langit-langit mulutnya lebih tinggi sehingga gagal melakukan pelekatan pada payudara.

Makanya Beliau menenangkan hatiku untuk tidak memaksakan diri harus bisa menyusui langsung. Selama kebutuhan gizi bayi terpenuhi, maka senantiasa memberikan ASI melalui botol susu bukanlah sebuah aib. Yang penting tumbuh-kembang bayi bisa diusahakan semaksimal mungkin.

Singkat cerita, sejak keluar dari rumah sakit, bayiku pun mengonsumsi ASI perah hanya melalui botol susu. Karena hanya alat inilah yang paling efektif. Berhubung botol susu bisa diubah-ubah posisinya hingga menemukan yang pas untuk diisap dengan optimal.

Sayangnya, agak sulit juga menemukan botol susu yang sesuai untuknya. Ada kalanya begitu kami berhasil membangunkannya dari rasa malas menyusu, ternyata ASI yang diisapnya berceceran keluar dari sudut dan bibir bawahnya.

Lain kali, kami mencobakan botol susu dengan lubang dot yang lebih kecil, ternyata justru membuatnya meronta-ronta karena merasa lelah mengisap tanpa hasil tetesan yang cukup banyak. Ada juga yang bahan dotnya terlalu kaku sehingga dia hanya menekan-nekan dengan gusinya.


Makanya, begitu aku mengetahui Mooimom meluncurkan produk alat makan bayi, termasuk botol susu, aku jadi antusias ingin memilikinya. Bukannya apa-apa. Karena Kesan Pertamaku Mencoba 2 Produk Mooimom sebelumnya sangat positif.

Produk alat bayi milik Mooimom ini diberi label nama Ola Baby. Aku pun memilih Gentle Baby Bottle untuk bayiku. Sekaligus juga produk Mooimom yang lain berupa Pompa ASI jenis Silicon Breast Pump untuk membantuku lebih optimal memberikan ASI.

Bagaimana kesanku terhadap 2 produk ini? Begini ceritanya:

Ola Baby Gentle Bottle



Produk ini memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut:

  • 100% Bisphenol-A (BPA) free
  • Terbuat dari 100% Silicone Food Grade yang bebas racun
  • Warna atraktif yang dapat menstimulasi visual bayi
  • Dot yang didesain menyerupai puting agar menyerupai payudara alami
  • Desain posisi dot yang di samping
  • Terdapat 2 lubang udara pada dot dengan sistem anti kolik
  • Tekstur botol yang lembut sehingga memudahkan untuk dipegang
  • Ring bottle/lingkar mulut botol yang lebih lebar
  • Dilengkapi dengan ruang botol yang luas agar mudah dibersihkan
  • Dapat dimasukkan ke mesin steril (kecuali tutup botol)
  • Mendapatkan penghargaan IF Design Awards 2018
  • Ukuran botol: 120 dan 240 ml

Aku memilih yang berukuran besar menyesuaikan kebutuhan bayiku yang saat ini sekali minum bisa menghabiskan 120 ml ASI. Jadi, botol besar ini cukup untuk menampung 2 porsi ASI yang perlu dibawa selama perjalanan.

Terdapat pula 4 varian lubang pancaran pada dot yang disesuaikan dengan usia bayi seperti yang tercantum pada foto di atas. Bayiku menggunakan ukuran Medium Flow sesuai usianya.                                                                                          Yang paling mengesankan dari produk ini adalah warnanya yang menarik. Pilihan warna yang tersedia antara lain: Frost, Sky, Pink, Coral dan Mint. Aku memilih warna mint karena warna segarnya mengingatkan pada warna label Mooimom sendiri.

Gentle Bottle ini memang didesain secara khusus untuk menciptakan pengalaman menyusui terbaik bagi bayi dengan merangsang pengembangan melalui sentuhan dan penglihatan. Bahan yang lembut dan warna yang menarik membantu merangsang indra peraba dan visual bayi.

Benar saja. Hal ini aku buktikan sendiri pada bayiku. Saat tiba waktunya minum ASI, aku memberikannya botol lama walau dia masih tertidur. Dia pun mengisap dengan mata masih tertutup. Namun begitu aku ganti dengan botol susu Ola Baby, matanya langsung terbelalak berbinar-binar.

