Mengenal Jaket Bomber Keren

Sejarah Jaket Bomber


Jaket ini awalnya untuk para pilot Angkatan Udara Amerika Serikat yang bertugas pada Perang Dunia I. Saat itu, kokpit pesawat militer belum memiliki panel penutup. Pilot membutuhkan pelindung tubuh yang cukup tebal dan hangat untuk bertahan dari gangguan tekanan dan suhu.


Dirancanglah jaket gembung beresleting depan dengan leher tinggi dari material tebal. Lengannya ketat dan saku ber-zipper di depan kedua sisi jaket dengan posisi diagonal.

Awalnya berwarna navy blue. Kemudian, diproduksi dengan warna hijau khaki untuk memudahkan para pilot berkamuflase di antara rerumputan, jika mendarat di area musuh. Nama jaket bomber sendiri merujuk pada kata bombardier. Tugas utama pesawat militer saat itu memang membom musuh dari udara.

Beda Jaket Bomber dan Jaket Baseball


Perbedaan paling menonjol adalah bahan yang digunakan. Jaket baseball menggunakan bahan wol halus yang terlihat lebih sporty, sementara jaket bomber menggunakan bahan yang mengembung dan anti air seperti taslan yang lebih ringan mirip parasut.

Jaket baseball biasanya menonjolkan detail pada leher, pergelangan tangan, dan pinggang. Sementara jaket bomber aksennya terletak di kantong dan lengan, kadang dilengkapi emblem tertentu khas penerbangan.


Tampil Keren dengan Jaket Bomber


Jaket bomber keren memang pilihan yang sangat pas dipakai saat musim penghujan dan cuaca dingin seperti sekarang. Dengan menggunakan jaket ini, selain terlihat gaya, tubuhmu juga akan terjaga kehangatannya. Agar lebih tampan maksimal, perhatikan hal-hal berikut ini saat mengenakan jaket bomber:

Baca juga: Traveling Stylish dan Praktis dengan Tas yang Tepat.

1. Pilih Jaket Bomber yang Panjangnya Melebihi Pinggang

Jaket bomber umumnya identik dengan gaya kasual karena bentuknya yang sedikit menggelembung. Agar tampilan lebih rapi, pilih jaket bomber yang memiliki garis badan sedikit lebih panjang dari pinggang hingga terlihat pas badan dan tidak terlalu chubby.

2. Pilih Jaket Bomber Berdesain Minimalis

Hal ini merupakan pilihan yang aman terutama jika kamu takut bereksperimen dengan jaket bomber. Toh, desain minimalis pun sudah sanggup memaksimalkan gayamu. Tinggal tambahkan saja jam tangan yang sesuai gaya pakaianmu sehari-hari, kasual atau formal.

Baca juga: 7 Jam Tangan Pria Terbaik

3. Dalaman untuk Jaket Bomber

Boleh pakai dalaman kaos untuk acara santai atau kemeja untuk tampilan lebih rapi dan formal yang anti mainstream. Bisa berwarna netral atau cerah. Yang pasti, hindari atasan bermotif, karena akan menurunkan derajat wibawamu ketika mengenakannya. 

4. Celana untuk Jaket Bomber

Tambahan celana slim-fit atau celana chino sangat cocok dengan jaket bomber, baik yang berwarna muda atau lebih gelap dari warna jaket. Celana denim, apa lagi yang berpotongan skinny dan berwarna gelap, juga apik berpadu dengan jaket bomber.

5. Berkendara ditemani Jaket Bomber

Jaket bomber sangat bisa berperan sebagai pelindung tubuh dari suhu dan angin jalanan. Kamu juga bisa memadukan jaket ini dengan pakaian khas pengendara motor lainnya, seperti sepatu boots, celana jeans, kaos, serta sarung tangan.

6. Pilihan Warna Jaket Bomber

Untuk menguatkan kesan, kamu bisa memilih warna jaket bomber sebagaimana asalnya dibuat, yaitu navy blue atau hijau khaki. Namun untuk tampilan yang lebih garang, warna hitam dari bahan mengkilap tentu jadi pilihan ideal. Atau kamu ingin tampak lebih santai? Jaket bomber dengan warna-warna muda juga banyak di pasaran. Tak perlu ragu memakainya apa pun warna kulitmu. 

Baca juga: Dua Produk Sport Baru dari Yamaha Motor

Bagaimana? Sudah semakin percaya diri sekarang memakai jaket bomber keren ini? Semoga tulisan ini bisa menambah inspirasimu ya, dalam bergaya menggunakan jaket bomber.

