Bakso Serdadu, Rasanya Boleh Diadu!

Bakso Serdadu
Gerbang Bakso Serdadu Batalion 01 di Karanglo

Ciri khas Bakso Malang yang paling kentara dibanding bakso-bakso lain adalah isinya yang variatif. Bukan hanya bola-bola daging, namun biasanya juga ada tahu, gorengan dan siomay. Menurut lidah Jawa Timuran kami, rasanya pun bisa dibilang lebih menendang dibanding bakso lain.

Makanya, ketika berkesempatan untuk berkunjung ke Malang, kami usahakan untuk mampir ke salah satu gerai bakso di kota ini. Tadinya sih, mau ke depot bakso langganan dan penuh nostalgia. Namun menimbang kemacetan yang mungkin terjadi di hari raya, jadi kami cari seketemunya saja.


Perjalanan pulang dari Malang, kami melihat spanduk iklan Bakso Serdadu di sepanjang sisi jalan. Ternyata Serdadu ini singkatan dari Serba Dua Ribu. Menarik sekali ya, kalau yang murah-murah begini. Sekaligus penasaran sih, apa iya ada bakso harganya cuma dua ribu?


Di Mana Letak Bakso Serdadu?


Kalau dari keterangan dari akun Instagram resmi @baxoserdadu, Bakso Serdadu ini punya 3 gerai di Malang, yaitu:

๐Ÿ“ŒBatalion 01 : Pergudangan KLBIZHUB Jl. Raya Perusahaan No. 5 Karanglo
๐Ÿ• Operasional: 10.00 - 20.00 WIB

๐Ÿ“ŒBatalion 02 : Jl. Ciliwung No. 57 H Malang
๐Ÿ• Operasional: 10.00 - 21.00 WIB

๐Ÿ“Œ Batalion Express : Jl. Sultan Agung No. 83 Kepanjen
๐Ÿ• Operasional: 10.00 - 21.00 WIB 


Yang kami kunjungi ini adalah Bakso Serdadu batalion 01 di Karanglo. Lokasinya disebutkan pas di sebelah Malang Strudel. Jadinya praktis ya, nanti pulangnya bisa mampir Malang Strudel buat beli oleh-oleh. Mumpung kami juga belum pernah mencicipi Malang Strudel sebelumnya.

Mudah sekali mengenali gerai Bakso Serdadu, karena ada papan nama besar dan panjang di depannya. Nuansanya memang kental dengan aroma militer. Ya warna hijaunya, ya motif seragam tentaranya, juga karakter kartun yang menghiasinya.


Bagaimana Suasana di Bakso Serdadu?


Suasana militer makin terasa begitu masuk. Ternyata di sini pelanggan akan dipanggil Ndan (Komandan), kasirnya disapa dengan panggilan Letnan, sedangkan pemiliknya disebut Jenderal. Di sini juga disediakan WiFi gratis, cuma aku tidak ikut mencobanya.

Bakso Serdadu
Lantai bawah Bakso Serdadu Batalion 01 di Karanglo

Desain interiornya bernuansa industrial. Cocok sekali untuk memperkuat kesan militer, ya? Dindingnya putih dengan pelapis dinding bermotif batu bata, perabotannya serba aluminium dan stainless steel, meja kursinya didesain minimalis warna hitam putih.

Rangkaian pipa dan alur kabel listrik yang sengaja diekspos dengan model lampu dan kipas angin yang makin dekat dengan gaya industrial. Iya, di sini tanpa AC, ya. Berhubung Malang tidak sesejuk dulu, jadi kalau pas siang hari ya bisa terasa gerah juga.


Gerai ini terdiri dari 2 lantai. Kami memilih duduk di lantai atas karena putraku lagi butuh ke toilet yang letaknya di lantai atas. Ternyata toiletnya ada shower-nya juga, lho! Lantai atas ini memiliki satu sisi yang penuh dengan jendela kaca lebar. Lumayan buat jalan angin dan cahaya.

Bakso Serdadu
Lantai atas Bakso Serdadu Batalion 01 di Karanglo


Ada Menu Apa Saja di Bakso Serdadu?


