header permata pengalamanku

Tips Action Camera SJCam SJ5000 Biar Hasilnya Optimal

10 komentar

sjcam
Yang namanya kamera itu sudah menjadi perangkat penting bagi bloger. Kalau kamu seperti aku yang belum sanggup melirik Nikon D610 maupun kamera mirrorless karena masalah harga, mari kita menoleh ke kamera aksi seperti SJCam SJ5000.
Dengan menggunakan kamera aksi, kita bisa mendapatkan sudut pandang orang pertama dalam merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam ataupun memotret olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. 
Alasannya, kamera aksi mempunyai lensa wide angle, sehingga bisa menangkap lebih banyak objek. Memungkinkan dibawa ke mana-mana karena berkonsep unik dan sederhana dalam ukuran mungil. Agar hasil foto optimal, kita perlu belajar cara mengambil foto yang tepat agar hasilnya tidak sekadar seperti kamera ponsel.
Jika dulu pernah merangkum sejumlah tips beli kamera mirrorless, kali ini aku berbagi tips action camera terkait cara penggunaannya. Siapa kita berkesempatan memilikinya. Atau, kamu sudah punya? Silakan sekalian terapkan tips-tips ini dan menambahkan tips lain di kolom komentar, ya!

Pengaturan Kamera

Tips action camera yang pertama adalah pelajari cara pengaturannya. Untuk kamera SJCam, misalnya, tidak jauh berlainan dengan pengaturan kamera lain, yakni ada ISO dan exposure. Sebagai awal, kita cukup memainkan exposure saja. Apabila sudah mengetahui prinsip ISO, boleh deh, coba-coba utak-atik ISO-nya.
Pengaturan time lapse juga tidak jauh berbada dengan kamera tetangga, yakni hasil foto dengan timer. Jika perlu, bisa dimasukkan ke dapur penyuntingan untuk mendapatkan hasil time lapse-nya. Sedangkan untuk pengaturan selfie, wefie, dan groufie, SJCam sanggup memakai timer dan ponsel untuk mendapat hasil gambar terbaiknya.

Mengatasi Guncangan

Mengingat ukurannya yang jauh lebih kecil dibandingkan kamera biasa, kamera seperti SJCAM cenderung kurang stabil dalam menghadapi guncangan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memasang stabilizer. Sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan strap berkualitas bagus agar lebih stabil saat merekam video. 

Merekam Serendah Mungkin 

Salah satu keunggulan dari action camera seperti SJCAM adalah mampu menghasilkan video yang membuat kita merasa seolah-olah sedang ikut melakukan kegiatan seru seperti bersepeda, berselancar, mendayung, atau panjat tebing.
Untuk memaksimalkan hasil rekam, kuncinya adalah mengarahkan kamera kamu sedekat mungkin dengan tanah. Semakin rendah lokasi kamera, objek yang direkam akan terlihat bergerak lebih cepat. Dengan begitu, hasil videomu pasti akan lebih intens.

tips action camera

Resolusi dan Kecepatan

Mengatur keduanya ini memang butuh sering coba-coba, sih. Seperti atlet sepeda Ben Moore, misalnya. Dia suka merekam aksinya dan akhirnya menemukan bahwa hasil terbaik baginya adalah pengaturan kamera dengan resolusi 1080p dan kecepatan 60 frames per second (fps). 

Sudut Kreatif

Kebanyakan orang memasang kamera di badannya sendiri, entah itu dikalungkan atau dipasang pada headband. Enggak salah, sih. Cuma, jika kita ingin mendapatkan hasil video yang menarik, coba deh, lakukan sesuatu yang beda! Misalnya, letakkan kamera SJCAM pada objek yang bergerak. Bisa di gagang sepeda, conveyor belt, atau hewan peliharaan. 

Gunakan Filter

Agar hasil video bisa lebih maksimal lagi, jangan ragu untuk menggunakan filter. SJCAM telah menyediakan berbagai jenis filter, lo. Setelah mengambil video, tentu aja kita bisa tetap mengeditnya di aplikasi ponsel atau komputer untuk memberikan sentuhan personal yang sempurna.

Nah, bagaimana? Sudah punya tipsnya begini, bikin makin semangat aja ingin punya, ya?

Related Posts

10 komentar

  1. Kamera zaman sekarang semakin canggih yaa..
    Penggunaan SJCAM yang mudah dengan hasil gambar yang bagus, bisa menjadi pilihan para profesyenel vloger untuk berkarya.

    BalasHapus
  2. Kamera SJCAM cocok untuk dibawa-bawa, nggak terlalu berat sepertinya ya, kak. Cocok untuk mendokumentasikan video yang bakal dipajang pada beragam medsos. Mupeng, melipir untuk melongok harganya.

    BalasHapus
  3. Jadi pgen punya nih kamera SJCAM buat kebutuhan konten jugaa, harus nabung dulu nih

    BalasHapus
  4. Ini harganua berapa mbak. Aku pengin beli ini dari dulu tapi maju mundur, takutnya hasilnya nggak sesuai ekpetasi

    BalasHapus
  5. Berapakah harga kamera ini Mbak? Aku ngatur kamera handphone aja masih gak ngerti. Masalah ISO, stabilizer ini masih rumit menurutku. Ada artikel mbak yang membahas fitur kamera handphone gak?

    BalasHapus
  6. Ini dia gear yang penting banget buat video action. Kan sekarang lagi musim banget konten berupa video. Pake kamera ini, actionnya jadi bisa benar2 terlihat lebih keren. Nanti isi TikToknya jadi keren2 deh hehehe

    BalasHapus
  7. Ini saya baru tahu kalau ada teori biar hasilnya bagus kameranya makin didekatkan ke tanah. Harus mencobanya dulu nih

    BalasHapus
  8. Weewww Mbak, sebagai pecinta fotografi dan suka mbolang.. kamera adalah benda wajib yang harus selalu dibawa. Aku baru tahu nih SJCAM plus tips pemakaiannya. Good review, Mbak :)

    BalasHapus
  9. Saya baru tahu tips tips begini. Punya camera spt ini tp blm dioptimalkan pemakaiannya

    BalasHapus

Posting Komentar