Rabu, 16 Januari 2019

PakarHero, Saatnya Para Pakar Menjadi Hero Nyata


Belakangan ini, Nadia sedang bersemangat belajar membuat komik. Selama ini, dia membuatnya menggunakan aplikasi daring. Jadi, sudah ada banyak fasilitas yang disediakan di sana, misalnya: tokoh, kostum, latar tempat, balon kata, teks dll.

Nah, selanjutnya, dia ingin naik level nih, agar bisa menggambar sendiri komiknya. Kebetulan kami mengenal seorang komikus yang mengisi acara belajar menggambar di Kopi Koh. Oya, Kopi Koh ini adalah salah satu yang disebut dalam artikel 5 Resto Semarang dengan Sajian dan Suasana Jempolan.

Setelah jeda beberapa bulan karena kesibukan masing-masing, akhirnya Beliau berkesempatan memberikan bimbingan privat di rumah selama 5 jam. Sampai pegal-pegal deh, Nadianya. Hahaha... Berhubung memang ini pengalaman pertama, jadi kemampuan menggambarnya ya masih dari nol.

Sampai-sampai, akhirnya Nadia diminta menjiplak gambar yang sudah ada saja dulu, untuk melemaskan otot-otot jarinya agar lebih luwes menggoreskan coretan. Selanjutnya, gambar pun diproses secara digital menggunakan aplikasi.

Berhubung Nadia sudah kelelahan belajar selama 5 jam, maka dia pun memilih beristirahat dan diminta meneruskan sendiri menyelesaikan gambarnya. Gurunya meminta agar Nadia menyerahkan hasilnya besok. Namun hal itu tak pernah terjadi karena Nadia tidak percaya diri dengan karyanya.

Ada kalanya memang kita membutuhkan jeda untuk menghayati sesuatu, ya. Setelah sekian lama dia mengalihkan perhatian untuk melakukan hal lain yang disukainya, rupanya beberapa hari ini diam-diam dia mulai mencoba belajar menggambar lagi.

"Abi, aku belikan ini, dong," kata Nadia suatu hari sambil menunjukkan sebuah gambar produk di layar laptopnya. Benda itu sepertinya alat gambar yang mirip dengan yang pernah dibawa gurunya. Suami langsung mengizinkan untuk membeli. Tapi, eit! Aku kok masih ragu, ya.

Aku awam soal piranti desain grafis. Melihat harganya sih, murah saja. Tapi apa iya, ini pilihan terbaik? Apakah harganya masuk akal? Apakah cukup beralasan jika misalnya memilih yang harganya lebih mahal? Harus bertanya pada pakarnya gawai dulu, nih.

PakarHero Punya Jawabannya!


PakarHero

Kebetulan, aku baru saja mengenal PakarHero, sebuah portal yang menghubungkan kita dengan komunitas ahli dari berbagai bidang. Di sini, kita bisa berkonsultasi dengan satu atau lebih pakar untuk meminta pendapat, saran, dan/atau solusi atas pertanyaan/masalah yang dihadapi.

Bidang yang dilayani bermacam-macam. Namun untuk saat ini, PakarHero memiliki 13 bidang ahli yang masing-masingnya berisi beberapa pakar yang dapat kita pilih. Tentu ini akan terus bertambah, ya. Bidang yang telah tersedia adalah:

  • Akademis
  • Gadget
  • Hukum
  • Investasi-Asuransi
  • Kontraktor-Arsitektur
  • Media, Otomotif
  • Pajak-Kuitansi
  • Pemasaran Digital. 

Cara berkonsultasinya mudah sekali. Setelah mendaftar, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Jelajahi daftar pakar yang tersedia
  2. Pilih ahli yang diinginkan
  3. Ajukan pertanyaan
  4. Tunggu pemberitahuan bahwa pakar menerima kasus kita
  5. Lakukan pembayaran 
  6. Mulai berkomunikasi dengan pakar hingga tuntas mendapatkan jawaban yang dicari.

Tarifnya mahal, tidak? Kita bisa mengecek dan memilih sendiri tarif yang ditetapkan untuk masing-masing pakar. Setiap ahli memutuskan bagaimana durasi sesi dihitung. Ada yang berdasarkan jumlah pertanyaan dan ada pula yang berupa sesi bulanan untuk berkonsultasi selama 30 hari.

Kalau yang aku coba, tarifnya murah, kok. Untuk berkonsultasi tentang gawai, aku memilih pakar dengan tarif 5.000 rupiah per topik/pertanyaan.

