Vitamin yang Bagus untuk Jantung

 vitamin yang bagus untuk jantung


Jantung merupakan salah satu organ vital bagi kita. Tidak heran jika kita perlu memberikan perhatian khusus terhadap kesehatannya. Selalu memenuhi kebutuhan vitamin yang bagus untuk jantung merupakan satu usaha yang perlu kita terapkan sehari-hari. Apa sajakah jenis vitamin alami yang diperlukan jantung? Ini dia jawabannya!

Vitamin B


Vitamin B sangat membantu bagi penderita penyakit jantung yang memiliki kadar homosistein berlebihan. Vitamin ini mengandung asam folat, vitamin B6 dan B12 membantu mengurangi tingkat homosistein dalam darah penyebab darah lebih kental.

Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan secara sepihak terkait penambahan konsumsi vitamin B. Secara umum, makanan kaya vitamin B seperti tahu, tempe, sayuran hijau, dan telur tetap perlu dikonsumsi dalam jumlah seimbang, mengingat banyaknya fungsi vitamin B bagi tubuh manusia.


Vitamin C


Vitamin C dianggap sebagai salah satu vitamin yang bagus untuk jantung karena berbagai manfaatnya sebagai berikut:

  • menurunkan kadar lipoprotein yang biasanya memicu strok.
  • mencegah peningkatan tekanan darah.
  • mencegah penggumpalan dalam pembuluh darah.
  • menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • membantu penyembuhan dinding arteri yang rusak, sehingga mencegah kolesterol ditimbun berlama-lama dalam tubuh.
  • merupakan antioksidan penangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.
  • meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.

Makanan kaya vitamin C yang dapat kita lirik untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang bagus untuk jantung ini antara lain termasuk melon, kubis merah, brokoli, kembang kol, kangkung, jeruk, pepaya dan kiwi. 


Akan tetapi, tetap perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Suplemen vitamin C bisa memobilisasi zat besi dalam tubuh sehingga mengubah zat besi menjadi senyawa yang berbahaya, yang menginduksi kerusakan pada jantung dan organ lainnya. Tidak perlu sampai ribuan miligram per harinya.

Vitamin E


Jika Anda adalah perokok yang sudah berhenti, sebaiknya iringi dengan mengonsumsi vitamin E yang cukup. Alfa tokoferol atau Vitamin E dalam dosis yang tepat dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen. 

Vitamin E bertindak sebagai antioksidan dan melindungi darah dari timbunan lemak. Nutrisi ini akan menurunkan kolesterol jahat dan membantu untuk mempertahankan kolesterol baik, sehingga menghindari lemak yang menggumpal di arteri dan menginduksi aliran darah menjadi lancar.

Vitamin yang larut dalam lemak ini banyak ditemukan dalam bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, merica, minyak zaitun, jagung, dan masih banyak lagi. 


Vitamin K2


Vitamin K2 dipercaya mengurangi potensi kematian karena penyakit jantung bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit ini. Vitamin ini dapat mencegah penumpukan kalsium di pembuluh arteri dan pembuluh darah lain atau yang disebut dengan kalsifikasi vaskuler. Pelekatan kalsium ini akan membentuk plak dan menyebabkan penyakit aterosklerosis.

Untuk mencegahnya, rutinlah mengonsumsi makanan yang bersumber dari hewan secara seimbang, seperti kuning telur, keju, daging, dan susu sapi. vitamin K2 adalah vitamin yang larut dalam lemak, maka vitamin ini bisa bekerja sangat baik jika ada pada makanan yang berlemak.

Mengejutkan bukan? Keju, telur, dan daging yang biasanya dilarang untuk dikonsumsi karena kandungan lemak yang tidak sedikit ternyata mampu memberikan asupan vitamin K2 untuk mencegah penyakit jantung.

16 komentar

  1. Wah, kaget akutu, sering salah paham selama ini berarti, keju, telur, dan daging yang biasanya dilarang untuk dikonsumsi karena kandungan lemak yang tidak sedikit ternyata mampu memberikan asupan vitamin K2 untuk mencegah penyakit jantung..Juga bahan makanan lainnya. Banyak mengandung vitamin yang bagus untuk jantung ternyata. .

    BalasHapus
  2. Baru ngeuh sama manfaat vitamin k2. Bermanfaat sekali nfonya mba.

    BalasHapus
  3. Seru banget baca artikel'y. Banyak informasi bermanfaat, jd nggak nyesel2 amat doyan makan keju dan daging 😅 yg penting gak berlebihan lah yaa..

    BalasHapus
  4. Wah ternyata ya pemahamanku salah tentang telur, keju dan daging. Justru bisa mencegah penyakit jantung. Penyakit ini memang cukup menjadi momok ya mbak.

    BalasHapus
  5. yaaa kita harus makan lemak secukupnya sih
    tapi kalau khawatir dengan mudhorotnya lemak, maka vitamin K2 bisa kita dapatkan dari suplemen2

    BalasHapus
  6. wah ternyata keju, telur dan daging juga bagus ya buat jantung. padahal mengandung kolesterol juga, kan ya?

    BalasHapus
  7. kukira kandungan lemak pada telur dan keju bahaya buat jantung eh ternyata malah bagus ya, karena mengandung vit K2 tapi memang harus dalam porsi yg wajar ya mbk

    BalasHapus
  8. Yuhuu kudu lebih disiplin lagi nih eikeh dalam atur pola makan.
    selama ini suka ngawur aja kalo makan.
    asal emplok :D

    BalasHapus
  9. wah terima kasih infonya mbak farida, aku pribadi baru tahu nih ada vitamin k2 yang bagus unutk jantung tenryata ada di kuning telur ya

    BalasHapus
  10. Wuaaaaa kemarin habis ngobrolin kuning telur yang gak baik buat kesehatan. Karena mengandung kolesterol tinggi. Padahal saya paling suka itu, jadi mikir², etapi setelah baca artikel mbak farida jadi gak takut lagi makan kuning telur��

    BalasHapus
  11. Baca ini jadi inget waktu hamil anak pertama, beli buku makanan sehat agar bisa memberikan nutrisi untuk baby yang di perut mpe diapalin makanan dan vitaminnya.

    BalasHapus
  12. Vitamin K2 bagus banget ya Mbak buat mencegah kematian karena penyakit jantung ya. Kuning telur susu sapi, keju, dan daging yang sering dihindari karena tinggi lemak/kalori, sangat membantu ya Mbak

    BalasHapus
  13. Vitamin K2.. Harus dicatat nih. Terima kasih infonya Mbak.

    BalasHapus
  14. Mulai sekarang auto banyakin masukin keju, telur dan daging deh dalam konsumsi sehari hari, hehe karena ternyata jantung kita pun butuh asupan vitamin yang cukup ya. Ya, makan makanan gizi seimbang lah minimal supaya semua kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi

    BalasHapus
  15. Semua makanan pendukung yang ada di sekitar kita ternyata memiliki manfaat untuk membantu kesehatan jantung ya mba. Kadang ga ngeh lho, asal makan aja gitu. Insya Allah sehat semua ya mba asalkan sesuai dengan takaran dan cara pengolahan.

    BalasHapus
  16. Ternyata dari yang kita makan sehari-hari sudah banyak yang mengandung vitamin yang baik untuk jantung. Mungkin yang diatur adalah porsinya kali ya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^