Sepertinya dia senang sekali melihat lingkaran-lingkaran hijau besar di depan matanya. Selain itu, aku menebak kelembutan bahan dan desain unik dotlah yang pertama kali membangunkannya. Desain dotnya menyerupai puting payudara alami guna mengurangi penolakan botol.

Lingkar mulut botol yang lebar, selain memudahkan saat membersihkan botol juga sangat membantuku ketika memerah ASI dengan tangan. Cipratan yang mencuat ke sana ke mari bisa lebih banyak tertampung ke dalam botol.

Nah, artikel ini sekaligus jawaban ya, dari banyaknya keheranan teman-teman karena aku masih bisa aktif mengikuti acara-acara bloger padahal memiliki bayi. Itu karena bayiku hanya mengonsumsi ASI perah. Selama ada stok, aku bisa minta tolong orang lain memberikannya saat aku beracara.

Mooimom Silicon Breast Pump



Salah satu hal tidak mengenakkan jika sedang pergi meninggalkan bayi selama beberapa jam adalah saat terjadi LDR (Let Down Reflex) alias ASI mulai merembes membasahi baju karena tertunda disusukan. Rasanya sayang sekali kalau terbuang sia-sia.

Itulah alasan aku menggunakan Mooimom Silicon Breast Pump guna menampung ASI yang keluar saat LDR atau sedang memerah payudara sebelahnya. Pompa ASI ini memiliki fitur-fitur unik sebagai berikut: 

  • 100% food grade silicone, tidak mengandung BPA, PVC dan Phthalate
  • Dapat dibawa bepergian, mudah disimpan, tidak repot, tidak menggunakan listrik dan tidak memakan banyak tempat
  • Desainnya kecil dan sederhana. Membuat proses menyusui menjadi lebih mudah dan praktis
  • Tidak menimbulkan iritasi, sangat aman di kulit terutama pada area sensitif seperti payudara
  • Desain mulut silikon yang ergonomis, sesuai untuk berbagai bentuk payudara
  • Desain bagian bawah silikon yang bisa menempel di bidang datar, tidak mudah tumpah dan dilengkapi dengan penutup
  • Silikon tahan suhu rendah -20 dan suhu tinggi 250°C. Dapat dipanaskan/direbus, dimasukkan ke dalam mesin sterilisasi maupun microwave dan juga disimpan di lemari es
  • Tinggi Silikon: 15.5 cm, diameter mulut silikon: 8.5 cm, daya tampung: 120 ml

Bentuknya memudahkan untuk dibawa bepergian. Bisa digunakan untuk memompa saat bepergian, di mobil atau pun di tempat kerja. Seperti saat aku menghadiri salah satu acara bloger kemarin, aku membawanya untuk berjaga-jaga menampung ASI.

Walaupun ku duduk di muka di samping eh di hadapan Bapak Kementrian yang sedang bekerja, aku tidak perlu rikuh memakainya. Tersembunyi di balik kerudung lebar tanpa perlu dipegangi. Jemari pun tetap bisa lincah mengetik bahan live tweet hingga menjadi trending topic!

Karena memang cara memakainya sederhana sekali, lho. Begini langkahnya:
  1. Tekan bagian bawah silikon
  2. Lekatkan mulut silikon ke dasar payudara, posisikan agar areola dapat masuk sebanyak-banyaknya ke dalam leher kecilnya
  3. Lepaskan tekanan jari pada bagian bawah silikon. Otomatis pompa akan melekat kuat pada tubuh dan siap menampung ASI.

Lumayan deh, hasilnya. dari satu sisi saja aku bisa mendapatkan 50 ml hari itu untuk dibawa pulang. Tinggal dipindah ke kantong/botol penyimpan ASI, jadi deh oleh-oleh buat bayi tercinta.


Inilah usahaku untuk tetap memberikan yang terbaik bagi bayiku. Terimakasih Mooimom yang sudah banyak membantuku. Jika Anda tertarik untuk mengenal lebih banyak produk-produk Mooimom, Anda bisa mengunjungi akun media sosial resminya di Facebook Fanpage Mooimom dan Instagram Mooimom. Selamat berburu!

