Tips Beli Kamera Mirrorless untuk Bloger Pemula

Beli kamera mirrorless? Sudah ingin sekali dari dulu. Berhubung sebelumnya aku tidak pernah sama sekali memegang benda ini dan sama sekali buta dengan seluk-beluknya, maka aku perlu cari tahu dulu apa saja yang perlu diperhatikan saat kita ingin beli kamera mirrorless.

Baca juga: Kamera Mirrorless, Kamera Idamanku Sebagai Bloger.


beli kamera mirrorless


Tetapkan Tujuan


Tiap kamera mirrorless punya kelebihan masing-masing. Makanya, kita perlu memastikan dulu sebelum membeli, apa sih sebenarnya tujuan kita membeli kamera mirrorless? Untuk memotret pemandangan, nge-vlog atau memotret keseharian saja sebagai penunjang konten blog?

Kalau aku, sepertinya akan beli kamera mirrorless untuk alasan yang terakhir. Jadi, aku butuh kamera blogger. Jika kita sudah mengetahui apa kebutuhan kita saat beli kamera mirrorless, maka kita bisa lebih mudah menentukan kualitas seperti apa yang ingin kita dapat dari kamera sesuai kebutuhan.


Penuhi Spesifikasi Dasar


Dari sekian banyak kamera mirrorless yang beredar di pasaran, kita bisa mempersempit pilihan dengan mengetahui spesifikasi minimalis yang harus dimiliki kamera mirrorless, sekadar sebagai foto penunjang artikel sekali pun.

Misalnya, shutter speed-nya harus bisa 30 detik ke atas, karena ini penting untuk mengambil foto saat malam/gelap. Shutter speed juga harus bisa sepersekian ribu detik ke bawah untuk menangkap obyek yang bergerak cepat.


ISO harus besar dengan noise (bintik-bintik kasar) sedikit. Biasanya noise muncul di ISO 1600. Sedangkan untuk megapiksel, jika fotonya hanya untuk dokumentasi sehari-hari, maka sebenarnya tidak terlalu penting. Namun, disarankan memilih kamera mirrorless yang berukuran di atas 16MP,

Juga, harus ada fitur autofocus. Coba bidikkan kamera mirrorless ke obyek di dekat kita. Setelah fokus, alihkan ke obyek jarak jauh. Setelah fokus, bidikkan kembali ke obyek jarak dekat, dst. Jika kecepatan fokus kamera sejalan dengan gerakan tangan kita, maka berarti autofocus-nya bagus.


Tentukan Karakteristik Kamera Sesuai Kebutuhan


Misalnya, kalau akan sering dibawa jalan-jalan, maka butuh kamera yang tidak terlalu berat namun kokoh sekaligus tahan cuaca. Atau untuk meneliti kekayaan biota laut, jadi butuh kamera bawah laut. Atau untuk menyeriusi fotografi, sehingga butuh yang kelas atas sekalian.

Jika kita hendak membidik obyek yang bergerak cepat seperti mobil, hewan dan anak-anak, frames per second (fps) yang tinggi menjadi sangat penting.

Ada Fujifilm yang terkenal dengan kualitas hasil fotonya, Sony dengan kecepatan fokusnya dan Lumix untuk kemampuan merekam videonya.

Kualitas Foto pada kamera digital dipengaruhi tiga hal, yaitu: sensor, prosesor dan lensa. Perlu prioritas tersendiri dari masing-masingnya untuk menentukan mana dulu yang kita inginkan dari sebuah kamera sesuai kebutuhan.


Sediakan Anggaran


Harga kamera mirrorless bisa berkisar dari jutaan hingga puluhan juta. Mengingat kita ini masih baru tahap awal belajar memotret dengan mirrorless, maka sebaiknya kita memilih kamera murah dulu.

Rekomendasinya sih, setidaknya incarlah harga yang berkisar  Rp 5 juta sampai dengan Rp 10 jutaan, untuk kamera mirrorless yang sederhana tapi mumpuni.

Baca juga: Smartphone Videography Workshop Plus di Batik Semarang 16.

beli kamera mirrorless


Baca Ulasan di Internet


Masih bingung? Sebaiknya baca-baca dulu ulasan tentang kamera mirrorless di internet dan menonton videonya di YouTube. Bisa juga bergabung di grup fotografi untuk bertanya. Timbal balik dari fotografer yang sudah memakai kamera tertentu selama beberapa tahun tentu sangat berharga.


Pegang Langsung


Ya, kenali kamera mirrorless dengan merasakannya langsung di tangan. Kita bisa meminjam kamera yang sama dengan incaran kita, baik ke teman yang memilikinya atau ke toko-toko yang menjualnya.


Beli Sepaket dengan Lensa


Memang lensa bawaannya (lensa kit) saja tidak cukup? Sebenarnya sangat cukup. Dengan sensor besar, hasil foto kamera mirrorless menggunakan lensa bawaan pun biasanya sudah lebih bagus dari kamera saku atau kamera ponsel. 