22 komentar

  1. Jadi ingat jaman muda dulu pernah punya 1 jaket bomber karena ikut-ikutan teman sekelas, hahaha, berasa keren banget waktu pakainya :D

    BalasHapus
  2. Suka sih lihatnya jaket bomber. Tetapi kadang terkendala oleh ukuran tubuh saya yang gede. Harus XXL lah :D

    BalasHapus
  3. Jaket ini makin happening setelah Pak Jokowi pakai yaa :D
    Anak2 millennial cucok banget nih pakai jaket bomber

    BalasHapus
  4. Dalam cuaca seperti sekarang, jaket bomber ini sangat cocok sekali.
    Jaketnya jg sedang trend sekarang ini ya.

    BalasHapus
  5. Aku suka donk jacket bomber, the best outfit kalau nyetir motor wkwkw

    BalasHapus
  6. Oh jadi yang model kaya gini namanya jaket bomber? Duh kudet banget saya selama ini. Pantas bengong aja waktu di toko milih jaket buat anak saya yang udah remaja. Dia maunya yang bomber. Bomber apa ga ngerti saya haha

    BalasHapus
  7. Jadi tau deh ternyata awalmya jaket bomber ini berwarna navy ya.... Kuat bener kayaknya nih bisa biat segala cuaca apalagi ketika kedinginan begini. Harganya berapaan sih rata2? Aku jd kepo hihihi....

    BalasHapus
  8. Jaket bomber cocok itu buat musim dingin seperti saat ini ya. Cuaca mendung di mana-mana, hujan bentar berhenti bentar turun, dingiiin.

    BalasHapus
  9. Wow... Wow
    Ternyata menarik banget sejarah jaket bomber ya?

    Selama ini cuma ikutan komen waktu Jokowi :D

    BalasHapus
  10. Jadi sejarah nya udah lama banget ya si jaket tapi kembali di gemari saat pak Jokowi pake

    BalasHapus
  11. Owh, jaket seperti itu tuh namanya jaket bomber, tho? Nah lho, aku baru tahu. Kemana ajaaa, coba? Menarik ya membaca sejarah jaket bomber ini. Kukira berawal dari jaket yang dikenakan oleh atlet, tapi ternyata malah diawali dari profesi pilot.

    Aku suka mengenakan jaket karena sering bepergian yang terpapar AC. Jaket bomber bisa jadi pilihan, tapi aku lebih suka warna khaki atau navy blue sih dibandingkan yang colorfull.

    BalasHapus
  12. Oalah namanya jaket bomber ta...
    Aku sering lihat, emang lagi hapening..
    Cuma nggak tahu nama jaketnya, hehe

    BalasHapus
  13. Jaket bomber ini kesukaan adik saya, memang terlihat keren kalau dipakai ya. Saya sendiri lebih suka jaket parka sih. Hihi.

    BalasHapus
  14. Ooooh ini yaa jaket fenomenal yang dipakai Pak Jokowi itu. Keren juga ya. Saya belum melihat langsung sih. Gak pernah lihat orang sekitar sini pakai soalnya.

    BalasHapus
  15. Sepintas kaya sama ya mbak bomber dan baseball. Tapi wnang ada bedanya.
    Kayanya ada masanya ini jaket bener2 hits. Skrg lagi ga hits kayanya karena jrg lihat

    BalasHapus
  16. ahaha,, saya inget jaket Bomber inget pas pak presiden jokowi make, Mbak...sejak itu jadi tau deh kl itu jenisnya jaket bomber hehe... nice share Mbak Farida...

    BalasHapus
  17. Pas banget nih, aku baru aja beli jaket bomber. Berasa paling keren banget pokoke. Paling suka emang dipadu padan dengan celana slimfit hitam. Rasanya misterius banget gt hahaha

    BalasHapus
  18. Tahu kalau jenis jaket Seperti di atas itu jaket bomber karena trending atau viral ketika dipakai oleh pak presiden dan kemudian Pak suami pun ikutan untuk membelinya

    BalasHapus
  19. Lagi ngetrend jaket bomber gegara dipake sama bapak presiden jokowi jadi viral deh.

    BalasHapus
  20. Keren banget penampakan jaket bombernya.. Jadi inget pas Pak Presiden pakai jaket bomber hingga menjadi viral..

    BalasHapus
  21. Baru tahu jenis jaket seperti ini namamya jaket bomber dan ternyata sejarahnya dimulai dari jaket yang biasa digunakan tentara AU AS ya? Dan sekarang sudah jadi jaket yang ngetrend ya... apalagi dipake juga sama presiden kita sampai viral gitu.

    BalasHapus
  22. keren emang jaket ini... kalau dipakai sama orang badan gemuk pun juga masih bisa matching sama tampilan asal ukuran yang besar juga. trus simple aja kalau dipakai. mantab lah pokoknya.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^