Related Posts

78 komentar

  1. semoga tidak ya mbak....mbak farida aktif banget ya meski punya baby ternyata ini rahasianya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa ciri2 memang ada sih. tapi secara tumbuh kembang sampai sekarang belum melihat hambatan yang berarti. mungkin yang level ringan kali ya :)

      Hapus
  2. Wah bayinya lucu banget, semangat kasih ASI-nya ya mbak ida :)

    BalasHapus
  3. Kalo pas event ga pusing ninggal bayi ya mba. Aku malas pumping nih gapunya alatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... aku lebih suka pake tangan sih. tapi yg breast pump ini lumayan buat nampung asi tanpa dipegangi :)

      Hapus
  4. seneng banget ya mbak bisa nemu botol susu yg cocok buat si adek. semoga setelah pake dot baru minus ASI nya makin lancar, tambah pinter. sehat2 terus ya baby :*

    BalasHapus
  5. Moga sehat selalu ya Dedek bayi.. 😘
    Sy pas ada acara Orami dapat hadiah Silikon breastpump-nya moomom, bahannya bagus ya, pantes banyak yg suka 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya. Asyik dong ya dapat hadiah ��

      Hapus
  6. Ternyata ini jawabannya toh mbak kenapa mbak Farida aktif datang ke acara blog padahal masih punya anak bayi. Sehat selalu ya adik bayi.

    BalasHapus
  7. Aku juga pake silicone breast pump mooimom. Sayang anaknya ga mau nyusu dr botol. Jadilah skrg ga mompa lagi. Udah hbs kesedot si bayik. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gpp. emang enak dari gentongnya langsung kok hihihi..

      Hapus
  8. Wah membantu sekali ya menggunakan mooimom. Jadi pingin juga buat nanti kalau sudah lahiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baarakallah atas kehamilannya. moga sehat selalu ibu dan janinnya :)

      Hapus
  9. Alhamdulillah Mbak ada Mooimom jadi tetep bisa memberikan ASI untuk buah hati tercinta. Kalau anak saya dulu mengalami tong tie sehingga kesulitan menyusui dan harus dilakukan tindakan frenotomi. (Ihwan - Keluarga Biru)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama. 2 anak sebelumnya juga tongue tie. setelah frenotomi bisa menyusu seperti biasa

      Hapus
  10. Aku udah coba breastpump silicone dan electric mooimom keduanya sangat membantu aku untuk ttp mengASIhi walau kerja mba yg botol dotnya belum cobain. Sehat2 y mba dan ttp semangat mengASIhi :)

    BalasHapus
  11. Semoga adik bayi sehat terus ya, dan semangat terus untuk eping mama Mbak Farida. Semangat untuk terus mengASIhi..:)

    BalasHapus
  12. makasih sharingnya mba, saya beberapa bulan ke depan melahirkan..mungkin nanti perlu produk ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2. Semoga sehat selalu utk ibu dan janinnya 😍

      Hapus
  13. Mbak itu acara yg di Star Hotel nggak sih? Kayak kenal 😁 aslilah bisa bikin bakat multitasking keluar ya pake ini

    BalasHapus
  14. Terharu baca usaha u terus Kasih asi. Sehat terus u dedenya y mba

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah adik bayi tetap bisa minum ASI ^^ Semoga sehat terus yaaa...

    BalasHapus
  16. Botol Mooimom ini lucu ya, semangat ASI ya mbak. Apalagi ada silicon breast pump juga ya, karena zaman dulu ngasih ASI anakku belum ada yang seperti ini. Perjuang seorang ibu untuk memberikan ASI memang tidak bisa dibayar oleh apapun ya mbak.

    BalasHapus
  17. Semangat terus ya mba untuk memberi ASI apapun caranya. Semoga adek sehat terus.

    BalasHapus
  18. Sehat-sehat terus ya, Nak. Alhamdulillah bisa tetap minum ASI. Dan breast pump begitu memudahkan buat Ibu yang sesekali perlu meninggalkan bayi ya, Mba. Semoga ASI nya tetap banyak :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Iya cukup membantu biar asi ga terbuang percuma

      Hapus
  19. happy breastfeeding
    happy pumping ya mbaa
    serasa dejavu...