Soal opsi pembayarannya, PakarHero terus berupaya memperluas untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Sementara saat ini, PakarHero hanya dapat menerima jenis pembayaran berupa:

  • Rupiah Indonesia (IDR) - hanya kartu kredit
  • Dolar AS (USD) - akun PayPal

Maka, aku pun meminta Nadia untuk mengajukan sendiri pertanyaannya dan berkonsultasi sampai puas. Berikut ini dialognya:

Dialog PakarHero

Kasus PakarHero

Konsultasi PakarHero

Konsultasi Online PakarHero

Konsultan PakarHero

Tanya gadget di PakarHero

ahli gadget PakarHero

Ternyata asyik lho, berkonsultasi di PakarHero. Kita bisa berkomunikasi dengan pakar kapan saja, dan dari mana saja. Kalau pas kedua pihak sedang online, ya berdiskusinya lancar sekali seperti obrolan biasa yang langsung mendapat respon. Jadi tidak perlu menunggu berjam-jam.

Kita akan mendapat jawaban yang tepat sasaran sesuai kebutuhan kita. Sangat efektif dibandingkan jika kita menjelajah mesin pencari dengan setumpuk informasi yang salah-salah malah membuat kita bingung mana yang bisa diikuti.

Selain itu, PakarHero ini kan, bebas dari ikatan merek apa pun, ya. Jadi, sarannya akan diusahakan seobyektif mungkin. Tidak menggiring pada merek tertentu, yang biasanya kita alami jika kita membaca ulasan berbayar di dunia maya atau bertanya pada sales gawai.

PakarHero Membutuhkan Keahlian Anda!


Oya, selain kita bisa berkonsultasi di sini, kita juga bisa menjadi konsultannya, lho. Selalu ada peluang bagi para pekerja lepas untuk bergabung dengan komunitas PakarHero. Yuk, iklankan keterampilanmu kepada dunia dan dapatkan penghasilan tambahan!

Nah, kamu sendiri sudah pernah tahu tentang PakarHero belum? Mau coba yang mana dulu, nih? Berkonsultasi atau jadi konsultan?

C2Live

93 komentar:

  1. Wah senang ya Nadia, bisa belajar membuat komik langsung dengan bimbingan guru. Jadi lebih asyik lagi karena bisa konsultasi dengan pakarnya di PakarHero. Semangat ya Nadia.

    BalasHapus
  2. Kesempatan utk jadi pakar atau ahli masih terbuka lebar di PakarHero karena ini marketplace konsultasi masih fresh jadi otomatis membuka peluang buat orang2 jadi pakar

    BalasHapus
  3. Baru tau ada pakarhero. Aku kadang suka bingung kalau mau beli semacam elektronik, takut salah pilih. Maklum, orang awam. Pasti membantu banget kalau bisa konsultasi. Etapi belum punya kartu kredit, huhu. Punya sih PayPal, tapi udah lama banget nggak dipake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. moga ke depannya makin banyak opsi pembayarannya ya

      Hapus
  4. Baru tau ada aplikasi semacam ini. Jadi lebih banyak info yang didapat ya mba. Apalagi untuk hal-hal yang masih kita raba di permukaan.

    BalasHapus
  5. Yaahh harus pake kartu kredit ya mbak. Aku gak punya :(
    Moga2 nanti ke depan pilihan cara pembayaran makin banyak, dan pakarnya juga makin beragam dari berbagai bidang.

    BalasHapus
  6. Mba, ini baru banget buat aku. Baru tahu ada pakar hero dan langsung deh aku cari tahu biar bisa dapat banyak kerjaan :)

    BalasHapus
  7. Wah baru tau aplikasi ini keren banget bisa nanya langsung sama ahlinya sayangnya aku nggak punya kartu kredit or paypal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih. moga nantinya makin banyak opsi pembayarannya ya

      Hapus
  8. Chat seperti contoh itu bayarnya 5rb mba? Ada batasan sekian chat ga, atau terserah mo sampe besok juga yg penting msh di topik itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, selama masih satu topik dan dalam kapasitas sang pakar ya chatnya bisa terus berlanjut

      Hapus
  9. Wah, asyik ya ngga perlu bingung lagi mau berkonsultasi pada ahlinya...semangat menggambar ya Nadia!

    BalasHapus
  10. Aku baru tau lo ada aplikasi ini
    berkonsultasi di PakarHero. Kita bisa berkomunikasi dengan pakar kapan saja, dan dari mana saja.

