Sudah Tahu Manfaat Secang untuk Kecantikan Kulit?

manfaat secang

Jadi, ceritanya Si Bungsu ini kan, kulitnya sensitif sekali. Sebagaimana yang pernah aku ceritakan di artikel Happy Diapers for Happy Kids. Makanya, setelah mencoba berbagai jenis produk sabun bayi dan seperti tidak cukup membantu, akhirnya aku putuskan untuk memandikannya dengan air saja.

Repotnya, kalau sedang cuaca terik, biang keringat pun kerap muncul. Tentu saja tak cukup membersihkannya dengan air, ya. Setelah curhat sana-sini, akhirnya dapat solusi dari tukang pijatnya langganan Si Bungsu, dimandikan air secang saja.

manfaat secang
Tukang pijat bayi pemberi inspirasi

Jadilah kami mulai berburu kayu secang. Langkah pertama, jastip dulu ke Bapak Sayur langganan. Eh, ternyata Beliau langsung tanggap, dong. Bahkan katanya, "Di desa saya sih, sudah biasa mulai bayi sampai orangtua mandinya pakai air secang." Wow!

Semacam jaminan mutu ya, kalau ternyata ramuan secang ini sudah menjadi tradisi turun-temurun. Berarti memang berkhasiat, dong? Kalau untuk kesehatan sih, aku sudah tahu bahwa secang biasa disajikan dalam bentuk Wedang Uwuh kalau di Yogyakarta atau Bir Pletok kalau di Betawi.

Namun untuk kesehatan kulit? Didorong rasa penasaran, aku pun mulai mencari info lebih lanjut tentang manfaat secang ini bagi kulit. Ternyata memang menakjubkan, ya. Pantas saja dipercaya banyak orang untuk mengatasi masalah kulit.

Apa Saja Kandungan Bahan dalam Kayu Secang?


manfaat secang

Secang (Caesalpinia sappan L.) di Indonesia memiliki banyak julukan di antaranya: sepang, sopang, cacang atau soga jawa. Bahan rempah ini ternyata memiliki setidaknya 6 kandungan kimia penting yang membuatnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, antara lain:

1.Brazilin


Brazilin adalah zat pewarna merah alami. Biasa digunakan untuk pewarna tekstil maupun pewarna makanan.

2.Saponin


Saponin merupakan salah satu senyawa yang terdapat pada berbagai jenis kacang-kacangan, termasuk juga kayu secang yang memang merupakan tanaman kacang-kacangan. Saponin ini bersifat antiseptik.

3.Minyak Atsiri


Minyak atsiri yang terkandung pada kayu secang juga bersifat antiseptik yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang merugikan.

4.Tannin


Tannin merupakan salah satu senyawa yang kompleks yang bersifat sebagai antibakteri. 

5.Polifenol


Kayu secang juga tinggi kandungan polifenolnya, yang merupakan zat antioksidan. Berfungsi menangkal radikal bebas dan benda asing berbahaya yang berusaha masuk ke dalam tubuh.

6.Flavanoid


Selain berfungsi sebagai zat antioksidan seperti polifenol, flavanoid juga merupakan zat antibiotik alami dan membantu penyerapan vitamin C pada tubuh.

Baca juga: Menolak Penuaan Dini dengan Cara Luar Biasa

Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan Kulit


manfaat secang
Sebelum mandi air secang, lagi biang keringat, nih.

Mengetahui kandungan secang yang demikian dahsyat, aku makin mantap deh, menggunakannya untuk menemani mandi Si Bungsu. Tuh, lihat saja kondisi kulitnya sebelum mandi air secang, masih banyak biang keringat, ya. Dengan 1-2 kali mandi air secang saja kulitnya sudah mulus kembali.

Tentu saja, menilik kandungan yang dimiliki secang, maka sebenarnya bahan ini juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit kita-kita yang sudah dewasa. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari secang untuk kecantikan kulit:

Baca juga: Mengapa Wanita Perlu Merawat Kulit Tubuhnya Secara Rutin?

1. Meremajakan Kulit


Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari serangan radiasi dan pengaruh buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kulit. Kita bisa memperoleh khasiat yang satu ini dengan cara meminum ramuan kayu secang atau pun menggunakannya untuk membasuh kulit.

2. Membunuh Bakteri


Secang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat tumbuh di permukaan kulit, terutama kulit wajah. Ia juga efektif mengobati penyakit kulit seperti kudis dan kurap.

3. Mencerahkan Kulit


Bahan pembersih kulit yang efektif dalam air kayu secang memberikan efek mencerahkan kulit. Bahkan ia mampu menyamarkan flek hitam pada kulit dan garis-garis halus tanda penuaan.

4. Mengatasi Pendarahan


Kayu secang mampu menghentikan pendarahan luka dan memperbaiki jaringan kulit. Tanaman ini menutrisi kulit sehingga kulit yang terluka atau robek akibat luka bisa pulih kembali dengan cepat. Sehingga bekas luka pun akan berangsur makin samar.