    BalasHapus
  20. Mooimom juga ada produk ini yah saya kira hanya baju bumil dan busui saja hehe, makasih informasinya

    BalasHapus
  21. Oh ternyata rahasianya itu ada di Mooimom Silicon Breast Pump ya mba. Semangat ya kasih ASI, dan tetap rajin tweet saat event, hehee

    BalasHapus
  22. Enak kalo punya silikon breastpump. Adikku punya jd buat nampung asi sebelah yang ngucur karena sevelahnya dipumping elektrik

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah ya ada produk yang cocok dari Mooimom ini. Sehat-sehat selalu, adek bayi sayang. :)

    BalasHapus
  24. Wah semangat ya mbak, mengasuh nya memang tidak mudah, tapi mengasihi bisa lebih mudah karena ada ola baby ini. Keep fight

    BalasHapus
  25. Salam buat dedenya. Asyik ya mba dapat botol susu yang cocok.

    BalasHapus
  26. Mirip puting banget bentuk dotnya.

    Semoga sehat terus ya Mbak Farida dan debaynya.

    BalasHapus
  27. Alat penyelamat banget ni buat mamak kalau ada event hehe, semoga sedekah sehat selalu ya mba aamin

    BalasHapus
  28. Waaa, tantangan menyusui bayi memang macem2 ya Mbak. Apapun itu, syemangat mengasihi pokoknya! Sehat selalu buat adik bayi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. jadi makin ngga berani ngejudge karena kondisi ibu dan anak itu macem2

      Hapus
  29. mbak.... iya nih milih breast pump dan botol dot itu perlu coba ini itu. Anakku pun sempat ga cocok pakai merek premium padahal udah terbeli. huhu... eh merek lokal dia malah cocok. Anak hemat sih ini >,<

    BalasHapus
  30. Sehat2 terus ya Nak, yg penting tetap minum ASI

    BalasHapus

  31. Semangat mbak Farida, semoga dedeknya sehat terus. Aku juga pakai prosuk Mooimom lo

    BalasHapus

  32. Memang ya memberikan ASI itu penuh pernak pernik, dan biar maksimal perlu juga alat bantu seperti produk Maimoon ini. Semangat memberi ASI ya :)

    BalasHapus
  33. Wah sama kyk Maxy mbak Farida, lahir cukup bulan tapi BBLR. ALhamdulilah sehat2 yaaa dengan ASI :D
    InsyaAllah cepet naik BB-nya ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... udah sempat terkejar sih berat dan tingginya

      Hapus
  34. Produk-produknya membantu banget ya buat ibu dan bayinya. Sedih banget dulu pas ingin pompa ASI tapi pompanya nggak fleksibel dan efektif kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang kudu terus update info ya biar tahu produk terkini

      Hapus
  35. Banyak yg merekomendasikan pompa ASI Mooimom ya. Pernah pegang2 dan bahannya memang oke. Semoga sehat selalu ya Dedek..

    BalasHapus
  36. Kalau saya sebagai ibu bekerja wajib banget nih mompa buat stok asip anak nanti. Dulu itu pakai pompa asi elektrik sama manual. Dan sekarang jadi penasaran juga sama produk-produknya mooimom karena emang bagus-bagus

    BalasHapus
  37. saya baru tau lho mbak down syndrom bisa dideteksi sejak bayi. ini jadi pengetahuan tambahan buat saya sebagai calon orangtua...

    semoga saja diagnosa dokter salah ya mbak, biar dedek bayi tetap sehat2 hingga besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, udah keliatan sih ciri2 fisiknya. tapi buat memastikan ya butuh tes DNA

      Hapus
  38. Kayanya perlu beli nih buat istriku

    BalasHapus
  39. Wah saya ngiler yang buat penampung ASI nya mbak.ga usah dipegangi pula. Dulu zaman aku punya bayi sampai tumpah kemana-mana padahal udah dipegangi

    BalasHapus

Posting Komentar