Yang Baru dan Tetap Murah di Ruangbelajar

aplikasi belajar

Tantangan menjalani pendidikan di masa pandemi ini memang berat. Banyak siswa mengeluhkan bahwa belajar di rumah tidak semenarik saat belajar di kelas. Metode belajar siswa dirasa monoton dan tidak mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. 

Aplikasi belajar yang saat ini eksis tentunya banyak menawarkan promo dan harga yang dirasa menggiurkan. Namun, apakah harga yang terjangkau itu juga menyediakan fitur-fitur yang dirasa cocok untuk siswa?


Mengenal Ruangbelajar

Mengingat bimbel online Ruangguru adalah solusi pintar untuk pendidikan anak, aku jadi kembali melirik bimbel yang sudah terpercaya ini. Ternyata, saat ini sudah disediakan aplikasi belajar bernama Ruangbelajar by Ruangguru.

Ruangbelajar menawarkan konsep belajar daring yang menarik, merupakan kombinasi pembelajaran mandiri dan terbimbing. Sebagai hadiah kejutan di tahun ajaran baru, terdapat penambahan beberapa fitur menarik, walaupun fitur-fitur sebelumnya juga tidak kalah bagusnya. Apa sajakah itu?

ruangbelajar by ruangguru

Teman Belajar

Teman Belajar akan selalu setia menemani anak belajar setiap hari. Anak bisa memilih Teman Belajar yang paling sesuai dari tiga karakter yang ada. Karater-karakter ini diadaptasi dari hewan langka yang ada di Indonesia yaitu Modo si komodo, Candra burung cendrawasih, dan Harry si harimau sumatera. 

Dengan kehadiran Teman Belajar ini, anak jadi bertambah pengetahuannya tentang hewan-hewan langka ini, menumbuhkan sikap peduli terhadap kelestarian lingkungan, serta makin semangat dan gembira dong, belajarnya! Karena, karakter pilihannya akan tumbuh dan berevolusi seiring dengan perkembangan belajar anak.

Ruangguru Adventure

Fitur gamifikasi di Ruangbelajar by Ruangguru membuat acara belajar jadi sangat seru. Enggak heran kalau anak jadi semakin rajin karena semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan! Materi pelajaran masuk, anak pun terlatih mengerjakan soal-soal.

Jadwal Belajar

Fitur ini membantu anak agar lebih disiplin, fokus, dan efektif dalam belajar. Kita bisa menentukan sendiri mata pelajaran, durasi, jam, dan hari belajar yang ideal sesuai kondisi anak. Setelah jadwal dibuat, anak dapat langsung mulai belajar! Akan ada pengingat agar anak mengikuti jadwal yang tersusun. Mau diubah mengikuti perubahan situasi pun bisa.

Asah Otak

Ini adalah semacam tes awal sebelum anak mulai belajar. Anak bisa menguji pemahamannya dengan menjawab berbagai macam pertanyaan yang telah disediakan. Berdasarkan hasil yang didapatkan, Ruangbelajar akan merekomendasikan video belajar mana yang perlu ditonton. Dengan begini, anak bisa tahu materi mana yang sebenarnya masih perlu diasah terus. Anak jadi belajar lebih terarah untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap materi tersebut.

Bank Soal

Ada puluhan ribu video beranimasi dan latihan soal yang bisa diunduh dengan hemat kuota di Ruangbelajar. Enggak ada alasan kekurangan amunisi lagi ya, kalau belajarnya di Ruangbelajar. Selalu ada pertanyaan seru untuk ditaklukkan.

Laporan Belajar

Orang tua cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif. Perkembangan belajar anak pun sekarang jadi terpantau dengan lebih mudah, ya.

Fitur Baru 

Awal Juli ini resmi diluncurkan beberapa fitur baru Ruangbelajar, lo! Apa aja, tuh? Simak, ya!

Adapto

Dengan mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif. Jawabannya akan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Sehingga, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar untuk meningkatkan nilai dengan kecepatan mereka sendiri. 

Adapto ini memastikan siswa memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya sekaligus mendorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif. Asyik, kan?