Namun seiring berjalannya waktu, hasil foto/video dengan lensa-lensa tertentu selain lensa kit seringkali lebih menggiurkan. Misalnya efek bokeh yang lebih halus, detail foto yang lebih tajam, gradasi warna yang lebih cantik dll.

Berhubung kita baru pertama kali memakai kamera mirrorless, biasanya akan masih perlu banyak belajar. Sehingga, ada baiknya jika kita membeli paket kamera mirrorless dengan lensanya. Jadi, kita bisa memilih-milih lensa mana yang akan dipakai dan cocok dengan karakter foto yang diinginkan.

Jika anggarannya terbatas, lebih disarankan beli kamera mirrorless yang agak biasa namun dilengkapi dengan lensa tambahan yang luar biasa. 


Jangan Terpaku Mitos “Ada Harga Ada Rupa”


Perlengkapan fotografi yang bagus tidak menjamin hasil jepretan akan langsung bagus. Yang jauh lebih penting adalah terus tekun belajar dan mengembangkan diri. Kamera hanyalah alat, kemampuan kita yang memegangnya adalah kunci utama.

33 komentar

  1. saya kepikiran untuk beli kamera mirrorless. Setelah baca ini baru tahu harga yang terbaik di atas 5 jutaan. Duh.
    Sepertinya harus bersabar mengumpulkan rezeki. Saya juga tak pernah punya kamera. Zaman masih remaja kamera yang ada disebut tustel. Kebanyakan yang populer adalah Fuji, Nikon, Cannon, Yashica, dan lainnya. Harga masih dalam kisaran ratusan ribu. Murah da kamera saku.
    Zaman telah berubah, kita butuh kamera canggih yang bisa digital.
    Tulisan di atas bisa membantu saya untuk memahami bagaimana cara memilih kamera yang baik.

    BalasHapus
  2. Bener itu mba, harus baca baca review nya dulu sebelum beli mirrorless .. yang penting juga di aku sih screen nya bisa di rotate ke depan buat selfie hehehe

    BalasHapus
  3. Setiap mau beli apa biasanya saya tanya dulu ke teman atau siapapun yg udah punya pengalaman. Maksudnya ya begitu jadi ada pertandingan dan kita bisa mengambil keputusan tanpa ragu.

    BalasHapus
  4. Aiihhh...aku juga kepengen banget punya kamera mirorles mbak. Biasanya tips dari teman yang udah pada pegang mirorles membantu banget. Kaya artikel ini juga. Jadi udah bisa lebih cerdas ketika datang ke toko untuk pilih pilih.

    BalasHapus
  5. Ini kamera impian, jadi aku bacanya pelan-pelan.
    Pas sampai di bagian budget, apalagi, tambah pelan, bahahaha

    Jadi pertama kali harus sesuaikan dengan kebutuhan dan... keuangan ^^

    BalasHapus
  6. Sudah krpikiran juga soal mirrorless, ngiler juga tiap kali ada teman yg jepret2 gitu. Tapi ya nabung dulu dan milih mana yang penting

    BalasHapus
  7. makasih banget mbak tulisannya, aku masih galau mau beli mirrorless atau DSLR, dan sekarang masih proses nabung nih, mudah2an akhir tahun ini kebeli, dan biasanya banyak sale, heheheh

    BalasHapus
  8. waktu mau beli mirrorless aku juga galau tingkat RW mba sampe bolak balik liat review di youtube dan blog meyakinkan hati hahaha pokoknya emang kalau beli baiknya sesuaikan juga sama kebutuhan sih

    BalasHapus
  9. Aku pakai kamera Mirroless Fuji ini mba dan emang andalan banget. Pas buat pemula memang dan harganya juga masih terjangkau dengan spesifikasi seperti itu

    BalasHapus
  10. Kamera mirolless memang lebih simpel dan mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil ya mbak. Apalagi saat menghadiri acara blogger lebih enak bawa mirolless ketimbang DLSR yang lebih besar dan berat. Memang untuk membeli kamera harus mempertimbangkan kebutuhan mengingat harga kamera itu tidak main-main.

    BalasHapus
  11. Untuk kamera mirrorless ini memang lensa itu penting ya, kata si sulung juga gitu. Dia malah yang paham kamera dan udah koleksi 2 biji. Yang satu kamera Sony a6000. Satunya lagi apa sih, lupa

    BalasHapus
  12. ini menarik banget mba, karena banyak teman-teman yang biasanya bingung nih mau beli kamera tapi yang kaya gimana, bilangnya cuma yang penting bagus. Kalo maksain beli langsung yang kualitas oke sih lumayan banget ya harganya, jadi untuk lensa tambahan dicicil aja hehehe

    BalasHapus
  13. Setuju mba, membeli sesuatu itu harus sesuai dengan kebutuhan, termasuk dalam membeli camera, percuma ya punya camera mahal tapi ngga bisa pakainya hehe.. yang utama terus belajar dan mengembangkan diri.. InsaAllah nanti hasil jepretan cameranya juga ciamik

