Penat Pilih Realme C2 atau Oppo A1K? Baca Ini dulu!

HP Realme C2
HP Realme C2

Siapa di sini yang lagi cari ponsel seharga di bawah dua juta? Biasanya, di tiap lini kelas, terdapat beberapa ponsel sejenis yang cukup mirip untuk dibandingkan. Bikin jadi bingung memilihnya, ya? Kali ini, aku akan menguraikan perbandingan antara HP Realme C2 dan Oppo A1K.


Persamaan HP Realme C2 dan Oppo A1K


Ukuran layar Oppo A1K sama dengan Realme C2, yaitu 6,1 inci dengan detil dimensi 154.5 x 73.8 x 8.4 mm untuk Oppo A1K dan 154.3 x 73.7 x 8.5 mm  pada HP Realme C2. Sudah berlapis Gorilla Glass 3 sehingga dapat menahan tekanan tingkat tinggi. Resolusi layar sentuhnya 1560 x 720 Piksel dengan teknologi IPS LCD 16M colors.

Bagian depan ponsel, di atasnya memiliki layar dengan notch tetesan air untuk menampung sebuah kamera selfie yang dilengkapi dengan flash. Resolusi videonya 1080p@30fps. Untuk bagian belakang, kedua ponsel memiliki casing berbahan plastik polikarbonat. Kedua ponsel ini tidak tahan air.

Menggunakan jack 3,5 mm Jack serta dilengkapi sensor Accelerometer, Proximity, dan Compass. Kapasitas baterai litium polimernya 4000 mAh serta mendukung jaringan 3G dan 4G. Belum menggunakan NFC tetapi sudah bisa hotspot teethering. Terdapat dua slot untuk SIM bertipe nano. 

Prosesornya MediaTek MT6762 Helio P22 dengan kecepatan CPU 2 GHz Octa Core dan GPU PowerVR GE8320. Sistem operasinya menggunakan Android 9.0 (Pie) ColorOS 6 Lite. Memorinya RAM 2 GB/ 3 GB ROM 16 GB/ 32 GB. Kapasitas memori eksternal tipe micro SD hingga 256 GB. 


oppo a1k
HP Oppo A1K

Perbedaan HP Realme C2 dan Oppo A1K


Untuk desain belakang, keduanya memang hampir mirip tetapi HP Realme C2 memiliki desain dengan finishing diamond cut atau potongan segitiga berlian yang lebih dinamis.  Beratnya juga selisih sedikit, yaitu Oppo A1K 170 gram, sedangkan Realme C2 166 gram.

Oppo A1K tersedia dalam pilihan merah dan hitam, sedangkan HP Realme C2 memiliki warna biru dan hitam. Untuk USB, Oppo A1K hanya menyediakan tipe Lightning 2.0. Sedangkan Realme C2, selain tipe tersebut juga bisa dihubungkan menggunakan micro USB dan USB OTG.

Oppo A1K memiliki sistem pengenalan wajah 3D yang tidak ada dalam HP Realme C2. Akan tetapi, kecepatan unduh Oppo A1K hanya 150.8MBits/s, sedangkan Realme C2 sebesar 300MBits/s. Perbedaan ini tentu cukup signifikan untuk mengakses konten internet.

Hal lain yang mencolok adalah Realme C2 memiliki dual kamera belakang beresolusi 13 MP f/2.4 dan 2 MP f/2.2, sedangkan Oppo A1K hanya memiliki satu kamera belakang beresolusi 8 MP f/2.4. Resolusi kamera depan Realme C2 juga lebih tinggi, yaitu 15 MP. Bandingkan dengan milik Oppo A1K yang hanya 5 MP.

Jumlah megapiksel menunjukkan bahwa kamera HP Realme C2 mampu menangkap lebih detil walau ini memang bukan satu-satunya elemen penting yang menentukan kualitas gambar. Namun, dari sisi bukaan aperture pun milik Realme C2 lebih lebar.

Sehingga, sensor dapat menangkap lebih banyak cahaya, membantu menghindari blur dengan shutter speed yang lebih cepat. Aperture lebih lebar juga memberikan kedalaman bidang yang dangkal, sehingga kita bisa memburamkan latar belakang untuk memfokuskan perhatian pada subjek. Jika kita lihai menggunakan, hasilnya bisa secantik kamera mirrorless.

