Sudah Tahu Semua Sembilan (9) Fungsi Casing HP Ini?

aksesoris handphone

Sebagai pengguna, kalian juga pasti paham kalau ada beberapa aksesoris handphone yang beredar di pasaran. Ada yang sudah tersedia saat kita membeli ponsel, misalnya: pengisi baterai, earphone, dan plastik pelindung layar. Ada juga aksesoris handphone yang power bankUSB OTG, dan pengeras suara

Kali ini, kita akan membahas tentang aksesori ponsel bernama case atau casing, ya, Aksesori ini memiliki dua tipe yaitu: hardcase atau case dengan tekstur keras, dan softcase yang memiliki bentuk lebih lentur. Beberapa merek bahkan sudah menambahkan softcase bening dalam boks saat kita membeli. 

Walau begitu, ternyata enggak semua orang memakaikan aksesori ini di ponselnya. Memang ada sejumlah pro-kontra terkait apakah sebaiknya ponsel diberi casing atau enggak. Kalau yang enggan, biasanya karena alasan:

  • ponsel jadi lebih berat dan tebal
  • ponsel mudah panas
  • menutupi keindahan bodi asli ponsel 
  • ponsel sudah dibekali ketahanan yang mumpuni, dll.
Ya, biar enggak bingung apakah akan memakainya, perlu dipahami dulu kondisi ponsel dan kebutuhan kita. Bagaimanapun, fungsi casing HP lebih banyak daripada kekurangannya. Apa sajakah itu? Ini dia!
 

fungsi casing hp
Akibat tidak memanfaatkan fungsi casing HP

1. Menjaga dari Lecet

Melindungi ponsel adalah fungsi utama casing. Risiko lecetan atau tergores sepertinya merupakan kondisi umum akibat tingginya pemakaian. Bahkan, hanya karena sering memasukkan ponsel ke dalam saku celana pun bisa menggores bodi ponsel. Meski jika ponsel kita telah dibekali anti gores di bagian bodi, enggak ada salahnya menambahkan casing agar benar-benar terlindungi.

2. Melindungi dari Benturan

Benturan akan menimbulkan bekas pada bodi ponsel. Jika kita suka berpetualang di alam terbuka, benturan yang tidak terduga dapat menimbulkan kerusakan kecil tetapi berakibat besar. Maka, jelas kita butuh memanfaatkan fungsi casing HP terutama jenis hardcase. Walaupun saat ini sudah banyak softcase yang bisa mengalirkan efek benturan ke berbagai bagian hingga kerusakan bisa diminimalisir. 

3. Menjaga Kebersihan

Selain melindungi dari ancaman keras, casing pun mampu melindungi juga dari ancaman lembut berupa debu dan noda kotor. Debu di dalam ruangan saja bisa banyak sekali, apa lagi di luar ruangan. Alih-alih membersihkan, malah bisa bikin ponsel kita tergores. Dengan memakaikan casing yang ketat, masalah ini pun bisa dihindari. Kita tinggal membersihkan bagian luarnya jika ada debu atau noda.

4. Melindungi dari Air

Zat cair menjadi salah satu ancaman membahayakan dan merusak ponsel. Gunakan casing agar terhindar dari kemungkinan masuknya air. Tentu air yang dimaksud di sini cuma yang berupa tetesan/percikan, ya. 

5. Nyaman Digenggam

Ponsel tanpa casing pastilah terasa licin ketika dipegang. Terlebih bila telapak tangan mudah berkeringat. Ini tentu berbahaya karena ponsel jadi gampang jatuh. Dengan menggunakan casing, genggaman kita bisa lebih kencang sehingga aman.

6. Menjaga Warna Asli

Sudah cinta banget sama warna asli bawaan ponsel? Kita tetap bisa kok, menikmati, memamerkan, sekaligus melindunginya dengan softcase bening. Jika dibiarkan terpapar begitu saja, lama-kelamaan warna asli ponsel juga bisa luntur, kan.