5. Antiinflamasi dan Meredakan Rasa Gatal


Kayu secang mampu meredakan pembengkakan dan radang pada kulit. Selain itu, air rebusannnya yang segar sangat meringankan rasa gatal pada kulit. Makanya bisa meredakan bintik merah pada kulit akibat biang keringat

6. Zat Pewarna Alami


Warna merahnya yang cantik, bisa lho kita manfaatkan sebagai pewarna alami bagi kuku dan bibir. Hayo, siapa yang mau meramunya menjadi produk kosmetik?

7. Membersihkan Darah Kotor 


Darah kotor menyebabkan penyakit kulit seperti jerawat dan bisul. Hal ini bisa kita atasi dengan meminum ramuan air secang.

Cara Mendapat Manfaat Secang untuk Kecantikan



Memanfaatkan kayu secang untuk kulit bisa dengan 2 cara, yaitu sebagai perawatan dari dalam dan luar tubuh. Perawatan kecantikan dari dalam adalah dengan cara meminum air rebusan secang. Bisa juga menambahkan bahan lainnya untuk sensasi rasa. 

Sedangkan perawatan dari luar adalah dengan menggunakan air rebusannya sebagai campuran untuk membasuh kulit wajah dan tubuh. Selain itu, bisa juga dengan cara mengekstrak minyak kayu secang dan mengoleskan pada permukaan kulit atau luka yang ingin disembuhkan.

Cara membuat ramuan kayu secang cukup mudah. Kita tinggal merebus kayu secang dengan air mendidih selama 5 menit untuk mengaktifkan kandungan alami penuh khasiatnya. Selanjutnya, tinggal memakainya sesuai kebutuhan. Mau mencoba?

42 komentar

  1. Wah lengkap iini penjelasan tentang secang. Saya tahunya cuma buat mandi, kata orang tua bikin gak gatelen. Eh, ternyata juga punya khasiat meremajakan kulit antioksidan gitu ya.
    Kalau ditempat saya secang belinya di bakul bahan jamu di pasar. Jadi pengen sering sering sedia secang nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu... aku juga jadi rajin nyetok, nih :)

      Hapus
  2. Aku baru tau kalo secang bisa untuk mengobati kulit. Ternyata secang banyak manfaatnya ya. Aku seringnya di minum aja mbk

    BalasHapus
  3. Waktu lahiran anak pertama aku pernah dikasih secang sama mertua nih, awalnya gak ngerti buat apa jadi ya aku simpen aja hihih. Ternyata secang bermanfaat untuk kulit ya, pernah juga akhirnya nyoba warnanya merah setelah direbus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa buat kulit juga bersih darah saat nifas ya

      Hapus
  4. wah ternyata banyak khasiatnya ya, selama ini tahunya ya buat minuman yang menyegarkan saja. Si adek seneng dong ya, kulitnya udah mulus lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget itu mandinyaaa.. Kulitnya bikin iri 😂

      Hapus
  5. cari kayu secang itu dimana ya mba? apakah dijual di pasar apa gimana? :D soalnya kulit anakku yg ke2 juga lumayan sensistif pengen nyobain

    BalasHapus
  6. Sejak anak-anak bayi, aku selalu sedia kayu secang mbak. Di Semarang ada beberapa tempat yang jualan kayu secang. Tapi aku lebih suka beli di tempat langganan di jalan Mt Haryono, jamu Dami namanya. Kayu secang memang bagus untuk mandi bagi penderita kulit. Seperti kalo sakit cacar, tetep mandi aja pakai air rebusan kayu secang. Atau biang keringat, dan penyakit kulit lain insyaa Allah manjur menyembuhkan atau menghilangkan bekasnya

    BalasHapus
  7. Kandungannya banyak ya manfaatnya mba. Aku tertarik nyobain. Anak2 jg kadang kulitnya sensitive. Selain buat minuman ternyata bisa untuk mandi yaa. Si dedek jadi mulus ya pake secang ^^

    BalasHapus
  8. Kulit anak - anak tuh sensitive memang yah. Saya malah baru tau secang bisa dipakai untuk kulit heheh taunya buat minum aja, seger.

    BalasHapus
  9. Pernah dengar sih mbak, untuk mandi suoaya kulit bersih dan menghilangkan pegal pegal pakai kayu secang. Kalau ndak salah ibuku pernah mrnggunaksnnya. Jadi kepingin juga nih nyari kayu secang untuk mandj. Secara manfaatnya saja banyak banget ya

    BalasHapus
  10. manfaat kayu secang buat kulit banyak sekali ya mak. Tapi bisa dibeli dimana?