Untuk ukuran piksel, Oppo A1K memiliki 1,4 µm dan HP Realme C2 senilai 1,12 µm dan 1,75 µm. Ukuran piksel ini mengukur panjang masing-masing detektor foto (piksel) pada sensor gambar. Piksel yang lebih besar dapat menangkap lebih banyak cahaya, memberikan kualitas gambar yang lebih baik dan meningkatkan kinerja dalam cahaya redup.

Dengan memerhatikan berbagai persamaan dan perbedaan kedua ponsel ini, kalau aku pribadi akan lebih memilih Realme C2 karena fitur kamera dan harganya yang lebih murah, yaitu berkisar 1,4 juta rupiah. Semoga kamu tidak penat lagi memutuskan, ya.

Pernahkah kamu menggunakan salah satu dari ponsel di atas? Bagaimana pengalamanmu?

17 komentar

  1. Cukup banyak HP yang beredar di pasaran yang harganya satu jutaan dengan spesifikasi yang sudah mumpuni. Makanya kadang bikin kita bingung mau memilih yang mana.

    BalasHapus
  2. Nah ini bisa menjadi referensi buat yg mau berburu smartphone, nih
    makasiii review-nya ya
    mantuulll dan membantu banget

    BalasHapus
  3. Kebetulan lagi cari hape baru, harga real me juga ramah di kantong, kalau hasil jepretan kamera, lebih kece ya. Kalau kapasitas penyimpanannya, berapa giga nih?

    BalasHapus
  4. Mantapp dua-duanya Keren keknya sebenarnya 🤗

    Cuma disamakan sama selera Calon pembeli aja 😎

    BalasHapus
  5. Waw harganya terbilang murah ya apalagi dengan berbagai fitur dan kelebihannya, cocok banget buat para pelajar yang harus belajar online.

    BalasHapus
  6. Untuk yang ingin membeli ponsel pintar dengan harga serta fitur yang menawan bisa jadi pilihan juga. Tergambar dari hasil reviewnya

    BalasHapus
  7. Duh jadi bingung pilihnyaa lagi pengen hp baru, tp kalo dari segi tampilan aku lebih pilih oppo deh.

    BalasHapus
  8. wahh bagus bagus ya, antara oppo dan real me ini
    buat yg muda kayaknya banyak pilih real me ya mbak, klo aku sih pengen oppo hehe

    BalasHapus
  9. Realme sama Oppo itu seproduk kan ya. Aku belum pernah pakai keduanya. Tapi yang Realme ini kayanya anak muda banget deh. Maulah gayaan kaya mereka

    BalasHapus
  10. Sebagai pengguna Oppo sejak brand ini masuk ke Indonesia, saya pikir Oppo lebih mahal karena marketingnya yang gila-gilaan

    jadi kalau ada smertphone lain dengan spec sama, harga lebih murah, sebaiknya pilih yang lebih murah tsb

    setau saya Realme dan Xiaomi bisa murah karena nggak jor2an untuk promosi ya?

    BalasHapus
  11. Terjangkau tapi dengan spek yang mumpuni buat aktivitas daring nih

    BalasHapus
  12. Wah harganya sangat terjangkau ya ini, kalau boleh milih sih saya juga bakal milih realme C2 mbak karena fokus sama kekuatan kameranya

    BalasHapus
  13. Wihh bisa nih jadi referensi untuk adekku yang mau ganti hape. Karena hape lama udah lemott bangett

    BalasHapus
  14. kalau lihat dari spek kameranya aku juga bakal pilih real me, Mbak. heu.

    BalasHapus
  15. Kedua jenis ponsel di atas, aku belum pernah pakai.. taoi ya, aku sedang tertarik sama real me.

    BalasHapus
  16. Aku juga pengguna OPPO sudah sejak tahun 2017 tapi ada juga sih belakangan pakai smartphone Redmi haha.
    Dua-duanya ku suka karena fungsinya mirip.

    BalasHapus
  17. duhh sekarang di bawah 2 juta udah banyak pilihan hp yang canggih-canggih ya, tinggal tentukan kebutuhan dan penggunaan saja. thanks infonya kak

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^