    BalasHapus
  14. Budgetnya lumayan gede ini, yaa. Perlu nabung duluu. Hahaha

    BalasHapus
  15. Selain baca ulasan, biasanya saya tanya suami. Dia yang lebih teliti kalau mau cari kamera. Makanya suka lama milihnya

    BalasHapus
  16. Iya nih mba, aku ya kepikiran pengin punya mirrorless juga. Kalau pas untuk motret liputan tuh lho, hasil ga bisa bohong kok. Tetep beda hasilnya pake smartphone canggih sekalipun dengan mirrorles. Nabung dulu aaahh ;)

    BalasHapus
  17. aku pun sedang nabung buat beli mirrorless. semoga tahun bisa kebeli, aamin.
    di rumah adanya DSLR yang semakin lama semakin malas dibawa karena berat dan kegedean kalau dimasukin ke tas.

    BalasHapus
  18. Ada harga ada rupa tidak berlaku untuk hal pemilihan kamera ya ternyata. Hihi. Aku termasuk yang buta banget soal kamera. Ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan kalau membelinya ya. Mungkin aku akan lebih memilih online daripada harus datang pegang, Mbak. Apalagi aku pernah baca ada banyak penjual kamera nakal. Yang dijual dengan spek apa.

    BalasHapus
  19. Benar banget nih tips-tipsnya dan aku juga sudah mempraktikkan beberapa tips di atas saat membeli kamera mirrorless awal Mei lalu. Menurutku tips tambahan yang perlu dilakukan juga adalah mengajak orang yang paham kamera agar saat kita berada di toko kamera tidak hanya iya-iya saja atau malah jadi galau memilih kamera lain hehe

    BalasHapus
  20. aku sempat tergoda dengan mirrorless tapi sampai sekarang masih setia dengan DSLR 5D Canon dan iPhone X hehehe

    BalasHapus
  21. poin terakhir bener banget sampai sekarang aku pake fuji xa2 dan masih bagus banget walaupun harganya murah heehe

    BalasHapus
  22. Cantik banget Miroless Fuji XA5 ini, harganya masih 6,5 juta ya ampun semoga kesampaian beli tahun ini buat mendukung content creator ya mbak. Btw warna biru toska nya cantik banget.

    BalasHapus
  23. Wah makasih tulisannya ada rencana beli kamera jg tp budgetnya kepake terus yg lain..huhu

    BalasHapus
  24. Aku beli mirrorless akhir tahun lalu Mba. Alhamdulillah pas diskon banget dan dapetnya lebih2 siih hueheheh

    BalasHapus
  25. Wah..kamera mirrorless minimalis yg mumpuni itu sekitar 5-10 jt y mba.. hm..nabung-nabuuung...

    BalasHapus
  26. Kebantu banget artikel ininsoale aku lagi cari kamera nih tapi pengen punya yang bagus sekalian sih ehh pas liat harganya ternyata 15 jt an jadi maju mundur cantik deh 🤣🤣

    BalasHapus
  27. Saya pengguna Fuji dan masuk geng Terfujilah
    Maka saya memang menyarankan pakai Fuji kalau mau beli kamera buat alokasikan THR hehe...

    BalasHapus
  28. PErtama tentukan dulu tujuannya ya sambil menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Aku punya sih mirrorless tapi ya gitu hiihihi. Mau beli masih mundur maju nih

    BalasHapus
  29. Wah pas nih informasinya. Kebetulan emang lagi pengen beralih ke mirrorless. Nenteng-nenteng DSLR waktu ngetrip itu berat euy, hehehe

    BalasHapus
  30. Wah, ini nih yang aku cari. Kebetulan lagi nabung nih buat beli mirrorless. Semoga bisa terkumpul cepet. Bakalan aku jadiin acuan nih tipsnya.

    BalasHapus
  31. Aku masih maju mundur beli mirrorless (selain krn blm ada dananya, jg pengen mengasah keterampilan poto dulu hihihi). Sementara puas pakai DSLR ke mana2 walau berat sih. Moga2 kalau ada rezeki bisa beli versi yang mirrorless biar lbh praktis :D

    BalasHapus
  32. Oh iyaa...?
    Gak harus mahal yaa..?
    Aku rasa beli barang kalau mau berkualitas, cari yang harganya pas di kantong.
    Kalau memang mahal, berarti harus sabar nabung dulu.

    BalasHapus
  33. Kalau soal anggaran aku sedikit berbeda, bukan soal murah atau mahal bagi pemula, tapi lebih ke jangka panjang, sayang kalau beli yang murah lantaran masih pemula, karena dengan pemakaian jangka panjang kita pelan2 akan belajar nantinya. Beli yang spesifikasinya sudah mumpuni dan sesuai kebutuhan, syukur2 kalau anggarannya tersedia. Tips yang lain oke banget, aku mikirnya juga gitu.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^