header permata pengalamanku

Ini Kegunaan Mentega dalam Pembuatan Beragam Kue

2 komentar
mentega

Dalam pembuatan kue, tepung menjadi salah satu bahan yang pasti selalu ada. Selain itu, ada satu lagi bahan yang juga kerap digunakan dalam pembuatan kue, yaitu mentega atau butter. Mentega merupakan produk olahan susu yang mengandung 80% lemak. 

Mentega memiliki tekstur yang lembut dan mudah meleleh meskipun diletakkan di dalam suhu ruangan. Aromanya sangat wangi karena terbuat dari susu. Mentega memiliki citarasa yang gurih dan berwarna lebih pucat. 

Mentega yang   dijual   di   pasaran   ada   dua   jenis,   yaitu   unsalted   butter   (mentega   tawar) dan salted butter (mentega asin). Kemasannya cukup beragam. Begitu pula untuk harga mentega kiloan atau sachet-an, bisa berbeda-beda tergantung dari merk dan kualitasnya. 

Untuk mereka yang bergerak di bidang usaha pembuatan kue, mentega akan menjadi bahan yang selalu digunakan setiap harinya dalam produksi. Untuk harganya, tentunya akan lebih terjangkau dibandingkan dengan  membeli dalam jumlah bijian.   

mentega

Pemakaian mentega pada pembuatan kue ternyata memiliki banyak kegunaan. Ada pun kegunaannya adalah sebagai berikut:

1. Memberi Rasa


Tanpa adanya mentega, kue yang dibuat rasanya akan kurang enak. Bahkan, jika yang digunakan adalah unsalted butter (mentega tawar) sekali pun, tetap akan memberikan rasa khas pada kue.

2. Melembutkan dan Memberi Tekstur Empuk


Menggunakan mentega dalam pembuatan kue akan menghasilkan kue menjadi lebih empuk dan lembut ketika dimakan. 

3. Membuat Kue Jadi Mengembang


Meskipun bukan satu-satunya bahan yang digunakan untuk mengembangkan kue, namun dengan adanya mentega akan lebih membantu kue agar mekar. Hal ini bisa terlihat pada pembuatan adonan pastry yang berlapis. Di mana dengan adanya mentega bisa menjadi lebih mengembang. 

Nah, itu tadi berbagai kegunaan mentega dalam pembuatan kue. Produk olahan susu ini terbilang cukup mudah ditemukan di sekitar kita, seperti di supermarket, pasar, hingga situs online

Untuk yang menginginkan harga mentega dengan lebih terjangkau, membeli di Tokowahab bisa menjadi pilihan  menarik. Tersedia berbagai  macam mentega dan bahan kue lainnya dengan harga lebih terjangkau dari harga di pasaran. 

Berbelanja juga lebih mudah karena bisa dilakukan secara online via smartphone atau laptop. Yuk, pesan sekarang!

Related Posts

2 komentar

  1. waw bikin kueeee.
    Aku juga suka bikin2 kue..
    Dulu waktu masih kecil sering diajarin oma bikin2 kue.
    Kebawa sampe besar suka bikin2 kue, trus bagi2 ke Satpam.
    soalnya di rumah isi orangnya dikit. haha

    BalasHapus
  2. Iya yah... hampir semua kue butuh mentega. Bahkan sdh jadipun ada yg masih butuh mentega seperti roti isi

    BalasHapus

Posting Komentar