Senin, 10 Desember 2018

3 Resep Dasar nan Praktis Cemilan Andalanku


Kalau ditanya, apakah pekerjaan rumah favoritku? Maka jawabannya adalah membuat cemilan. Karena memang aku suka makan dan mengemil. Tentu saja, cemilan lebih menarik untuk dinikmati, ya. Jadinya lebih semangat membuatnya.

Asyiknya lagi dari membuat cemilan adalah kita bisa melibatkan anak-anak dalam prosesnya. Tahu sendiri dong, bahwa aktivitas ini sangat bagus untuk menstimulasi kecerdasan anak. Beberapa manfaat yang bisa didapat anak dari kegiatan membuat cemilan bersama adalah:

  • Mengenal warna, bentuk dan nama benda
  • Belajar menakar
  • Melatih motorik halus
  • Mengasah kreativitas
  • Memupuk rasa percaya diri
  • Menggalang kerja tim dll

Nah, dari sekian banyak ujicoba resep yang kebanyakan tidak sukses, ada 3 resep dasar andalan yang aku pakai berulang-ulang untuk menyajikan cemilan favorit bagi keluarga. Dari resep dasar ini, aku tinggal menambahkan variasi manasuka sesuai permintaan dan ketersediaan bahan.

Mau tahu resep apa sajakah itu? Ini dia!


1. Pizza


Mungkin sekarang banyak yang suka pakai kulit pizza instan, ya. Tapi kalau ada waktu, aku lebih suka membuat sendiri. Menurutku rasanya lebih otentik. Hohoho... Ini resep kulit pizza favoritku untuk diameter 18 cm. Kalau isiannya sih, bisa apa saja sesuai selera.
Bahan:
  • 100 gr tepung protein tinggi
  • 3 gr ragi instant
  • 60 ml air/susu
  • 1 sdm margarin/minyak lain. 

Cara Membuat:
  • Campurkan 3 bahan pertama, diuleni sampe rata dan kalis
  • Tambahkan margarin/garam jika suka, lalu uleni lagi hingga kalis
  • Diamkan 1 jam hingga mengembang
  • Giling, bentuk dan isi sesuai selera

2. Pai



Ini juga yang penting kulitnya. Kalau soal isiannya bisa macam-macam, bisa yang gurih atau manis. Resep kulit pai ini aku suka sekali karena super praktis dan murah bahannya. Kan, tanpa telur. Selain itu, hasil adonannya bisa sangat tipis namun tetap kokoh.

Bahan:
  • 250 gram tepung terigu protein sedang atau rendah
  • 1 sdm gula bubuk atau 1/2 sendok teh garam, sesuaikan dengan isian manis atau gurih
  • 150 gram margarin
  • 2 - 4 sendok teh air es

Cara Membuat:
  • Campur tepung terigu dan gula bubuk/garam hingga rata
  • Tambahkan margarin, aduk rata
  • Tambahkan air es, uleni hingga sekadar tercampur rata
  • Tekan-tekan adonan pada cetakan, tusuk-tusuk bagian dalam adonan agar tidak menggelembung
  • Panggang dalam oven dengan suhu 180℃ selama 15 menit.

3. Snack Bar



Siapa yang suka jajan energy bars atau healthy bars di supermarket? Bikin sendiri jauh lebih lezat, lho. Ini pilihan cemilan enak, kenyang dan sehat. Bahannya bisa divariasikan sesuai keinginan, ya.


Bahan:
  • 2 cup oats
  • 1 cup bahan tambahan (buah kering, sereal atau kacang-kacangan cincang)
  • 80 ml minyak
  • 80 ml madu

Cara Membuat:
  • Sangrai oats dan bahan tambahan selama 10 menit, matikan kompor
  • Tambahkan minyak dan madu, aduk rata
  • Tuang ke atas plastik, ratakan dan padatkan membentuk segiempat. bungkus dengan plastik seperti membungkus baju menggunakan koran
  • Dinginkan minimal 2 jam dalam kulkas
  • Potong sesuai selera

Nah, mudah sekali, kan? Siapa di sini yang juga suka membuat ketiganya? Kamu punya varian resep yang lain? Bagi, dong...

22 komentar:

  1. Mau cb snack bar nya bund. Sehat tuh

    BalasHapus
  2. Snack bar kayaknya blm terlalu umum dibikin ya? Apa aku yg kudet? Hehe. Keliatannya enak tuh

    BalasHapus
  3. Wah toss mbak ternyata kita sama-sama suka uprek di dapur :)

    BalasHapus
  4. Aku mau coba bikin snackbar ah, buat temen diet wkkkk. .. Klo pizza aq jg lbh suka bikin sendiri kulitnya. Kulit beli kan g ena

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, kulit pizza yg instan berasa kayak makan tepung aja ya. hihihi..

      Hapus
  5. kayaknya snackbar yang paling mudah ya mbak, tapi kok ngeliat pizza jadi penasaran pengen nyoba sendiri hihi

    BalasHapus
  6. duh, aku jadi ngiler sama painya, ngebayangin dioles sama ovomaltine

    duh enaaa
    trus juga snackbarnya hihihihi

    BalasHapus
  7. wah begitu ya, aku suak akgum nih sama yg pintar masak

    BalasHapus
  8. kalo pie lebih suka pie yang rasa susu sih mbak, enak banget loh.....

    BalasHapus
  9. wah... anak2 pasti senang ya, disuguhin cemilan buatan ibunya :)

    BalasHapus
  10. kok kayak pengen bikin pie nya ya?

    BalasHapus
  11. Mba,aku malah belum pernah bikin snack bar. Mau deh nyontek resepnya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^