    BalasHapus
  11. Belinya suBelinya di mana itu Mak? Kaya akan manfaat ya

    BalasHapus
  12. Aku baru tai namanya secang, kalau di tempatku sering jadi teman minum sama selasih untuk obat panas dalam apa sama dengan secang nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi. bentuknya berupa serutan kayu gitu :)

      Hapus
  13. Wah aku baru tahu ternyata secang ini bermanfaat banget untuk kulit yah mbak, semoga adik bungsu biang keringatnya segera hilang yah, kasihan soalnya pasti gatal tuh.

    BalasHapus
  14. Wah baru tahu aku bisa dipake kukit buat mandi, tahunya cuma buat diminum anget2 giru

    BalasHapus
  15. Mau banget Mbak nyoba, tapi kalo di tempat saya apa ya namanya, kayaknya belum pernah lihat, deh. Atau aku paling ya yang kurang info, hehehe.
    Pengen nyoba soalnya anakku ada juga yang kulitnya sensitif gitu..
    Btw TFS ya, Mbak ��

    BalasHapus
  16. Iya saya jg taunya buat minunan anget, ternyata bagus jg ya untuk kulit... Bisa meredakan reaksi alergi jg ga ya?

    BalasHapus
  17. OOh baru tahu Secang bagus juga buat kulit taunya obat untuk stamina tubuh aja. Keren ini manfaatnya ya

    BalasHapus
  18. Thanks mbak ulasannya, saya baru tau tentang secang...

    BalasHapus
  19. Wah ternyata banyak manfaatnya ya Mbak. Sebelumnya saya tahu secang sering digunakan untuk mewarnai (eco print dan tie dye) kain katun maupun silk. Tapi ternyata manfaatnya lebih dari itu. ❣️

    BalasHapus
  20. Dulu pas anakku kena gangguan kulit, kumandikan juga pake air secang ini. Beli di toko jamu Dami yang di MT Haryono mba ;) Emang mantap khasiat kayu yang satu ini. Beli satu plastik aja bisa dipake untuk berbulan-bulan, karena dengan sedikit aja membubuhkan kayu secang ke air rebusan, udah merah banget airnya.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Owalah.. baru tahu kalau secang dipakai buat halusin kulit. Aku biasanua dipakai buat minuman hangat, dicampur sama jahe dan gula merah. Bolehlah kapan2 dicoba..

    BalasHapus
  23. Baru tahu banget dengan secang ini. Belum pernah pakai dan dengar malah. Makasih infonya Mbak jadi tambah pengetahuan saya.

    BalasHapus
  24. Wah ternyata kayu secang ini banyak sekali manfaatnya ya mbak. Ku catat dulu ah, lumayan ini untuk referensi juga. Berarti untuk anak-anak juga aman ya mbak?

    BalasHapus
  25. Aku pernah lihat ini tapi baru tahu namanya secang. Oh ya ternyata manfaatnya banyak banget ya. Nice info kak

    BalasHapus
  26. Wah ternyata secang khasiatnya bagus buat kulit ya? Aku taunya cuma wedang secang hehe. Jd makin sering konsumsi itu bisa menyehatkan kulit dr dalam donk ya :D

    BalasHapus
  27. Aku baru tahu nih khasiat lain dari secang karena bisanya aku menggunakan secang hanya buat wedang khas anget-anget tubuh, mba

    BalasHapus
  28. Wah... Kayu Secang yang biasanya untuk minum anget2 ternyata juga punya beberapa khasiat & kayaknya banyak yang baru tahu juga eh.

    BalasHapus
  29. Saya tahunya secang untuk diwedang. Jadi pengen beli jika ke toko jamu kecamatan. Butuh banget karena saya lagi alami masalah kulit, plus kangen wedang secang.
    Apakah Mbak sudah ganti akun profil dari G+ yang dinonaktifkan jadi blogger? Sebaiknya ganti jika belum agar komen tak broken link di blog teman. Nuhun.
    Saya bagikan ini ke FB, ya. Bermanfaat banget. Sayang tak dijelaskan takaran bahan untuk mandi dan minumnya. Juga harganya berapa di pasar, agar jadi acuan meski di tempat lain tak sama.
    BTW, ini BW bukan dari grup BW, saya lagi cek blog di dasbor untuk nemu link yang broken dan punya Mbak kayak beda dari biasanya. Khawatir termasuk broken. Di grup Fun for Blogwalking lagi ramai bahas soal broken link setelah G+ ditutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah pakai profil blogger. kan tinggal diklik aja untuk mengecek

      Hapus
  30. Owalah .. kukirain manfaat air Secang berwarna merah kayak sirop itu ngga cuma sebatas menghangatkan tubuh dengan cara diminum, tapi juga berfungsi menghaluskan kulit tow ...

    BalasHapus
  31. saya kenal Minuman Secang sejak kira-kira SD dulu, waktu itu di sebuah pameran Daerah, sampai sekarang saya masih penasaran lho, rasa wedang secang itu kayak apa,

    BalasHapus
  32. yeaay setelah baca ini berasa dapat pencerahan, auto beli secang ke pasar :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^