7. Mempercantik Penampilan

Casing saat ini tersedia dalam berbagai desain dan motif. Mau yang gagah, trendi, manis, elegan, ceria, atau profesional, tinggal pilih saja sesuai gaya yang diinginkan. Kita bahkan bisa berganti-ganti casing menyesuaikan dengan penampilan atau suasana.

8. Menghindari Pencurian

Ponsel tanpa casing biasanya lebih mudah keluar masuk saku celana. Hal ini memudahkan pencuri mengambilnya tanpa kita sadari. Dengan menggunakan casing, ponsel jadi lebih besar dan padat sehingga lebih cepat menyadari kalau bergeser dari posisinya semula dalam saku celana.

9. Menjaga Harga Jual

Berniat menjual kembali ponsel kita suatu saat? Ponsel dengan casing akan tetap mulus dan terhindar dari kerusakan parah akibat benturan dan percikan air. Makanya, harga jual kembalinya pun pasti lebih tinggi. Asyik, kan?

Bagaimana? Kamu termasuk yang suka memakai casing ponsel atau tidak?

11 komentar

  1. Yuhuu, ternyata banyaaakk banget fungsinya
    kirain cuma estetika alias buat gaya2an doang hihi.
    Baiklah, sekarang mau rawat gadget dgn lebih baik, ahhhh

    BalasHapus
  2. Selama ini tahunya casing hape sebatas untuk pelindung dan percantik tampilan hp saja ternyata fungsinya lebih dari itu ya bahkan menghindari hp kita dari pencurian.

    BalasHapus
  3. Karena tangan saya ini besar dan jumbo, hehehe... maka memang saya wajib punya casing HP. Soalnya pengalaman kalau ga pake casing, HP sering jatuh.

    BalasHapus
  4. Bener banget mba ...Aku hp tetep mulus pas di kasih casing tapi Aku Suka yg silikon sih .. pas kemarin dijual itu kayak baru...gk pernah jatuh juga

    BalasHapus
  5. Di sisi lain bisa buat kotor karena ada celah sedikit misalnya, jadi sesekali harus dibuka dibersihkan 😎

    BalasHapus
  6. ternyata banyak juga ya? Ada 9 fungsi casing

    dan setuju banget dengan semua point, dulu saya pernah males pakai casing

    jatuh dan pecah dong monitornya

    Gak langsung rusak sih, sebulan kemudian, tapi kan rusak.....huaaaa #nangiskejer ^^

    BalasHapus
  7. Aahhh kalau aku ya suka pakai casing, sih. Emang manfaatnya sebanyak itu ya, Mbak. Lebih banyak manfaatnya daripada kekurangannya. Eh tapi gak nyangka sih kalau bisa buat mencegah pencurian juga. Hehe.
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  8. Saya termasuk orang yang kurang suka pakai casing hp, soalnya hp yg cantik jadi gak kelihatan. Kekekeke. Tapi kalo screen cover itu wajib kudu harus. Cuma setahun lalu jadi trauma karena ponsel Huawei saya pecah casingnya dan harus ganti 500 ribu. Belinya harus full body. Langsung nangis. Emang udah harus pakai casing kalo ada balita di rumah.

    BalasHapus
  9. Memilih banyak manfaatnya casing peljndung hp, setidaknya mengurangi benturan, goresan layar.

    BalasHapus
  10. Kadang kita hanya melihat lucu atau tidaknya sebuah case hape. Tidak begitu perduli dengan sederetan manfaatnya. Tapi kalau ternyata case hape begitu bermanfaat menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang tidak keberatan memakai case hape.

    BalasHapus
  11. Penting banget inimah apalagi sekarang casing dan aksesoris hape makin cute ya, auto ganti casing aja berasa ganti hp baru eaaa btw aku jadi pengen ganti hp dan beli casing baru huhu semoga dapet rezeki nomplok heheh

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^