    BalasHapus
  11. Wah enak ya mba, sesuai dgn perintah "tanyalah pada ahlinya". Hehe

    BalasHapus
  12. Wah.... nice info mba. Aku jadi pengin konsultasi soal gambar juga. Duh, sayang gak punya kartu kredit dan akun paypal. Bikin dulu ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih. moga segera bisa membayarnya pakai saldo rekening bank atau yang lain yang lebih mudah ya

      Hapus
  13. Aku baru tau mba ada pakarhero..hihii gak uptodate banget ya aku.. Asikknya ada pakarhero bisa menjawab semua pertanyaan yang kita gak paham langsung dari pakarnya..semangat ya kak nadia, semoga makin jago ya gambarnya 😊 makasih ya mba sharingnya ya mba

    BalasHapus
  14. Wiiih mantap ini kita bisa konsultasi tanpa harua mendatangi kantornya ya. Sayangnya fasilitas bayarnya yang masih belum bisa dijangkau banyak masyarakat. Khususnya saya yang gak pake kartu kredit. Paypal kosong. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya. kita tunggu aja pakarhero untuk segera menambah opsi pembayarannya

      Hapus
  15. Lho samaan deh, nadia ku juga lagi seneng nggambar nih, pan kapan brlajar deh sama Nadia nya mbak farida yg udah jago dan sekalian nyobain pakar hero biar makin rajin nggambar

    BalasHapus
  16. Semoga Kak Nadia makin berkembang setelah ketemu pakarnya ya.

    BalasHapus
  17. mirip kaya quora ya konsepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakar hero lebih personal sih sifatnya :)

      Hapus
  18. Wah baru tahu nih. TRIms y mba..sdh dikenalkan dg Pakar Hero..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu... semoga bermanfaat :)

      Hapus
    2. Oya, itu biayanya per kasus / per pertanyaan, mba?

      Hapus
  19. Aku baru tahu ada PakarHero, mbak. Asik nih bisa untuk nanya2 ya, apalagi Naufal juga butuh pena gambar digital semester depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. bisa tanya berbagai bidang :)

      Hapus
  20. Tambah gampang ya sekarang bisa dapet jawaban dari ahlinya. Boleh nih kapan-kapan dicoba kalau mentok ngga tau mau tanya siapa lagi :D

    BalasHapus
  21. Wah ada Pakar Hero ternyat ayang bis abantu ya. Nadya sam akaya Pascal dong suka gambar, Pascal sudah aku belikan alat gambarnya mbak Wacom namanya. Semoga Nadya makin mahir ya

    BalasHapus
  22. Wah baru tau PakaHero ini,bermanfaat sekali saat kita bingung menentukan karena bukan ahlinya. Bisa tanya langsung ke ahlinya. Keren deh.

    BalasHapus
  23. Wah, iya loh. Suka bingung kalau harus berurusan dengan sesuatu yang bukan bidang kita. Dan, kadang bingung juga menemukan ahli di mana. Tapi, sekarang udah mudah aja ya ada di PakarHero.

    BalasHapus
  24. Pakarhero akan membantu solusi dari sebuah masalah.

    Berikan pada yang ahli
    agama mengajarkan

    BalasHapus
  25. Baru tahu aku Mbak ada Pakar Hero. Asyik ya, bisa konsultasi bidang-bidang tertentu dan kita bisa nyesuain tarifnya. Entar kapan-kapan coba buka ah. Penasaran detail bidangnya apa saja.

    BalasHapus
  26. aku baru tahu nih hehehe, kayaknya sekarang makin dimudahkan buat belajar ya mbak

    BalasHapus
  27. Wah asik ya bisa konsultasi dengan PakarHero dan murah biaya layanannya. Jadi pengen tanya-tanya juga

    BalasHapus
  28. Konsultasi soal dunia blogging nih! atau barangkali saya daftar jadi konsultan soal blog ya? haha padahal masih newbie udah sok-sokan :P jadi inget ruang guru. Cuma ini lebih praktis dan general banget ya. Seruuu! Bener-bener dah jalan-jalan ke blog orang bikin nambah wawasan hehe

    BalasHapus
  29. Saya baru tahu tentang pakarhero, Mbak. Portal yang bisa membantu mencarikan solusi untuk semua permasalahan ya ...
    Saya mah gak berani jadi konsultan, lebih baik berkonsultasi aja deh ehehehe

    BalasHapus
  30. Baru denger mengenai PakarHero ini Mba. Tapi dari cerita Mba membantu banget ya para pakarnya. Bisa konsultasi dimana aja, trus bisa pilih pakar dan tarif juga :)

    BalasHapus
  31. Wah seru juga ya bisa berkonsultasi itu. Kebetulan pengen jg berkonsultasi hukum. Nnati aku kepoin deh web pakarhero ini. TFS infonya.