Bukan hanya tampilan bangunannya, dari dinding parkiran pun kami mengetahui bahwa nama sajian di sini juga berbau militer. Misalnya menu baru yang dipromosikan saat itu, yaitu Es Kopral seharga 7 ribu rupiah dan Mie Pedas ala Jenderal seharga 10 ribu rupiah. 

Mie Pedas ini bisa dipilih level kepedasan hingga 30 cabe! Kalau namanya Mie Pedas ala Jenderal, berarti rasanya sesuai selera pemiliknya? Bisa jadi. Untuk yang tak suka pedas, ternyata mie ini juga bisa diorder dengan selera manis atau gurih asin, kok.

Promo Menu Baru Bakso Serdadu

Menu utama Bakso Serdadu sendiri adalah 20 macam bakso aneka rasa. Ada tuna polos, tuna keju, sapi polos, sapi keju, sapi kasar, sapi pedas, ayam polos, ayam jamur, cumi polos ... Pilihan kuahnya pun ada 3 macam: gurih, pedas atau taichan. Bisa dilengkapi pula dengan lontong, kwetiau dan nasi.

Siomay dan tahu baksonya juga ada varian sapi dan ayam. Selain itu, ada kemriuknya goreng panjang dan varian tahu walik yang cuma ada di Bakso Serdadu. Semua pilihan ini harganya serba dua ribu per itemnya. Nah, terjawab kan, apa yang dimaksud dengan Serba Dua Ribu?

Bakso Serdadu
Bakso Serdadu ini harganya jadi berapa, hayo?

Rasanya? Enak, ternyata! Tak sia-sialah menyasar ke sini. Rasanya memang mantap jiwa khas Bakso Malang. Ya baksonya, siomay-nya, tahunya, gorengnya, kuahnya, semua nikmat! Berhasil deh, mengobati rindu Suami sama makanan satu ini yang biasanya dilampiaskan ke Tahu Bakso Ungaran. 

Baca juga: Inilah 4 Kuliner Khas Kabupaten Semarang Idamanku.

Mie Ayam Bakso Serdadu
Mie Ayam Bakso Serdadu

Selain Bakso, kami juga memesan Mie Ayam. Kami memilih yang rasanya gurih saja, bukan pedas. Ternyata juga lezat, lho! Mie-nya pas, ayamnya gurih, apa lagi ditambah dengan kenyalnya kulit siomay dan kriuknya kerupuk pangsit. Mantap!

Es Kopral
Es Kopral Bakso Serdadu

Untuk minumnya, kami mencoba Es Kopral karena penasaran. Es campur memang menu kesukaannya Bilqis dan Dul. Saat mencicipinya, ternyata ini es campur enak. Isinya kalau tidak salah berupa semangka, dawet, cincau, bubur mutiara, selasih, serutan es dan susu kental manis. Segar!


Puas sekali makan di sini. Semuanya enak dengan harga yang ringan di kantong. Pilihan menunya pun banyak, khas Bakso Malang sekali. Bisa dikreasikan sesuai selera, plus dilengkapi dengan tambahan sambel, kecap, saos atau ditaburin bawang dan seledri sesukanya.

Kalau kamu sedang di Malang, sempatkan mampir ya, ke Bakso Serdadu!

21 komentar

  1. Hihi ... lucu konsepnya. Di sana asyik nih berasa jadi komandan. Btw, varian baksonya banyak banget sampai ada yang tuna dan cumi.

    BalasHapus
  2. Esnya menggoda. Apalagi saya bacanya pas lagi terik begini. Hadeeh.. Jadi Gofood es campur nie. Hahaha..

    BalasHapus
  3. Sangat kreatif, kalau buat seseruan, tinggal penyewaan pakain ala serdadu untuk pengunjung barangkali yaa.
    Serdadu ternyata, serba dua ribu per item, awalnya saya pikir seporsi, untung terjawab dibagian bawah :D

    BalasHapus
  4. Bacanya bikin lapar saja dan pengen ngebaso. Malang memang kaya kuliner, jadi pengen cobain.
    Menurut saya harga 2 ribu per jenis baso yang bisa dipilih itu murah jika dilihat dari segi rasa. Kakau rasa daging dan ikannya kental berarti memang baso pilihan. Saya suka baso yang isiannya terasa.
    Es kopral bikin ngiler saja. Balubur Limbangan sedang panas dari siang sampai sore, kalau malam dingiiin banget. Jadinya enak juga cobain es kopral.
    Pemilik kedai Baso Serdadu inovatid. Salut banget membuat tempat usahanya terlihat berbeda tetapi istimewa.
    Mari kita serbu Baso Serdadu, Komandan! LD

    BalasHapus
  5. Namanya unik ya, Bakso Serdadu, enak banget nih mba, jadi kepengin bakso. Kapan aku bisa ke Malang ya, lalu mampir ke bakso Serdadu ini.