Rencana Belajar

Fitur berbentuk playlist belajar ini memudahkan siswa ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya). Jika karena suatu hal harus berhenti di tengah jalan saat belajar di aplikasi Ruangguru, siswa bisa melanjutkan di lain waktu tanpa mengulang dari awal.

Fitur ini menciptakan kebiasaan disiplin terkait konten apa yang perlu dipelajari setiap minggu, merekomendasikan rencana pembelajaran sesuai kebutuhan dan linimasa atau agenda sekolah. Jadinya, lebih mudah melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti.

Takarir Video

Transkrip ini membantu siswa memahami video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Siswa dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memahaminya, dan tidak melewatkan poin penting.

Pencarian

Jika siswa sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi dan ingin cepat menemukan materi pembelajaran, sekarang sudah disediakan fitur pencarian ini untuk membantunya mendapat apa yang dibutuhkan.

Pet Mission

Ada fitur tambahan untuk Teman Belajar juga, nih. Misi hewan piaraan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika siswa menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan piaraan.

Tes Minat Bakat

Tes minatnya berupa tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri. Sedangkan tes bakatnya mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning. Hasil dari tes minat bakat ini akan merekomendasikan jurusan-jurusan sesuai minat yang ditunjang bakat siswa.


Belajar di Ruangbelajar Lebih Murah!


ruangbelajar

Cek saja tabel perbandingan di atas! Terbukti Ruangbelajar lebih murah dan berkualitas, kan? Siswa akan dibimbing tidak hanya formal dengan video pembelajaran, tetapi dengan aneka fitur yang menarik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahkan, kalau kita mengikuti Brain Academy, bisa mendapatkan akses penuh ke Ruangbelajar ini.

Yuk,sambut tahun ajaran baru dengan Ruangbelajar!

10 komentar

  1. Lengkap banget ya fiturnya di ruang guru, coba ah aku infoin ke kakakku siapa tahu memudahkan menemani anaknya sekolah dari rumah

    BalasHapus
  2. Murah banget ya mba biayanya kalau melihat tabel perbandingan di atas. Lagian fitur-fiturnya keren gitu, menarik cara penyampaiannya, misal kayak yang Ruangguru Adventure itu, jadi anak-anak pun bisa menerima pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Paham pelajarannya tanpa harus stres.

    BalasHapus
  3. Fiturnya banyak banget dan menarik semua, pasti anak-anak lebih semangat belajarnya. penasaran sama fitur pet mission dan hampir semuanya di Ruang Guru Adventure

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ada bimbel online seperti Ruang Belajar ini, yg selain praktis juga fitur-fiturnya lengkap dan mudah diakses ya, sehingga sangat membantu proses PJJ seperti saat ini..

    BalasHapus
  5. Ruang Guru memang TOP abiz urusan inovasi, salah satunya lewat Ruang Belajar ini. Apalagi fiturnya komplit banget. Cocok buat anak-anak belajar di masa sekarang ini

    BalasHapus
  6. Setelah baca ini, rasanya aku jadi tertarik untuk pakai ruang adventure buat pendampingan belajar anak2 Mba, harganya juga terjangkau ya

    BalasHapus
  7. Wuih lengkap banget paket belajarnya udah gitu terjangkau juga. Coba ah buat si kakak biar makin semangat belajarnya. Tahnks infonya mbak

    BalasHapus
  8. Komplit banget.
    Sangat membantu buat tenang memilih PJJ lagi untuk anak-anak.
    Kita pun jadi fokus dengan usaha tetap mengjaga sehat.. Kerennya Ruangbelajar ^^

    BalasHapus
  9. Bisa disesuaikan dengan budget ya Mba, allhamdulillah kalo mau ambil kelas tinggal pilih mau yang mana karena komplit ruang belajar ini

    BalasHapus
  10. Mantap ya Ruang Guru bikin terobosan terus. Pas banget sama kondisi di mana masih butuh belajar online terus. Anak-anak pun bisa lebih semangat belajarnya, apalagi ada model gamifikasinya.. pasti nggak bakal berasa bosen deh belajarnya.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^