    BalasHapus
  32. Wah asyik nih aplikasinya bisa nanya2 yg tidak kita pahami tapi kita butuhkan informasinya.

    Btw itu privat sehari sampe lima jam memang pasti bikin capek ya... Hrsnya paket privatnya yg lbh ramah utk anak bagi jd 2 pertemuan kek...hehe...
    Jd inget bungsuku yg suka komik deh...hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. kayaknya masnya udah biasa gitu kalau ngajari anak2. Nadianya aja mungkin ya yang passionnya belum semenggebu itu

      Hapus
  33. Makin banyak sekali orang berinovasi dalam hal peronlinean. sampai pakar saja bisa online. Hehe. Tapi mba, kalo perpertabyaan 5000 kalo aku gapaham2 sampe seratus pertanyaan beratti dikali 100 pertanyaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya begitu. tapi pakarnya biasa menyesuaikan jawaban dengan kapasitasnya penanya kok. kalau awam ya jawabannya umum dan sederhana aja. yang penting bisa nemu solusinya

      Hapus
  34. Mba tanyain nadia dong dia bikin komik dari yang media daring itu kalau boleh tau apa nama website atau aplikasi nya hehe di kota ak domisili, akses untuk konsultasi ke pakar nya sulit , maklun kota kecil. Pakar hero ini bisa membantu

    BalasHapus
  35. Zaman kuliah aku pernah bikin komik, Mbak, dengan aplikasi online. Kalau nggak salah nama aplikasinya pictoon atau apa giti aku kok lupa.

    BalasHapus
  36. Waah baru tahu ada pakar hero, sempet beli stylus pen karena pengen bisa menggambar digital di ipad, tapi ternyata susah, kagok banget, akhirnya stylus-nya nganggur, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. suamiku pake stylus cuma buat pengganti klik dan coret2 catatan atau tandatangan :)

      Hapus
  37. Baru tahu soal PakarHero. Belum paham jadi butuh baca artikel ini lagi 2 kali

    BalasHapus
  38. Bahagia banget ya hidup di jaman sekarang serba mudah seperti adanya pakar Hero ini kalau butuh konsultasi apapun bisa langsung kesini aja tanpa mengunjungi sang pakar .

    BalasHapus
  39. Waah baru tau aku mba ada aplikasi pakar hero ini. Pasti sangat membantu kita2 yang ingin cari tau tentang sesuatu ya.

    BalasHapus
  40. Wah, aku baru tahu ini aplikasi kayak gini , era digital memang makin mantul deh. Tapi kalau gak punya kartu kredit atau paypall buat bayarnya gimana ya itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum bisa sih saat ini. moga ke depannya menerima pembayaran antarbank ya

      Hapus
  41. makin keren aja ya sekarang, udah ada para pakar segala nih yang siap membantu kebingungan kita. dari awal udah bisa tahu biaya yang akan dikeluarkan pula, kerenn...

    BalasHapus
  42. Keren aplikasinya mbak aku baru tahu..btw gratis kan ya konsultasinya.

    BalasHapus
  43. aku baru tahu kalau ada pakarhero. jadi belajar bikin komik lebih mudah. aku malah ga paham, dan baru paham setelah baca ini.

    BalasHapus
  44. Inovasinya bagus nig pakarhero kalau mau tanta go harus dateng, jadi may coba mba

    BalasHapus
  45. Seriuussann...Nadya bisa bertahan belajar selama 5 jam, kak...?
    Fokus banget yaa...anaknya.
    Aku lihat videonya, kaka nya kalau ngajar sambil duduk terus gittu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga juga sih. dia udah ngeluh2 capek gitu hahaha..

      Hapus
  46. waah asik banget nih bisa belajar bikin komik langsung ke yang emang ahlinya, aku lagi tertarik banget sama dunia komik, sempet coba-coba bikin tapi belum nemu style gambarnya hehe

    BalasHapus
  47. Wah terjangkau sekali mba harganya, cuma 5 ribu per pertanyaan. Kalau lainnya biasanya dihitung jam kan ya.

    BalasHapus
  48. Senengnya Nadia bisa lgsg tanya sama expert lgsg ya mbak. Thanks for sharing mbak. Bisa ku coba nih..

    BalasHapus
  49. Wah pakar hero ini bagus banger dan ak suka banget, rekomendasi banget dah

    BalasHapus
  50. Misalnya 1 topik trs sampe 10 pertanyaan berarti 10 x 5rb gitu yah mba,?

    BalasHapus
  51. Topiknya lumayan banyak ya,,, kemudian bisa konsultasi sampai puas.... tapi kalau 1 pertanyaan 5 rb berarti setiap pertanyaan dikali 5k ya?

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^