    BalasHapus
  6. Namanya unik, bakso serdadu. Kirain serdadu hanya berarti tentara aja, ternyata singkatan dari serba dua ribu pula.
    Eh tapi suasana ruangan dan menunya menyesuaikan dengan khas serdadu ya.

    BalasHapus
  7. wah kreatif idenya unik banget dari nama sampe konsepnya ya mba dan yang ga kalah kreatif itu ada 20 varian rasa warbiyasah bo kefikiran gitu ya buat sampe 20 varian rasa hahaha..

    sukaaa apalagi hargany cocok sama kantong y mba ga sia-sia nyasar deh :p

    BalasHapus
  8. Konsep restorannya keren banget. Sampai semua signnya pakai bahasa serdadu ya mba.

    BalasHapus
  9. Aku sukaaa banget dengan segala bakso mbaa.. padahal harus hati-hati hehehe. Ya sesekai ajaaa boleh yaa

    BalasHapus
  10. Nah ini yg aku kangenin dari bakso Malang. Isinya banyaak dan enak semua �� trus iya, aku kalo pas pengen makan bakso yg macem2 pasti ke ungaran dong, di area oleh2 itu ada yg endeus.

    Btw es kopral keliatan segeerr, aku belom pernah cobain

    BalasHapus
  11. Bakso jadi makanan favorit sewaktu aku masih tinggal di Malang. Tapi baru tahu nih ada bakso serdadu. Nanti kalau ke Malang mau coba bakso ini juga ah.

    BalasHapus
  12. Beneran ringan di kantongnya Mba..soalnya di bdg mah baso malang si kafe terutama lbh mahal dibandingkan dgn harga baso biasa..

    BalasHapus
  13. Wah mbak Farida bikin aku ngiler nih, sayang banget waktu aku ke Malang gak tau ada info bakso serdadu ini, kalau gak kan aku cobain juga mampir ke gerainya. Ternyata serdadu itu singkatan ya, kreatif juga menyingkatnya.

    BalasHapus
  14. Waaah baru seputaran Malang ya. Menggoda banget bakso dan mie ayamnya. Btw, ini idenya menarik ya, unik. Pake nama batalyon, kopral, dll.

    BalasHapus
  15. Jadi ingat bakso Barbelnya si Agung Hercules.
    Hahha...kreatif dalam memberi nama, bisa memberi berkah yang luar biasa yaa...

    Aku ke Malang mampirnya Bakso Presiden muluu...
    Huhuu~

    BalasHapus
  16. Lucu ya namanya, Bakso Serdadu, Es Kopral, hihi.. Duh pengen cobain deh.. Aku penggemar bakso dan mie ayam, haha langsung ngebayangin makannya xD

    BalasHapus
  17. Aku dah bayangin makan di sana sambil membayangkan perang karena ada kata "serdadu" hahaha
    Enak kan Mba?

    BalasHapus
  18. Waduh, langsung auto jadi komandan kalo di sana wkwkwkwkw

    Saya tergiur sama mienya. Keliatannya enak. Pengen nyoba yang versi pedesnya.

    BalasHapus
  19. dan sepertinya saya harus meluncur ke outlet tersebut suatu saat komandan :D

    pas buka blog ini langsung buru-buru buka postingan ini gara-gara ada tulisan baksonya :D

    BalasHapus
  20. saya bolak balik lewat bakso serdadu mbak, tapi belum sempat cobain, huhu
    penasaran sih, ternyata sampai cara jualannya juga pakai konsep militer, kreatif nih :D

    BalasHapus
  21. wah mantuuul sudah ada 3 gerai, berarti enaknya pooool :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^